Soal Manajemen Pemasaran Beserta Jawaban


Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Manajemen Pemasaran 
  1. Jika perusahaan menawarkan barang konvenien, maka distribusi yang dapat dipakai adalah distribusi ....
    a. Selektif
    b. Intensif
    c. Eksklusif
    d. Ekstensif
  2. Proses manajemen yang dilakukan oleh organisasi untuk berdialog dengan berbagai macam khalayak dengan cara mengembangkan, menyajikan dan mengevaluasi sejumlah pesan kepada khalayak stakeholder adalah pengertian dari ....
    a. Komunikasi massa
    b. Pemasaran keterhubungan
    c. Komunikasi pemasaran
    d. Komunikasi antar-perorangan
  3. Kegiatan pengiriman pesan yang berupa iklan dalam komunikasi pemasaran disebut dengan ....
    a. Encoding
    b. Decoding
    c. Feedback
    d. Sender
  4. Dalam proses adopsi, tahapan dimana pembeli mengambil keputusan untuk menerima atau menolak produk yang sudah dicoba disebut dengan tahap ....
    a. Kesadaran
    b. Evaluasi
    c. Percobaan
    d. Adopsi
  5. Bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang, dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu disebut ....
    a. Penjualan tatap muka
    b. Periklanan
    c. Publisitas
    d. Promosi penjualan
  6. Salah satu kegiatan dalam promosi penjualan adalah ....
    a. Komunikasi melalui media massa
    b. Kampanye melalui telepon (telemarketing)
    c. Peragaan/pertunjukan
    d. Konfrensi pers dan lobi
  7. Di bawah ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh humas....
    a. Penyebaran informasi menggunakan media massa seperti: radio, televisi, surat-kabar, majalah, papan luar ruang atau baliho
    b. Kampanye melalui surat, telepon, fax, e-mail, dan alat non-pribadi lainnya
    c. Electronic shopping melalui katalog komputer yang on-line dari rumah ke toko
    d. Komunikasi korporat, lobying, dan konfrensi pers
  8. Periklanan yang ditujukan untuk mendorong para penyalur agar bersedia meningkatkan permintaan suatu produk dengan menjualkan sebanyak-banyaknya kepada pembeli atau pengecer disebut dengan...
    a. Pull demand advertising
    b. Push demand advertising
    c. Pull supply advertising
    d. Push suplly advertising
  9. Penyusunan anggaran periklanan untuk produk baru dengan memperhatikan faktor probabilitas dalam setiap keputusan agar produk tersebut tercapai kondisi yang optimal dapat menggunakan metode....
    a. Matematis
    b. Bayesian
    c. Tugas
    d. Subyektif
  10. Proses manajemen pemasaran merupakan proses penyampaian nilai yang memberikan gambaran tentang tahapan-tahapan yang dilakukan oleh pemasar dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar atau pelanggan sasaran. Proses penyampaian nilai itu digambarkan dalam bentuk berbagai aktivitas yang ...
    a. Dimulai dari pengukuran hasil dan diakhiri dengan implementasi rencana pemasaran
    b. Dimulai dari penganalisisan peluang pemasaran dan berakhir pada pengendalian pemasaran
    c. Terdiri dari proses identifikasi kendala dalam mencapai tujuan 
    d. Terfokus pada proses penyusunan perencanaan strategis tanpa memperhatikan lingkungan eksternal
  11. Tahap pertama yang perlu dilakukan manajemen dalam proses perencanaan strategis adalah ....
    a. Memilih strategi dan taktik
    b. Mengevaluasi hasil
    c. Menetapkan tujuan
    d. Menganalisis situasi bisnis
  12. Salah satu masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan program pemasaran adalah ....
    a. Terbatasnya jumlah pegawai yang kompeten
    b. Bagaimana perusahaan mengalokasikan anggaran pada masing-masing alat bauran pemasaran
    c. Mengidentifikasi target penjualan pesaing
    d. Tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk perusahaan
  13. Memilih pelanggan sasaran, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginannya, serta menetapkan bauran pemasaran yang sesuai merupakan contoh implementasi fungsi perencanaan manajemen dari ....
    a. Taktik
    b. Strategi
    c. Tujuan
    d. Sasaran 
  14. Kegiatan berikut ini yang bukan merupakan bagian dari tahap pengembangan dan pengujian dalam tahap pengembangan produk baru adalah .....
    a. Pengujian konsep
    b. Penilaian laboratorium
    c. Tes kesukaan konsumen
    d. Pengujian tentang konsep produk
  15. Pengujian pasar sebagai salah satu tahap dalam pengembangan produk baru dianggap sangat penting karena dapat.........
    a. Memastikan keberhasilan suatu produk baru di masa mendatang
    b. Mengurangi kerugian finansial dari produk lain
    c. Menghindari pemutusan hubungan kerja karyawan
    d. Mengukur reaksi dan dukungan konsumen di daerah pasar tertentu terhadap produk baru dan program pemasaran perusahaan
  16. Pakaian, elektronik, dan perabot rumah tangga merupakan contoh dari produk ….
    a. Konvenien
    b. Shopping
    c. Spesial
    d. Industrial
  17. Sekelompok produk yang dapat memuaskan segolongan kebutuhan tertentu dinamakan ....
    a. Bauran produk
    b. Daur hidup merek
    c. Product item
    d. Lini produk
  18. Salah satu contoh produk yang betul-betul baru dan tidak ada produk substitusinya adalah ....
    a. Obat kanker
    b. Alat penyimpan data (flash disc) yang sekaligus dapat memutar lagu (MP3)
    c. Mobil model tahun yang akan datang
    d. Ponsel dengan fitur koneksi internet
  19. Alasan perusahaan menggunakan strategi profil tinggi dalam tahap perkenalan adalah ....
    a. Perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusaha membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya
    b. Pasarnya sangat luas
    c. Mereka yang menginginkan produk tersebut bersedia membayar pada harga yang tinggi
    d. Perusahaan menghadapi pesaing-pesaing potensial
  20. Strategi yang dapat ditempuh perusahaan bila ingin mempunyai posisi yang kuat pada satu segmen saja merupakan strategi ....
    a. Konsentrasi segmen tunggal
    b. Konsentrasi segmen ganda
    c. Memasuki pasar
    d. Bauran pemasaran
  21. Salah satu faktor demografis pribadi yang dapat dipakai untuk mensegmentasikan pasar konsumen yaitu ....
    a. Biaya hidup
    b. Jenis kelamin
    c. Kepribadian
    d. Kelas sosial
  22. Jika Anda membeli barang dan jasa untuk dijual kembali guna memperoleh laba maka Anda tergolong dalam kelompok....
    a. Pasar internasional
    b. Pasar bisnis
    c. Pasar penjual
    d. Pasar pemerintah
  23. Ukuran perusahaan, usia perusahaan, bahasa yang digunakan dan pola pertumbuhan adalah faktor-faktor yang digunakan perusahaan untuk mensegmentasikan ....
    a. Pasar konsumen
    b. Produk
    c. Harga
    d. Pasar bisnis
  24. Salah satu persyaratan atau faktor yang harus dipertimbangkan untuk menunjang upaya mensegmentasikan pasar secara efektif adalah ....
    a. Bahasa yang digunakan
    b. Segmen pasar yang cukup luas
    c. Pola pertumbuhan
    d. Jenis industri
  25. Apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menerapkan strategi penentuan sasaran pasar undifferentiated marketing?
    a. Mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli dengan membagi pasar ke dalam dua segmen
    b. Berusaha meninjau pasar secara keseluruhan dan mengembangkan satu macam produk untuk memenuhi keinginan semuanya
    c. Memusatkan pemasaran pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja
    d. Membuat produk dan program pemasaran yang berbeda-beda pada setiap kelompok pembeli yang dilayani
Jawaban:
  1. b. Intensif
  2. c. Komunikasi pemasaran
  3. a. Encoding
  4. d. Adopsi
  5. b. Periklanan
  6. c. Peragaan/pertunjukan
  7. d. Komunikasi korporat, lobying, dan konfrensi pers
  8. b. Push demand advertising
  9. b. Bayesian
  10. b. Dimulai dari penganalisisan peluang pemasaran dan berakhir pada pengendalian pemasaran
  11. d. Menganalisis situasi bisnis
  12. b. Bagaimana perusahaan mengalokasikan anggaran pada masing-masing alat bauran pemasaran
  13. b. Strategi
  14. d. Pengujian tentang konsep produk
  15. d. Mengukur reaksi dan dukungan konsumen di daerah pasar tertentu terhadap produk baru dan program pemasaran perusahaan
  16. b. Shopping
  17. d. Lini produk
  18. a. Obat kanker
  19. a. Perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusaha membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya
  20. a. Konsentrasi segmen tunggal
  21. b. Jenis kelamin
  22. c. Pasar penjual
  23. d. Pasar bisnis
  24. b. Segmen pasar yang cukup luas
  25. b. Berusaha meninjau pasar secara keseluruhan dan mengembangkan satu macam produk untuk memenuhi keinginan semuanya

Post a Comment for "Soal Manajemen Pemasaran Beserta Jawaban"