ALIRAN KHAWARIJ


Ajaran Khawarij
Ajaran pokok kaum Khawarij:
1.      Masalah keimanan tidak cukup hanya diucapkan dengan lisan dan dibenarkan dalam hati tapi harus diwujudkan lewat tingkah laku.
2.      Memberlakukan bagi pelaku perang Jamal, perang Shiffin, dan tahkim di Daumah al-Jandal dengan vonis kafir.
3.      Menghukumi perzinahan dan pembunuhan tanpa sebab yang sah sebagai dosa besar. Pelakunya dihukumi murtad dan dosanya tidak terampuni, maka harus dibunuh.
4.      Kalhifah harus dipegang oleh sosok muslim yang mampu (tidak harus berasal dari suku Quraisy), harus adil dan menjalankan syariat Islam.
5.      Mengakui kahlifah Abu Bakar dan Usman bin Affan, namun khalifah Usman hanya diakui separuh masa kekuasaannya, tujuh tahun setelah masa kekhalifahannya dihukumi kafir. Sedangkan khalifah Ali bin Abi Thalib, Muawiyah, Amr bin Ash dan Abu Musa al-Asyari mutlak dihukumi kafir sejak menerima arbitrase.
6.      Siapapun yang tidak sepaham dengan kaum Khawarij maka dihukumi fasiq yang berarti bukan seorang mukmin, maka harus dihukum mati, termasuk anak dan istrinya.

Sekte-sekte Khawarij

Sekte-sekte yang dianggap berpengaruh dalam kelompok Khawarij adalah:
1.      Al-Azariqoh, yaitu sekte yang dipelopori oleh Nafi’ bin Azraq.
Doktrin ajaran Al-Azariqoh:
a.       Salat, puasa, dan zakat termasuk bagian dari iman.
b.      Iman tidak cukup hanya diyakini saja. Barang siapa yang mengakui dan mempercayai Allah sebagai Tuhan dan Muhammad sebagai utusan-Nya, namun tidak melaksanakan syariat agama maka dianggap pelaku dosa besar dan divonis kafir.
c.       Ali bin Abi Thalib dianggap kafir. Kaum Al-Azariqoh tidak mau makan sembelihan orang Islam di luar kelompoknya, tidak menikah dengan orang di luar kelompoknya dan mengangggap tanah lainnya sebagai dar al-harb.
2.      Al-Najadat, yaitu sekte yang mengikuti model pemikiran Najdah bin Amir.
Doktrin ajaran Al-Najadat:
a.       Seseorang yang bersalah dan berusaha untuk memperbaiki kesalahnnya termasuk orang yang mendapatkan ampunan.
b.      Agama hanya berkisar pada dua ajaran:
1)      Mengetahui Allah sebagai Tuhan dan Muhammad sebagai Rasul-Nya.
2)      Ajaran agama yang lain seperti sisi syariah serta kaitannya dengan kehidupan sosil masyarakat, termasuk otoritas manusia, kecuali jika ada alibi yang membatasinya.
c.       Zina sebagai dosa besar.
3.      Al-Ibadliyah, yaitu sekte yang dipelopori oleh Abdullah bin Ibadh al-Tamimy.

Post a Comment for "ALIRAN KHAWARIJ"