SIFAT-SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA


A. PERHATIAN
1. Pengertian
Definisi perhatian yang diberikan oleh para ahli psikologi ada dua macam, yaitu :
a. Perhatian adalah pemusatan tenaga psikis tertuju  kepada suatu objek.
b. Perhatian adalah banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang dilakukan.
2. Macam-macam Perhatian
Macam-macam perhatian adalah sebagai berikut:
a. Atas dasar intensitasnya, yaitu banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas atau pengalaman batin, maka dibedakan menjadi:
(1) Perhatian intensif, dan
(2) Perhatian tidak intensif.
b. Atas dasar cara timbulnya, perhatian dibedakan menjadi:
(1) Perhatian spontan (perhatian tak-sekehendak, perhatian tak disengaja).
(2) Perhatian sekehendak (perhatian disengaja, perhatian refleksif).
c. Atas dasar luasnya objek yang dikenai perhatian, perhatian dibedakan menjadi:
(1) Perhatian terpencar (distributive)
(2) Perhatian terpusat (konsentratif)
3. Hal-hal yang Menarik Perhatian
a. Dipandang dari segi objek, “hal yang menarik perhatian adalah hal yang keluar dari konteksnya” atau “hal yang menarik perhatian adalah hal yang lain dari lain-lainnya”.
b. Dipandang dari subjek yang memperhatikan maka dirumuskan bahwa:
hal yang menarik perhatian adalah yang sangat bersangkut-paut dengan pribadi si subjek. Misalnya:
(1) Hal-hal yang bersangkut-paut dengan kebutuhan itu menarik perhatian.
(2) Hal-hal yang bersangkut-paut dengan kegemaran itu menarik perhatian.
(3) Hal-hal yang bersangkut-paut dengan pekerjaan atau keahlian itu menarik perhatian.
(4) Hal-hal yang bersangkut-paut dengan sejarah hidup itu menarik perhatian

B. PENGAMATAN 
1. Pengertian 
Cara mengenal objek dengan melihat, mendengar, membau, atau mencecap disebut mengamati. Sedangkan melihat, mendengar, dan seterusnya disebut modalitas pengamatan.
Pengaturan supaya memungkinkan subjek melakukan orientasi adalah sebagai berikut:
a. Pengaturan menurut sudut pandang ruang.
b. Pengaturan menurut sudut pandang waktu.
c. Pengaturan menurut sudut pandang Gestalt.
d. Pengaturan menurut sudut pandang arti.
2. Penglihatan 
Menurut objeknya masalah penglihatan digolongkan menjadi tiga golongan, yaitu:
1) Melihat Bentuk
Melihat bentuk adalah melihat objek yang berdimensi dua.
(1) Hubungan objek pokok dan latar belakang:
(a) Objek pokok lebih berbentuk, latar belakang kurang berbentuk;
(b) Objek pokok di depan, latar belakang di belakang;
(c) Latar belakang cenderung untuk meluas di belakang objek pokok;
(d) Batas-batas (contour) termasuk pada daerah objek pokok, bukan pada latar belakang;
(e) Objek pokok lebih berkesan, lebih mudah diingat, lebih cenderung untuk punya arti.
(2) Hokum-hukum Gestalt penglihatan
Prinsip-prinsip atau hokum-hukum Gestalt adalah sebagai berikut:
(a) Hokum keterdekatan, artinya yang terdekat merupakan Gestalt.
(b) Hukum ketertutupan, artinya yang tetutup merupakan Gestalt.
(c) Hokum kesamaan, artinya yang sama merupakan Gestalt.
(3) Peranan sikap batin subjek
(4) Konstansi bentuk
2) Melihat Dalam 
Melihat dalam ialah melihat objek berdimensi tiga. Salah satu yang terpenting di sini adalah kontansi besar. Disebabkan oleh:
(1) Objek-objek yang dihadapi tidak dilihat sebagai fenomen-fenomen yang berdiri sendiri, melainkan selalu dalam hubungan satu sama lain dalam konteks tertentu.
(2) Prinsip proporsional, yaitu bahwa proporsi atau perbandingan benda-benda satu terhadap yang lain serta terhadap tempatnya adalah sama.
3)  Melihat Warna
Masalah melihat warna dari segi nilai psikologisnya:
(1) Nilai afektif warna
(2) Nilai lambing warna 
3. Pendengaran
Mendengar adalah menangkap bunyi-bunyi (suara) dengan indera pendengar. Bunyi dapat berfungsi dua macam, yaitu:
(a) Sebagai tanda (signal), dan
(b) Sebagai lambang.
Bunyi atau suara dapat digolong-golongkan atas dasar dua cara, yaitu:
(a) Berdasarkan atas keteraturandapat kita bedakan antara:
(1) Gemerisik, dan
(2) Nada. 
(b) Nada biasa dibeda-bedakan atas dasar:
(1) Tinggi rendahnya, yang tergantung kepada besar kecilnya frekuensi;
(2) Intensitasnya, yang tergantung kepada amlitudonya;
(3) Timbrenya, yang tergantung kepada kombinasi bermacam-macam frekuensi dalam tinggi rendahnya suara.
4. Rabaan 
Istilah rabaan mempunyai dua arti, yaitu:
(a) Meraba, sebagai perbuatan aktif, yang meliputi juga indera keseimbangan atau kinestesi, dan
(b) Pengalaman raba secara pasif, yang melengkapi pula beberapa indera, atau kemampuan lain, yaitu:
(1) Indera untuk sentuh dan tekanan,
(2) Indera untuk mengamati panas,
(3) Indera untuk mengamati dingin,
(4) Indera untuk merasa sakit, dan
(5) Indera untuk vibrasi.
5.  Pembauan (Penciuman) 
Henninh (1924) membedakan adanya enam macam bau utama (bau pokok), yaitu:
(1) Bau bunga (blumig),
(2) Bau akar (warzig),
(3) Bau buah (cruchig),
(4) Bau getah (barzig),
(5) Bau busuk (faulig),
(6) Bau sangit (brenzlich).
Swaatdeaker (Kohnstamm dkk., 1955:103) menggolong-golongkan bau itu menjadi Sembilan macam bau, yaitu:
(1) Bau etheris
(2) Bau aromatis
(3) Bau bunga 
(4) Bau amber
(5) Bau bawang
(6) Bau sangit
(7) Bau kapril
(8) Bau tak sedap, dan
(9) Bau memuakkan.
6. Pencecapan 
Indera pencecap terutama hanya peka terhadap enam macam rasa pokok, yaitu:
(1) Manis,
(2)  Asam, 
(3) Asin, dan
(4) Pahit.
C. TANGGAPAN DAN VARIASINYA
1. Pengertian Tanggapan 
Tanggapan biasanya didefinisikan sebagai bayangan yang tinggal dalam ingatan setelah kita melakukan pengamatan. (Bigot dkk., 1950:72)
Linschoten mengemukakan bahwa “menanggap adalah melakukan kembali sesuatu perbuatan atau melakukan sebelumnya sesuatu perbuatan tanpa hadirnya objek fungsi primer yang merupakan dasar dari modalitas tanggapan itu”. (Kohn-stamm, dkk., 1955:106).
Ada tiga macam tanggapan, yaitu:
(1) Tanggapan masa lampau atau tanggapan ingatan,
(2) Tanggapan masa datang atau tanggapan mengantisipasikan,
(3) Tanggapan masa kini atau tanggapan represif (tanggapan mengimjinasikan).
Perbedaan antara tanggapan dan pengamatan:
1) Tanggapan
a. Cara tersedianya objek disebut representasi.
b. Objek tidak ada pada dirinya sendiri tetapi ada (diadakan)pada diri subjek yang menanggap.
c. Objek hanya ada pada dan untuk subjek yang menanggap.
d. Terlepas dari unsure tempat, keadaan dan waktu.
2) Pengamatan
a. Cara tersedianya objek disebut presentasi.
b. Objek ada pada dirinya sendiri.
c. Objek ada bagi setiap orang.
d. Terikat pada tempat, keadaan dan waktu.
1. Bayangan Pengiring
Deretan gejala dari yang paling berperaga sampai ke paling yang kurang berperaga adalah sebagai berikut:
(1) Pengamatan,
(2) Bayangan pengiring,
(3) Bayangan eidentik,
(4) Tanggapan, dan
(5) Pengertian.
Bayangan pengiring adalah bayangan yang timbul setelah kita melihat sesuatu warna. Bayangan pengiring ada dua macam, yaitu :
(1) Bayangan pengiring positif, yaitu bayangan pengiring yang sama dengan warna objeknya.
(2) Bayangan pengiring negative, yaitu bayangan pengiring yang tidak sama dengan warna objeknya, melainkan seperti warna komplemen dari warna objek.
2. Bayangan Eidentik
Bayangan Eidentik adalah bayangan yang sangat jelas dan hidup, sehingga menyerupai pengamatan. 
Jaensch  dan W. Jaensch membedakan adanya dua macam tipe, yaitu:
(1) Tipe tetanoide atau Type T, dan
(2) Tipe basedoide atau Type B.
D. FANTASI
1. Pengertian 
Fantasi didefinisikan sebagai daya untuk membentuk tanggapan-tanggapan baru dengan pertolongan tanggapan-tanggapan yang sudah ada, dan tanggapan baru tidak harus sesuai dengan benda-benda yang ada.
Fantasi dapat pula dilukiskan sebagai fungsi yang memungkinkan manusia untuk berorientasi dalam alam imajiner, melampaui dunia riil.
1. Klasifikasi
Fantasi dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu:
(1) Fantasi tak disadari, adalah fantasi yang terjadi dengan tak disengaja, jadi orang melampaui dunia riil dengan tak disengaja.
(2) Fantasi disadari, yaitu fantasi yang terjadi dengan disengaja, dan ada usaha dari subjek untuk masuk ke dunia imajiner. Fantasi yang disadari digolongkan menjadi dua macam, yaitu yang secara aktif dan yang secara pasif.
Kedua macam fantasi, baik yang aktif maupunyang secara pasif dapat bersifat mengabstraksikan kalau dalam berfantasi itu ada bagian-bagian yang dihilangkan, bersifat mendeterminasikan kalau dalam berfantasi itu sudah ada semacam skema tertentu, lalu diisi dengan gambaran lain, bersifat mengombinasikan kalau menggabungkan bagian dari tanggapan yang satu dengan tanggapan yang lain.
Fantasi yang disadari yang secara aktif dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
(1) Fantasi mencipta, yaitu fantasi yang mengadakan (menciptakan) tanggapan-tangaapan yang benar-benar baru.
(2) Fantasi terpimpin, yaitu fantasi yang mengikuti gambaran angan-angan (buah fantasi) orang lain.
E. INGATAN
1. Pengertian
Secara teori dapat dibedakan adanya tiga aspek dalam berfungsinya ingatan, yaitu:
a. Mencamkan, yaitu menerima kesan-kesan,
b. Menyimpan kesan-kesan, dan
c. Mereproduksikan kesan-kesan.
Maka ingatan didefinisikan sebagai kecakapan untuk menerima, menyimpan, dan mereproduksikan kesan-kesan.
Ingatan yang baik mempunyai sifat-sifat: cepat atau mudah mencamkan, setia, teguh, luas dalam menyimpan, dan siap atau sedia dalam mereproduksikan kesan-kesan.
Ingatan cepat artinya mudah dalam mencamkan sesuatu hal tanpa menjumpai kesukaran. Ingatan setia artinya apa yang telah diterima (dicamkan) itu akan disimpan sebaik-baiknya, tak akan berubah-ubah, jadi tetap cocok dengan keadaan waktu menerimanya. Ingatan teguh artinya dapat menyimpan kesan dalam waktu yang lama, tidak mudah lupa. Ingatan luas artinya dapat menyimpan banyak kesan-kesan. Ingatan siap artinya mudah dapat mereproduksikan kesan yang telah disimpannya.
2.  Mencamkan 
Menurut terjadinya, mencamkan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
(a) Mencamkan yang sekehendak atau dengan sengaja, artinya mencamkan dengan sengaja dan dikehendaki; dengan sadar sungguh-sungguh mencamkan sesuatu.
(b) Mencamkan yang tidak disengaja atau tidak sekehendak, artinya dengan tidak dikehendaki, tidak disengaja, memperoleh sesuatu pengetahuan.
Hal-hal yang dapat membantu menghafal atau mencamkan adalah sebagai berikut:
a. Menyuarakan menambah pencaman.
b. Pembagian waktu belajar yang tepat menambah pencaman.
c. Penggunaan metode belajar yang tepat mempertinggi pencaman.
Ada tiga macam metode belajar, yaitu:
(1) Metode keseluruhan atau metode G (Ganzlern-methode), yaitu metode menghafal dengan mengulang berkali-kali dari permulaan sampai akhir.
(2) Metode bagian atau metode T (Teillernmethode), yaitu menghafal sebagian demi sebagian. Masing-masing bagian itu dihafal.
(3) Metode campuran atau metode V (Vermittendelern methode), yaitu menghafal bagian-bagian yang sukar dahulu, selanjutnya dipelajari dengan metode keseluruhan.
Faktor-faktor yang menambah atau mempertinggi pencaman, yaitu:
(1) Mneumotechnik atau tititan lingkaran, yaitu dengan akal dicari jalan supaya bahan yang dihafalkan mudah dicamkan.
(2) Penggolongan secara rythmis.
(3) Penggolongan kesatuan dalam ruang (secara ruang).
(4) Penggolongan menjadi kumpulan-kumpulan yang berarti.
3. Mengingat dan Lupa
Hal yang diingat adalah hal yang tidak dilupakan, dan hal yang dilupakan adalah hal yang tidak diingat (tak dapat diiingat kembali).
Interferensi adalah menjadi lebih sukarnya belajar yang disebabkan oleh hambatan bahan-bahan yang telah dipelajari lebih dahulu.
4. Reproduksi
Reproduksi adalah pengaktifan kembali hal-hal yang telah dicamkan. Dalam reproduksi ada dua bentuk, yaitu:
a. Mengingat kembali (recall), dan
b. Mengenal kembali (recognition).
Adapun beda antara mengingat kenbali dan mengenal kembali adalah:
a. Pada mengingat kembali tak ada objek yang dapat dipakai sebagai tumpuan atau pegangan dalam melakukan reproduksi itu.   
b. Pada mengenal kembali ada sesuatu yang dapat dipakai sebagai tumpuan dalam melakukan reproduksi itu sebagai objek untuk mencocokkan.
5. Asosiasi 
Asosiasi adalah hubungan antara tanggapan yang satu denagn tanggapan yang lainnya dalam satu jiwa.
Adapun hokum asosiasi adalah:
a. Hokum sama saat atau serentak; beberapa tanggapan yang dialami dalam waktu bersamaan cenderung unutk asosiasi antara satu denagn lainnya.
b. Hokum berurutan; beberapa tanggapan yang dialami berurut-urut, cenderung untuk berasosiasi antara satu denagn lainnya.
c. Hokum kesamaan atau kesesuaian; beberapa tanggapan yang bersesuaian cenderung untuk berasosiasi antara satu dengan yang lainnya.
d. Hokum berlawanan; tanggapan-tamggapan yang saling berlawanan akan berasosiasi satu sama lainnya.
e. Hokum sebab-akibat;tanggapan yang mempunyai hubungan sebab-akibat cenderung untuk berasosiasi satu sama lain.
F. BERFIKIR
1. Pengertian
Ahli-ahli asosiasi menganggap bahwa berfikir adalah kelangsungan tanggapan-tanggapan di mana subjek yang berfikir pasif. Plato beranggapan bahwa berfikir adalah berbnicara dalam hati. Sehubungan denagn pendapat Plato ini adalah pendapat yang mengatakan bahwa berfikir adalah aktivitas ideasional. Pada pendapat yang terakhir dikemukakan dua kenyataan, yaitu:
a. Bahwa berfikir adalah aktivitas, jadi subjek yang berfikir aktif, dan
b. Bahwa aktivitas sifatnya ideasional, jadi bukan sensoris dan bukan motoris, walaupun dapat disertai oleh kedua hal itu; berfikir itu mempergunakan abstraksi-abstraksi atau “ideas”.
Ada pendapat yang lebih menekankan kepada tujuan pendidikan, yaitu mengatakan bahwa berfikir adalah meletakkan hubungan antara bagian-bagian pengetahuan kita (Bigot dkk., 1950: 103). Bagian-bagian pengetahuan yaitu segala sesuatu yang telah kita miliki, yang berupa pengertian-pengertian dan dalam batas tertentu juga tanggapan-tanggapan.
Berfikir adalah proses yang dinamis yang dapat dilukiskan menurut proses atau jalannya.
2. Proses Berfikir
Proses atau jalannya berfikir pada pokoknya ada tiga langkah, yaitu:
a. Pembentukan Pengertian
Pengertian, atau lebih tepatnya disebut sebagai pengertian logis dibentuk melalui empat tingkat, sebagi berikut: 
(1) Menganalisis cirri-ciri dari sejumlah objek yang sejenis.
(2) Membanding-bandingkan cirri-ciri untuk diketemukan cirri-ciri mana yang sama, mana yang tidak sama, mana yang selalu ada dan mana yang tidak selalu ada, mana yang hakiki dan mana yang tidak hakiki.
(3) Mengabstraksiakn, yaitu menyisihkan, membuang, cirri-ciri yang tidak hakiki, menangkap cirri-ciri yang hakiki.
b. Pembentukan Pendapat
Membentuk pendapat adalah meletakkan hubungan antara dua buah pengertian atau lebih.
Pendapat dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
(1) Pendapat afirmatif atau positif, yaitu pendapat yang mengyakan, yang secara tegas menyatakan keadaan sesuatu.
(2) Pendapat negative, yaitu pendapat yang menidakkan, yang secara tegas menerangkan tentang tidak adanya sesuatu sifat pada suatu hal.
(3) Pendapat modalitas atau kebarangkalian, yaitu pendapat yang menerangakan kebarangkalian, kemungkinan-kemungkinan sesuatu sifat pada sesuatu hal.
c. Penarik Kesimpulan atau Pembentukan Keputusan
Keputusan adalah hasil perbuatan akal untuk membentuk pendapat baru berdasarkan pendapat-pendapat yang telah ada. Ada tiga macam keputusan, yaitu:
(1) Keputusan induktif, yaitu keputusan yang diambil dari pendapat-pendapat khusus menuju ke satu pendapat umum.
(2) Keputusan deduktif
Keputusan dediktif ditarik dari hal yang umum ke hal yang khusus; jadi berlawanan dengan keputusan induktif.
(3) Keputusan analogis
Keputusan analogis ialah keputusan yang diperoleh dengan jalan membandingkan atau menyesuaikan denagn pendapat-pendapat khusus yang telah ada.
3. Psikologi Pikir
Psikologi piker biasanya dianggap dimulai oleh O. Kulpe dengan madzhabnya, yaitu madzhab Wurzburg, yang kemudian dilanjutkan oleh madzhab Koln dan madzhab Mannhein.
a. Intisari Pendapat Mazhab Wurzburg
Pokok-pokok pikiran yang dikemukakan dalam pidato tentang masalah berpikir oleh Kulpe adalah:
(1) Ada isi kesadaran yang tak berperaga.
(2) Dalam proses berfikir aktivitas “Aku “ memgang peranan penting.
(3) Proses berfikir dikluasai oleh tendens determinasi oleh Denkaufgabe (hal yang difikirkan).
b. Intisari Pendapat Mazhab Koln
(1) Hasil penelitian Frohn mengenai berfikirnya anak bisu, tuli tak dapat melepaskan diri dari hal yang berperaga, tak dapat melakukan generalisasi..
(2) Lapisan-lapisan kesadaran.
Ada tiga lapisan kesadaran yaitu:
1. Tanggapan individual; tanggapan yang terjadi langsung dari pengamatan panca indera.
2. Tanggapan bagan; penyadaran yang kurang berperaga dan punya sifat-sifat umum.
3. Pengertian abstrak; unsure-unsur berperaga sama sekali tidak ada, yang ada hanyalah mengerti yang tak berperaga, disini piker bekerja denagn kategori-kategori pengatur.
c. Intisari Mazhab Mannheim
Tujuan utanma mazhab ini adalah menyusun teori berfikir yang benar-benar lepas dari asosiasi.
Selz merumusakn pendapat tentang proses berfikir:
(1) Berfikir itu berarah tujuan.
(2) Proses berfikir itu dalah proses melengkapkan kompleks.
(3) Bagan antisipasi, yaitu metode penyelesaian yang berwujud bagan yang timbul atau ditimbulkan oleh tugas piker.
(4) Berfikir adalah mempergunakan metode penyelesaian soal yang umumnya berlangsung tanpa mengetahui metode penyelesaiann itu. 
G. PERASAAN    
1. Pengertian
Perasaan biasanya didefinisikan gejala psikis yang bersifat subjektif yang umumnya berhubungan dengan gejala-gejala mengenal, dan dialami dalam kualitas senang atau tidak senang dalam berbagai taraf.
2. Mcam-macam Perasaan
a. Perasaan-perasaan jasmaniah (rendah):
(1) Perasaan-perasaan indriah, yaitu perasaan-perasaan yang berhubungan dengan perangsangan terhadap panca indera.
(2) Perasaan vital, yaitu perasaan-perasaan yang berhubungan dengan jasmani pada umumnya.
b. Perasaan-perasaan rohaniah:
(1) Perasaan intelektual
Perasaan intelekual adalah perasaan yang bersangkutan denagn kesanggupan intelek (pikiran) dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi.
(2) Perasaan kesusilaan
Perasaan kesusilaan atau disebut juga perasaan etis ialah perasaan tentang baik buruk.
(3) Perasaan keindahan
Perasaan keindahan adalah perasaan yang menyertai atau yang timbul karena seseorang menghayati sesuatu yang indah atau tidak indah.
(4) Perasaan social
Perasaan social adalah perasaan yang mengikatkan seseorang dengan sesame manusia, perasaan untuk hidup bermasyarakat denagn sesame manusia; untuk bergaul, saling tolong menolong, member dan menerima simpati dan antipasti, rasa setia kawan, dan sebagainya.
(5) Perasaan harga diri
Perasaan harga diri dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu perasaan harga diri yang positif dan perasaan harga diri yang negative.
(6) Perasaan keagamaan 
Perasaan keagamaan adalah perasaan yang bersangkut-paut denagn kepercayaaan seseorang tentang adanya Yang Maha Kuasa.
H. MOTIF-MOTIF
1. Pengertian
Motif adalah keadaan dalam pribadi orang yang mendorong individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu guna mencapai sesuatu tujuan.
Tiap aktivitas yang dilakukan oleh seseorang itu didorong oleh sesuatu kekuatan dari dalm diri orang itu; kekuatn pendorong inilah kita sebut motof.
2. Macam-macam Motif
a. Menurut Woodworth dan Marqiis (1955:301-303) motif dapat dibedakan menjadi tiga macam:
(1) Kebutuhan-kebutuhan organic,
(2) Motif-motif darurat,
(3) Motif-motif objektif.
b. Penggolongan lain didasarkan atas terbentuknya motif-motif it dapat dibedakan adanya dua macam motif, yaitu:
(1) Motif-motif bawaan, yaitu motif-motif yang dibawa sejak lahir, jadi ada tanpa dipelajari.
(2) Motif-motif yang dipelajari, yaitu motif-motif yang timbulnya karena yang dipelajari.
c. Berdasarkan atas jalarannya,maka orang membedakan adanya dua macam motif:
(1) Motif-motif ekstrinsik, yaitu motif-motif yang berfungsinya karena adanya perangsang dari luar.
(2) Motif-motif intrinsik, yaitu motif-motif yang fungsinya tidak usah dirangsang dari luar.
d. Ada juga ahli yang menggolongkan motif-motif itu menjadi dua macam:
(1) Motif jasmaniah
(2) Motif rohaniah, yaitu kemauan.
Kemauan itu terbentuk melalui empat momen:
(a) Momen timbulnya alasan alasan.
(b) Momen pilih
Momen pilih adalah keadaan di mana ada alternative-alternatif, yang mengakibatkan persaingan antara alasan-alasan itu.
(c) Momen putusan
(d) Momen terbentuknya kemauan. 

Post a Comment for "SIFAT-SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA"