Penjelasan Teori Teori Komunikasi Dan Contohnya

Teori komunikasi adalah suatu cara pemikiran yang mengemukakan penyampaian suatu pendapat didalamnya terdiri dari aneka macam macam komponen dan unsur komunikasi. Unsur dan komponen komunikasi ini merupakan jalan semoga penyampaian suatu pendapat ini sanggup diterima dengan baik dan pesannya sanggup diterima dengan keseluruhan sesuai dengan maksud dan tujuan pesan. Mengingat ketika berkomunikasi yang dihadapi yaitu aneka macam macam komponen masyarakat dengan aneka macam macam latar belakang, kebudayaan, dan lain sebagainya, maka diharapkan komunikasi yang sanggup berjalan dengan efektif.


Terutama terlebih dahulu ditekankan pada teori komunikasi antar person atau komunikasi interpersonal gres kemudian teori komunikasi masa. Karena teori komunikasi interpersonal ini mengharuskan untuk bertatap muka eksklusif sehingga penyampaian pesannya haruslah efektif dan sanggup diterima.


Pengertian Teori Komunikasi Menurut Para Ahli


 suatu cara pemikiran yang mengemukakan penyampaian suatu pendapat didalamnya terdiri dari Penjelasan Teori Teori Komunikasi dan Contohnya


Seiring dengan perkembangan jaman, definisi teori komunikasi baik teori komunikasi personal maupun teori komunikasi massa sudah banyak dikemukakan oleh para ahli. Mulai dari klarifikasi yang sederhana hingga dengan klarifikasi yang rumit. Mulai dari yang mengacu pada perkembangan ilmu di jaman dahulu hingga mengacu pada ilmu modern dan ketika ini.


Ada juga yang mengemukakan dengan batasan teori perihal komunikasi interpersonal hingga dengan teori perihal komunikasi massa. Seiring dengan perkembangan jaman ini yang cepat sehingga cakupan teori yang dikemukakan pun juga tidak lagi sempit tetapi semakin luas. Contoh-contoh teori komunikasi dari jaman dahulu dan kini sanggup diwakilkan oleh beberapa andal yang populer di jamannya.


Contoh Teori Komunikasi


Contoh teori komunikasi sanggup dimulai dari tahun 1948 oleh Harold Lasswell. Lasswell mengemukakan teori perihal komunikasi dengan bahasa yang sederhana dan sangat gampang dimengerti alasannya teori ini bukan perihal teori komunikasi bisnis. Teorinya menyatakan bahwa who (siapa), berbicara apa (says what?), dengan media apa (in which channel), kepada siapa (to whom), dan dengan imbas apa (with what effect).


Jadi komunikasi interpersonal yang menanyakan dan menunjukkan klarifikasi dasar perihal siapakah berbicara, berbicara perihal apa, melalui media apakah, berbicara kepada siapa dan apakah imbas yang ditimbulkan dari pembicaraan itu. Ini merupakan jenis komunikasi verbal.


Teori komunikasi yang dikemukan oleh Sannon dan Weaver di tahun 1949 merupakan teori klasik yang menekankan bahwa komunikasi yaitu komunikasi lisan dengan suatu sistem transmisi jikalau medianya atau transmitternya berjalan dengan baik, maka komunikasinya juga akan berhasil baik. Komunikasi efektif akan gagal jikalau sinyal transmisinya tidak baik atau rusak.


Teori agenda setting yaitu suatu teori komunikasi organisasi dan komunikasi  bisnis yang menyatakan bahwa opini masyarakat sanggup digiring oleh media. Jika suatu bencana dianggap penting oleh media, maka khalayak ramai juga akan menganggap bencana itu penting. Media memiliki efek besar dalam pembelajaran masyarakat. Teori ini dikemukan oleh McCombs dan D L shaw di tahun 1972.


Teori perihal komunikasi yang dikemukakan oleh Sandra Ball-Rockeach dan Marvin defleur di tahun 1976 populer dengan nama teori ketergantungan atau dependency theory. Teori ini menitikberatkan pada kondisi struktural masyarakat dalam komunikasi efektif.


Jadi pemikiran masyarakat dalam segala aspek termasuk komunikasi bisnis sangat gampang terpengaruh dengan media. Media massa menunjukkan efek besar terhadap kehidupan masyarakat. Hal ini sanggup dilihat misalnya dari kehidupan masyarakat yang modern kini ini. Opini masyarakat sanggup tergiring ke hal yang benar atau salah tergantung pada media.


Baca juga : Pengertian Komunikasi


Teori komunikasi di jaman modern cenderung menekankan pada tugas media terhadap opini masyarakat baik untuk teori komunikasi bisnis, personal maupun massa. Banyak tokoh yang mengemukakan pendapat ini. Tidak hanya di tahun 1972 dan tahun 1976, tetapi juga di tahun 1966 dan tahun 1974 yang dikemukakan andal sebelumnya Elizabeth Noelle-Neuman dan Peter L Bergerr dan Thomas Luckmann menekankan betapa besar efek media untuk menggiring komunikasi masyarakat, dan komunikasi organisasi.


Hasil Pencarian:

teori komunikasi

Post a Comment for "Penjelasan Teori Teori Komunikasi Dan Contohnya"