NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT AL-A'RAF AYAT 199


Pendidikan akhlak adalah suatu pembinaan, penanaman, dan pengajaran pada manusia dengan tujuan menciptakan dan mensukseskan tujuan tertinggi agama Islam. Aitu kebahagiaan dua kampung (dunia dan akhirat), kesempurnaan jiwa masyarakat, mendapat keridlaan, keamanan, rahmat, dan mendapat kenikmatan yang telah dijanjikan oleh Allah yang berlaku pada orang-orang baik dan bertaqwa.
Menurut Nasruddin Razak, akhirat adalah perbuatan suci yang timbul dari jiwa yang terdalam, karenanya perbuatan suci tersebut mempunyai kekuatan yang hebat. Akhalak adalah sifat yang tertanam dalamjiwa, dari jiwa timbul perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pertimbangan fikiran. Dengan fenomena tersebut, akhlak merupakan sikap mental dan laku perbuatan yang luhur. Mempunyai hubungan dengan dzat Yang Maha Kuasa dan merupakan produk dari keyakinan atas kekuasaan dan ke-Esaan tuhan (tauhid).
BACA JUGA: LIDAH DIPOTONG KARENA MEMUJI RASULULLAH ﷺ 
Dalam ayat 109 surat al-A’raf terdapat pokok-pokok utama ajaran budi pekerti atau akhlak yang luhur, antara lain yang pertama, bersifat pemaaf, tidak memperluas masalah hingga hidupnya aman dan damai dalam masyarakat. Kedua, menyuruh atau mengajak orang lain untuk berbuat yang ma’ruf (kebaikan), segala amal perbuatan yang membawa kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Ketiga, berpaling dari orang-orang yang jahat, bodoh, orang yang tidak mau mengikuti jalan yang hak, orang yang berbuat durjana di muka bumi.
Untuk lebih jelas perlu dikemukakan pokok utama ajaran akhlak mulia, antara lain : 
1. Al-Afw (sikap pemaaf)
Kata al-afw, menurut Al-Maraghy berarti mudah, tidak berliku-liku dan menyulitkan. Maksid dari ayat tersebut yaitu terhadap perbuatan-perbuatan yang dilakukan orang, bersikaplah yang menurutmu itu mudah, jangan mempersulit mereka dan jangan menuntut mereka melakukan sesuatu yang memberatkan sehingga mereka lari darimu.
Lebih jauh menurut Hamka, al-afw adalah memaafkan kejanggalan-kejanggalan yang terdapat dalam akhlak manusia. Menurut Hamka tiap-tiap manusia itu betapapun baik hatinya dan shalih orangnya namun dalam dirinya pasti terdapat kelemahan-kelemahan. Seraya mengutip syair Arab Hamka mengatakan : “kalau engkau tidak sabar berkali-kali karena melihat kumis orang kafir, kesudahannya engkau akan haus terus. Karna dimanakah manusia yang kumisnya bersih sama sekali?”.
Memaafkan kesalahan orang lain, lemah lembut kepadanya, dan toleran kepadanya merupakan kewajiban orang–orang besar yang perkasa terhadap orang-orang kecil yang lemah. Rosulullah adalah pemimpin, pembimbing, guru dan pendidik. Oleh karena itu,beliau adalah orang yang paling layak bersikap lapang dada, memberi kemudahan dan toleran. Beliau tidak pernah marah karena persoalan pribadi. Tetapi bila agamanya diusik, maka tidak ada sesuatupun yang dapat menahan kemarahan beliau.
2. Amar ma’ruf (menyuruh pada kebaikan)
Amar ma’ruf artinya menyuruh berbuat pada yang ma’ruf termasuk di dalamnya taqarrub ila Allah. Al-Ma’ruf sering disebutkan dalam al-Qur’an menyangkut soal-soal dalam ketaatan hukum dan syariat amaliyah, seperti kriteria tentang umat dan pemerintahan Islam.
Lebih lanjut al-Maraghy berpendapat bahwa kata al-ma’ruf hanya disebutkaan dalam hukun-hukum yang penting saja dan juga sesuatu yang sudah merupakan perjanjian umum sesama manusia, baik dalam soal muamalat maupun adat.oleh karena itu menurutnya ukuran perjanjian umum baik muamalat atu istiadat berbeda-beda antara satu bangsa dengan bangsa lain. Agar penafsiran tentang al-ma’ruf lebih jelas al-Maraghy mengambil kesimpulan bahwa ma’ruf dalam ayat tersebut adalah apa yang sesuai dengan akal, baik unteuk dilakukan dan tidak dipungkiri oleh akal sehat. Dalam hal ini bagi seoorang mukmin adalah cukup memelihara nash-nashyang tetap karena tidak mungkin seorang mukmin mengingkari yang datang dari Allah dan dari rasul-Nya. Apabila masyarakat telah memegang nash-nash tersebut menurut al-maraghy hendaknya ada kesepakatan pendapat tentang mana yang baik dan mana yang buruk.
Pendapat yang sejalan yaitu pendapat Hamka yang mengatakan bahwa dalam ayat tersebut kata Urfi yang berarti ma’ruf adalah pekerjaan yang diakui oleh orang banyak atau bersifat umum, pekerjaan itu adalah baik. Hal itu juga berarti segala sesuatu usaha  yang menghasilkan kebaikan bagi [ribadi dari segi pergaulan hidup bersama.
Berhubungan dengan pendapat di atas Ibnu Taimiyah menjelaskan pula tidak satupun manusia di muka bumi terlepas dari amar ma’ruf dan nahi munkar. Perintah itu adakalanya ada yang terhadap ma’ruf dan ada juga pada yang munkar.
3. Al-Iradl An Al-Jahilin (berpaling dari orang-orang yang bodoh)
Al-iradl an al-jahilin, artinya menjauhi dari orang yang bodoh. Yaitu cara hidup tidak berbantah-bantahan dengan mereka, karena dapat menimbulkan madlarat. Sikap ini memerintahkan bersikap sabar menghadapi gangguan orang-orang jahil.
Orang-orang bodoh (jahilin) menurut Hamka ada beberapa kriteria ; yang pertama, orang yang hanya memperturutkan hati. Kedua, orang yang mencari-cari masalah dengan orang lain. Ketiga, orang yang mencari musuh dengan memfitnah. Keempat, orang yang tidak bertanggung jawab. Kelima, orang yang mudah ingkar janji. Selanjutnya ia mengatakan bahwa karena ia sangat jahat. Maka arti berpaling dari orang-orang bodoh diartikan sebagai sikap yang ekstra hati-hati.
Abi al-Hasan Ali menafsirkan bahwa perintah untuk tidak memperhatikan orang-orang bodoh adalah untuk menghindari mereka. Karena disamping ada perintah ayat ini, juga ada perintah wajib untuk mengingkari orang-orang yang bodoh. Walaupun pada saat ini ayat hanya diturunkan kepada Nabi Muhammad saja. Namun secara konstektual ayat ini juga juga memberikan pelajaran pada umatnya. Sementara Al-Shabuny menafsirkan agar tidak menggunakan pedang pada mereka, namunbersikap yang lebih bijaksana.
Dari beberapa pendapat daru mufasir tersebut dapat disimpulkan bahwa walaupun orang-orang jahil itu kasar dan membuat gangguan-ganguan pada kita, namun kita diperintah untuktidak melayani mereka dan tidak membalas kekerasan mereka dengan kekerasan pula. Atau meminjam istilah Al-Shabuny jangan menggunakan pedang, artinya sabar dalam menghadapi aksi mereka. Denhag demikian ayat ini mengandung pesan agar kaum muslimin mempunyai sifat sabar dalam menghadapi orang-orang jahil.

Post a Comment for "NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT AL-A'RAF AYAT 199"