PERKEMBANGAN MASA ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR

A. Pendahuluan
Mulai umur 6 tahun ini, seorang anak pertumbuhan badannya relatif seimbang, maka anak menjadi senang bermain keseimbangan dan penguasaan badan. Pertumbuhan fisik yang berlangsung secara baik itu sudah barang tentu ikut berpengaruh terhadap perkembangan psikis anak.
Pada masa tersebut anak matang untuk masuk sekolah. Walaupun dalam praktek seringkali diadakan seleksi mencari anak yang sudah matang jiwanya.
Kriteria kematangan anak dalam hal ini antara lain:
1. Anak harus sudah dapat bekerja sama dalam suatu kelompok anak-anak lainnya, serta tidak lagi banyak bergantung dengan ibunya dalam kegiatannya.
2. Anak harus sudah mampu mengamati secara terurai terhadap bagian-bagian dari objek pengamatan.
3. Anak harus sudah mampu menyadari akan kepentingan orang lain, to take and give. Bagi Indonesia kriteria umur yang ditetapkan adalah kurang lebih 7 tahun, untuk dapat masuk pada sekolah dasar (SD).
Adapun perkembangan jiwa anak pada masa sekolah ini yang menonjol antara lain: 
a. Adanya keinginan yang cukup tinggi, terutama yang menyangkut perkembangan intelektual anak, biasanya dinyatakan dalam bentuk pertanyaan, atau senang melakukan pengembaraan serta percobaan-percobaan.
b. Energi yang melimpah, sehingga kadangkala anak itu tidak mmeperdulikan bahwa dirinya telah lelah atau capek. Karena energi yang sangat cukup, inilah nantinya sebagai sumber potensi dan dorongan anak untuk belajar.
c.  Perasaan kesosialan yang berkembang pesat, sehingga anak menyukai untuk mematuhi grup teman sebayanya (peer group), malah terkadang anak lebih suka mementingkan peer groupnya, dibanding pada orang tuanya. Hal ini memungkinkan karena anak telah banyak kawan sekolahnya.
d. Sudah dapat berpikir secara abstrak, sehingga memungkinkan bagi anak untuk menerima hal-hal yang berupa teori-teori ataupun norma-norma tettentu.
e. Minat istimewanya tertuju kepada kegemaran dirinya (gemar bermain gitar, pelihara binatang, dan lain-lain) yang mengakibatkan anak melalaikan tugas belajarnya.
f. Adanya kekejaman yaitu: “Perhatian anak ditujukan kepada dunia luar, akan tetapi dirinya tidak mendapat perhatian, saat itu juga anak belum mengenal jiwa orang lain”.
Akibatnya anak berlaku kejam terhadap orang lain, kekejaman pada masa ini bukanlah kejam sebenarnya, sebab anak belum menyadari akan tindakan kekejamannnya itu. Perilaku ini  biasanya ditujukan kepada orang yang (invalid) ia mengejek, kepada orang yang lemah, memiliki kekurangan, ia mengolok-olok. Begitu juga terhadap binatang-binatang.
Pada masa anak sekolah ini sebenarnya anak telah tumbuh sikap objektifnya, yang menyangkut tentang:
1. Kenyataan     : anak mempunyai sikap serius kepada dunia nyata (realistis).
2. Kesusilaan : sikap anak terhadap norma susila sudah jujur meskipun terkadang acuh tak acuh.
Karena sikap-sikap inilah sebenarnya yang mendasari dari ciri-ciri anak.
B. Bagaimana Anak Memasuki Masyarakat di Luar Keluarga
Mengingat perkembangan anak yang amat pesat pada usia sekoah ini, dan mengingat bahwa lingkungan keluarga sekarang tidak lagi mampu memberikan fasilitas untuk mengembangkan fungsi-fungsi anak, terutama fungsi intelektual dalam mengejar kemajuan zaman modern, maka anak memerlukan satu lingkungan sosial baru yang lebih luas, berupa sekolahan, untuk mengembangkan semua potensinya.   
Selanjutnya, mulai sekolah akan memberikan pengaruh yang sangat besar pada anak sebagai individu dan sebagai makhluk sosial. Peraturan sekolah, otoritas guru, disiplin kerja, cara belajar kebiasaan bergaul, dan macam-macam tuntutan dan kesenangan belajar pada anak. Misalnya, anak bisa belajar secara sistematis, bisa bergaul akrab dengan teman-temannnya, bisa bermain bersama dan mengadakan eksperimen, dapat berlomba dan bersenda gurau, dan seterusnya. Semua pengalaman ini memberikan pengaruh yang besar sekali bagi perkembangan kepribadian anak.
Sampai pada usia  kurang lebih 3,5 tahun, anak adalah anak keluarga seutuh-utuhnya. Sesudah umur tersebut, anak mulai meluaskan cakrawala pengalamannya diluar lingkungan keluarga. Fungsi penghayatan emosional yang dominan sampai usia 3,5 tahun lalu diganti dengan penghayatan yang sifatnya lebih rasional; dengan mana anak jadi semakin objektif. Gambaran pengertian  terhadap dunia jadi makin sempurna, sebab anak sudah tidak terlampau subjektif lagi. Peralihan menuju pada objektivitas dan prestasi. Jika dalam fase terdahulu relasinya dengan benda-benda ditentukan oleh aktivitas bermain, mulai sekarang timbullah keinsafan bahwa dirinya bisa bekerja, dan ia sanggup menghasilkan prestasi dengan jalan bermanipulasi dengan benda-benda sekitarnya.
Pada usia sekolah ini sikap hidup yang egosentris diganti dengan sikap yang zakelijk objektif dan empiris berdasarkan pengalaman. Dan kelak pada usia 13-14 tahun, sikap tersebut berkembang jadi logis rasional. Emosionalitas anak jadi makin berkurang, sedang unsur intelek dan akal budi (rasio, pikir) jadi semakin menonjol. Minat yang objektif terhadap dunia sekitar menjadi makin besar. Sehubungan dengan semua ini, masa sekolah rendah itu disebut pula sebagai periode intelektual.
Pada saat ini anak tidak lagi banyak dikuasai oleh dorongan-dorongan endogen atau impuls-impuls intern dalam perbuatan dan pikirannya; akan tetapi lebih banyak dirangsang oleh stimulus-stimulus dari luar. Anak sekarang mulai belajar jadi seorang realis kecil, yang berhasrat sekali mempelajari dan “menguasai” dunia secara objektif. Untuk aktivitas tersebut, ia memerlukan banyak informasi. Karenanya dia selalu haus bertanya, meminta bimbingan, menuntut pengajaran serta pendidikan.
Dari lingkungan keluarga yang sempit, anak sekarang memasuki lingkungan sekolah yang lebih luas, yang mempunyai kondisi dan situasi berbeda sekali dengan keluarga. Di sekolah ini hasil-hasil kebudayaan bangsa dan zamannya akan ditransformasikan ataupun ditranmisikan pada diri anak. Dengan pengoperan hasil budaya tadi, diharapkan agar anak bisa mempelajari produk-produk kultural bangsanya, untuk kemudian mampu bertingkah laku sesuai dengan norma-norma etis dan norma sosial lingkungan sekolah.    

C. Pikiran, Ingatan, dan Fantasi Anak
1. Perkembangan Pikiran dan Ingatan
Dalam keadaan normal, pikiran anak usia sekolah dasar ini berkembang secara berangsur-angsur dan secara tenang. Anak betul-betul berada dalam stadium belajar. Disamping keluarga, sekolah memberikan pengaruh yang sistematis terhadap pembentukan akal budi anak. Pengetahuannya  bertambah secara pesat. Banyak keterampilan mulai dikuasai, dan kebiasaan-kebiasaan tertentu mulai dikembangkannya. Dari iklim yang egosentris, anak memasuki realitas benda dan dunia pikiran orang lain. Hasrat untuk mengetahui realitas benda dan peristiwa-peristiwa mendorong anak untuk meneliti dan melakukan eksperimen.
Minat anak pada periode tersebut terutama sekali tercurah pada segala sesuatu yang dinamis bergerak. Anak pada usia ini sangat aktif dinamis; dan segala sesuatu yang aktif dan bergerak akan sanagt menarik minat perhatian anak. Lagi pula minatnya banyak tertuju pada macam-macam aktivitas. Dan makin banyak dia berbuat, makin bergunalah aktivitas tersebut bagi usaha pengembangan kepribadiannya.
Ingatan anak pada usia 8-12 tahun ini mencapai intensitas paling besar, dan paling kuat. Daya menghafal dan daya memorisasi (dengan sengaja memasukkan dan melekatkan pengetahuan dalam ingatan) adalah paling kuat. Dan anak mampu memuat jumlah materi ingatan paling banyak.
Kehidupan fantasi mengalami perubahan penting. Pada usia 8-9 tahun anak menyukai sekali cerita-cerita dongeng. Misalnya Timun Emas, Bawang Merah Bawang Putih, Malin Kundang, Bandung Bandawasa, Lara Jonggrang, dan lain-lainnya. Unsur-unsur yang hebat dan ajaib dalam dongeng-dongeng ini mencekam segenap minat anak. Lambat laun, unsur kritik mulai muncul, dan anak kini menghendaki peristiwa riil yang betul-betul terjadi, atau semestinya harus terjadi. Karena itu anak lalu menyenangi cerita-cerita kepahlawanan.
2. Perkembangan Fantasi
Sejak anak berumur lima atau enam tahun, perhatian mulai ditujukan ke dunia luar, ke alam kenyataan. Tetapi bukan berarti fantasinya menjadi lenyap; fantasi itu masih terus hidup. Fantasi yang senantiasa hidup itu akan mencari lapangan penyaluran lain, misalnya hiburan seperti membaca buku-buku, mendengar cerita, membuat sesuatu, dan sebagainya.
a. Beberapa Masa Fantasi
Setelah anak-anak mengalami masa egosentris, fantasinya mengalami perkembangan melalui masa-masa sebagai berikut: 
1. Masa dongeng : 4 sampai dengan 8 tahun. Masa ini bertepatan waktunya dengan perkembangan anak ke arah kenyataan. Anak suka sekali mendengarkan cerita kehidupan seperti anak yang lucu, anak yang kotor, anak yang jarang mandi, dan sebagainya. Masih pada masa ini juga, anak suka kepada cerita raja-raja, pemburu yang kejam, raksasa, dan sebagainya.
2. Masa robinson crusoe : 8 sampai dengan 12 tahun. Dalam masa ini anak mengalami realisme naif : (diterima tanpa kritik). Kemudian anak memasuki masa realisme krisis, yaitu masa anaktidak menyukai lagi dongeng yang fantastis, dongeng yang tidak masuk akal. Sekarang ia lebih menyukai cerita yang benar-benar terjadi, cerita yang masuk akal seperti cerita perjalanan; cerita roman, dan sebagainya.
3. Masa pahlawan : 12 sampai dengan 15 tahun. Anak suka membaca buku-buku perjuangan, karya orang kenamaan yang pernah terjadi. lambat laun lenyaplah fantasi ilusionistis, yaitu fantasi yang terikat pada tanggapan kenangan; sedangkan fantasi mengombinasi maju dengan pesat. 
b. Beberapa Nilai Fantasi
Ada beberapa nilai fantasi, yang terutama adalah:
1. Fantasi dapat dipergunakan sebagai hiburan.
2. Fantasi dapat memudahkan anak dalam menerima pelajaran.
3. Fantasi membentuk budu pekerti anak. Bila ia membaca atau melihat film yang baik-baik, ia terdorong meniru dan berbuat seperti yang dibaca atau yang dilihatnya itu.
c. Beberapa Keburukan Berfantasi
Selain memiliki nilai-nilai manfaat, dari sisi lain fantasi itu menimbulkan dampak yang tidak baik, yaitu:
1.  Anak sering tenggelam ke dalam dunia fantasinya. Tampaknya ia suka melamun.
2. Anak takut menghadapi kenyataan. Ia menjadi orang yang pemalu atau menjadi seorang pembual di kalangan teman-temannya.

Post a Comment for "PERKEMBANGAN MASA ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR"