TELA‘AH KLASIFIKASI MATERI AL-QUR’AN HADITS MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Mata pelajaran al-Qur’an dan Hadis adalah bagian dari mata pelajaran agama Islam di madrasah ibtidaiyah. Pelajaran ini merupakan sarana untuk mengenalkan kepada siswa tentang al-Qur’an dan hadits, baik mengenai ayat-ayat al-Qur’an dan hadits-hadits, terjemahannya, kandungannya, tajwidnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran ini bertujuan memberi motivasi, bimbingan, pemahaman, kemampuan, dan penghayatan terhadap isi al-Qur’an dan hadis. Dengan demikian, diharapkan dapat mewujudkan perilaku dalam kehidupan sehari-hari sebagai manifestasi iman dan takwa kepada Allah swt dan juga diharapkan dapat lebih tuntas dalam belajar al-Qur’an dan hadis, khususnya dan pelajaran agama pada umumnya.
Dengan diberikannya pelajaran al-Qur’an Hadits, siswa akan mengetahui esensi yang terkandung dalam Qur’an Hadits. Sehingga dapat memahami Qur’an Hadits dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mempermudah dalam pemahaman materi maka pengklasifikasian sangatlah penting sebagai suatu proses untuk memverifikasi materi khususnya materi al-Qur’an Hadis ini, penyusunan atau pengelompokan (klasifikasi) ini ingin member gambaran secara singkat materi al-Qur’an hadis guna untuk mempermudah penelaahan materi tersebut.   
Untuk itu, uraian tentang “Telaah Klasifikasi Materi Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah (MI)” ini disusun dengan tujuan agar kita bias paham tentang pengklasifikasian  materi kurikulum al-Qur’an hadis MI serta kita bisa memeriksa, meneliti, serta mengkaji materi-materi kurikulum yang terdapat di MI.  
B. Rumusan Masalah
Melihat latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang akan dipaparkan dalam makalah ini adalah:
1. Bagaimana pengertian dari telaah klasifikasi materi Al-Qur’an Hadist MI?
2. Bagaimana sistematika pengklasifikasian materi al-Qur’an Hadits MI?
3. Apakah sudah sesuai klasifikasi materi Qur’an Hadits pada setiap masing-masing kelas?
4. Apakah sudah sesuai klasifikasi materi Qur’an Hadits bila dilihat dari aspek metodologi, psikologi, social, dan pendidikan?
C. Tujuan Penulisan Makalah
Berdasarkan pada permasalahan yang diajukan di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui pengertian dari telaah klasifikasi materi al-Qur’an Hadits MI.
2. Untuk mengetahui sistematika pengklasifikasian materi al-Qur’an Hadits MI.
3. Untuk mengetahui kesesuaian klasifikasi materi al-Qur’an Hadits pada tiap masing-masing kelas.
4. Untuk mengetahui kesesuaian klasifikasi materi Qur’an HAdits jika dilihat dari aspek metodologi, psikologi, social, dan pendidikan.
D. Manfaat/kegunaan Penulisan Makalah
Berdasarkan tujuan di atas, nantinya diharapkan makalah ini bermanfaat bagi pemakalah maupun orang lain. Adapun manfaat yang ingin dicapai dari makalah ini adalah:
1. Manfaat Toeritis
Hasil makalah ini diharapkan dapat memberi pengetahuan tentang penjelasan telaah klasifikasi materi al-Qur’an Hadits MI dan mengetahui pengklasifikasiannya. 
2. Manfaat Praktis
a. Manfaat untuk Guru
1) Dengan adanya penjelasan mengenai telaah klasifikasi materi al-Qur’an Hadits MI, akan memudahkan guru dalam memahami maksud dari menelaah dan mengklasifikasi materi al-Qur’an Hadits.
2) Dengan adanya pengklasifikasian akan memudahkan guru dalam memberikan materi pada peserta didik.   
b. Manfaat untuk siswa
1) Siswa akan mengerti pentingnya menelaah dalam memahami suatu materi ajar.
2) Akan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran, karena materi ajar telah diklasifikasikan sedemikian  rupa.
c. Manfaat untuk mahasiswa 
1) Mengetahui standar Kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang ada dalam materi al-Qur’an Hadits.
2) Belajar mengklasifikasikan materi sehingga mahasiswa diharapkan mampu mengklasifikasikan materi dengan baik ketika mengajar kelak.
E. Sistematika Penulisan Makalah
Dalam penyusunan makalah ini, penulis mengelompokkannya menjadi 3 (tiga) bagian yang merupakan rangkaian besar yang merupakan rangkaian dari beberapa sub bab.
1. Bagian Muka
Bagian ini dimulai dengan halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi.
2. Bagian Inti
Bagian ini terdiri dari beberapa bab, yang masing-masing terdiri dari sub bab dengan susunan sebagai berikut:
a. BAB I PENDAHULUAN
Merupakan bagian awal dari penulisan makalah yang berisi tentang: latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penulisan makalah, manfaat penulisan makalah, serta sistematika penulisan makalah.
b. BAB II KAJIAN PUSTAKA
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai pengertian telaah klasifikasi materi al-Qur’an Hadits MI dengan sub bab pengertian telaah secara etimologi dan terminologi, pengertian klasifikasi secara etimologi dan terminologi, penertian materi secara etimologi dan terminology, pengertian al-Qur’an dan hadits secara etimologi dan terminology, serta pengertian madrasah dan ibtidaiyah secara etimologi dan terminology dan pengklasifikasian materi al-Qur’an Hadits MI yang meliputi sub bab klasifikasi materi al-Qur’an Hadits kelas 1, klasifikasi materi al-Qur’an Hadits kelas 2, klasifikasi materi al-Qur’an Hadits kelas 3, klasifikasi materi al-Qur’an Hadits kelas 4, klasifikasi materi al-Qur’an Hadits kelas 5, klasifikasi materi al-Qur’an Hadits kelas 6.
c. BAB III ANALISIS
Dalam bab ini menjelaskan tentang analisis dari tiap-tiap kelas mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Dan juga berisi tentang analisis dari aspek metodologi, aspek psikologi, aspek social, aspek pendidikan.
d. BAB IV PENUTUP
Dalam bab ini berisikan tentang kesimpulan, saran-saran, dan kata penutup, serta pada bagian akhir makalah dilengkapi dengan daftar pustaka. 
KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Telaah Klasifikasi Materi Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah (MI) 
Untuk menghindari adanya salah penafsiran dan meluasnya permasalahan, sekaligus untuk memberikan pengertian yang sejelas-jelasnya, maka pemakalah perlu menegaskan istilah-istilah dalam judul makalah ini sebagai berikut:
1. Pengertian Telaah 
a. Secara Etimologi
Telaah adalah suatu penyelidikan, kajian, pemeriksaan, dan penelitian.
b. Secara Terminologi
Telaah yaitu penyelidikan mengenai beberapa materi tentang kesulitan-kesulitan yang mungkin ada pada materi yang dikaji.
2. Pengertian Klasifikasi 
a. Secara Etimologi
Klasifikasi berasal dari bahasa latin, classis, tingkat, pangkat, bagian, kesatuan, kelas, susunan, pembagian, kategori, classification, pembagian, pengkategorian, penggolongan.
b. Secara Terminologi
1. Suatu penyusunan dengan cara sistematik dalam golongan-golongan berdasarkan norma atau standar yang ditentukan.
2. Dalam logika, pembagian yang menunjukkan dan menjumlahkan dengan jelas seluruh perbedaan dari bagian-bagian sebagai suatu keseluruhan yang logis. Klasifikasi merupakan salah satu tugas yang penting dalam ilmu pengetahuan.
3. Klasifikasi adalah pengelompokkan yang sistematis pada seluruh objek, gagasan, buku atau benda-benda lain ke dalam kelas atau golongan tertentu berdasarkan cirri-ciri yang sama.
4. Penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan.
3. Pengertian Materi 
a. Secara Etimologi
Materi adalah benda, zat.
b. Secara Terminologi
Materi adalah sesuatu yang menjadi bahan (untuk diujikan, dipikirkan, dibicarakan, dikarangkan, dsb).
4. Pengertian Al-Qur’an Hadist 
a. Al-Qur’an
1) Secara Etimologi
“Qur’an” menurut pendapat yang paling kuat seperti yang dikemukakan Dr. Subhi Al-Salih berarti “bacaan”, asal kata qara’a. Kata al-Qur’an itu berbentuk masdar dengan arti isim maf’ul yaitu maqru (dibaca).
2) Secara Terminologi
Definisi Al-Qur’an ialah: “Kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW yang dituliskan di mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah.
b. Hadist
1) Secara Etimologi
Secara etimologi (bahasa), hadist mempunyai beberapa arti, yaitu:
a) Baru lawan dari lama/ terdahulu
b) Berhasil/berlaku
c) Berita/cerita/menceritakan.
Hadits secara lughawi memiliki beberapa arti diantaranya komunikasi, cerita atau perbincangan, sejarah, cerita, atau peristiwa yang masih actual.
2) Secara Terminologi
Diantaranya dikemukakan oleh ahli hadist sebagai makna atau sesuatu yang dinisbahkan kepada nabi baik perilaku, perkataan, perkenan beliau terhadap tindakan sahabat atau diskripsi tentang sifat dan karakternya. Ajjaj al-khattab lebih menekankan kepada prilaku setelah kenabian dengan definisi yang lengkap bahwa hadits merupakan segala sesuatu yang terwariskan dari Rasulullah sebelum dan sesudah kenabian akan tetapi bila dimaksudkan makna hadits pada umumnya sebagai sesuatu yang diriwayatkan dari Rasulullah setelah kenabian baik perkataan, perbuatan, maupun perkenannya (ketetapannya). 
Jadi yang dimaksud dengan al-Qur’an Hadits adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dan Hadist dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, pengenalan arti atau makna dari surat-surat pendek tersebut dan hadist-hadist tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan kebiasaan.
5. Pengertian Madrasah Ibtidaiyah
a. Madrasah
1) Secara Etimologi
Madrasah dilihat dari segi bahasa arab dari kata darasa yang artinya belajar, sedangkan Madrasah itu sendiri berarti tempat belajar. Persamaan kata Madrasah dalam bahasa Indonesia adalah sekolah, sementara itu pengertian yang berasal dari bahasa arab diatas menunjukkan bahwa tempat belajar tidak mesti di suatu tempat tertentu, tetapi bisa dilaksanakan dimana saja, misalnya dirumah, surau, langgar atau di masjid. 
2) Secara Terminologi
Sedangkan secara istilah madrasah berarti lembaga pendidikan yang mempunyai porsi lebih terhadap mata pelajaran agama khususnya Islam atau sering disebut dengan sekolah agama. Dalam perkembangan selanjutnya, kata Madrasah secara teknis mempunyai arti atau konotasi tertentu, yaitu suatu gedung atau bangunan tertentu yang lengkap dengan segala sarana dan fasilitas yang menunjang proses belajar agama.
b. Ibtidaiyah
1) Secara Etimologi
Ibtidaiyah yaitu tingkatan dasar.
2) Secara Terminologi
Ibtidaiyah yaitu salah satu bentuk satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar.
Jadi yang dimaksud dengan Madrasah Ibtidaiyah, yang selanjutnya disingkat MI, adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan dasar.
Dari beberapa definisi di atas maka dapat kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan Telaah Klasifikasi Materi Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah adalah penyelidikan mengenai beberapa materi tentang kesulitan-kesulitan yang mungkin ada pada materi yang dikaji dengan menyusunan secara bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah tentang bahan yang diujikan yaitu mengenai salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dan Hadist dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, pengenalan arti atau makna dari surat-surat pendek tersebut dan hadist-hadist tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan kebiasaan pada salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan dasar.
B. Pengklasifikasian Materi Al-Qur’an Hadits MI
1. Klasifikasi Materi Al-Qur’an Hadist Kelas 1 
a. Semester 1
1) Pelajaran 1: Surat Al Fatihah
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan surat Al-fatihah secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan  surat Al-fatihah secara benar dan fasih
c)   Klasifikasi Materi Pembelajaran
      (1) Lafal Surah Al-Fatihah
      (2) Melafalkan Surah Al-Fatihah per lafal
2) Pelajaran 2: Surah An-Nas
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan  surat An-Nas  secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan  surat An-Nas  secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah an-Nas
(2)  Melafalkan surah an-Nas per lafal
3) Pelajaran 3: Surah al-Falaq
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan  surat al-Falaq  secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan  surat al-Falaq  secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran 
(1)  Lafal surah al-Falaq
(2) Melafalkan surah al-Falaq per lafal 
4) Pelajaran 4: Surah al-Ikhlas
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar 
(1) Melafalkan  surat al-Ikhlas  secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan  surat al-Ikhlas secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Ikhlas
(2)  Melafalkan surah al-Ikhlas per lafal
5) Pelajaran 5: Surah al-Lahab
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan  surat al-Lahab secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan  surat al-Lahabsecara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Lahab
(2) Melafalkan surah al-Lahab per lafal
Menurut hasil telaah kami, pada kelas 1 semester 1, klasifikasi materinya sudah baik dan sesuai, namun secara keseluruhan pada semester 1 ini terdapat kekurangan dalam penempatan materinya.
b. Semester 2
1) Pelajaran 6: Huruf Hijaiyah
a) Standar Kompetensi
Memahami huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya
b) Kompetensi Dasar
(1) Mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya
(2) Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Mengenal huruf hijaiyah
(2) Mengucap huruf hijaiyah
(3) Membedakan tanda baca 
(a) Harakat adalah tanda baca huruf hidup atau tanda vocal.
Ø Fathah dilambangkan _______ untuk bunyi a
Ø Kasrah dilambangkan             untuk bunyi i
Ø Damah dilambangkan              untuk bunyi e
(b) Tanwin adalah harakat rangkap yang member bunyi huruf n.
ü Fathah tanwin (_______) untuk bunyi an (fathahtain)
ü Kasrah tanwin (             ) untuk bunyi in (kasratain)
ü Damah tanwin (             ) untuk bunyi un (damatain)
(c) Sukun adalah tanda baca mati atau menjadikan suatu huruf itu dibaca konsonan dilambangkan dengan ________
(d) Tasydid adalah tanda seperti huruf we di atas huruf hijaiyah.
Tasydid menandakan bahwa huruf yang terdapat tanda tasydid dibaca dobel.
(4) Menggunakan tanda baca dalam kata
2) Pelajaran 7: Surah an-Nasr
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan  surat an-Nasr secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan  surat an-Nasr secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah an-Nasr
(2) Melafalkan surah an-Nasr per lafal
3) Pelajaran 8: Surah Quraisy
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan  surat Quraisy secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan  surat Quraisy secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah Quraisy
(2) Melafalkan surah Quraisy  per lafal
4) Pelajaran 9: Hidup Bersih
a) Standar Kompetensi
Memahami hadits tentang kebersihan secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan hadits tentang kebersihan secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan hadits tentang kebersihan secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal hadits tentang kebersihan 
(2) Perilaku hidup bersih di lingkungan
(a) Hidup bersih di rumah
(b) Hidup bersih di sekolah
Menurut hasil telaah kami, pada kelas 1 semester 2, dalam klasifikasi materinya sudah baik, akan tetapi ada yang kurang tepat dalam penempatan materinya yakni pada pelajaran 6 dan KD yang terdapat pada pelajaran 9 yang sebaiknya diganti keterangannya. 
2. Klasifikasi Materi Al-Qur’an Hadits Kelas 2
a. Semester 1
1) Pelajaran 1: Menulis Huruf Hijaiyah
a) Standar Kompetensi 
Menulis huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung 
b) Kompetensi Dasar
(1) Menulis huruf hijaiyah secara terpisah dengan benar yang dapat dibaca orang lain
(2) Menulis huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar yang dapat dibaca orang lain
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Menulis huruf hijaiyah secara terpisah dengan benar
(2) Menulis huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar
(3) Membuat contoh penulisan huruf hijaiyah secara terpisah dengan benar
(4) Membuat contoh penulisan huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar
2) Pelajaran 2: Tanda Baca dalam Al-Qur’an
a) Standar Kompetensi
Memahami kaidah ilmu tajwid
b) Kompetensi Dasar
Menerapkan tanda baca waqaf dan wasal
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Menyebutkan tanda baca waqaf dengan benar
(2) Menyebutkan tanda baca wasal dengan benar
(3) Menerapkan tanda baca waqaf dalam membaca al-Qur’an
(4) Menerapkan tanda baca wasal dalam membaca al-Qur’an
3) Pelajaran 3: Surah al-Kautsar
a) Standar Kompetensi
Menghafal surah pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan surah al-Kautsar secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan surah al-Kautsar secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Kautsar
(2) Melafalkan surah al-Kautsar per lafal
Menurut hasil telaah kami, pada kelas 2 semester 1, dalam klasifikasi materi sudah sesuai dan baik, akan tetapi pada pelajaran 2 sebaiknya pada KD ditambahkan keterangan tentang mengidentifikasi tanda baca waqaf dan wasal.
b. Semester 2
1) Pelajaran 4: Surah al-Qadar
a) Standar Kompetensi
Menghafal surah-surah pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan surah al-Qadar secara baik dan benar
(2) Menghafalkan surah al-Qadar secara baik dan benar
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Qadar 
(2) Melafalkan surah al-Qadar per lafal
2) Pelajaran 5: Surah al-Ma’un
a) Standar Kompetensi
Menghafal surah-surah pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan surah al-Ma’un secara baik dan benar
(2) Menghafalkan surah al-Ma’un secara baik dan benar
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Ma’un
(2) Melafalkan surah al-Ma’un per lafal
3) Pelajaran 6: Surah al-Kafirun
a) Standar Kompetensi
Menghafal surah-surah pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan surah al-Kafirun secara baik dan benar
(2) Menghafalkan surah al-Kafirun secara baik dan benar
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran 
(1) Lafal surah al-Kafirun
(2) Melafalkan surah al-Kafirun per lafal
4) Pelajaran 7: Surah al-Fiil
a) Standar Kompetensi
Menghafal surah-surah pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan surah al-Fiil secara baik dan benar
(2) Menghafalkan surah al-Fiil secara baik dan benar
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Fiil 
(2) Melafalkan surah al-Fiil per lafal
5) Pelajaran 8: Surah al-Asr
a) Standar Kompetensi
Menghafal surah-surah pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan surah al-Asr secara baik dan benar
(2) Menghafalkan surah al-Asr secara baik dan benar
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Asr
(2) Melafalkan surah al-Asr per lafal
6) Pelajaran 9: Hadits tentang Hormat kepada Orang Tua
a) Standar Kompetensi
Memahami hadits tentang hormat kepada orang tua
b) Komptensi Dasar
(1) Melafalkan hadits tentang hormat kepada orang tua
(2) Menunjukkan perilaku hormat kepada orang tua
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal hadits tentang hormat kepada orang tua
(2) Kandungan hadits tentang hormat kepada orang tua
Menurut hasil telaah kami, pada kelas 2 semester 2, klasifikasi materinya sudah baik, namun terdapat kurangnya materi pada klasifikasi materi pelajaran 9 tentang hadis tentang hormat kepada orang tua.
3. Klasifikasi  Materi Al-Qur’an Hadits Kelas 3
a. Semester 1
1) Pelajaran 1: Surah at-Takasur
a) Standar Kompetensi 
 Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan  surat at-Takasur secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan  surat at-Takasur secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Melafalkan surah at-Takasur
(2) Menghafalkan surah at-Takasur
Salah satu cara mudah untuk menghafal surah at-Takasur:
(a) Bacalah surah A-Takasur sebanyak satu, dua, atau tiga sampai pelafalan ayat-ayat itu benar.
(b) Setelah pelafalan ayat-ayat itu benar, hafalkan surah at-Takasur
(c) Hafalkan surah atTakasur ayat demi ayat, misalnya, ayat satu dihafalkan terlebih dahulu sampai benar-benar hafal. Kemudian lakukan untuk ayat-ayat berikutnya.
(d) Lakukanlah terus-menerus, insyaAllah kalian akan cepat hafal.
(e) Praktikkan hafalan kalian setiap shalat.
(3) Sekilas kandungan surah at-Takasur
2) Pelajaran 2: Surah az-Zalzalah
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca surah Az-Zalzalah secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan surah Az-Zalzalah secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah az-Zalzalah
(2) Melafalkan surah az-Zalzalah per lafal
(3) Kandungan surah az-Zalzalah
3) Pelajaran 3: Surah al-Humazah
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca surah al-Humazah secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan surah al-Humazah secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Humazah
(2) Melafalkan surah al-Humazah per lafal
(3) Kandungan surah al-Humazah
4) Pelajaran 4: Bacaan Syiddah, Al-Qamariyyah dan Al-Syamsiyyah
a) Standar Kompetensi
Memahami kaidah ilmu tajwid
b) Kompetensi Dasar
(1) Memahami tanda baca syiddah focus bacaan gunnah, al-qamariyyah dan al-syamsiyyah
(2) Menerapkan tanda baca syiddah focus bacaan gunnah, al-qamariyyah dan al-syamsiyyah
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Pengertian Bacaan Syiddah
(2) Gunnah Musyaddadah
(3) Pengertian Al-Qamariyyah dan Al-Syamsiyyah
(a) Al-Qamariyyah
Al-Qamariyyah adalah apabila ada al (   ) bertemu dengan salah satu huruf qamariyah.
(b) Al-Syamsiyyah
Al-Syamsiyyah adalah apabila ada al (    ) bertemu dengan salah satu huruf syamsiyyah.
(4) Cara membaca al-Qamariyyah dan Al-Syamsiyyah
(a) Al Qamariyyah
Apabila ada al berhadapan dengan huruf qamariyyah, al dibaca dengan jelas. Oleh karena itu, al-Qamariyyah disebut juga izhar qamariyyah. Artinya, al harus dibaca dengan jelas.
(b) Al-Syamsiyyah
Apabila ada al berhadapan dengan salah satu huruf syamsiyyah, al dianggap tidak ada. Sebagai gantinya, huruf sesudahnya mendapatkan harakat syiddah (tasydid). Al-Syamsiyyah disebut juga idgaam syamsiyyah.
5) Pelajaran 5: Hadits tentang Salat Berjamaah
a) Standar Kompetensi
Membaca Hadits tentang Salat Berjamaah
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan Hadits tentang Salat Berjamaah
(2) Menghafalkan Hadits tentang Salat Berjamaah
(3) Menerapkan perilaku salat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal Hadits tentang Salat Berjamaah
(2) Kandungan Hadits tentang Salat Berjamaah
Keutamaan melaksanakan salat berjamaah anta lain sebagai berikut:
(a) Salat berjamaah memiliki kelebihan 27 derajat dari pada salat sendirian
(b) Salat berjamaah dapat menambah saling kenal antara satu dengan yang lain
(c) Orang-orang yang tidak mengerti tentang salat dapat belajar kepada orang yang alim
(d) Terwujudnya rasa cinta dan saling menolong di antara sesame muslim, pahalanya dilipatgandakan, serta kedudukannya bertambah dekat dengan Allah SWT.
Menurut hasil telaah kami, pada kelas 3 semester 1, dalam klasifikasi materinya ada beberapa yang perlu dianalisis kembali diantaranya pada kalsifikasi materi menghafal surah-surah pendek, dan pelajaran 5 tentang hadis tentang salat berjamaah.
b. Semester 2
1) Pelajaran 6: Surah al-Qari’ah
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca surah al-Qari’ah secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan surah al-Qari’ah secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal Surah al-Qari’ah
(2) Melafalkan Surah al-Qari’ah per lafal
(3) Kandungan Surah al-Qari’ah
2) Pelajaran 7: Surah At-Tin
a) Standar Kompetensi
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca surah at-Tin secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan surah at-Tin secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal Surah at-Tin
(2) Melafalkan Surah at-Tin per lafal
(3) Kandungan Surah at-Tin
3) Pelajaran 8: Surah al-Fatihah
a) Standar Kompetensi
Memahami arti surah-surah pendek
b) Kompetensi Dasar
(1) Memahami isi kandungan Surah al-Fatihah
(2) Mengerti kedudukan Surah al-Fatihah
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal Surah al-Fatihah
(2) Menerjemahkan Surah al-Fatihah
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan Surah al-Fatihah
(3) Kandungan surah al-Fatihah 
4) Pelajaran 9: Surah al-Ikhlas
a) Standar Kompetensi
Memahami arti surah-surah pendek
b) Kompetensi Dasar
(1) Memahami isi kandungan Surah al-Ikhlas
(2) Mengerti kedudukan Surah al-Ikhlas
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal Surah al-Ikhlas
(2) Menerjemahkan Surah al-Ikhlas
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan Surah al-Ikhlas
(3) Kandungan surah al-Ikhlas
5) Pelajaran 10: Bacaan Mad
a) Standar Kompetensi
Memahami kaidah ilmu tajwid
b) Kompetensi Dasar
(1) Mengenal bacaan mad tabi’I, mad wajib muttasil, dan mad ja’iz munfasil
(2) Menerapkan bacaan mad tabi’I, mad wajib muttasil, dan mad ja’iz munfasil
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Pengertian mad
(2) Macam-macam mad
(a) Mad tabi’i
(b) Mad wajib muttasil
(c) Mad ja’iz munfasil
6) Pelajaran 6: Hadits tentang Persaudaraan 
a) Standar Kompetensi
Memahami hadits tentang persaudaraan secara fasih dan benar
b) Kompetensi Dasar
(1) Melafalkan hadits tentang persaudaraan
(2) Menghafalkan hadits tentang persaudaraan
(3) Menerapkan perilaku persaudaraan dengan sesame
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal  hadits tentang persaudaraan
(2) Melafalkan hadits tentang persaudaraan per lafal
(3) Kandungan hadits tentang persaudaraan
Menurut hasil telaah kami, pada kelas 3 semester 2, dalam klasifikasi materinya sudah baik, namun ada beberapa bagian yang perlu dikaji kembali. Diantaranya dalam klasifikasi materi untuk menghafal surah-surah pendek, bacaan mad, dan hadits tentang persaudaraan.
4. Klasifikasi Materi Al-Qur’an Hadits Kelas 4
a. Semester 1
1) Pelajaran 1: Surah al-Adiyat dan al-Insyirah
a) Standar Kompetensi 
Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca Surah al-Adiyat dan al-Insyirah secara benar dan fasih
(2) Menghafal Surah al-Adiyat dan al-Insyirah secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Surah al-Adiyat
(a) Lafal Surah al-Adiyat
(b) Menghafalkan  Surah al-Adiyat
(2) Surah al-Insyirah
(a) Lafal Surah al-Insyirah
(b) Menghafalkan  Surah al-Insyirah
2) Pelajaran 2: Surah an-Nasr
a) Standar Kompetensi 
Memahami arti surah-surah pendek
b) Kompetensi Dasar
Memahami isi kandungan suran an-Nasr
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal Surah an-Nasr
(2) Menerjemahkan Surah an-Nasr
(a) mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan surah an-Nasr
(3) Kandungan Surah an-Nasr
3) Pelajaran 3: Surah al –Kautsar
a) Standar Kompetensi
Memahami arti surah-surah pendek
b) Kompetensi Dasar
Memahami isi kandungan surat al-Kautsar
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surat al-Kautsar
(2) Menerjemahkan suran al-Kautsar
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan surah al-Kautsar
(3) Kandungan Surah al-Kautsar
4) Pelajaran 4: Hukum Bacaan nun Sukun dan Tanwin (1)
a) Standar Kompetensi
Memahami kaidah ilmu tajwid
b) Kompetensi Dasar
(1) Memahami hokum bacaan izhar halqi dan ikhfa’ haqiqi
(2) Menerapkan  hokum bacaan izhar halqi dan ikhfa’ haqiqi
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Bacaan izhar halqi
(2) Bacaan ihkfa’ haqiqi
Bacaan ikhfa’ dibagi menjadi 3:
(a)  Ikhfa’ ab’ad
(b) Ikhfa’ aqrab
(c) Ikhfa’ ausat
(3) Menerapkan  bacaan izhar halqi dan ikhfa’ haqiqi dalam ayat al-Qur’an
Menurut hasil telaah kami, pada kelas 4 semester 1, dalam klasifikasi materinya sudah baik, namun terdapat kekurangan dalam klasifikasi materi pada pelajaran 1 tentang surah al-‘Adiyat dan surah al-Insyirah.
b. Semester 2
1) Pelajaran 5: Surah al-Lahab
a) Standar Kompetensi
Memahami arti surah pendek
b) Kompetensi Dasar
Memahami isi kandungan surat al-Lahab
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Lahab
(2) Menerjemahkan surah al-Lahab
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan surah al-Lahab
(3) Kandungan Surah al-Lahab
2) Pelajaran 6: Hadits tentang Niat
a) Standar Kompetensi
Memahami arti hadits tentang niat
b) Kompetensi Dasar
Memahami isi kandungan  hadits tentang niat
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal hadits tentang niat
(2) Menerjemahkan hadits tentang niat
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan hadits
(3) Kandungan hadits tentang niat
Niat seorang hamba yang beribadah kepada Allah dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu:
(a) Melaksanakan amal karena takut kepada Allah, merupakan ibadah seorang ‘abid;
(b) Melaksanakan amal karena menharap pahala, merupakan ibadah seorang pedagang;
(c) Melaksanakan ibadah karena malu kepada Allah dan dalam rangka melaksanakan hak ubudiyah dan ungkapan rasa syukur. 
3) Pelajaran 7: Hadits tentang Silaturrahmi
a) Standar Kompetensi 
Memahami arti hadits tentang silaturrahmi
b) Kompetensi Dasar
Memahami isi kandungan  hadits tentang silaturrahmi
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal hadits tentang silaturrahmi
(2) Menerjemahkan hadits tentang silaturrahmi
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan hadits tentang silaturrahmi
(3) Kandungan hadits 
4) Pelajaran 8: Hokum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin (2) 
a) Standar Kompetensi
Memahami kaidah ilmu tajwid
b) Kompetensi Dasar
(1) Mengenal  hukun bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab
(2) Menerapkan hukun bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Bacaan idgam
(a) Idgam bigunnah
(b) Idgam bilagunnah
(2) Bacaan iqlab
(3) Menerapkan bacaan idgam dan iqlab dalam ayat al-Qur’an
Menurut hasil telaah kami, pada semester 2 kelas 4, klasifikasi sudah sesuai dan baik. Namun perlu adanya tambahan keterangan kompetensi dasar (KD) pada pelajaran 5, 6, dan 7.
5. Klasifikasi Materi al-qur’an hadits Kelas 5
a. Semester 1
1) Pelajaran 1: Surah al-Kafirun
a) Standar Kompetensi
Memahami arti surah-surah pendek
b) Kompetensi Dasar
(1) Menerjemahkan surah al-Kafirun
(2) Memahami isi surah al-Kafirun
(3) Menunjukkan isi kandungan surah al-Kafirun
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Kafirun
(2) Menerjemahkan surah al-Kafirun
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan surah al-Kafirun
(3) Kandungan surah al-Kafirun
2) Pelajaran 2: Surah al-Ma’un
a) Standar Kompetensi
Memahami arti surah-surah pendek
b) Kompetensi Dasar
(1) Menerjemahkan Surah al-Ma’un
(2) Memahami isi kandungan  Surah al-Ma’un
(3) Menunjukkan isi kandungan Surah al-Ma’un
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal Surah al-Ma’un
(2) Menerjemahkan Surah al-Ma’un
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan Surah al-Ma’un 
(3) Kandungan Surah al-Ma’un
Cirri-ciri orang yang mendustakan agama antara lain sebagai berikut:
(a) Suka menghardik anak yatim
(b) Orang yang tidak menganjurkan member makan kepada orang-orang miskin
Orng-orang yang salat, tetapi dikatakan celaka:
(a) Mereka lalai dalam salatnya
(b) Orang yang salat, tetapi ria.
3) Pelajaran 3: Surah at-Takasur
a) Standar Kompetensi
Memahami arti surah-surah pendek
b) Kompetensi Dasar
(1) Menerjemahkan Surah at-Takasur
(2) Memahami isi kandungan  Surah at-Takasur
(3) Menunjukkan isi  kandungan Surah at-Takasur
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal Surah at-Takasur
(2) Menerjemahkan Surah at-Takasur
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan Surah at-Takasur
(3) Kandungan Surah at-Takasur
4) Pelajaran 4: Hadits tentang Menyayangi anak Yatim
a) Standar Kompetensi 
Memahami arti Hadits tentang Menyayangi anak Yatim
b) Kompetensi Dasar
(1) Menerjemahkan Hadits tentang Menyayangi anak Yatim
(2) Memahami isi kandungan  Hadits tentang Menyayangi anak Yatim
(3) Menunjukkan perilaku menyayangi anak yatim
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal Hadits tentang Menyayangi anak Yatim
(2) Menerjemahkan Hadits tentang Menyayangi anak Yatim
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan Hadits 
(3) Kandungan Hadits tentang Menyayangi anak Yatim
Menurut hasil telaah kami, pada semester 1 kelas 5, kalsifikasi materinya sudah baik, namun alangkah baiknya jika KD yang terdapat pada masing-masing kelas ditambahkan keterangan yakni pada pelajaran 1, 2, 3, 4.
b. Semester 2
1) Pelajaran 5: Surah al-Alaq
a)  Standar Kompetensi
Menghafal surah pendek secara benar dan fasih
b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca Surah al-Alaq secara benar dan fasih 
(2) Menghafal Surah al-Alaq secara benar dan fasih
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Melafalkan Surah al-Alaq secara benar dan fasih
(2) Menghafalakan Surah al-Alaq secara benar dan fasih
2) Pelajaran 6: Surah al-Qadr
a) Standar Kompetensi
Memahami arti surah pendek
b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca Surah al-Qadr
(2) Menerjemahkan Surah al-Qadr
(3) Memahami isi kandungan Surah al-Qadr
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal Surah al-Qadr
(2) Menerjemahkan Surah al-Qadr
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan Surah al-Qadr
(3) Kandungan Surah al-Qadr
3) Pelajaran 7: Hadits tentang Takwa
a) Standar Kompetensi
Memahami arti hadits tentang takwa
b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca hadits tentang takwa
(2) Menerjemahkan hadits tentang takwa
(3) Memahami isi kandungan hadits tentang takwa
(4) Menunjukkan perilaku takwa
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran 
(1) Lafal hadits tentang takwa
(2) Menerjemahkan  hadits tentang takwa
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan hadits
(3) Kandungan hadits tentang takwa
Di antara fadilah bagi orang yang bertakwa kepada Allah antara lain sebagai berikut:
(a) Ia akan mulia di sisi Allah
(b) Dengan bertakwa kepada Allah, kejahatan/keburukan yang telah kita lakukan akan terhapus oleh perilaku-perilaku takwa
4) Pelajaran 8: Hadits tentang cirri-ciri Orang Munafik
a) Standar Kompetensi
Memahami arti hadits tentang cirri-ciri orang munafik
b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca hadits tentang cirri-ciri orang munafik
(2) Menerjemahkan hadits tentang cirri-ciri orang munafik
(3) Memahami isi kandungan hadits tentang cirri-ciri orang munafik
(4) Menunjukkan perilaku menjauhi cirri-ciri orang munafik
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal hadits tentang cirri-ciri orang munafik
(2) Menerjemahkan hadits tentang cirri-ciri orang munafik
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan hadits
(3) Kandungan hadits tentang cirri-ciri orang munafik
Apabila sifat munafik terdapat pada diri seseorang, akan berakibat:
(a) Bersikap ragu-ragu (bingung) dalam menentukan sikap karena sikap mendua;
(b) Dijauhi orang karena ia sering merugikan orang lain;
(c) Mendapat siksa Allah SWT di neraka yang paling bawah.
Menurut hasil telaah kami, pada kelas 5 semester 2, dalam klasifikasi materinya sudah sesuai, namun ada beberapa diantaranya yang menurut kami kurang. Diantaranya kurangnya klasifikasi materi pada pelajaran 5 tentang surah al-Alaq, dan KD yang perlu dikaji kembali yakni pada pelajaran 6, 7, dan 8.
6. Klasifikasi Materi Al-Qur’an Hadits Kelas 6
a. Semester 1
1) Pelajaran 1: Surah ad-Duha
(a) Standar Kompetensi
(1) Menghafal surah pendek secara benar dan fasih
(2) Memahami arti surah pendek
(b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca surah ad-Duha secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan surah ad-Duha secara benar dan fasih
(3) Memahami isi kandungan surah ad-Duha
(c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah ad-Duha
(a) Melafalkan surah ad-Duha dengan baik dan benar
(b) Menghafalkan surah ad-Duha dengan baik dan benar
(2) Menerjemahkan surah ad-Duha
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan ayat
(3) Kandungan surah ad-Duha
2) Pelajaran 2: Hadits tentang Keutamaan Memberi 
a) Standar Kompetensi
Memahami hadits tentang keutamaan memberi
b) Kompetensi Dasar
(1) Menerjemahkan hadits tentang keutamaan memberi
(2) Menghafal hadits tentang keutamaan memberi
(3) Menunjukkan perilaku orang yang suka member
(4) Menerapkan sikap suka memberi kepada sesame
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal hadits tentang keutamaan member
(2) Menerjemahkan hadits tentang keutamaan member
(a) Mufradat (Arti kata)
(b) Terjemahan hadits
(3) Kandungan hadits
Cara melatih bersikap pemurah adalah:
(a) Suka memberi makanan, hadiah kepada pengemis, tetangga, dan teman-teman.
(b) Menyadari bahwa harta yang kita miliki adalah amanah Allah yang di dalamnya ada hak orang lain yang harus kita berikan
(c) Meyakini bahwa setiap kebaikan yang kita lakukan akan mendapat balasan dari Allah SWT.
Menurut hasil telaah kami, pada kelas 6 semester 1, klasifikasi materinya sudah baik, namun terdapat kurangnya keterangan pada pelajaran 1 tentang surah ad-Duha dan KD yang terdapat pada pelajaran 2 tentang hadits tentang keutamaan memberi sebaiknya  ditambahkan keterangan juga.
b. Semester 2
1) Pelajaran 3: Surah al-Bayyinah
a) Standar Kompetensi
(1) Menghafal surah pendek secara benar dan fasih
(2) Memahami arti surah pendek
b) Kompetensi Dasar
(1) Membaca surah al-Bayyinah secara benar dan fasih
(2) Menghafalkan surah al-Bayyinah secara benar dan fasih
(3) Memahami isi kandungan surah al-Bayyinah 
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal surah al-Bayyinah 
(a) Melafalkan surah al-Bayyinah dengan baik dan benar
(b) Menghafalkan surah al-Bayyinah dengan baik dan benar
i. Pengertian menghafal 
Ada dua perkara mendasar yang membedakan penghafal al-Qur’an dengan penghafal lainnya, yaitu sebagai berikut:
(i) Penghafal al-Qur’an dituntut untuk menghafal keseluruhan, baik hafalan maupun ketelitian. Artinya, tidak disebut penghafal al-Qur’an apabila hanya menghafal lafalnya tanpa memerhatikan kaidah tilawah dan tajwid yang benar.
(ii) Penghafal Al-Qur’an harus menekuni, merutinkan, dan mencurahkan segenap tenaga untuk  melindungi hafalan dari kelupaan. Maksudnya, barang siapa menghafal, kemudian lupa karena menyepelekannya bukanlah disebut penghafal.
ii. Praktik menghafal al-Qur’an surah al-Bayyinah
(2) Menerjemahkan surah al-Bayyinah 
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan ayat
(3) Kandungan surah al-Bayyinah
2) Pelajaran 4: Hadits tentang Amal Saleh
a) Standar Kompetensi
Memahami hadits tentang amal saleh
b) Kompetensi Dasar
(1) Menerjemahkan hadits tentang amal saleh
(2) Menghafalkan hadits tentang amal saleh
(3) Menunjukkan sikap beramal saleh
(4) Menerapkan perilaku suka beramal saleh
c) Klasifikasi Materi Pembelajaran
(1) Lafal hadits tentang amal saleh
(2) Menerjemahkan hadits tentang amal saleh
(a) Mufradat (Arti Kata)
(b) Terjemahan hadits
(3) Kandungan hadits
Semua amal saleh yang dilakukan manusia di dunia akan terputus setelah meninggal dunia, kecuali tiga perkara, yaitu:
(a) Sedekah jariyah, adalah sedekah yang dapat membawa manfaat bagi banyak orang
(b) Ilmu yang bermanfaat
(c) Anak yang senantiasa mendoakan kedua orang tuanya.
Anak yang saleh, cirinya adalah:
i. Berbakti kepada orang tua;
ii. Memberikan perhatian dan kasih sayang kepada orang tua, apalagi setelah mereka lanjut usia;
iii. Bermuka manis dan tidak membentak atau berkata kasar kepada orang tua;
iv. Mendoakan kedua orang tua;
v. Menyambung silaturrahmi dengan saudara atau teman orang tua;
vi. Menjaga nama baik orang tua, yaitu dengan:
(i) Menjaga diri dalam pergaulan,
(ii) Tidak mencela orang tua orang lain,
(iii) Melanjutkan kebaikan yang telah diperbuat orang tua, dan
(iv) Tidak mengikuti keburukan atau kesalahan orang tua.
Menurut hasil telaah kami, pada kelas 6 semester 2, klasifikasi materinya sudah baik, namun terdapat kekurangan dalam penempatan materinya pada pelajaran 3 tentang surah al-Bayyinah. Dan perlunya tambahan keterangan pada KD pelajaran 4 tentang hadis tentang amal saleh.
BAB III
ANALISIS
Setelah adanya pengklasifikasian materi al-Qur’an Hadits MI, kami menelaah bahwa ternyata masih ada beberapa hal yang masih perlu disesuaikan pembagian babnya dan materi ajarnya yang menurut kami memang sudah baik, namun akan lebih baik lagi jika beberapa hal tersebut kita sesuaikan kembali.
Dari itu, disini kami mencoba untuk menganalisis materi al-Qur’an Hadits sesuai kelas dan materi ajarnya sebagai berikut:
A. Kelas 1
1. Semester 1
a) Pelajaran 1, 2, 3, 4, dan 5
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 1, 2, 3, 4, dan 5 menghafal surah-surah pendek sudah sesuai dalam pengklasifikasian masing-masing materinya dan sudah urut dalam penempatan pelajarannya. Namun alangkah baiknya jika materi menghafal surah-surah pendek ini diletakkan pada pelajaran selanjutnya setelah mengetahui apa itu huruf hijaiyah. Alasannya yaitu karena tingkatan kesulitan memahami huruf hijaiyah itu lebih mudah dari pada materi menghafal surah-surah pendek dan belajar itu harus dimulai dari yang mudah terlebih dahulu baru kemudian yang sukar.
2. Semester 2
a) Pelajaran 6
Menurut hasil telaah kami, sebaiknya pelajaran 6 tentang huru hijaiyah ini diletakkan di awal pembelajaran yakni pada kelas 1 semester 1. Alasannya yaitu seperti yang ada pada analisis pertama tadi. Bahwa tingkat kesulitan untuk mengetahui huruf hijaiyah itu lebih mudah dibandingkan dengan menghafal surah-surah pendek.
b) Pelajaran 7
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 7 tentang surah an-Nasr sudah sesuai dalam pengklasifikasian materinya dan KD yang ada juga sudah sesuai dengan apa yang ingin dicapai .
c) Pelajaran 8
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 8 tentang surah Quraisy secara pengklasifikasian materinya dan SK maupun KD yang ada sudah sesuai dan sudah tepat dalam penempatannya.
d) Pelajaran 9
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 9 tentang hidup bersih, KD yang point (3) Menunjukkan perilaku bersih di lingkungan diganti dengan keterangan menerapkan perilaku bersih di lingkungan. Alasannya yaitu dengan menerapakan maka siswa akan lebih terdorong untuk bias menerapkan dan mengaplikasikan perilaku bersih di lingkungan, sehingga  siswa tidak hanya tahu akan lafal hadis tentang kebersihan saja tetapi juga mampu untuk menerapkan perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari. 
B. Kelas 2
1. Semester 1
a) Pelajaran 1
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 1 tentang menulis huruf hijaiyah, klasifikasi materinya sudah sesuai karena pada materi pembelajarannya sudah mencakup semua yang ingin dicapai pada SK dan KD.
a) Pelajaran 2
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 2 tentang tanda baca dalam al-Qur’an, KD yang terdapat pada pada pelajaran ini sebaiknya ditambahkan katerangan mengidentifikasi tanda baca waqaf dan wasal, sehingga akan lebih jelas apa kompetensi yang hendak dicapai. Dan urutan pengklasifikasian materinya sudah baik dan sesuai. 
b) Pelajaran 3
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 3 tentang surah al-Kautsar sudah sesuai. Pada kelas 2 ini diperbanyak menghafal surah-surah pendek supaya siswa itu lebih gemar membaca dan menghafal surah-surah pendek dalam al-Qur’an.
2Semester 2
a) Pelajaran 4, 5, 6, 7, dan 8.
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 4, 5, 6, 7, dan 8 sudah sesuai dan baik dari SK, KD, dan klasifikasi materi pembelajrannya. 
b) Pelajaran 9
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 9 tentang hadis tentang hormat kepada orang tua, sebaiknya KD yang point (2) menunjukkan perilaku hormat kepada orang tua sebaiknya diganti denagn keterangan menerapkan perilaku hormat kepada orang tua. Alasannya agar siswa tidak hanya tahu tentang materinya saja tetapi juga mampu menerapkan dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Analisis lainnya yaitu dalam klasifikasi materinya sebaiknya ditambahkan keteranga tentang hormat kepada orang tua, sehingga siswa bias mengetahui bagaimana berperilaku hormat kepada orang tua itu seperti apa.
C. Kelas 3
1. Semester 1
a) Pelajaran 1
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 1 tentang surah at-Takasur sebaiknya dalam klasifikasi materi penbelajarannya ditambahkan keterangan sendiri sebelum keterangan  tentang melafalkan surah at-Takasur yakni lafal surah at-Takasur. Alasannya yaitu agar siswa lebih mengetahui bagaimana lafal surah at-Takasur itu sendiri sebelum para siswa itu bisa melafalkannya.
b) Pelajaran 2
Menurut hasil telaah kami, klasifikasi materi pembelajaran yang terdapat pada pelajaran 2 tentang Surah az-Zalzalah, sebaiknya ditambahkan keterangan menghafal surah az-Zalzalah. Alasannya yaitu agar siswa benar-benar bisa menghafalkan surah az-Zalzalah sesuai dengan kaidah tajwid. 
c) Pelajaran 3
Menurut hasil telaah kami, seperti halnya analisis sebelumnya bahwa klasifikasi materi pembelajaran yang terdapat pada pelajaran 3 yakni tentang surah al-Humazah, sebaiknya ditambahkan keterangan menghafal surah al-Humazah. Alasannya yaitu sama yakni agar siswa bisa menghafal surah al- Humazah sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. 
d) Pelajaran 4
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 4 tentang bacaan syiddah, al-Qamariyah, al-Syamsiyyah, sebaiknya klasifikasi materi pembelajaran yang ada ditambahkan keterangan tentang menerapkan bacaan gunnah, al-Qamariyyah dan al-Syamsiyyah dalam ayat al-Qur’an. Alasannya yaitu agar siswa bisa mengetahui bagaimana penerapan bacaan gunnah, al-Qamariyyah dan al-Syamsiyyah dalam ayat al-Qur’an secara mendalam sehingga akan memudahkan siswa untuk menerapkannya langsung dalam membaca al-Qur’an.
e) Pelajaran 5
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 5 hadits tentang salat berjamaah, SK yang membaca hadits tentang salat berjamaah diganti dengan keterangan memahami hadits tentang salat berjamaah. Alasannya yaitu dengan memahami, maka siswa akan lebih terdorong untuk memahami dan mengetahui bagaimana lafal hadits tentang salat berjamaah. Sehingga secara otomatis siswa akan bisa membaca hadits tentang salat berjamaah dengan sendirinya.
Kemudian hasil analisis lainnya, pada klasifikasi materi pembelajaran sebaiknya ditambahkan keterangan tentang melafalkan hadits tentang salat berjamaah per lafal. Alasannya yaitu agar siswa tidak hanya mengetahui lafal hadits tentang salat berjamaah saja tetapi siswa juga bisa  melafalkan hadits tentang salat berjamaah per lafal.
2. Semester 2
a) Pelajaran 6 dan 7
Menurut hasil telaah kami,  pada pelajaran 6 dan 7 yakni tentang surah al-qari’ah dan Surah at-Tin, dalam pengklasifikasian materi pembelajarannya kurang adanya keterangan tentang menghafal surah al-Qari’ah dan menghafal surah at-Tin. Alasannya, seperti yang terdapat dalam SK maupun KD yaitu menghafal surah-surah pendek maka dengan adanya keterangan ini diharapakan siswa akan lebih mampu untuk mencapai pemahaman yang maksimal.
b) Pelajaran 8, dan 9
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 8, dan 9 tentang memahami  arti surah al-Fatihah dan memahami arti surah al-Ikhlas, dalam pengkalsifikasian materinya sudah sesuai dan baik karena sudah sesuai dengan SK dan KD yang ada.
c) Pelajaran 10
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 10 ada beberapa bagian yang menurut kami kurang. Kompetensi dasar yang point (1) mengenal bacaan mad tabi’i, mad wajib muttasil, dan mad ja’iz munfasil, sebaiknya diganti dengan keterangan memahami bacaan mad tabi’i, mad wajib muttasil, dan mad ja’iz munfasil. Alasannya yaitu dengan memahami siswa akan lebih terdorong untuk memahami apa itu bacaan mad tabi’i, mad wajib muttasil, dan mad ja’iz munfasil, sehingga siswa tidak hanya mengenal saja tetapi sudah taraf memahami bacaan mad tabi’i, mad wajib muttasil, dan mad ja’iz munfasil.
Hasil analisis lainnya, menurut kami dalam pengklasifikasian materi pembelajaran  tentang bacaan mad sebaiknya ditambahkan keterangan tentang  menerapkan  bacaan mad tabi’i, mad wajib muttasil, dan mad ja’iz munfasil dalam ayat al-Qur’an. Alasannya, agar siswa bisa lebih paham dan mengerti bagaimana penerapan bacaannya.
d) Pelajaran 11
Menurut hasil telaah kami,  pada pelajaran 11 tentang hadis tentang persaudaraan, sebaiknya dalam klasifikasi materi pembelajarannya ditambahkan keterangan tentang menerjemahkan hadis tentang persaudaraan secara mufradat (arti kata) dan terjemahan hadis tentang persaudaraan. Alasannya untuk memperjelas  lagi terjemahan dari hadis tentang persaudaraan dan supaya memperkaya siswa akan mufradat dari hadis tersebut.
D. Kelas 4
1. Semester 1
a) Pelajaran 1
Menurut hasil telaah kami, klasifikasi materi pembelajaran yang terdapat pada pelajaran 1 tentang surah al-Adiyat dan surah al-Insyiroh, sebaiknya ditambahkan keterangan tentang kandungan surah al-Adiyat dan surah al-Insyiroh sehingga akan lebih jelas apa kandungan dari surah-surah tersebut dan siswa bias mengambil pelajaran dari masing-masing surat.
b) Pelajaran 2
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 2 tentang surat an-Nasr KD yang terdapat pada pelajaran ini sebaiknya ditambahkan point lagi yaitu menerjemahkan Surah an-Nasr dan menunjukkan isi kandungan surah an-Nasr. Alasannya yaitu agar siswa tidak hanya menerti aka nisi kandungan surah an-Nasr tetapi juga bisa menerjemahkan dan menunjukkan apa saja isi kandungan yang terdapat pada surah an-Nasr.
c) Pelajaran 3
Menurut hasil telaah kami, klasifikasi materi pembelajaran pada pelajaran 3 tentang surat al-Kautsar sudah sesuai urutannya, namun pada KD sebaiknya ditambahkan point lagi seperti analisis sebelumnya, yaitu menerjemahkan surah al-Kautsar dan menunjukkan isi kandungan Surah al-Kautsar. Alasannya yaitu sama dengan analisis sebelumnya agar siswa tidak hanya dapat mengerti aka nisi kandungan surah al-Kautsar saja tetapi lebih dikembangkan lagi supaya siswa dapat menerjemahkan dan menunjukkan kandungan surah al-Kautsar dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
d) Pelajaran 4
Menurut hasil telaah kami, dalam pengkalsifikasian materi pelajaran 4 tentang Hukum nun sukun dan tanwin (1) sudah sesuai, namun pada KD point (1) Memahami hokum bacaan izhar halqi dan Ikhfa’ haqiqi, sebaiknya diganti dengan keterangan mengenal hokum bacaan izhar halqi dan ikhfa’ haqiqi. Alasannya yaitu seperti halnya pepetah mengatakan tak kenal maka tak saying. Jadi, dengan mengenal maka siswa itu akan secara otomatis berusaha untuk memahami apa itu hokum bacaan izhar halqi dan ikhfa’ haqiqi. Namun dalam pengklasifikasian materi paembalajaran menurut kami sudah sesuai.
2. Semester 2
a) Pelajaran 5
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 5 surah al-Lahab, sebaiknya KD yang ada ditambahkan keterangan menerjemahkan surah al-Lahab dan menunjukkan isi kandungan surah al-Lahab, sehingga akan lebih jelas apa kompetensi yang hendak dicapai. Dan menurut kami dalam pengklasifikasian materinya sudah baik. 
b) Pelajaran 6
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 6 hadits tentang niat, sebaiknya KD yang ada ditambahkan keterangan membaca  hadits tentang niat, menerjemahkan hadits tentang niat, dan menerapkan perilaku yanmg disertai dengan niat dalam kehidupan sehari-hari. Alasannya, untuk memperjelas lagi kompetensi dasar apa yang hendak dicapai. Namun menurut kami kalsifikasi materinya sudah sangat baik.
c) Pelajaran 7
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 7 hadits tentang silaturrahmi, sebaiknya juga ditambahkan keterangan sebagaimana analisis sebelumnya, yakni membaca hadits tentang silaturrahmi, menerjemahkan hadits tentang silaturrahmi, dan menerapkan perilaku bersilaturrahmi dengan sesama. Alasannya, untuk memperjelas kembali kompetensi yang hendak dicapai. Dan klasifikasi materi yang ada menurut kami sudah sesuai.
d) Pelajaran 8
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 8 hukum bacaan nun sukun dan tanwin (2) sudah sesuai dalam pengklasifikasiannya karena di dalamnya sudah terdapat keterangan yang ingin dicapai dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar. 
E. Kelas 5
1. Semester 1
a) Pelajaran 1, 2,  dan 3
Menurut hasil telaah kami, sebaiknya KD yang terdapat pada paelajaran 1, 2, dan 3 ditambahkan tentang membaca surah pendek. Misalnya pada pelajaran 1 membaca surah al-Kafirun. Alasannya yaitu umtuk menguatkan bacaan siswa terhadap surah-surah pendek dan agarsiswa bias menerapkan kaidah ilmu tajwid yang telah dipelajari pada kelas-kelas sebelumnya.
b) Pelajaran 4
Menurut hasil telaah kami,  KD yang terdapat pada pelajaran 4  Hadits tentang menyayangi anak yatim, sebaiknya ditambahkan keterangan membaca hadis tentang menyayangi anak yatim, sehingga akan lebih jelas lagi apa kompetensi dasar yang hendak dicapai. Namun menurut kami, urutan pengklasifikasian materi pembelajarannya sudah sesuai.
2Semester 2
a) Pelajaran 5
Menurut hasil telaah kami, dalam klasifikasi materi pembelajarann pelajran 5 tentang Surah al-Alaq sebaiknya ditambahkan keterangan tentang kandungan surah al-Alaaq. Sehingga siswa akan lebih memahami lagi tentang pelajaran-pelajaran maupun kesan-kesan yang terkandung di dalam surah al-Alaq.
b) Pelajaran 6
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 6 tentang surah al-Qadr, KD tentang surah al-Qadr sebaiknya ditambahkan dengan menunjukkan isi kandungan surah al-Qadr. Alasannya yaitu dengan menunjukkan isi kandungan surah al-Qadr supaya siswa bias menunjukkan dan mengaplikasikan isi dari surah al-Qadr tersebut, sehingga tidak hanya tahu lafal terjemahan, dan isi kandungannya saja, tetapi juga mampu menunjukkan isi kandungan yang riil dengan adanya pengaplikasian.
c) Pelajaran 7
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 7 Hadits tentang Takwa , secara pengkalsifikasian materi menurut kami sudah sesuai, namun pada KD yang ada sebaiknya ditambahkan keterangan menerapkan perilaku takwa. Alasannya yaitu agar siswa tidak hanya mampu menunjukkan perilaku takwa semata, tetapi juga mampu menerapakan perilaku takwa dalam kehidupan sehari-hari.
d) Pelajaran 8
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 8 Hadits tentang Ciri-ciri Orang Munafik, sebaiknya KD yang ada ditambahkan juga keterangan menerapkan perilaku menjauhi cirri-ciri rang munafik. Alasannya yaitu sama dengan analisis sebelumnya agar siswa tidak hanya mengetahui tentang materinya saja tetapi diharapkan juga mampu menerapkan perilaku menjauhi cirri-ciri oaring munafik dalam kehidupan sehari-ahri.   
F. F. Kelas 6
1. Semester 1
a) Pelajaran 1
Menurut hasil telaah kami, pada pelajaran 1 dalam klasifikasi materi pembelajaran point (a) menghafalkan surah ad-Duha dengan baik dan benar sebaiknya di dalam materi ini di tambahkan keterangan tentang pengertian menghafal (al-hifz) dan ditambahkan lagi praktik menghafal al-Qur’an surah ad-duha. Alasannya yaitu agar siswa bias mengetahui pengertian menghafal (al-hifz) dan bisa membedakan menghafal (al-hifz) dengan penghafal lainnya, serta diharapkan mampu praktik menghafal al-Qur’an surah ad-Duha dengan baik dan benar.   
b) Pelajaran 2
Menurut hasil telaah kami, KD hadits tentang keutamaan memberi sebaiknya ditambahkan keterangan membaca hadits tentang keutamaan memberi. Alasannya yaitu untuk meguatkan dan membiasakan siswa membaca dan menerapkan ilmu tajwid yang sebelumnya telah dipelajari.
2. Semester 2
a) Pelajaran 3
Menurut hasil telaah kami, klasifikasi materi pembelajaran point i Pengertian Menghafal (al-Hifz) dihapus saja dan ditempatkan pada semester 1 pelajaran 1 seperti dalam analisis pertama tadi. Alasannya yaitu supaya lebih sesuai lagi dalam penempatannya dan lebih runtut materinya.
b) Pelajaran 4
Menurut hasil telaah kami, seperti dalam analisis kedua tadi, KD hadits tentang amal saleh sebaiknya ditambahkan keterangan membaca hadits tentang amal saleh. Alasannya yaitu untuk menguatkan bacaan siswa dikarenakan di dalam klasifikasi materi pembelajaran terdapat materi lafal hadits tentang amal saleh sehingga akan lebih jelas lagi kompetensi yang hendak dicapai. Namun menurut kami, urutan pemgklasifikasian materinya sudah sesuai.
Selain dari analisis masing-masing kelas, secara umum, kami juga menganalisis dari berbagai macam aspek, diantaranya:
a. Aspek Metodologi
Dalam penyampaian materi al-Qur’an Hadits ini banyak sekali metode yang dapat diterapkan, namun tidak semua metode dapat diterapkan pada tiap materi yang diajarkan. Guru harus pandai-pandai dalam memilih metode yang akan digunakan, jangan sampai peserta didik merasa jenuh dengan materi yang ada. Dari hasil telaah kami, metode yang paling sesuai dengan materi ajar al-Qur’an Hadits adalah metode ceramah, metode Tanya jawab, metode cerita, metode praktik dan metode suri tauladan:
a) Metode Ceramah
Metode ceramah merupakan suatu metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa pada umumnya secara pasif. Metode ceramah adalah metode yang paling sering digunakan dalam proses pembelajaran. Metode ini dianggap paling murah dan paling mudah dilaksanakan , karena tidak membutuhkan persiapan yang matang.
b) Metode Tanya Jawab
Metode Tanya jawab adalah metode pembelajaran yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung antara guru dengan  siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya siswa menjawab. 
Metode ini digunakan tidak lepas dari metode lain, yaitu ceramah dan pemberian tugas, yaitu peserta didik diberi tugas membaca dahulu materi yang ada sudah tertulis dalam buku bacaan atau buku teks.
c) Metode Cerita
Menurut Prof. Kukuh Fackhurrohman (2007: 62) Al-Qur’an dan Hadits banyak meredaksikan kisah untuk menyampaikan pesan-pesannya. Seperti kisah malaikat, para Nabi umat terkemuka pada zaman dahulu dan sebagainya.
d) Metode Praktik
Menurut Prof. Kukuh Fackhurrohman dimaksudkan supaya mendidik dengan memberikan materi pendidikan baik menggunakan alat atau benda seperti diperagakan, dengan harapan anak didik menjadi jelas sekaligus dapat mempraktekkan materi yang dimaksudkan.  
e) Metode Suri tauladan
Menurut Prof. Kukuh Fackhurrohman metode yang dapat diartikan sebagai tauladan yang baik. Denga adanya teladan yang baik itu, maka akan menumbuhkan hasrat bagi orang lain untuk meniru atau mengikutinya, karena memang pada dasarnya dengan adanya contoh ucapan , perbuata dan contoh tingkah laku yang baik dalam hal apapun, maka hal itu merupakan suatu amaliah yang paling penting dan paling berkesan, baik bagi pendidikan anak, maupun dalam kehidupan dan pergaulan manusia sehari-hari.
b. Aspek Psikologi
Psikologi adalah ilmu yang meneliti dan mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungan dengan lingkungan. Dalam aspek ini, al-Qur’an Hadits sangat berperan dalam perkembangan psikis siswa karena dengan mengetahui kandungan dari surah-surah pendek dan kandungan dari hadits, siswa akan berpikir, memahami apa yang terkandung dalam al-Qur’an dan hadits yang sebelumnya mungkin belum diketahuinya sehingga materi al-Qur’an hadis tersebut sangat berpengaruh terhadap keadaan psikis siswa. Siswa akan merasakan manfaat dari mempelajari al-Qur’an hadis. Sehingga akan sangat berpengaruh pada proses berpikir siswa dalam menentukan tindakan yang akan siswa lakukan.
c. Aspek Sosial
Sosial dapat berarti kemasyarakatan. Sosial adalah keadaan dimana terdapat kehadiran orang lain. Dalam aspek ini, materi al-Qur’an hadis MI ada banyak yang bias menjadikan siswa dapat berinteraksi social dengan siapa saja, baik itu dengan keluarga, teman sebaya, maupun dengan masyarakat sekitarnya. Diantaranya materi hadis tentang persaudaraan, hadits tentang silaturrahmi, hadis tentang menyayangi anak yatim, hadits tentang hormat kepada orang tua, dan lain sebagainya. Sehingga siswa mampu berinteraksi social dengan sesama baik dengan keluarga, teman, dan lingkungan masyarakat dan diharapkan siswa mampu bersosialisasi dengan baik sesuai dengan tuntutan agama.
d. Aspek pendidikan
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Materi pelajaran al-Qur’an hadis MI bila dilihat dari aspek pendidikan banyak sekali nilai pendidikan yang dapat kita ambil. Misalnya pada materi hadis tentang keutamaan memberi. Hadis tersebut memberikan pelajaran bahwa tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah, memberi lebih baik dari pada meminta-minta. Selain itu pada materi kaidah ilmu tajwid juga mendidik siswa dalam mengetahui cara membaca al-Qur’an yang baik dan benar dan masih banyak lagi nilai pendidikan lainnya yang dapat diambil pada materi-materi al-Qur’an hadits MI. Mengingat bahwa al-Qur’an hadits merupakan sumber bagi pedoman hidup sehingga sangat berperan dalam mendidik siswa.    
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas maka dapat ditarik kesimpulan:
1. Pengertian dari Telaah Klasifikasi Materi Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah penyelidikan mengenai beberapa materi tentang kesulitan-kesulitan yang mungkin ada pada materi yang dikaji dengan menyusunan secara bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah tentang bahan yang diujikan yaitu mengenai salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dan Hadist dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, pengenalan arti atau makna dari surat-surat pendek tersebut dan hadist-hadist tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan kebiasaan pada salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan dasar.
2. Sistematika pengklasifikasian materi al-Qur’an Hadits MI sudah baik, namun ada beberapa sub bab yang perlu diperbaiki kembali dan sub bab yang klasifikasi materinya perlu ditambah lagi agar siswa lebih jelas memahami materi ajar. Diantaranya: 
a. Kelas 1
1) Pada semester 1, klasifikasi materinya sudah baik dan sesuai namun alangkah baiknya jika materi semester 1 diletakkan pada semester 2.  
2)  Pada semester 2, pelajaran 6 tentang huruf hijaiyah sebaiknya diletakkan diawal semester 1. Pelajaran 9 tentang hidup bersih KD point (3) menunjukkan perilaku hidup bersih di lingkungan diganti keterangan menjadi menerapkan perilaku bersih di lingkungan. 
b. Kelas 2
1) Pada semester 1, pelajaran 2 tentang tanda baca dalam al-Qur’an KD sebaiknya ditambahkan keterangan mengidentifikasi tanda baca waqaf dan wasal.
2) Pada semester 2, pelajaran 9 tentang hadis tentang hormat kepada orang tua sebaiknya KD point (2) menunjukkan perilaku hormat kepada orang tua diganti keterangan dengan menerapkan perilaku hormat kepada orang tua.
c. Kelas 3
1) Pada semester 1, pelajaran 1 tentang surah at-Takasur kalsifikasi materinya sebaiknya ditambahkan lafal surah at-Takasur. Pelajaran 2 tentang surah az-Zalzalah klasifikasi materinya sebaiknya ditambahkan menghafal surah az-Zalzalah. Pelajaran 3 tentang surah al-Humazah juga sebaiknya ditambahkan menghafal surah al-Humazah. Pelajaran 4 tentang bacaan Syiddah, al-Qamariyyah dan al-Syamsiyyah sebaiknya klasifikasi materinya ditambahkan keterangan menerapkan  bacaan Syiddah, al-Qamariyyah dan al-Syamsiyyah dalam ayat al-Qur’an. Pelajaran 5 tentang hadis tentang salat berjamaah KD point (1) membaca hadis tentang salat berjamaah diganti dengan memahami hadis tentang salat berjamaah dan klasifikasi materinya ditambahkan keterangan melafalkan hadis tentang salat berjamaah per lafal.
2)  Pada semester 2, pelajaran 6 tentang surah al-Qari’ah dan pelajaran 7 tentang surah at-Tin dalam klasifikasi materinya sebaiknya ditambahkan menghafal surah al-Qari’ah pada pelajaran 6 dan menghafal surah at-Tin pada pelajaran 7. Pelajaran 10 tentang bacaan mad KD point (1) mengenal bacaan mad tabi’i, mad wajib muttasil, dan mad jaiz munfasil sebaiknya diganti keterangan menjadi memahami  bacaan mad tabi’i, mad wajib muttasil, dan mad jaiz munfasil, dan pada klasifikasi materinya ditambahkan menerapkan bacaan mad tabi’i, mad wajib muttasil, dan mad jaiz munfasil dalam ayat al-Qur’an, kemudian pelajaran 11 tentang hadis tentang persaudaraan dalam klasifikasi materinya sebaiknya ditambahkan menerjemahkan hadis tentang persaudaraan.
d. Kelas 4
1) Pada semester 1, pelajaran 1 tentang surah al-Insyirah dan surah al-Adiyat klasifikasi materinya sebaiknya ditambahkan dengan kandungan  surah al-Insyirah dan surah al-Adiyat.
2) Pada semester 2, pelajaran 5 tentang surah al-Lahab KD sebaiknya ditambahkan menerjemahkan surah al-Lahab dan menunjukkan isi kandungan surah al-Lahab. Pelajaran 6 tentang hadis tentang niat dan pelajaran 7 tentang hadis tentang silaturrahmi, KD yang ada sebaiknya ditambahkan membaca hadis tentang niat, menerjemahkan  hadis tentang niat, menerapkan perilaku disertai dengan niat dalam kehidupan sehari-hari pada pelajaran 6 dan membaca hadis tentang persaudaraan, menerjemahkan  hadis tentang persaudaraan, menerapkan perilaku bersilaturrahmi dengan sesame pada pelajaran 7.
e. Kelas 5
1) Pada semester 1, pelajaran 1, 2, 3 KD sebaiknya ditambahkan dengan membaca surah pendek. Pelajaran 4 tentang hadis tentang menyayangi anak yatim Kd sebaiknya ditambahkan membaca hadis tentang menyayangi anak yatim.
2) Pada semester 2, pelajaran 5 tentang surah al-Alaq dalam klasifikasi materinya sebaiknya ditambahkan kandungan surah al-Alaq. Pelajaran 6 tentang surah al-Qadr KD sebaiknya ditambahkan dengan menunjukkan isi kandungan surah al-Qadr. Pelajaran 7 tentang hadis tentang takwa KD ditambahkan menerapkan perilaku takwa. Pelajaran 8 tentang hadis tentang cirri-ciri orang munafik KD juga sebaiknya ditambah dengan menerapkan perilaku menjauhi cirri-ciri orang munafik.
f. Kelas 6
1) Pada semester 1, pelajaran 1 tentang surah ad-Duha klasifikasi materinya point (b) menghafalkan surah ad-Duha secara benar dan fasih sebaiknya ditambahkan keterangan pengertian menghafal (al-Hifz) dan praktik menghafal al-Qur’an surah ad-Duha. Pelajaran 2 tentang hadis tentang keutamaan memberi KD ditambahkan dengan membaca hadis tentang keutamaan memberi.
2) Pada semester 2, pelajaran 3 tentang surah al-Bayyinah klasifikasi materi point i.  pengertian menghafal (al-Hifz) sebaiknya dihapus saja dan diletakkan di semester 1 pelajaran 1. Pelajaran 4 tentang hadis tentang amal saleh KD ditambahkan keterangan membaca hadis tentang amal saleh.    
3. Klasifikasi materi al-Quir’an Hadits MI pada setiap kelas sudah sesuai, tapi ada beberapa sub bab yang perlu diperbaiki.
4.  Klasifikasi materi al-Quir’an Hadits MI bila dilihat dari aspek metodologi, psikologi, social, dan pendidikan sudah sesuai dan memiliki pengaruh yang baik bagi kepribadian peserta didik.
B. Saran-saran
Berdasarkan uraian makalah di atas, maka penulis mengajukan saran sebagai berikut:
1. Untuk para pendidik/guru harus memahami Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang merupakan target yang harus dicapai selama dan setelah siswa mengikuti proses belajar, agar pembelajaran berjalan dengan baik.
2. Untuk guru harus menguasai bahan ajar yang akan disampaikan dan penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
3. Untuk para guru agar materi pelajaran harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dan disajikan dalam bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami siswa.
4. Untuk penerbit, sebaiknya dalam mengawali pelajaran disajikan kover dengan ditambahkan ilustrasi menarik berisi pesan-pesan untuk merangsang siswa lebih giat belajar serta memancing kreativitas dan daya imajinasi siswa. Memperbanyak lagi cerita bermakna yang merupakan tuturan yang membentang bagaimana terjadi suatu kejadian yang disajikan dalam bentuk gambar supaya siswa dapat mengambil pelajaran yang baik atau meninggalkan yang jelek. Dan memperbanyak lagi keterangan kata-kata sulit yang disajikan untuk meambah perbendaraan kata bagi siswa.  
C. Kata Penutup
Alhamdulillah dengan segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi karena berkat rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah Telaah Klasifikasi Materi Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Penulis telah berupaya semaksimal mungkin dengan segala kemampuan, namun penulis yakin hasilnya masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran selalu penulis harapkan khususnya kepada para pembaca.
Akhirnya penulis berdo’a semoga makalah Telaah Klasifikasi Materi Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah (MI) ini dapat membawa manfaat dan semoga Allah swt selalu menunjukkan kepada kita jalan yang lurus yaitu jalan orang-orang yang diberi nikmat, bukan jalan orang-orang yang tersesat. Amin Ya Rabbal Alamin.
DAFTAR PUSTAKA
Bahri, Saifuddin, Metodologi Studi Islam,  Jepara: INISNU, 2010.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2002.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007, Cet. 4.
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ichtiar Baru Van Houve, 1993, Cet. 1.
Fata, Choirul, Cinta Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
_______,  Cinta Al-Qur’an dan Hadis 2 untuk Kelas II Madrasah Ibtidaiyah , Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
_______,. Cinta Al-Qur’an dan Hadis 3 untuk Kelas III Madrasah Ibtidaiyah, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
_______, Cinta Al-Qur’an dan Hadis 4 untuk Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
_______,Cinta Al-Qur’an dan Hadis 5 untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah , Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
_______, Cinta Al-Qur’an dan Hadis 6 untuk Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
Gerungan, Raflen A., “Pengertian Pendidikan”, http://raflengerungan.wordpress.com/korupsi-dan-pendidikan/pengertian-pendidikan/
Kaskusus, “Definisi Macam-macam Institusi Pendidikan Menurut Peraturan Pemerintah no. 66/2010”, http://kaskusus.co.cc/definisi-macam-macam-institusi-pendidikan-menurut-peraturan-pemerintah-no-662010/
Khoiri, Nur, Metodologi Pembelajaran PAI, Jepara: INISNU,2011.
Komaruddin dan Komaruddin, Yooke Tjuparmah S., Kamus Ilmiah Karya Tulis Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara, 2000, Cet. 1.
Pajar, HA. Malik, Visi Pembaruan Pendidikan Islam.
Peraturan Menteri Agama RI, Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi PAI dan Bahasa Arab di Madrasah, No. 2, Tahun 2008.

Post a Comment for "TELA‘AH KLASIFIKASI MATERI AL-QUR’AN HADITS MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)"