40 Instrumen Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Aspek (leader)Kepemimpinan Lengkap
Dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan perlu dilakukan berbagai upaya pembinaan dan optimalisasi peran komponen-komponen utama dalam dunia pendidikan diataranya Kepala Sekolah, guru , peserta didik , sarana prasarana , lingkungan. Keberhasilan penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah merupakan cerminan dari pelaksanaan pembinaan atas kinerja kepala sekolah yang dilakukan secara terus menerus. Maka sangat perlu untuk dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) sebagai manager dan kunci utama kemajuan suatu lembaga pendidikan sesuai diatur dalam peraturan mendiknas nomor 13 tahun 2007 .
Kepala sekolah merupakan komponen yang sangat urgensial dan strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan , statemen ini tidak berlebihan kiranya , karena kepala sekolah merupakan kunci utama yang mendapatkan tanggung jawab dalam pengelaolaan sekolah secara menyeluruh demi terciptanya Mutu Pendidikan dan majunya satu lembaga pendidikan.
Masa jabatan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah , diharapkan dapat memacu dan memotivasi kerja kepala sekolah , sehingga kinerja kepala sekolah menjadi optimal.
(LEADER) KEPEMIMPINAN
Kriteria
8. Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah.
Bukti Fisik
1. Mampu menyusun program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
1.1 program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah.
RKJM Download contoh program sekolah sesuai visi, misi
RKS Download contoh program sekolah sesuai visi misi
2. Mampu menerapkan program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
2.1 Laporan pelaksanaan program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
Download contoh laporan pelaksanaan program sekolah
3. Mampu mengambil keputusan dan berani menghadapi tantangan/resiko untuk tercapainya visi dan misi sekolah
3.1 Notula rapat pengambilan keputusan dan bukti berani menghadapi tantangan/resiko untuk tercapainya visi dan misi sekolah
4. Mampu mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
4.1 Evaluasi Keterlaksanaan program sesuai dengan visi dan misi sekolah
Kriteria
9. Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi.
Mampu merumuskan tujuan sekolah; yang sesuai prinsip SMART
Bukti Fisik
1.Specific
2.Measurable
3.Achievable
4.Realistic
5.Time bound
1. Specific (tujuan yang fokus pada pencapaian standar)
2. Measurable (dapat diukur)
3. Achievable (dapat dicapai)
4. Realistic (berbasis kondisi nyata)
5. Time bound (target waktu yang jelas)
Dokumen program sekolah yang memuat 5 prinsip berikut :
Kriteria
10 Mengembangkan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization).
1. Mampu merencanakan program pengembangan SDM
Download contoh program pengembangan SDM
2. Mampu melaksanakan program pengembangan SDM melalui berbagai cara :
a) pelatihan
b) seminar
c) MGMP/MGP/KKG
d) MKKS/KKKS/MKTAS
e) studi lanjut
3. Mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah/Penelitian Tindakan Kelas
3.1 Dokumen Penelitian Tindaka Sekolah/Penelitian Tindakan Kelas
4. Mampu menciptakan suasana sekolah yang mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus belajar 1. program pengembangan SDM
4.1 program penciptaan suasana sekolah yang mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus belajar
- Pemberian reward (penghargaan pada warga sekolah)
- Adanya tata tertib dan peraturan sekolah
Download contoh tata tertib Download contoh peraturan sekolah
5. Adanya dokumen pemberian reward terhadap warga sekolah yang terus menerus belajar
5.1 Pemberian penghargaan pada guru, siswa berprestasi
Download SK pemberian penghargaan dan Sanksi
Kriteria
11 Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran.
1. Mampu membuat program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
1.1 program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
Download contoh program berkaitan dengan budaya dan iklim
Download contoh program pembiasaan penciptaan iklim sekolah
2. Mampu melaksanakan program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
2.1 laporan pelaksanaan program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
3. Mampu mengevaluasi program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
3.1 evaluasi program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
4. Mampu melaksanakan program tindak lanjut berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
4.1 program tindak lanjut berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
Kriteria
12. Memegang teguh tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran.
1. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan prestasi akademik dan non akademik siswa (contoh: peningkatan KKM, pengembangan extrakurikuler)
1.1 Adanya dokumen KKM dan program ekskul
Download contoh program ekstrakurikuler
2. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru (contoh: workshop pendidikan karakter)
2.2 Adanya dokumen program peningkatan kompetensi guru
Download contoh program peningkatan kompetensi guru
3. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (contoh: bintek efektifitas dan efisiensi kerja )
3.1 Sosialisasi PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia
4. Mampu menjadi contoh pemimpin pembelajaran (contoh: memodelkan pembelajaran PAIKEM, beradaptasi dengan perubahan baru dalam pembelajaran misalnya pendidikan kewirausahaan )
4.1 Adanya pembagian tugas mengajar dan jadwal pembelajaran
Kriteria
13. Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif.
1. Mampu menerapkan kepemimpinan yang dapat memotivasi warga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah (contoh: memberi apresiasi terhadap prestasi yang dicapai warga sekolah)
1.1 Adanya reward terhadap warga sekolah yang berprestasi.
2. Mampu menerapkan kepemimpinan yang kreatif (contoh: mendorong munculnya ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian
2.1 Adanya program pelestarian lingkungan dan jumat bersih
Download contoh program Jumat bersih
3. Mampu menerapkan kepemimpinan yang inovatif (contoh: memfasilitasi implementasi ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan)
3.1 Adanya tempat sampah disetiap kelas dan TPS/TPA
4. Mampu menjadi inspirasi warga sekolah berkaitan keteladanan penerapan nilai-nilai karakter (contoh; jujur, disiplin)
4.1 Adanya keteladanan dari kepala sekolah (berpakaian rapih,hadir tepat waktu)
Kriteria
14 Membangun rasa saling percaya dan memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah/madrasah.
Bukti Fisik
1. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik.
1.1 Adanya dokumen rapat yang komunikatif dan efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik.
2. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara warga sekolah.
2.1 Adanya dokumen rapat yang komunikatif dan efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara warga sekolah.
3. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk memfasilitasi kerja sama yang baik
3.1 Adanya dokumen rapat yang komunikatif dan efektif untuk memfasilitasi kerja sama yang baik
4. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah
4.1 Adanya dokumen rapat yang komunikatif dan efektif untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah
Kriteria
15 Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/ madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
Bukti Fisik
1. Mampu menunjukkan kesungguhan dalam membuat program yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar (contoh : pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan , program remedial teaching)
1.1 program sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar (contoh: pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan, program remedial teaching)
2. Mampu menunjukkan kesungguhan dalam melaksanakan program yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
2.1 pelaksanaan program sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
3. Mampu menunjukkan kesungguhan dalam mengevaluasi program yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
3.1 evaluasi program sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
4. Mampu menunjukkan kesungguhan dalam membuat program tindak lanjut yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
4.1 program tindak lanjut sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
Kriteria
16 Mengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah
Bukti Fisik
1. Mampu menyusun program kurikulum dokumen1 (memuat mata pelajaran, muatan lokal, pengembangan diri, pengaturan beban belajar, ketuntasan belajar, kenaikan kelas, kelulusan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global), dokumen 2 ( silabus dan RPP) yang melibatkan stakeholder sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah.
1.1 Adanya undangan rapat,daftar hadir, notulen rapat dan dokumen KTSP yang sudah disyahkan oleh yang berwewenang
2. Mampu melaksanakan program kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP. 2.1 Adanya dokumen administrasi pembelajaran.
3. Mampu melakukan evaluasi program kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP.
3.1 Adanya dokumen hasil supervise guru oleh kepala sekolah.
4. Mampu melakukan program tindak lanjut untuk pengembangan kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP.
4.1 Adanya Rencana tindak lanjut hasil supervise kepala sekolah.
Download Contoh Program Tindak Lanjut supervisi
Kriteria
17 Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal.
Bukti Fisik
1. Mampu membuat program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal (contoh : program pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS, program extrakurikuler)
1.1 Adanya program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal (contoh: program pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS, program extrakurikuler)
Download contoh program ekstrakurikuler
2. Maksanakan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.
2.1 Adanya laporan pelaksanaan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.
3. Mampu melakukan evaluasi program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
3.1 Adanya hasil evaluasi program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
4. Mampu membuat program pengembangan tindak lanjut yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
4.1 Adanya rencana tindak lanjut yang berkaitan dengan pengembangan peserta didik baik akademik maupun non akademik Sumber https://www.anekapendidikan.com/
Dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan perlu dilakukan berbagai upaya pembinaan dan optimalisasi peran komponen-komponen utama dalam dunia pendidikan diataranya Kepala Sekolah, guru , peserta didik , sarana prasarana , lingkungan. Keberhasilan penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah merupakan cerminan dari pelaksanaan pembinaan atas kinerja kepala sekolah yang dilakukan secara terus menerus. Maka sangat perlu untuk dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) sebagai manager dan kunci utama kemajuan suatu lembaga pendidikan sesuai diatur dalam peraturan mendiknas nomor 13 tahun 2007 .
Kepala sekolah merupakan komponen yang sangat urgensial dan strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan , statemen ini tidak berlebihan kiranya , karena kepala sekolah merupakan kunci utama yang mendapatkan tanggung jawab dalam pengelaolaan sekolah secara menyeluruh demi terciptanya Mutu Pendidikan dan majunya satu lembaga pendidikan.
Masa jabatan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah , diharapkan dapat memacu dan memotivasi kerja kepala sekolah , sehingga kinerja kepala sekolah menjadi optimal.
(LEADER) KEPEMIMPINAN
Kriteria
8. Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah.
Bukti Fisik
1. Mampu menyusun program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
1.1 program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah.
RKJM Download contoh program sekolah sesuai visi, misi
RKS Download contoh program sekolah sesuai visi misi
2. Mampu menerapkan program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
2.1 Laporan pelaksanaan program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
Download contoh laporan pelaksanaan program sekolah
3. Mampu mengambil keputusan dan berani menghadapi tantangan/resiko untuk tercapainya visi dan misi sekolah
3.1 Notula rapat pengambilan keputusan dan bukti berani menghadapi tantangan/resiko untuk tercapainya visi dan misi sekolah
4. Mampu mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
4.1 Evaluasi Keterlaksanaan program sesuai dengan visi dan misi sekolah
Kriteria
9. Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi.
Mampu merumuskan tujuan sekolah; yang sesuai prinsip SMART
Bukti Fisik
1.Specific
2.Measurable
3.Achievable
4.Realistic
5.Time bound
1. Specific (tujuan yang fokus pada pencapaian standar)
2. Measurable (dapat diukur)
3. Achievable (dapat dicapai)
4. Realistic (berbasis kondisi nyata)
5. Time bound (target waktu yang jelas)
Dokumen program sekolah yang memuat 5 prinsip berikut :
Kriteria
10 Mengembangkan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization).
1. Mampu merencanakan program pengembangan SDM
Download contoh program pengembangan SDM
2. Mampu melaksanakan program pengembangan SDM melalui berbagai cara :
a) pelatihan
b) seminar
c) MGMP/MGP/KKG
d) MKKS/KKKS/MKTAS
e) studi lanjut
3. Mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah/Penelitian Tindakan Kelas
3.1 Dokumen Penelitian Tindaka Sekolah/Penelitian Tindakan Kelas
4. Mampu menciptakan suasana sekolah yang mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus belajar 1. program pengembangan SDM
4.1 program penciptaan suasana sekolah yang mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus belajar
- Pemberian reward (penghargaan pada warga sekolah)
- Adanya tata tertib dan peraturan sekolah
Download contoh tata tertib Download contoh peraturan sekolah
5. Adanya dokumen pemberian reward terhadap warga sekolah yang terus menerus belajar
5.1 Pemberian penghargaan pada guru, siswa berprestasi
Download SK pemberian penghargaan dan Sanksi
Kriteria
11 Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran.
1. Mampu membuat program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
1.1 program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
Download contoh program berkaitan dengan budaya dan iklim
Download contoh program pembiasaan penciptaan iklim sekolah
2. Mampu melaksanakan program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
2.1 laporan pelaksanaan program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
3. Mampu mengevaluasi program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
3.1 evaluasi program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
4. Mampu melaksanakan program tindak lanjut berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
4.1 program tindak lanjut berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
Kriteria
12. Memegang teguh tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran.
1. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan prestasi akademik dan non akademik siswa (contoh: peningkatan KKM, pengembangan extrakurikuler)
1.1 Adanya dokumen KKM dan program ekskul
Download contoh program ekstrakurikuler
2. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru (contoh: workshop pendidikan karakter)
2.2 Adanya dokumen program peningkatan kompetensi guru
Download contoh program peningkatan kompetensi guru
3. Mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (contoh: bintek efektifitas dan efisiensi kerja )
3.1 Sosialisasi PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia
4. Mampu menjadi contoh pemimpin pembelajaran (contoh: memodelkan pembelajaran PAIKEM, beradaptasi dengan perubahan baru dalam pembelajaran misalnya pendidikan kewirausahaan )
4.1 Adanya pembagian tugas mengajar dan jadwal pembelajaran
Kriteria
13. Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif.
1. Mampu menerapkan kepemimpinan yang dapat memotivasi warga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah (contoh: memberi apresiasi terhadap prestasi yang dicapai warga sekolah)
1.1 Adanya reward terhadap warga sekolah yang berprestasi.
2. Mampu menerapkan kepemimpinan yang kreatif (contoh: mendorong munculnya ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian
2.1 Adanya program pelestarian lingkungan dan jumat bersih
Download contoh program Jumat bersih
3. Mampu menerapkan kepemimpinan yang inovatif (contoh: memfasilitasi implementasi ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan)
3.1 Adanya tempat sampah disetiap kelas dan TPS/TPA
4. Mampu menjadi inspirasi warga sekolah berkaitan keteladanan penerapan nilai-nilai karakter (contoh; jujur, disiplin)
4.1 Adanya keteladanan dari kepala sekolah (berpakaian rapih,hadir tepat waktu)
Kriteria
14 Membangun rasa saling percaya dan memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah/madrasah.
Bukti Fisik
1. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik.
1.1 Adanya dokumen rapat yang komunikatif dan efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik.
2. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara warga sekolah.
2.1 Adanya dokumen rapat yang komunikatif dan efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara warga sekolah.
3. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk memfasilitasi kerja sama yang baik
3.1 Adanya dokumen rapat yang komunikatif dan efektif untuk memfasilitasi kerja sama yang baik
4. Mampu berkomunikasi dengan baik dan bertindak secara efektif untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah
4.1 Adanya dokumen rapat yang komunikatif dan efektif untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah
Kriteria
15 Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/ madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
Bukti Fisik
1. Mampu menunjukkan kesungguhan dalam membuat program yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar (contoh : pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan , program remedial teaching)
1.1 program sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar (contoh: pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan, program remedial teaching)
2. Mampu menunjukkan kesungguhan dalam melaksanakan program yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
2.1 pelaksanaan program sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
3. Mampu menunjukkan kesungguhan dalam mengevaluasi program yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
3.1 evaluasi program sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
4. Mampu menunjukkan kesungguhan dalam membuat program tindak lanjut yang melibatkan semua warga sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
4.1 program tindak lanjut sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar
Kriteria
16 Mengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah
Bukti Fisik
1. Mampu menyusun program kurikulum dokumen1 (memuat mata pelajaran, muatan lokal, pengembangan diri, pengaturan beban belajar, ketuntasan belajar, kenaikan kelas, kelulusan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global), dokumen 2 ( silabus dan RPP) yang melibatkan stakeholder sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah.
1.1 Adanya undangan rapat,daftar hadir, notulen rapat dan dokumen KTSP yang sudah disyahkan oleh yang berwewenang
2. Mampu melaksanakan program kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP. 2.1 Adanya dokumen administrasi pembelajaran.
3. Mampu melakukan evaluasi program kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP.
3.1 Adanya dokumen hasil supervise guru oleh kepala sekolah.
4. Mampu melakukan program tindak lanjut untuk pengembangan kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP.
4.1 Adanya Rencana tindak lanjut hasil supervise kepala sekolah.
Download Contoh Program Tindak Lanjut supervisi
Kriteria
17 Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal.
Bukti Fisik
1. Mampu membuat program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal (contoh : program pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS, program extrakurikuler)
1.1 Adanya program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal (contoh: program pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS, program extrakurikuler)
Download contoh program ekstrakurikuler
2. Maksanakan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.
2.1 Adanya laporan pelaksanaan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.
3. Mampu melakukan evaluasi program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
3.1 Adanya hasil evaluasi program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
4. Mampu membuat program pengembangan tindak lanjut yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik
4.1 Adanya rencana tindak lanjut yang berkaitan dengan pengembangan peserta didik baik akademik maupun non akademik Sumber https://www.anekapendidikan.com/
Post a Comment for "40 Instrumen Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Aspek (leader)Kepemimpinan Lengkap"