Pengertian Akuntansi Beserta Konsep Siklus Akuntansi Lengkap

Siklus Akuntansi – Definisi atau pengertian akuntansi bekerjsama diambil dari kata Accountancy atau Accounting yang artinya Akuntansi yaitu suatu proses atau kegiatan dalam mengidentifikasi, menganalisis, mencatat, mengklasifikasi, menyajikan dan mengolah data yang berkaitan dengan transaksi atau keuangan supaya bisa lebih dimengerti sehingga bisa dipakai untuk mengambil keputusan. Sedangkan bila dilihat dari wikipedia, artinya yaitu penjabaran, santunan kepastian dan penjabaran terkait dengan info yang akan sangat membantu para investor, manajer, otoritas pajak, serta pembuat keputusan lainnya untuk menyusun alokasi sumber daya di dalam organisasi, forum pemerintah dan perusahaan.


Memahami siklus akuntansi dan sejarah perkembangannya. Pengertian akuntansi dijelaskan oleh Suparwoto L (1990) yaitu suatu kemampuan atau sistem yang dipakai untuk mengukur sekaligus mengelola transaksi keuangan. Kegiatan ini juga sanggup memperlihatkan hasil pengelolaan dalam bentuk data info yang terang kepada pihak ekstern dan intern perusahaan. Pihak ekstern mencakup kreditur pemerintah, forum perpajakan, serikat buruh dan masyarakat umum. Sedangkan pihak intern yaitu orang-orang yang masih menjadi serpihan dalam perusahaan tersebut.


 Definisi atau pengertian akuntansi bekerjsama diambil dari kata Accountancy atau Accounti Pengertian Akuntansi Beserta Konsep Siklus Akuntansi Lengkap


Warren dkk (2005) beropini bahwa akuntansi yaitu sistem info yang berfungsi untuk menghasilkan laporan akurat kepada pihak-pihak yang mengambil keputusan atau berkepentingan terkait dengan kegiatan ekonomi serta kondisi ekonomi perusahaan. Dalam kegiatan pelaporan, Anda akan menjumpai siklus akuntansi yakni satu periode sebuah pencatatan pembukuan data keuangan. Pencatatan ini dimulai dari data jurnal dan diakhiri dengan laporan keuangan. Siklus ini juga dikenal sebagai kumpulan atau tahapan dalam proses pencatatan serta pemrosesan transaksi dan keuangan di suatu perusahaan.


Perlu Anda ketahui bahwa siklus akuntansi merupakan urutan kegiatan yang dipakai untuk mencatat dan mengidentifikasi transaksi keuangan dalam suatu bisnis. Kegiatan transaksi tersebut akan dirangkum dan dijelaskan secara rinci pada setiap final periode pembuatan laporan keuangan. Banyak pula yang menyampaikan bahwa siklus ini yaitu siklus pembukuan.


Pada dasarnya, akuntansi siklus atau siklus akuntansi ini dibedakan menjadi 3 tahapan. Tahapan pertama yaitu proses pencatatan serta penggolongan. Untuk bisa memulai tahapan ini, tentu saja Anda membutuhkan data yang akuntable dan otentik. Oleh lantaran itu, tahapan ini mengharuskan para akuntan untuk mencatat semua transaksi keuangan. Pencatatan yang rapi dan detail pastinya akan memudahkan Anda untuk melaksanakan analisis arus kas perusahaan.


Tahapan pencatatan tersebut biasanya akan diajarkan pada akuntansi dasar. Tahapan kedua yaitu peringkasan laporan keuangan. Ringkasan laporan ini dibentuk sesudah semua data di tahapan pertama tersusun dan tercatat dengan baik. Semakin terang dan ringkas laporan yang dibentuk maka akan semakin gampang pula Anda bisa melaksanakan analisis data. Tahapan siklus pembukuan atau akuntansi yang ketiga yaitu laporan keuangan. Tahapan terakhir ini mencakup laporan neraca, laporan perubahan modal, laporan rugi laba, laporan arus kas, dan laporan komplemen wacana info detail keuangan. Dalam ilmu pengantar akuntansi, akan dijelaskan lebih detail terkait dengan penyusunan laporan keuangan dari awal sampai akhir.


Sejarah akuntansi bermula dari adanya catatan kuno wacana transaksi yang ditemukan di Yunani Kuno, Mesie, dan Babilonia pada tahun 3600 SM. Catatan transaksi ini ditulis di atas kulit kayu, batu, daun dan lainnya. Sebab masa itu belum ditemukan kertas. Pencatatan transaksi jaman dulu semakin gampang dengan munculnya angka desimal dari bahasa Arab. Kemudian, di Italia populer Double Entry System atau sistem pembukuan ganda yang semakin memudahkan masyarakat untuk menciptakan laporan transaksi.


Baca juga : Pengertian bisnis


Sistem ini dikembangkan secara pribadi oleh para pedagang yang ada di Venesia. Pada tahun 1494, seorang matematikawan menulis buku wacana pembukuan. Buku ini populer dan menyebar sampai Eropa Barat. Mulai dari situlah Amerika menyebarkan pembukuan dengan istilah accounting. Sejak itulah akuntansi dikenal oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Sekian info mengenai pengertian akuntansi beserta siklus akuntansi lengkap yang bisa kami ulas, agar bermanfaat.


Hasil Pencarian:

siklus akuntansi,akuntansi,Akuntansi pengertian konsep siklus,akuntansii

Post a Comment for "Pengertian Akuntansi Beserta Konsep Siklus Akuntansi Lengkap"