Pengertian Variabel Penelitian, Macam Macam, Dan Contohnya

Variabel Penelitian – Seorang peneliti dalam melaksanakan penelitian harus mempertimbangkan banyak hal semoga mendapat hasil yang baik dalam menunjukan hipotesa yang ditawarkan dan mencari solusi atas kasus yang diteliti. Sebagai proses yang sistematis, dalam melaksanakan penelitian peneliti harus mengikuti sistem dan langkah-langkah kerja yang sudah ditentukan untuk mendapat fakta-fakta dari hasil kerja yang dilakukan.


Di dalam penelitian juga ada yang disebut sebagai variabel penelitian. Variabel dalam penelitian ini mempunyai tugas yang sangat penting untuk menentukan hasil penelitian yang dilakukan. Lalu apa gotong royong pengertian variabel ? dan apa saja macam macam variabel penelitian ? Berikut akan kami kupas tuntas ulasan lengkapnya.


Pengertian Variabel Menurut Para Ahli :


Pengertian variabel yaitu sebuah variasi mutu, kuantitas serta standar pada sebuah fenomena yang sanggup diukur. Untuk mengukur variabel ini juga sanggup dilakukan dengan aneka macam cara yang berbeda. Karena variabel yaitu fenomena yang sanggup berubah-ubah, maka segala sesuatu di dunia ini sanggup juga disebut sebagai variabel, namun tergantung dari kualitas dari variabel itu sendiri.


 Seorang peneliti dalam melaksanakan penelitian harus mempertimbangkan banyak hal semoga mendap Pengertian Variabel Penelitian, Macam Macam, dan ContohnyaPengertian Variabel Penelitian :


Variabel penelitian yaitu segala kondisi yang diobservasi dikontrol bahkan dimanipulasi oleh peneliti dikala melaksanakan penelitian, definisi ini berdasarkan salah satu pakar yakni Y.W Best. Lebih khusus, Direktorat Pendidikan Tinggi Depdikbud mendefinisikannya sebagai semua hal yang dijadikan objek dalam penelitian. Dengan begitu variabel yaitu komponen terpenting dalam melaksanakan sebuah penelitian.


Setelah mengetahui pengertian variabel penelitian, Anda juga perlu tahu bahwa variabel penelitian terdiri dari bermacam-macam jenis. Jenis variabel ini pun berbeda tergantung dari sifatnya. Salah satunya yaitu variabel yang diperoleh dari hubungannya dengan variabel lain. Jenis ini lalu dibagi lagi ke dalam dua jenis, yaitu variabel bebas dan variabel terikat.


Macam-macam Variabel dalam Penelitian 


Variabel bebas yaitu suatu variabel yang mempunyai imbas terhadap variabel lain, sanggup jadi juga mengakibatkan perubahan pada variabel lain. Perubahan pada variabel bebas ini juga akan mengakibatkan perubahan pada variabel lainnya. Sebagai sebuah komponen dalam penelitian, variabel yaitu hal yang mempunyai imbas paling penting dalam menentukan hasil penelitian. Karena itu, peneliti juga harus menentukan variable dengan tepat.


Jenis kedua dari variabel yang dibedakan berdasarkan pengaruhnya terhadap variabel lain yaitu variabel terikat. Berbeda dengan variabel sebelumnya, variabel ini yaitu hasil ataupun akhir yang terjadi alasannya adanya manipulasi pada variabel bebas. Variabel terikat ini timbul alasannya adanya imbas dari variabel bebas. Dengan begitu sanggup disimpulkan jikalau variabel bebas dan terikat mempunyai kekerabatan yang saling menghipnotis satu sama lain. Satu lagi variabel yang masuk dalam kategori ini yaitu variabel kontrol yang merupakan jenis variabel yang dibatasi semoga tidak menghipnotis hasil penelitian.


Contoh Variabel Penelitian


Beragamnya jenis-jenis penelitian yang dilakukan oleh setiap peneliti menciptakan banyaknya variabel penelitian yang dipakai juga bervariasi. Contoh variabel penelitian sanggup bermacam-macam tergantung pada jenis penelitian yang dilakukan. Contoh variabel yang dipakai dalam penelitian ini juga bergantung pada objek penelitian serta hasil yang ingin didapatkan dari proses penelitian yang dilakukan tersebut. Berbeda jenis penelitian, objek penelitian tentu membutuhkan variabel penelitian yang berbeda pula.


Sebelum melaksanakan penelitian dari kasus ataupun problem yang ingin diteliti untuk menemukan solusi dan mendapat fakta-fakta rasional dari problem atau kasus yang diteliti, setiap peneliti niscaya akan menciptakan rancangan penelitian terlebih dahulu.


Baca juga : Penelitian Kualitatif


Rancangan ini berisi ihwal langkah kerja yang akan dilakukan, objek penelitian serta variabel penelitian yang akan digunakan. Semua komponen ini harus dipikirkan dengan matang bahkan sebelum memulai proses penelitian. Tujuannya tentu saja semoga sanggup mendapat hasil penelitian yang diinginkan. Sekian warta mengenai pengertian variabel penelitian beserta jenis jenis variabel dan contohnya. Semoga bermanfaat!


Hasil Pencarian:

variabel,variabel penelitian,arti variabel penelitian,jenis jenis variabel,macam macam variabel dalam sebuah penelitian,contoh variabel bebas,pengertian variabel dalam penelitian,cara menentukan variabel pada suatu penelitian,variabel antara dalam penelitian adalah,variabel dalam

Post a Comment for "Pengertian Variabel Penelitian, Macam Macam, Dan Contohnya"