Pengertian Konflik, Penyebab Dan Pola Konflik Sosial

Pengertian Konflik dan Contoh Konflik Sosial – Dalam bermasyarakat, problem sosial akan selalu ada. Masalah biasanya muncul akhir adanya perbedaan pendapat atau pandangan terhadap suatu hal. Konflik ialah suatu permasalahan sosial yang umumnya dipicu alasannya ialah tidak adanya rasa saling mengerti dan toleransi terhadap kebutuhan dari masing-masing individu. Pengertian konflik berdasarkan para hebat salah satunya dikemukakan oleh Robbins yaitu suatu proses dimana ada satu pihak yang merasa dirugikan. Dimana pihak tersebut sudah memperlihatkan efek yang negatif terhadap pihak lainnya.


Alabaness sendiri beropini bahwa Konflik ialah suatu kondisi dimana ada pihak-pihak yang bermasalah kemudian tidak mencapai akad dan tujuan yang sama. Dampaknya, antar pihak saling mencampuri urusannya masing-masing. Dari klarifikasi para hebat tersebut, sanggup diketahui bahwa intinya konflik ialah suatu problem atau keadaan yang dicampuri dengan banyak kepentingan dan membutuhkan penyelesaian yang konkrit untuk menyamakan pandangan dan persepsi biar tidak timbul permasalahan yang lebih parah.


Pengertian Konflik dan Contoh Konflik Sosial  Pengertian Konflik, Penyebab dan Contoh Konflik Sosial


Masalah ini tentunya akan merusak hubungan antara kedua belah pihak, sehingga sebaiknya harus segera diselesaikan secepat mungkin. Konflik sosial ialah permasalahan yang seringkali muncul dalam kehidupan insan dalam bermasyarakat. Di bawah ini ialah beberapa contoh konflik sosial berdasarkan bentuknya secara umum yang harus Anda pahami.


Contoh Konflik Sosial :


1. Konflik Rasial

Rasial ialah permasalahan yang sering dialami di aneka macam negara. Hal ini dikarenakan adanya kebudayaan dan kepentingan kelompok ras yang saling bertolak belakang. Biasanya, ada ras yang merasa jauh lebih baik dan unggul daripada ras lain sehingga memicu pertikaian. Contoh konflik yang sangat fenomenal pernah terjadi di Negara Afrika Selatan. Dimana ras kulit putih melaksanakan penguasaan terhadap ras kulit hitam.


2. Konflik Antar Agama

Pengertian konflik sosial memperlihatkan bahwa agama juga sanggup menjadi sumbu munculnya permasalahan. Dalam kehidupan sosial, agama tolong-menolong ialah keyakinan yang dianut oleh masing-masing orang. Perbedaan antara agama satu dengan agama lainnya membawa perbedaan yang cukup signifikan ke dalam kehidupan masyarakat sehari-hari mulai dari penerapan hukum, cara bersosialisasi, cara berpakaian, dan lain sebagainya. Masalah kecil yang tidak diselesaikan dengan baik antar umat agama sanggup memicu perselisihan yang berbahaya.


3. Konflik Internasional

Dalam lingkup internasional, permasalahan alasannya ialah perbedaan pendapat sanggup saja terjadi di dunia internasional dan melibatkan satu atau beberapa kelompok negara yang mempunyai kepentingan berbeda di dalamnya. Saat ini, ada banyak sekali kasus permasalahan yang terjadi di internasional. Contohnya ialah problem antara Negara Indonesia dengan Malaysia terkait dengan perebutan perbatasan wilayah, problem antara India dan Pakistan, Korea Utara dan Korea Selatan dan lain sebagainya.


4. Konflik Politik

Konflik sosial juga sanggup mencakup problem dalam aktivitas politik. Dimana ada individu atau kelompok yang mempunyai pandangan dan pendapat yang berbeda wacana problem ketatanegaraan dan politik. Faktanya, hal ini sanggup memicu permasalahan yang lebih besar.


Baca juga : Pengertian demokrasi


Selain memahami pengertian konflik dan contohnya, Anda juga harus mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan permasalahan tersebut sanggup terjadi. Faktor penyebab konflik diantaranya ialah problem komunikasi, manusia, dan struktur organisasi.


Faktor yang paling sering menyebabkan permasalahan dalam kehidupan sosial ialah insan yang selalu egois, tidak mempunyai rasa toleransi dan selalu mementingkan kepentingan eksklusif atau golongan. Demikianlah ulasan mengenai pengertian konflik sosial, teladan dan faktor penyebabnya. Semoga isu di atas sanggup memperlihatkan wawasan dan pengetahuan gres untuk Anda.


Hasil Pencarian:

konflik sosial,konflik,contoh konflik,pengertian konflik,contoh konflik yang tidak berbahaya,Contoh konflik pol,contoh masalah/ konflik sosial,jelaskan faktor penyebab konflik krena ketidaksamaan status,pengertian konflik terbuka dan latar belakangnya,konflik peibadi beserta penyelesaiiannya

Post a Comment for "Pengertian Konflik, Penyebab Dan Pola Konflik Sosial"