Penjelasan Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif + Contohnya

Metode Penelitian – Penelitian yaitu suatu proses yang dilakukan secara sistematis guna mencari kebenaran terhadap suatu fenomena ataupun sebuah fakta dalam perkara yang diinvestigasi. Dalam hal ini, beberapa penelitian juga dilakukan untuk menghubungkan adanya kenyataan empirik dengan teori yang sudah dikemukakan. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, metode penelitian yang dipakai pun beragam. Sebelum kita mengulas apa saja macam macam metode penelitian, ada baiknya kita kupas secara tuntas pengertian dari apa itu metode penelitian.


Pengertian Metode Penelitian :



  • Metode penelitian adalah Rangkaian cara terstruktur atau sistematis yang dipakai oleh para peneliti dengan tujuan mendapat balasan yang sempurna atas apa yang menjadi pertanyaan pada objek penelitian. Atau secara mudahnya arti metode penelitian yaitu upaya untuk mengetahui sesuatu dengan rangkaian sistematis.


Dua metode metode penelitian yang paling banyak dipakai oleh peneliti dalam menjalankan penelitiannya yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Kedua metode ini sering dipakai sebab keunggulan yang diberikan masing-masing.


Setiap penelitian yang dilakukan niscaya membutuhkan metode yang berbeda tergantung jenis penelitian yang dilakukan serta hasil yang diharapkan. Ada dua metode penelitian yang sanggup dipakai dalam melaksanakan penelitian, yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Kedua metode ini dipakai tergantung hasil yang diinginkan dan juga jenis penelitian yang dilakukan. Selain itu keduanya juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lantas apa saja perbedaan diantara keduanya?


 Penelitian yaitu suatu proses yang dilakukan secara sistematis guna mencari kebenaran te Penjelasan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif + Contohnya


Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif :



  • Penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang berfokus pada pemahaman terhadap fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Pada metode penelitian ini, peneliti memakai perspektif dari partisipan sebagai citra yang diutamakan dalam memperoleh hasil penelitian.

  • Penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang bersifat sistematis dan memakai model-model yang bersifat matematis. Teori-teori yang dipakai serta hipotesa yang diajukan juga biasanya berkaitan dengan fenomena alam. Berikut ini yaitu beberapa perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif.


Perbedaan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif


Hal pertama yang membedakan kedua jenis penelitian ini yaitu dari segi desain penelitiannya. Jika memakai metode penelitian kualitatif, maka desain yang dipakai lebih bersifat umum dan fleksibel. Sedangkan pada penelitian kuantitatif, desain penelitian yang dipakai lebih terang sebab lebih terperinci dan spesifik. Desainnya juga sudah ditentukan semenjak awal, tidak menyerupai pada metode kualitatif yang lebih fleksibel.


Dari desain penelitian ini lalu sanggup ditentukan teknik penelitian serta instrumen yang digunakan. Pada metode kualitatif, teknik penelitian yang dipakai yaitu berupa observasi, eksperimen atau juga dengan wawancara terbuka. Berbeda dengan mode kuantitatif yang melaksanakan penelitian dengan tes, pengujian dan juga wawancara terstruktur.


Perbedaan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif juga sanggup dilihat dari data hasil penelitian yang didapatkan. Jika metode kualitatif, maka data yang didapatkan berupa deskripsi pendapat dari responden ataupun hasil catatan lapangan. Sedangkan pada metode kuantitatif data yang didapatkan berupa angka, skala maupun grafik yang sanggup dihitung. Berdasarkan perbedaan dari kedua metode penelitian ini sanggup diambil pola sederhana dari keduanya. Baik pola penelitian kuantitatif maupun kuantitatif sekarang sanggup Anda temukan dengan mudah.


Contoh Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif


Salah satu pola penelitian kualitatif contohnya ‘Metode Belajar Bahasa Inggris yang Efektif untuk Siswa Sekolah Dasar’. Dalam penelitian ini, peneliti memakai lingkungan sekolah dasar sebagai sumber data utama. Teknik pengamatan yang dipakai juga berupa observasi terhadap metode pengajaran yang dipakai pada sebuah sekolah tertentu guna memilih metode berguru Bahasa Inggris yang efektif untuk diterapkan pada siswa sekolah dasar.


Sedangkan pola penelitian yang memakai metode penelitian kuantitatif contohnya yaitu ‘Pengaruh Metode Pembelajaran yang Digunakan dalam Menentukan Hasil Belajar pada Siswa’. Pada pola penelitian ini, desain penelitian sudah ditentukan semenjak awal secara jelas, yakni menghubungkan antara efek media berguru yang dipakai dengan hasil berguru yang diraih.


Baca juga : Stakeholder Adalah


Berdasarkan penjelasan, perbedaan serta pola dari kedua metode penelitian kualitatif dan kuantitatif di atas, sekarang Anda sanggup memahami dan membedakan keduanya. Baik penelitian kualitatif maupun kuantitatif masing-masing mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tergantung jenis penelitian yang Anda gunakan dan hasil yang ingin dicapai.


Hasil Pencarian:

metode penelitian,penelitian kuantitatif,metode penelitian kuantitatif,metode penelitian adalah,metode kualitatif,metode,metode kuntitatif,metode peneliti kualitatif com,perbedaan metide penelitian kualitatif dan kuantitatif,contoh penelitian kualitatif kuantitatif

Post a Comment for "Penjelasan Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif + Contohnya"