Contoh Kata Kerja Operasional Ranah Kognitif Dan Ranah Psikomotor
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus dilengkapi dengan Tujuan Pembelajaran yang di dalamnya harus terdapat kata kerja opeasional yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Untuk memperbaiki kata kerja operasional pada kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi, indikator soal dapat digunakan contoh-contoh kata kerja di bawah ini. Kedalaman dan keluasan materi dapat digunakan untuk gradasi dan kesinambungan kompetensi
RANAH KOGNITIF (PENGETAHUAN)
Pengetahuan (C1)
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Membuat index
Memasangkan
Menemutunjukkan
Menamai
Membuat kerangka
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghapal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
Pemahaman(C2)
Menambah
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Mengunggulkan
Menggali
Mengira
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Memperluas
Mempolakan
Memfaktorkan
Menggeneralisasikan
Memberikan
Menmyimpulkan
Berinteraksi
Mengumpulkan
Memaknai
Mengamati
MerLimuskan kembali
Mcnggraflkkan
Meramalkan
Memperbaiki
Menulis kembali
Membuat abstraksi
Merangkum
Menjabarkan
Mengkomunikasikan secara visual
Penerapan (C3)
Memerlukan
Menyesuaikan
Mengalokasikan
Mengurutkan
Menerapkan
Menentukan
Menugaskan
Memperoleh
Mencegah
Mencanagkan
Mengkalkulasi
Menangkap
Memodifikasi
Mengklasifikasikan
Melengkapi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mendemonstrasikan
Menurunkan
Menentukan
Menemukan
Menggambarkan
Menemukan kembali
Membagankan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Membuka
Mengemukakan
Membuat faktor
Membuat gambar
Membuat grafik
Menangani
Mengilustrasikan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Memanipulasi
Mempercantik
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Menyiapkan
Memberi harga
Memproses
Memproduksi
Memproyeksikan
Melindungi
Menyediakan
Mengakitkan
Melingkari
Menyusun
MeiTi pert LI njukkan
Mensimulasikan
Mensketsakan
Memecahkan
Melanggankan
Mentabulasi
Membuat transkrip
Menterjemahkan
Melakukan
Analisis (C4)
Menganalisis
Mengaudit/memeriksa
Membuat blueprint
Membuat garis besar
Memecahkan
Mengkarakteristikkan
Membuat dasar pengelompokkan
Merasionalkan
Menegaskan
Membuat dasar pengkontras
Mengkorelasikan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Mendiagramkan
Mendiversifikasikan
Menyeleksi
Memerinci ke bagaian-bagian
Menominasikan
Mendokumentasikan
Menjamin
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Memfile
Membuat kelompok
Mengidentifikasi
Mengilustrasikan
Menyimpulkan
Menginterupsi
Menemukan
Menelaah
Menata
Mengclola
Memaksimalkan
Meninimalkan
Mengoptimalkan
Memerintahkan
Menggarisbesarkan
Memberi tanda/kode
Memprioritaskan
Mengedit
Menanyakan
Mengaitkan
Memilih
Memilah
Mengukur
Membagi ulang
Melatih
Mentransfer
Sintesis (C5)
Mengabstraksi
Menganimasi
Mengatur
Mengumpulkan
Mendanai
Mengkategorikan
Mengkode
Mengkombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengkoreksi
Memotret
Merancang
Mengembangkan
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menumbuhkan
Menangani
Mengirim
Memperbaiki
Menggabungkan
Memadukan
Membatasi
Menggabungkan
Mengajar
Membuat model
Mengimprovisasi
Membuat jaringan
Mengorganisasikan
Mensketsa
Mereparasi
Merencanakan
Menampilkan
Menyiapkan
Meresepkan
Memproduksi
Membuat program
Menata ulang
Merekonstruksi
Mencari referensi
Menggunakan referensi
Mereterensikan
Memperbaiki
Menuliskan kembali
Menspesifikasikan
Merangkum
Mengkomposisikan
Penilaian (C6)
Mempertimbangkan
Menilai
Membandingkan
Menyimpulkan
Mengkontraskan
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Mempertahankan
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Menilai
Memperjelas
Merangking
Menugaskan
Menafsirkan
Memberi pertimbangan
Membenarkan
Mengukur
Memproyeksi
Memerinci
Menggradasi
Merentangkan
Merekomendasikan
Melepaskan
Memilih
Merangkuin
Mendukung
Mengetes
Memvalidasi
Membuktikan kembali
RANAH PSIKOMOTOR (KETERAMPILAN)
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengkalibrasi
Mcngubah
Membersihkan
Menutup
Mengkombinasikan
Memposisikan
Menyambungkan
Mengkonstruksi
Mengoreksi
Mengkreasikan
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Mclatih
Mengericangkan
Memperbaiki
Mengikuti
Menggiling
Mcmcgang
Memalu
Memanaskan
Menggantung
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Melonggrakan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
Memmaku
Mengoperasikan
Menjalankan
Menekan
Memproduksi
Menarik
Mendorong
Memindahkan
Memperbaiki
Menggantikan
Memutar
Menggirim
Mengalihkan
Memecahkan masalah
Menempel
Memadankan
Menjeniskan
Menjahit
Mernpertajam
Membentuk
Mensketsa
Memulai
Menyetir
Menggunakan
Menimbang
Membungkus
Mengemas
Sumber https://www.anekapendidikan.com/
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus dilengkapi dengan Tujuan Pembelajaran yang di dalamnya harus terdapat kata kerja opeasional yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Untuk memperbaiki kata kerja operasional pada kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi, indikator soal dapat digunakan contoh-contoh kata kerja di bawah ini. Kedalaman dan keluasan materi dapat digunakan untuk gradasi dan kesinambungan kompetensi
RANAH KOGNITIF (PENGETAHUAN)
Pengetahuan (C1)
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Membuat index
Memasangkan
Menemutunjukkan
Menamai
Membuat kerangka
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghapal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
Pemahaman(C2)
Menambah
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Mengunggulkan
Menggali
Mengira
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Memperluas
Mempolakan
Memfaktorkan
Menggeneralisasikan
Memberikan
Menmyimpulkan
Berinteraksi
Mengumpulkan
Memaknai
Mengamati
MerLimuskan kembali
Mcnggraflkkan
Meramalkan
Memperbaiki
Menulis kembali
Membuat abstraksi
Merangkum
Menjabarkan
Mengkomunikasikan secara visual
Penerapan (C3)
Memerlukan
Menyesuaikan
Mengalokasikan
Mengurutkan
Menerapkan
Menentukan
Menugaskan
Memperoleh
Mencegah
Mencanagkan
Mengkalkulasi
Menangkap
Memodifikasi
Mengklasifikasikan
Melengkapi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mendemonstrasikan
Menurunkan
Menentukan
Menemukan
Menggambarkan
Menemukan kembali
Membagankan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Membuka
Mengemukakan
Membuat faktor
Membuat gambar
Membuat grafik
Menangani
Mengilustrasikan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Memanipulasi
Mempercantik
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Menyiapkan
Memberi harga
Memproses
Memproduksi
Memproyeksikan
Melindungi
Menyediakan
Mengakitkan
Melingkari
Menyusun
MeiTi pert LI njukkan
Mensimulasikan
Mensketsakan
Memecahkan
Melanggankan
Mentabulasi
Membuat transkrip
Menterjemahkan
Melakukan
Analisis (C4)
Menganalisis
Mengaudit/memeriksa
Membuat blueprint
Membuat garis besar
Memecahkan
Mengkarakteristikkan
Membuat dasar pengelompokkan
Merasionalkan
Menegaskan
Membuat dasar pengkontras
Mengkorelasikan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Mendiagramkan
Mendiversifikasikan
Menyeleksi
Memerinci ke bagaian-bagian
Menominasikan
Mendokumentasikan
Menjamin
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Memfile
Membuat kelompok
Mengidentifikasi
Mengilustrasikan
Menyimpulkan
Menginterupsi
Menemukan
Menelaah
Menata
Mengclola
Memaksimalkan
Meninimalkan
Mengoptimalkan
Memerintahkan
Menggarisbesarkan
Memberi tanda/kode
Memprioritaskan
Mengedit
Menanyakan
Mengaitkan
Memilih
Memilah
Mengukur
Membagi ulang
Melatih
Mentransfer
Sintesis (C5)
Mengabstraksi
Menganimasi
Mengatur
Mengumpulkan
Mendanai
Mengkategorikan
Mengkode
Mengkombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengkoreksi
Memotret
Merancang
Mengembangkan
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menumbuhkan
Menangani
Mengirim
Memperbaiki
Menggabungkan
Memadukan
Membatasi
Menggabungkan
Mengajar
Membuat model
Mengimprovisasi
Membuat jaringan
Mengorganisasikan
Mensketsa
Mereparasi
Merencanakan
Menampilkan
Menyiapkan
Meresepkan
Memproduksi
Membuat program
Menata ulang
Merekonstruksi
Mencari referensi
Menggunakan referensi
Mereterensikan
Memperbaiki
Menuliskan kembali
Menspesifikasikan
Merangkum
Mengkomposisikan
Penilaian (C6)
Mempertimbangkan
Menilai
Membandingkan
Menyimpulkan
Mengkontraskan
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Mempertahankan
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Menilai
Memperjelas
Merangking
Menugaskan
Menafsirkan
Memberi pertimbangan
Membenarkan
Mengukur
Memproyeksi
Memerinci
Menggradasi
Merentangkan
Merekomendasikan
Melepaskan
Memilih
Merangkuin
Mendukung
Mengetes
Memvalidasi
Membuktikan kembali
RANAH PSIKOMOTOR (KETERAMPILAN)
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengkalibrasi
Mcngubah
Membersihkan
Menutup
Mengkombinasikan
Memposisikan
Menyambungkan
Mengkonstruksi
Mengoreksi
Mengkreasikan
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Mclatih
Mengericangkan
Memperbaiki
Mengikuti
Menggiling
Mcmcgang
Memalu
Memanaskan
Menggantung
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Melonggrakan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
Memmaku
Mengoperasikan
Menjalankan
Menekan
Memproduksi
Menarik
Mendorong
Memindahkan
Memperbaiki
Menggantikan
Memutar
Menggirim
Mengalihkan
Memecahkan masalah
Menempel
Memadankan
Menjeniskan
Menjahit
Mernpertajam
Membentuk
Mensketsa
Memulai
Menyetir
Menggunakan
Menimbang
Membungkus
Mengemas
Post a Comment for "Contoh Kata Kerja Operasional Ranah Kognitif Dan Ranah Psikomotor"