PENGORGANISASIAN MATERI AJAR


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada dasanya pengorganisasian termasuk dalam kegiatan penyusunan rencana untuk menciptakan hubungan kerja antar personal dalam suatu kegiatan organisasi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa fungsi pengorganisasian merupakan fungsi perencanaan. Dalam perencanaan dilakukan pengelompokan bidang bidang kerja dalam ruang lingkup kegiatan tertentu. Pengelompokan bidang kerja ini harus dapat menciptakan hubungan kerja yang jelas agar antara satu bidang dengan bidang lainnya serta masing-masing bidang tersebut saling melengkapi sehingga tidak terjadi tumpang tindih dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
Pengorganisasian materi pembelajaran dapat dimaknai dari berbagai sudut pandang, misalnya sebagai disiplin, sebagai ilmu, sebagai sistem, dan sebagai proses. Sebagai disiplin, pengorganisasian pembelajaran membahas berbagai penelitian dan teori tentang strategi serta proses pengembangan pembelajaran dan pelaksanaannya. Sebagai ilmu, Pengorganisasian pembelajaran merupakan ilmu untuk menciptakan spesifikasi pengembangan, pelaksanaan, penilaian, serta pengelolaan situasi yang memberikan fasilitas pelayanan pembelajaran dalam skala makro dan mikro untuk berbagai mata pelajaran pada berbagai tingkatan kompleksitas. Sebagai sistem, Pengorganisasian pembelajaran merupakan pengembangan sistem pembelajaran dan sistem pelaksanaannya termasuk sarana serta prosedur untuk meningkatkan mutu belajar.
Sementara itu pengorganisasian materi pembelajaran sebagai proses adalah pengembangan pengajaran secara sistematik yang digunakan secara khusus teori-teori pembelajaran unuk menjamin kualitas pembelajaran. Pernyataan tersebut mengandung arti bahwa penyusunan perencanaan pembelajaran harus sesuai dengan konsep pendidikan dan pembelajaran yang dianut dalam kurikulum yang digunakan. Dengan demikian dapat disimpulkan Pengorganisasian materi pembelajaran adalah praktek penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. Proses ini berisi penentuan status awal dari pemahaman peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran, dan merancang “perlakuan” berbasis-media untuk membantu terjadinya transisi. Idealnya proses ini berdasar pada informasi dari teori belajar yang sudah teruji secara pedagogis dan dapat terjadi hanya pada siswa, dipandu oleh guru, atau dalam latar berbasis komunitas.
B. Rumusan Masalah 
1. Bagaimana pengertian pengorganisasian materi ajar yang runtut, sistematis, dan sesuai dengan alokasi waktu?
2. Bagaimana penerapan pengorganisasian materi ajar yang tepat?
3. Bagaimana metode dalam pengorganisasian materi ajar? 
C. Tujuan Penulisan 
1. Dapat menjelaskan pengorganisasian materi ajar yang runtut, sistematis, dan sesuai dengan alokasi waktu.
2. Dapat menerapkan pengorganisasian materi ajar yang tepat.
3. Dapat mengetahui metode dalam pengorganisasian materi ajar.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian pengorganisasian materi ajar 
Sebelum kita membahas lebih lanjut, akan diuraikan tentang definisi dari organisasi:
1. Organisasi adalah kegiatan menyusun struktur dan membentuk hubungan-hubungan agar diperoleh kesesuian dalam usaha mencapai tujuan bersama. (Prof. DR.Oteng Sutisna, Msc. Ed, Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, hlm.174).
2. Organisasi adalah system kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. (DR. Hadari Nawawi, Administrasi Pendidikan, hlm. 24) 
3. Organisasi adalah aktifitas menyusun dan membentuk hubungan sehingga terwujudlah kesatuan usaha dalam mencapai maksud dan tujuan pendidikan. (Drs. Ngalim Purwanto, MP, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, hlm. 16)
4. Organisasi adalah setiap system kerjasama yang dijalankan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. (The Liang Gie, Administrasi Perkantoran Modern, hlm 560).
Pada dasarnya semua definisi Organisasi memiliki pengertian yang sama, yaitu suatu kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pengorganisasian materi ajar adalah pola atau bentuk penyusunan materi ajar yang akan disampaikan kepada murid-murid. 
Kegiatan mengorganisasikan bahan ajar dimulai dengan memilih dan menetapkan bahan ajar yang sesuai dan mampu untuk mencapai tujuan instruksional mata kuliah. Bahan ajar tersebut tentunya terdiri dari serangkai pokok-pokok bahasan yang harus ditata urutannya dan saling berkaitan satu sama lain. Di dalam memilih pokok-pokok bahasan tersebut, tentunya telah diketahui dan ditetapkan kegunaan dan tujuan dari setiap pokok bahasan, yang pada dasarnya setiap tujuan instruksional pokok bahasan ditujukan untuk menunjang tercapainya tujuan mata kuliah. Selanjutnya, dari setiap pokok bahasan yang telah ditetapkan tujuannya itu, dijabarkan lebih rinci menjadi beberapa subpokok bahasan sehingga mampu untuk menetapkan sasaran-sasaran belajar. Sasaran belajar merupakan gambaran kemampuan mahasiswa (learning outcomes) yang bisa diamati dan diukur.  

a. Menetapkan Tujuan Instruksional
1. Tujuan Instruksional Umum
Tujuan Instruksional Umum (TIU) adalah tujuan instruksional pokok-pokok bahasan. Mengapa demikian? Pertama, karena tujuan pokok bahasan umumnya masih bersifat umum, sehingga belum dinyatakan perubahan perilaku yang spesifik. Disamping itu jumlahnya relatif masih sedikit. Kedua, karena penetapan tujuan pokok bahasan dapat dipakai sebagai dasar dalam menentukan tujuan yang lebih khusus, yaitu penetapan sasaran belajar (atau Tujuan Instruksioanal Khusus). Oleh sebab itu, meskipun masih bersifat umum, tujuan pokok bahasan harus sudah mengungkapkan materi bahasan dan kedudukan bahasan tersebut dalam kesatuan ketercapaian tujuan mata kuliah. 
Perlu diketahui bahwa fungsi TIU adalah :
a) Menunjukkan kedudukan pokok bahasan tertentu dalam kesatuan bahan perkuliahan;
b) Menyatakan ringkasan tujuan pokok bahasan; 
c) Merupakan pedoman dalam menyusun sasaran belajar ; dan
d) Merupakan pedoman menentukan kegiatan mengajar.
Disamping itu rumusan tujuan Intruksional Umum (TIU) masih bersifat :
a) Luas dan umum;
b) Belum dinyatakan dalam bentuk prilaku yang dikehendaki dan
c) Jumlahnya tidak banyak.
Setelah penetapan pokok bahasan selesai, tugas berikutnya adalah merangkainya dalam urutan yang terbaik agar tujuan mata kuliah dapat tercapai secara efektif dan efisien. Urutan pokok-pokok bahasan tersebut disajikan dalam bentuk bagan rangkaian urutan antarpokok bahasan, yang menunjukkan mana yang terlebih dahulu diberikan untuk kemudian disusul bagian yang lain. Bagan skema semacam itu disebut sebagai skema tata hubungan antarpokok bahasan.
Manfaat skema hubungan pokok bahasan, disamping mampu memberikan argumentasi yang logis tentang urutan sajian pokok bahasan juga mambantu dalam merancang alokasi waktu pertemuan atau perkuliahan yang dibutuhkan. Banyaknya kebutuhan waktu tersebut tentunya sangat tergantung pada tujuan pokok bahasan (terutama macam bahan ajar dan perubahan perilaku yang diharapkan).
2. Tujuan Instruksional Khusus
Yang dimaksud Tujuan Instruksional Khusus (TIK) adalah Sasaran Belajar (SasBel). Mengapa? Karena sasaran belajar merupakan pernyataan tujuan instruksioanal yang sudah sangat rinci. Pada pernyataan sasaran belajar ini harus sudah dapat diketahui macam bahan ajar dan tingkat perubahan perilaku yang diharapkan. Untuk itu sasaran belajar harus menyatakan sesuatu yang teramati, terukur dan operasional. 
Sasaran belajar harus dituliskan dari segi kemampuan mahasiswa. Artinya mengungkapkan perubahan apa yang diharapkan terjadi pada diri mahasiswa setelah mengikuti pengajaran satu subpokok bahasan tertentu. 
a. Merumuskan Sasaran Belajar
Variabel pengajaran yang paling utama dalam sasaran belajar (sasbel) adalah tujuan pengajaran. Tujuan pengajaran yang paling rinci ternyatakan sebagai sasran belajar. Adalah sangat penting untuk dapat menyatakan sasaran belajar dengan baik dan benar, karena semua variabel pengajaran yang lain harus disusun sedemikian rupa dengan maksud untuk mencapai sasaran belajar tersebut. 
Selanjutnya apabila rancangan pengorganisasian bahan ajar telah selesai, yang ditandai dengan selesainya penulisan semua pokok bahasan, maka perlu dilanjutkan dengan penulisan TIU setiap pokok bahasan, bagan skema hubungan antara pokok bahasan, rincian sub-subpokok bahasan dan jabaran sasaran belajar.
Bila rancangan organisasi bahan ajar yang telah selesai disusun dengan memperhatikan kepada karakteristik siswa seperti latar belakang siswa, minat siswa, terhadap bahan ajar, prapengetahuan siswa terhadap pengetahuan yang akan diajarkan, dan berbagai karakteristik siswa yang lain serta kondisi fisik suasana pengajaran (seperti jumlah siswa per kelas, keadaan fisik ruangan, perkiraan media pengajaran yang tersedia, dan lain-lainnya), maka selanjutnya perlu dirancang bentuk, cara serta media yang akan dipakai guna menyajikan bahan ajar.  
b. Menyusun Bahan Ajar
Bila TIU dan TIK telah ditetapkan, matriks Satuan Acara Perkuliahan (SAP) telah disusun dan skema tata hubungan antara pokok bahasan telah ditetapkan, maka dosen tinggal menyusun materi bahan ajar. Materi ini dapat berupa:
1) Buku teks atau diktat yang pernah dituliskannya;
2) Buku teks, jurnal, laporan penelitian, laporan seminar yang biasanya disimpan di perpustakaan; dan
3) Media cetak yang lain, seperti dari koran, majalah dan sebagainya.
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) adalah rancangan pembelajaran selama satu semester yang memberikan gambaran umum tentang satu mata kuliah tertentu dan disahkan oleh jurusan atau program studi, yang berfungsi sebagai bukti dokumen administratif bahwa dosen yang diharapkan dapat efektif dan efisien. 
Menyusun diktat atau buku ajar, memang tidak dapat sekaligus; tetapi harus bertahap. Disamping itu juga isinya baru, bukan saja berupa teori atau gagasan si penulisnya, tetapi juga latihan-latihan. Maksudnya agar buku tersebut mampu menampilkan sisi kognitif, psikomotorik dan afektif dari siswa atau mahasiswa.
B. Penerapan Pengorganisasian Materi Ajar
Dalam mendesain atau mengorganisasikan materi pembelajaran ada beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh seorang guru atau seorang dosen, hal ini pula yang akan menentukan  sempurna atau tidaknya organisasi materi pembelajaran, yaitu:
1. Pengumpulan Informasi
Sebelum seorang guru memulai pelajarannya di minggu pertama hari sekolah atau di dalam kelas, tentu ia melakukan persiapan-persiapan dalam beberapa aspek desain mata kuliah atau mata pelajaran. Persiapan ini dapat dikatakan sebagai satu usaha pembuktian akuntabilitas profesionalisme pembelajaran seorang dosen kepada mahasiswanya yang telah memberikan kepercayaan kepada perguruan tinggi. Paling tidak ada empat elemen yang harus dipersiapkan seorang dosen dalam mendesain atau mengorganisasikan satu mata kuliah, yaitu:
1) Elemen materi-materi perkuliahan,
2) Elemen kompetensi atau tujuan pembelajaran atau hasil belajar,
3) Elemen strategi pembelajaran atau metode pembelajaran, dan
4) Elemen evaluasi pembelajaran
Untuk mengorganisasikan materi, langkah pertama sebelum seorang dosen memulai mengorganisasikan materi-materi perkuliahan dalam bentuk apapun, ia seharusnya mulai mengumpulkan sebanyak mungkin informasi-informasi yang berkaitan langsung atau tidak langsung dengan mata kuliah yang akan diampu. Informasi-informasi itu mungkin didapatkan dalam bentuk hard copy, soft copy melalui perpustakaan, internet dan atau konsultasi dari beberapa sumber.
Langkah kedua, setelah informasi materi dianggap memadai, maka ada beberapa alternatif yang mungkin dilakukan oleh seorang dosen atau guru untuk mengorganisasikan materi perkuliahan atau pembelajaran yang relatif siap disajikan atau di-share kepada mahasiswa.
a) Alternatif Pertama Mengorganisasikan Materi
Mengorganisasikan materi dalam bentuk satu daftar topik-topik materi yang tersusun secara naratif dan linier sesuai dengan urutan atau skuensi topik bahasan yang diinginkan. Contoh dibawah ini, daftar topik-topik bahasan relatif global.
Contoh:
Matakuliah     : Penelitian Sastra 
Bobot              : 2 (dua) sks
1. Sejarah Perkembangan Penelitian Sastra
2. Paradigma Penelitian Sastra
3. Pendekatan, Teori, Metodologi, Metode dan Tekhnik
4. Teori Penelitian Sastra I: Teori Strukturalisme I
5. Teori Penelitian Sastra II Teori Strukturalisme II Robert Stanton
6. Teori Penelitian Sastra III Teori Strukturalisme Genetik I
7. Teori Penelitian Sastra IV Teori Strukturalisme Genetik II Lucian Goldmann
8. Teori penelitian sastra V teori
b) Alternatif Kedua Mengorganisasikan  Materi
Di samping mendesain materi dalam bentuk linier, alternatif kedua adalah dalam sebuah gambar yaitu peta konsep (concept map). 
1. Peta Konsep (Concept Map)
Peta konsep adalah merupakan diagram yang menunjukan hubungan antara konsep-konsep yang mewakili pembelajaran Peta konsep juga diartikan tampilan dari sebuah gambar atau bagan tentang konsep-konsep materi yang tersusun sesuai dengan tabiat ilmu pengetahuan itu sendiri tanpa mengindahkan urutan atau skuensi topik bahasan yang diinginkan.
Salah satu perangkat pengorganisasian bahan ajar disebut dengan “Concept Map” atau peta konsep. Dalam konteks pengorganisasian bahan ajar guna persiapan mengajar untuk satu semester tertentu, Concept Map dapat digunakan sebagai cara untuk membangun struktur pengetahuan para guru dalam merencanakan bahan ajar.
C. Metode dalam Pengorganisasikan Materi Ajar
Dalam pengorganisasian materi ajar, ada beberapa metode yang digunakan, antara lain yang popular digunakan adalah: (Horton, 2000).
1) Classical Tutorial 
Dalam classic tutorial seorang peserta didik memulai sebuah materi ajar dari pengenalan materi, kemudian melalui beberapa tahap proses sampai ke tingkat mahir konsep dan keahlian. 
2) Knowledge-Paced Tutorial 
Pada sistem ini peserta ajar diajak untuk mempersiapkan materi ajar terlebih dahulu, kemudian dilakukan tes awal pada setiap topik materi, yang mana tiap tes merupakan peningkatan materi tes sebelumnya. 
3) Exploratory Tutorial 
Dalam metoda ini, setelah menerima introduction, selanjutnya learner dapat mengakses halaman depan ekplorasi materi ajar. Dari sini dapat dilakukan pengkasesan linkeddocument, basis data ataupun knowledge space.
4) Generated Lesson 
Model generated lesson, merupakan metoda materi ajar yang tergantung pada kemampuan peserta ajar dalam menjawab tes dan kuisioner, pada awal materi yang akan menetukan materi apa yang akan diterima selanjutnya. Metoda ini lebih dikenal dengan sebutan individual learner, karena setiap peserta akan memperoleh urutan materi yang yang dilakukan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
i. Pengorganisasian materi ajar adalah pola atau bentuk penyusunan materi ajar yang akan disampaikan kepada murid-murid.
ii. Dalam penerapan pengorganisasian materi ajar langkah pertama adalah mengumpulkan sebanyak mungkin informasi-informasi. Langkah kedua,  dengan beberapa alternatif  untuk mengorganisasikan materi perkuliahan.
a. Alternatif pertama, organisasi materi dalam bentuk daftar topik-topik materi yang tersusun secara naratif dan linier denagn urutan topik bahasan yang diinginkan.
b. Alternatif kedua, dengan menggunakan peta konsep.
Peta konsep adalah merupakan diagram yang menunjukan hubungan antara konsep-konsep yang mewakili pembelajaran Peta konsep juga diartikan tampilan dari sebuah gambar atau bagan tentang konsep-konsep materi yang tersusun sesuai dengan tabiat ilmu pengetahuan itu sendiri tanpa mengindahkan urutan atau skuensi topik bahasan yang diinginkan.
iii. Metode dalam pengorganisasian materi ajar adalah:
a. Classical Tutorial
b. Knowledge-Paced Tutorial 
c. Exploratory Tutorial
d. Generated Lesson
B. Saran-saran
Berdasarkan uraian makalah di atas, maka pemakalah mengajukan saran sebagai berikut: 
1) Untuk guru/para pendidik sebaiknya perlu mengetahui pengorganisasian materi ajar agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. 
2) Untuk mahasiswa/calon pendidik sebaiknya juga mempelajari pengorganisasian materi ajar supaya nantinya tidak mengalami kesulitan ketika sudah terjun menjadi seorang pendidik.
DAFTAR PUSTAKA
Burhanuddin, Yusak, Administrasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 1998, Cet. 1
Munthe Bermawi, Desain Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2009, cet.1
 Paputungan, Yulkifli dan Yudin Daud, “Desain Materi Pembelajaran”, http://becreative.moodlehub.com
Soekartawi dkk, Meningkatkan Rancangan Instruksional (Instruktional Design), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995, Cet. 1
Utami, Tri Indah, “Metode dalam Pengorganisasian Materi Ajar”, http://ienimatu.blogspot.com/2011/02/pembelajaran-berbantuan-komputer-pbk.html 
S


Post a Comment for "PENGORGANISASIAN MATERI AJAR"