9 Manfaat Sayur Asem Buat Tubuh

Manfaat Sayur Asem bagi Tubuh_Di Indonesia ada puluhan bahkan ratusan menu makanan yang sudah sangat kita kenal, dan salah satunya adalah sayur asem. Nama menu makanan sehari-hari ini pasti tidak asing di telinga. Hidangan berkuah dengan beragam sayuran serta bumbu-bumbu khas Indonesia yang disajikan dengan nasi hangat plus ikan asin sebagai pelengkap.

Sayur asem menjadi menu Andalan para ibu rumah tangga karena bahan-bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatannya tidak memakan waktu lama. Bahan-bahan yang digunakan sebagai bumbu sayur ini adalah asam jawa dan bawang merah. Asam jawa disini bisa diganti dengan blimbing wuluh. Boleh juga ditambahkan daun kedondong untuk menambah cita rasa asam. Sebagai isian, ada kubis, wortel, kacang panjang, dan jagung. Isian ini bisa lebih banyak atau lebih sedikit, menyesuaikan selera.

Melihat banyaknya bahan yang digunakan, tentu Anda sudah dapat mengira-ngira berapa banyak kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur asem. Berdasarkan hasil riset terhadap 100 gram sayur asem oleh kementerian kesehatan RI, terdapat kandungan energi sebesar 29 kilo kalori, protein sebesar 0,7 gram, lemak sebesar 0,6 gram, zat besi sebesar 3,1 mg, serta vitamin A, B1, dan C.
Di Indonesia ada puluhan bahkan ratusan menu makanan yang sudah sangat kita kenal 9 Manfaat Sayur Asem Buat Tubuh
Besar kandungan nutrisi ini dipengaruhi oleh bahan-bahan yang digunakan untuk memasak sayur asem. Yang mana pada setiap sajian bisa berbeda-beda. Namun, secara umum sayur asem memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, sebagai berikut:

1. Mengobati Sakit Tenggorokan 
Sebagai bahan utama, asam jawa tak hanya menghasilkan rasa asam, tetapi juga bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan. Selain itu asam jawa juga digunakan sebagai obat pereda batuk, menyembuhkan sariawan, bahkan campak, hingga darah rendah.

2. Anti Kanker
Sebaiknya mulai sekarang Anda menambahkan labu siam sebagai isian pada sayur asem yang Anda buat. Sebagai keluarga umbi-umbian yang berkarbohidrat tinggi, labu siam juga memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya kanker.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah dan Melancarkan Sistem Pencernaan
Salah satu bahan untuk isian sayur asem adalah kacang panjang. Serat yang terkandung dalam sayuran ini ternyata dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah dan juga melancarkan sistem pencernaan.

4. Anti Oksidan
Manfaat anti oksidan bisa Anda dapatkan dengan menambahkan mlinjo ke dalam sayur asem yang Anda santap. Selain sebagai anti oksidan, mlinjo juga bermanfaat untuk mengontrol penumpukan lemak.

5. Membantu Meregenerasi Sel Otot yang Rusak
Untuk memperkaya tekstur, kacang tanah biasa ditambahkan sebagai isian dalam sayur asem. Regenerasi sel otot yang rusak dapat dibantu dengan mengonsumsi kacang tanah karena mengandung protein serta nutrisi yang bermanfaat sangat baik bagi tubuh Anda.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Sudah bukan rahasia lagi jika wortel mengandung vitamin A yang sangat banyak. Terbukti kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Ternyata selain wortel, sayuran lain yang memiliki kandungan yang sama adalah nangka muda.

7. Mencegah Terjadinya Stroke dan Penyakit Jantung
Kandungan kalium yang ada di dalam nangka muda membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Manfaat lain yang didapatkan saat mengonsumsi nangka muda adalah meningkatnya imunitas dan melancarkan peredaran darah.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol
Ini adalah manfaat lain dari mengonsumsi labu siam serta kacang tanah yang tidak digoreng.

9. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Tekstur renyah dari kubis ternyata membantu pencernaan sehingga dapat meningkatkan metabolism tubuh. Jagung manis juga memiliki manfaat yang sama ditambah sebagai sumber kalori dan karbohidrat.

Poin-poin yang disebutkan di atas hanya sebagian kecil manfaat yang didapat saat mengonsumsi sayur asem. Anda bisa memperbanyak manfaat di setiap suapan dengan menambah bahan-bahan lain sesuai selera.

Demikian tentang Manfaat Sayur Asem bagi Tubuh. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "9 Manfaat Sayur Asem Buat Tubuh"