Pengertian Marketing/ Pemasaran Beserta Tugasnya

Pengertian Marketing/ Pemasaran – Penjualan sebuah produk atau jasa mustahil terhindar dari sistem marketing/ sales. Strategi marketing ini sudah dipraktikan bahkan semenjak jaman Yunani Kuno dan juga jaman Romawi Kuno. Sistem yang dipakai pada jaman ini mengharuskan seseorang yang sedang berdagang untuk sanggup secara aktif membuka pintu komunikasi persuasif kepada konsumennya. Demikian pula yang dilakukan hingga peradaban maju kini ini.


Pengertian, Konsep, Strategi dan Tugas Pemasaran / Marketing


Pengertian marketing telah disampaikan oleh beberapa ahli. Beberapa pakar dalam bidang marketing ini mengemukakan pendapat mereka masing-masing ihwal bagaimana sebetulnya arti mendalam mengenai bidang ini. Seperti Kotler yang memberikan bahwa pemasaran merupakan sebuah proses manajerial dan proses sosial dimana masing-masing pihak mendapat sesuatu yang diharapkan dan diinginkan dalam hal pertukaran produk yang bernilai.


 Penjualan sebuah produk atau jasa mustahil terhindar dari sistem marketing Pengertian Marketing/ Pemasaran Beserta Tugasnya


Hal lain juga disampaikan oleh Basu dan Hani bahwa pengertian pemasaran ialah seluruh acara perjuangan untuk merencanakan, memilih harga, acara promosi hingga hingga kepada proses pendistribusian barang atau jasa yang sanggup memuaskan kebutuhan kedua belah pihak. Sehingga kita sanggup menyimpulkan bawah sebetulnya marketing ialah sebuah sistem total yang di dalamnya dilakukan beberapa acara bisnis yang mempunyai kegunaan untuk sistem perencanaan, penentuan harga, promosi dan pendistribusian barang sehingga sanggup mempunyai kegunaan bagi konsumen ketika ini ataupun konsumen potensial.


Ada beberapa konsep pemasaran yang harus dimiliki oleh perusahaan yang ingin memperlihatkan sistem pemasaran yang elok bagi konsumennya. Pengertian dari konsep ini ialah sebagai cara atau falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemenuhan kebutuhan konsumen menjadi syarat ekonomi dan sosial dalam keberlangsungan hidup sebuah perusahaan.


Selanjutnya masuk kepada seni administrasi pemasaran. Strategi pemasaran ialah acara pengambilan keputusan ihwal beberapa hal menyerupai biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran yang masuk ke dalam kekerabatan dengan lingkungan serta kondisi persaingan. Terdapat tiga faktor utama yang menjadi penyebab utama dari perubahan seni administrasi dalam sistem pemasaran. Berikut ialah tiga faktor tersebut.


1. Daur Hidup Produk

Daur hidup produk yang dimaksud ialah tahap perkenalan, kedewasaan, pertumbuhan serta tahap kemunduran.


2. Posisi Persaingan di Pasar

Penyesuaian pemasaran dengan posisi perusahaan dalam persaingan juga sangat perlu diperhatikan. Perhatikan dahulu apakah posisi perusahaan memimpin pasar, menantang pasar, mengikuti pasar atau hanya menjadi serpihan kecil dari pasar.


3. Situasi Ekonomi

Sebelum merencanakan sebuah seni administrasi pemasaran sebaiknya harus melihat bagaimana situasi ekonomi ketika ini dan pandangan ekonomi ke depan. Perhatikan apakah ekonomi berada pada situasi yang makmur atau bahkan sedang mengalami inflasi tinggi.


Tugas marketing dalam merencanakan pemasaran juga sangat penting dalam keberlangsungan sistem penjualan di perusahaan. Berikut ini ada beberapa kiprah administrasi pemasaran yang harus dilakukan oleh seorang manajer perusahaan.


Tugas Marketing :



  1. Mempelajari dengan baik kebutuhan dan cita-cita dari konsumen

  2. Mengembangkan konsep produk

  3. Membuat desain produk atau pengemasan dan brand produk

  4. Menetapkan harga yang tepat

  5. Memeriksa penjualan

  6. Mengatur Distribusi

  7. Menciptakan komunikasi yang baik dengan memakai media yang tepat


Baca juga : Pengertian Supervisor


Selanjutnya di dalam sebuah pemasaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut dibedakan menjadi dua jenis yaitu dari sudut pandang penjual dan konsumen. Dari sudut pandang pelaku marketing ialah place (tempat), product (produk), price (harga), dan promotion (promosi). Sedangkan dari sudut pandang konsumen ialah customer needs and wants (kebutuhan dan keinginan), cost (biaya), convenience (kenyamanan), communication (komunikasi). Sekian gosip mengenai pengertian marketing / pengertian pemasaran dan kiprah tugas nya. Semoga bermanfaat!


Hasil Pencarian:

tugas pemasaran,apa itu marketing,apa itu marketing pemasaran,arti marketing,penjelasan dari serpihan bagian pemasaran

Post a Comment for "Pengertian Marketing/ Pemasaran Beserta Tugasnya"