40 Instrumen Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Aspek Pengembangan Dan Managemen Sumber Daya
Dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan perlu dilakukan berbagai upaya pembinaan dan optimalisasi peran komponen-komponen utama dalam dunia pendidikan diataranya Kepala Sekolah, guru , peserta didik , sarana prasarana , lingkungan. Keberhasilan penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah merupakan cerminan dari pelaksanaan pembinaan atas kinerja kepala sekolah yang dilakukan secara terus menerus. Maka sangat perlu untuk dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) sebagai manager dan kunci utama kemajuan suatu lembaga pendidikan sesuai diatur dalam peraturan mendiknas nomor 13 tahun 2007 .
Kepala sekolah merupakan komponen yang sangat urgensial dan strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan , statemen ini tidak berlebihan kiranya , karena kepala sekolah merupakan kunci utama yang mendapatkan tanggung jawab dalam pengelaolaan sekolah secara menyeluruh demi terciptanya Mutu Pendidikan dan majunya satu lembaga pendidikan.
Masa jabatan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah , diharapkan dapat memacu dan memotivasi kerja kepala sekolah , sehingga kinerja kepala sekolah menjadi optimal.
PENGEMBANGAN SEKOLAH
Kriteria
18. Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah.
1. Mampu melibatkan semua unsur di sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/ Rencana Kerja Sekolah(RKS), dalam rangka mencapai visi,misi dan tujuan sekolah (contoh: membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS)).
Bukti Fisik
1.1. SK.Kepala Sekolah tentang Tim Pengembang Sekolah
1.2. Program kerja TPS
1.3. Rencana Pengembangan sekolah(Jangka Panjang dan menengah) Download contoh RKJM
1.4. Rencana Kerja Sekolah (RKS)/Jangka pendek Download contoh RKS
1.5. Rencana Anggaran Kerja Sekolah (RKAS)
1.6. Surat Undangan Rapat
1.7. Notulen Rapat RKS RKAS
2. Mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan rencana pengembangan sekolah.
2.1. Strategic Planning dan Analisis SWOT
3. Mampu mengidentifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan untuk mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah.
3.1 Program Analisis SWOT
4. Mampu memimpin penyusunan rencana pengembangan sekolah dan membekali semua unsur di sekolah dalam pembuatan rencana pengembangan sekolah (contoh: pelatihan TPS dan pembuatan EDS).
4.1. Undangan rapat
4.2. Daftar hadir
4.3. Notulen rapat penyusunan EDS
4.4. Program EDS
Kriteria
19. Mengembangkan struktur organisasi sekolah/madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.
1. Mampu menyusun struktur organisasi yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah.
1.1. Struktur organisasi sekolah Download Contoh Struktur Organisasi
2. Mampu menyusun deskripsi tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.
2.1. Job Description dari struktur organisasi
Deskripsi Tugas Dalam Organisasi Sekolah
Tugas Pokok (Tupoksi) Kepala Sekolah
Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap seluruh kegiatan sekolah, di sini kepala sekolah juga berperan sebagai Manager, Edukator, Leader Motivator dan juga Inovator. baik dari dalam maupun di luar, yaitu :
1. Kepala Sekolah
Kepala Sekolah berfungsi sebagai Educator, Pimpinan, Administrator dan Supervisor.
a. Kepala Sekolah selaku Educator mempunyai tugas untuk melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dan efisien.
b. Kepala Sekolah selaku Pimpinan mempunyai tugas :
1) Menyusun perencanaan
2) Mengordinasikan kegiatan
3) Mengarahkan kegiatan
4) Mengkoordinasikan kegiatan
5) Melaksanakan pengawasan
6) Melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan
7) Menentukan kebijakan
8) Mengadakan rapat
9) Mengambil keputusan
10) Mengatur proses belajar mengajar
11) Mengatur administrasi :
a) Kantor
b) Siswa
c) Pegawai
d) Perlengkapan
e) Keuangan / RAPBS
12) Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah
13) Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat
c. Kepala Sekolah selaku Administrator mempunyai tugas :
1) Perencana
2) Pengorganisasian
3) Pengarahan
4) Pengkoordinasian
5) Pengawasan
6) Kurikulum
7) Kesiswaan
8) Kantor
9) Kepegawaian
10) Keuangan
11) Perpustakaan
12) Laboratorium
13) Ruang ketrampilan / kesenian
d. Kepala Sekolah selaku Supervisor mempunyai tugas :
1) Kegiatan belajar mengajar
2) Kegiatan bimbingan dan penyuluhan / bimbingan karir
3) Kegiatan ekstrakurikuler
4) Kegiatan ketatausahaan
5) Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha
Wakil Kepala Sekolah
Tugas Pokok Wakil Kepala Sekolah
1. Wakil Kepala Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam segala kegiatan di sekolah
2. Menyusun rencana, pembuatan program kegiatan dan program pelaksanaan
3. Pengorganisasian
4. Ketenagakerjaan
5. Pengkoordinasian
6. Pengawasan
7. Pengidentifikasi dan pengumpulan data
Tugas Pokok Seksi Kurikulum
Guru yang bertugas dalam bidang Kurikulum bertanggung jawab atas semua kegiatan belajar mengajar. Seperti:
a. Menyusun program pengajaran
b. Menyusun pembagian tugas
c. Menyusun pelajaran
d. Menyusun jadwal evaluasi belajar
e. Menyusun pelaksanaan US / UN
f. Menerapkan criteria persyaratan naik kelas/ tidak naik kelas
g. Menerapkan jadwal penerimaan buku laporan pendidikan ( Rapor ) dan penerimaan ijazah.
h. Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan satuan pelajaran
i. Menyediakan buku kemajuan kelas
j. Menyusun laporan pelaksanaan pelajaran
k. Pembuatan karya tulis
l. Pengelolaan Laboratorium
m. Koordinasi Wali Kelas
n. Menyusun kegiatan ekstrakulikuler
o. Menyusun instrumen untuk kegiatan belajar mengajar
Tugas Pokok Seksi Kesiswaan
Guru yang bertugas dalam bidang Kesiswaan membidangi semua urusan kesiswaan, bertanggung jawab atas semua kegiatan belajar mengajar, antara lain :
a. Menyusun program pembinaan kesiswaan / OSIS
b. Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa / OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tertib sekolah
c. Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan dan kekeluargaan ( 6 K )
d. Memberikan pengarahan dalam pemilihan pengurus OSIS
e. Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
f. Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil
g. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima beasiswa
h. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
i. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
j. Mengatur mutasi siswa
k. Penerimaan Peserta Didik ( PPD )
l. Masa Orientasi Siswa ( MOS )
m. Studi banding
n. Mengurusi Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
o. Mengadakan koordinasi dengan Bimbingan Konseling ( BK )
p. Pembagian Kelas
q. Penginventarisasian absensi dan pelanggaran – pelanggaran.
r. Pembina sekaligus pelaksana kegiatan 5-K.
Tugas Pokok Seksi Saran dan Prasarana
Bidang Sarana membidangi sarana dan prasarana, juga bertanggung jawab atas semua kegiatan belajar mengajar yang antara lain sebagai berikut:
Inventarisasi barang, terdiri atas :
a. Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana
b. Mengadministrasikan pendayagunaan sarana prasarana
- Mencatat semua alat / barang yang masuk.
- Mencatat alat laboratorium yang telah masuk.
- Mencatat alat peraga olahraga.
- Pengadaan sarana dan prasarana olahraga.
- Penyusunan aturan anggaran sekolah.
c. Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran
d. Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkala
e. Inventarisasi barang
f. Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran :
1) Pengkoordinasian penilaian kelas ( 7 K )
2) Pengkoordinasian kebersihan dan keindahan sekolah
g. Pengadaan barang, buku, bahan dan lat pelajaran dan perpustakaan
h. Urusan Administrasi perlengkapan/ penertiban inventaris barang :
1) Kantor
2) Olahraga dan kesehatan
3) Ketrampilan IPA, Bahasa dan Komputer
4) Alat-lat pelajaran lain
Tugas Pokok Seksi Hubungan Masyarakat (Humas)
Bagian Humas membidangi hubungan masyarakat, juga bertanggung jawab atas semua kegiatan belajar mengajar antara lain sebagai berikut :
a. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua/ wali siswa
b. Membina hubungan antara sekolah dengan POMG / BP3
c. Menyusun laporan pelaksanaan hubungan dengan masuyarakat secara berkala
d. Membina hubungan dengan komite sekolah
e. Mengikuti kegiatan hari Besar nasional / Keagamaan
f. Mengikuti lomba-lomba
g. Membantu pelaksanaan tugas BP3
Tugas Pokok Guru Kelas Dan Guru Mata Pelajaran
a. Membuat program pengajaran/ rencana kegiatan belajar mengajar persemester tahunan
b. Membuat RPP ( persiapan mengajar )
c. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar
d. Melaksanakan kegiatan penilaian belajar semester / tahunan
e. Mengisi daftar nilai siswa
f. Melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar
g. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengajaran
h. Melaksanakan kegiatan membimbing dalam kegiatan proses belajar mengajar
i. Membuat alat pelajaran / alat program
j. Membuat alat pelajaran / alat peraga
k. Menciptakan karya seni
l. Menikuti kegiatan pengembangan kurikulum
m. Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
n. Mengadakan pengembangan setiap bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabya
o. Membuat Lembar Kerja Siswa ( LKS )
p. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa
q. Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum
r. Menumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya.
Tugas Pokok Wali Kelas
a. Pengelolaan kelas
b. Penyelenggaraan administrasi kelas yang meliputi :
1) Denah tempat duduk siswa
2) Papan absensi siswa
3) Daftar piket kelas
4) Nuku absensi siswa
5) Buku kegiatan belajar mengajar
6) Tata tertib kelas
c. Penyusunan / pembuatan statistic bulanan siswa
d. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa ( legger )
e. Pembuatan catatan khusus tentang siswa
f. Pencatatan mutasi siswa
g. Pengisian buku laporan siswa
h. Pembagian buku laporan pendidikan ( rapor )
i. Memahami dan melaksanakan 12 langkah wali kelas
Dua belas ( 12 ) kunci sukses wali kelas :
1) Mengetahui tugas pokoknya yaitu :
a) Mewakili orang tua dan Kepala Sekolah dalam lingkungan kelasnya
b) Membina kepribadian dan budi pekerti
c) Membantu perkembangan kecerdasan
d) Membantu pengembangan ketrampilan
2) Mengetahui jumlah anak didik
3) Mengetahui nama-nama anak didik
4) Mengetahui identitas anak didik, antara lain dengan cara memanggil seorang demi seorang anak didiknya untuk menyelesaikan
5) Mengetahui kehadiran setiap hari dikelas
6) Mengetahui masalah-masalah anak didik ( pelajaran, ekonomi, sosial dll )
7) Mengetahui penilaian : kelakuan dan kerajinan
8) Mengambil tindakan – tindakan untuk mengatasi masalah
9) Memperhatikan buku rapor, kenaikan kelas dan tamatan/ kelulusan
10) Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan
11) Membina suasana kekeluargaan
12) Melaporkan kepada Kepala Sekolah
Tugas Pokok Seksi Bimbingan dan Konseling
a. Penyusunan program dan pelaksanaan Bimbingan Konseling
b. Koordinasi dengan Wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar
c. Memberikan layanan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
d. Memberikan saran dan pertimbangan karir kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai.
e. Mengadakan penilaian pelaksanaan Bimbingan Konseling
f. Menyusun statistic hasil penilaian Bimbingan Konseling
g. Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar praktik atau pelaksanaan Bimbingan Konseling
h. Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut Bimbingan Konseling
i. Menyusun laporan pelaksanaan Bimbingan Konseling
Tugas Pokok Tenaga Pustakawan
a. Perencanaan pengadaan buku/ bahan perpustakaan
b. Membuat jadwal kunjungan
b. Pengurusan pelayanan perpustakaan
c. Perencanaan pengembangan perpustakaan
d. pemeliharaan dan perbaikan buku perpustakaan
e. Inventarisasi dan mengadministrasi buku-buku/ bahan / alat perpustakaan
f. Menyimpan buku-buku perpustakaan
g. Menyusun tata tertib perpustakaan
h. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala
i. Melakukan pelayanan bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat
j. Penyimpanan buku perpustakaan / media elektronika
Tugas Pokok Tenaga Laboratorium
a. Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
b. Menyusun jadwal kunjungan
b. Penyusunan tata tertib dan jadwal penggunaan laboratorium
c. Penyusunan program tugas-tugas laboran/ petugas laboratorium
d. Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
e. Pemeliharaan dan perbaikan alat-alat laboratorium
f. Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat laboratorium
g. Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium secara berkala
h. Bertanggung jawab atas kelancaran kegiatan laboratorium IPA
i. Mengusulkan kepada kepala sekolah tentang pengadaan alat/bahan laboratorium
j. Bertanggung jawab tentang kebersihan, penyimpanan, perawatan, dan
k. Mengkoordinasikan guru mata pelajaran (fisika, kimia, biologi)
Tugas Pokok Tenaga Tata Usaha Dan Administrasi
a. Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
b. Pengelolaan Keuangan sekolah
c. Pengurusan administrasi pegawai, guru dan siswa
d. Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
e. Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah
f. Penyusunan dan penyajian data/ statistic sekolah
g. Mengkoordinasikan dan melaksanakan 9K
h. Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala
3. Mampu membuat pendelegasian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.
3.1. SK Kepala sekolah tentang penugasan guru dan TU
4. Mampu mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah.
4.1.Hasil evaluasi kinerja dari setiap SK Penugasan
Kriteria
20 Melaksanakan pengembangan sekolah/madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah.
1. Mampu menyususn Program Rencana Kerja Sekolah (RKS/RPS) yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah.
1.1. Dokumen hasil pelaksanaan kegiatan dari penugasan kepala sekolah
2. Mampu melaksanaan program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .
2.1. Dokumen hasil pelaksanaan RKS
3. Mampu mengevaluasi program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .
3.1. Dokumen hasil Monev RKS Download Contoh Program Monev
4. Mampu melaksanakan program tindak lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS).
4.1. Program Tindak Lanjut RKS
Kriteria
21` Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standar nasional pendidikan.
1. Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajeria (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang sarana prasarana, pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan serta pembiayaan).
1.1. Dokumen hasil peningkatan prestasi Akademik dan Non Akademik
Bulti fisiknya Buku kegiatan pembimbingan lomba akademik dan Non Akademik
2. Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang standar isi, SKL, standar proses, standar penilaian).
2.1 Dokumen hasil prestasi Guru,Siswa
Bukti Fisik Dokumen Piagam Siswa dan Guru
3. Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial.
3.1 Program sekolah yang menunjukan pengembangan inovasi bidang manajerial
4. Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik.
4.1 Program sekolah yang menunjukan pengembangan inovasi bidang akademik
4.2 Adanya hasil karya inovatif (media pembelajaran, alat peraga)
Kriteria
22 Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat.
1. Mampu melakukan monitoring pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram (contoh: ada program monitoring yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab).
1.1. Program monitoring,evaluasi,pelaporan
Download Contoh Program Monev
2. Mampu melakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram (contoh: ada program evaluasi yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab).
2.1. Dokumen pelaksanaan evaluasi
3. Mampu membuat pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah.
3.1. Dokumen pelaporan pelaksanaan
4. Mampu membuat sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan dengan prosedur yang tepat (contoh: menggunakan Paket Administrasi Sekolah )
4.1. Dokumen sistem monitoring,evaluasi dan pelaporan
Kriteria
23 Merencanakan dan menindaklanjuti hasiil monitoring, evaluasi, dan pelaporan.
1. Mampu membuat program tindak lanjut monitoring,evaluasi dan pelaporan (contoh: program tindak lanjut sesuai dengan hasil monitoring, evaluasi, pelaporan).
1.1. Rencana tindak lanjut
2. Mampu melaksanakan program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.
2.1. Dokumen pelaksanaan program tindak lanjut
3. Mampu mengevaluasi pelaksanaan program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.
3.1. Dokumen evaluasi pelaksanaan tindak lanjut
4. Mampu membuat sistem pelaksanaan program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan (contoh: siklus penerapan paket administrasi sekolah).
4.1. Dokumen sistem program tindak lanjut monev
Kriteria
24 Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah/madrasah.
1. Mampu membuat program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah (contoh: program mendatangkan narasumber dalam membimbing workshop pembuatan PTS maupun PTK untuk kepala sekolah dan guru, mempunyai program berkelanjutan PTS/PTK melalui MGMP sekolah).
1.1. Program kerja PTS dan PTK
2. Mampu melaksanakan penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
2.1. Dokumen hasil PTS /PTK
3. Mampu membuat evaluasi program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
3.1. Dokumen evaluasi PTS/PTK
4. Mampu membuat program tindak lanjut penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
4.1. Program tindak lanjut PTS/PTK
MANAJEMEN SUMBER DAYA
25 Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
1. Mampu membuat program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal (contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya, ciri-ciri programnya menjawab 5W+1H).
1.1 Program tahunan tentang pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal).
2.1 Sk pembagian tugas tenaga pendidik dan kependidikan.
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
3.1 Dokumen hasil supervise terhadap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
4. Mampu membuat program tindak lanjut pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
4.1 Program tindak lanjut dari hasil supervise tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
• Kuesioner
Kriteria
26. Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal demi kepentingan pembelajaran.
1. Mampu membuat program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran (contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya, ciri-ciri programnya menjawab 5W+1H).
1.1 Program sarana dan prasarana yang berwawasan lingkungan menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
Download contoh Program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah
2. Mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
2.1 Dokumen hasil Pelaksanakan program sarana dan prasarana berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
3.1 Evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
4. Mampu membuat program tindak lanjut pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
4.1 Program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
• Kuesioner
Kriteria
27. Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabilitas.
1. Mampu membuat program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel (contoh: program mengacu pada RKAS, ada skala prioritas, ada media untuk publikasi, ada mekanisme yang jelas dalam penggunaan).
1.1 program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
Bukti fisik Buku panduan pengelolaan BOS terbaru
2. Mampu melaksanakan program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
2.1 Dokumen hasil pelaksanaan program pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
3. Mampu membuat pelaporan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
3.1 Dokumen pelaporan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
4. Mampu membuat evaluasi pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
4.1 Dokumen hasil evaluasi pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
• Kuesioner
Kriteria
28. Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
1. Mampu membuat program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan (contoh program: ada latar belakang, tujuan, ada jadwal, ada lokasi, ada penanggung jawab, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).
1.1 Program sekolah yang berwawasan lingkungan menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
Download Contoh pogram penciptaan lingkungan yang kondusif
2. Mampu melaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
2.1 Dokumen hasil Pelaksanakan program sekolah yang berwawasan lingkungan menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
3.1 Hasil Evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
4. Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
4.1 Program rencana tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
• Kuesioner
Kriteria
29. Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah
1. Mampu membuat program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah (contoh program: ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada penataan tempat untuk pengarsipan, ada pembagian tugas, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).
1.1 Program kerja sekolah tentang ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
Download Contoh Program Tata Usaha
2. Mampu melaksanakan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
2. 1 Dokumen hasil pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
3.1 Evaluasi hasil pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
4. Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
4.1 program rencana tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
• Kuesionar
Kriteria
30. Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
1. Mampu membuat program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan (contoh program : ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian tugas, ada pembiayaan).
1.1 Program sekolah tentang sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
2. Mampu melaksanakan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
2.1 Dokumen hasil Pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
Bukti fisik Undangan rapat, daftar hadir dan Notulen rapat sekolah
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
3.1 Evaluasi hasil pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
4. Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
4.1 program rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
• Kuesioner
Kriteria
31. Mengelola layanan-layanan khusus sekolah/madrasah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah.
1. Mampu membuat program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah (contoh program: ada latar belakang, tujuan, jenis layanan misal koperasi sekolah, kantin kejujuaran, kotak saran, ada prosedur operasional, ada penanggung jawab, ada pembiayaan).
1.1 Program sekolah tentang layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
Download contoh Program UKS
2. Mampu melaksanakan program layanan layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
2.1 Dokumen hasil Pelaksanaan program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
3. Mampu membuat evaluasi program layanan layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
3.1 Evaluasi hasil program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
4. Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah. 4.1 Program rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
Kriteria
32. Memanfaatkaan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
1. Mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah (contoh: ada inovasi alat peraga pembelajaran, multimedia pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dalam manajemen sekolah).
1.1 Observasi visualisasi pemanfaatan teknologi secara efektif dalam pembelajaran dan manajemen sekolah.
2. Mampu memfasilitasi guru memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran (contoh: pemanfaatan barang bekas menjadi alat peraga pembelajaran, memfasilitasi penggunaan OHP, LCD dan multimedia).
2.1 Dokumen pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran. Bukti fisik Hasil Download Dari Internet, Power point, CD Pembelajaran dll
3. Mampu memfasilitasi tenaga administrasi sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah (contoh: pemanfaatan komputer dan internet dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah).
3.1 Pemanfaatan teknologi oleh Tenaga administrasi sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif.
4. Mampu memfasilitasi guru dan tenaga administrasi sekolah dalam kreatifitas, inovasi sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan.
4.1 Dokumen penggunaan teknologi oleh PTK..
Bukti fisik Hasil Download Dari Internet, Power point, CD Pembelajaran dll
• Kuesioner Sumber https://www.anekapendidikan.com/
Dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan perlu dilakukan berbagai upaya pembinaan dan optimalisasi peran komponen-komponen utama dalam dunia pendidikan diataranya Kepala Sekolah, guru , peserta didik , sarana prasarana , lingkungan. Keberhasilan penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah merupakan cerminan dari pelaksanaan pembinaan atas kinerja kepala sekolah yang dilakukan secara terus menerus. Maka sangat perlu untuk dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) sebagai manager dan kunci utama kemajuan suatu lembaga pendidikan sesuai diatur dalam peraturan mendiknas nomor 13 tahun 2007 .
Kepala sekolah merupakan komponen yang sangat urgensial dan strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan , statemen ini tidak berlebihan kiranya , karena kepala sekolah merupakan kunci utama yang mendapatkan tanggung jawab dalam pengelaolaan sekolah secara menyeluruh demi terciptanya Mutu Pendidikan dan majunya satu lembaga pendidikan.
Masa jabatan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah , diharapkan dapat memacu dan memotivasi kerja kepala sekolah , sehingga kinerja kepala sekolah menjadi optimal.
PENGEMBANGAN SEKOLAH
Kriteria
18. Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah.
1. Mampu melibatkan semua unsur di sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/ Rencana Kerja Sekolah(RKS), dalam rangka mencapai visi,misi dan tujuan sekolah (contoh: membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS)).
Bukti Fisik
1.1. SK.Kepala Sekolah tentang Tim Pengembang Sekolah
1.2. Program kerja TPS
1.3. Rencana Pengembangan sekolah(Jangka Panjang dan menengah) Download contoh RKJM
1.4. Rencana Kerja Sekolah (RKS)/Jangka pendek Download contoh RKS
1.5. Rencana Anggaran Kerja Sekolah (RKAS)
1.6. Surat Undangan Rapat
1.7. Notulen Rapat RKS RKAS
2. Mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan rencana pengembangan sekolah.
2.1. Strategic Planning dan Analisis SWOT
3. Mampu mengidentifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan untuk mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah.
3.1 Program Analisis SWOT
4. Mampu memimpin penyusunan rencana pengembangan sekolah dan membekali semua unsur di sekolah dalam pembuatan rencana pengembangan sekolah (contoh: pelatihan TPS dan pembuatan EDS).
4.1. Undangan rapat
4.2. Daftar hadir
4.3. Notulen rapat penyusunan EDS
4.4. Program EDS
Kriteria
19. Mengembangkan struktur organisasi sekolah/madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.
1. Mampu menyusun struktur organisasi yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah.
1.1. Struktur organisasi sekolah Download Contoh Struktur Organisasi
2. Mampu menyusun deskripsi tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.
2.1. Job Description dari struktur organisasi
Deskripsi Tugas Dalam Organisasi Sekolah
Tugas Pokok (Tupoksi) Kepala Sekolah
Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap seluruh kegiatan sekolah, di sini kepala sekolah juga berperan sebagai Manager, Edukator, Leader Motivator dan juga Inovator. baik dari dalam maupun di luar, yaitu :
1. Kepala Sekolah
Kepala Sekolah berfungsi sebagai Educator, Pimpinan, Administrator dan Supervisor.
a. Kepala Sekolah selaku Educator mempunyai tugas untuk melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dan efisien.
b. Kepala Sekolah selaku Pimpinan mempunyai tugas :
1) Menyusun perencanaan
2) Mengordinasikan kegiatan
3) Mengarahkan kegiatan
4) Mengkoordinasikan kegiatan
5) Melaksanakan pengawasan
6) Melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan
7) Menentukan kebijakan
8) Mengadakan rapat
9) Mengambil keputusan
10) Mengatur proses belajar mengajar
11) Mengatur administrasi :
a) Kantor
b) Siswa
c) Pegawai
d) Perlengkapan
e) Keuangan / RAPBS
12) Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah
13) Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat
c. Kepala Sekolah selaku Administrator mempunyai tugas :
1) Perencana
2) Pengorganisasian
3) Pengarahan
4) Pengkoordinasian
5) Pengawasan
6) Kurikulum
7) Kesiswaan
8) Kantor
9) Kepegawaian
10) Keuangan
11) Perpustakaan
12) Laboratorium
13) Ruang ketrampilan / kesenian
d. Kepala Sekolah selaku Supervisor mempunyai tugas :
1) Kegiatan belajar mengajar
2) Kegiatan bimbingan dan penyuluhan / bimbingan karir
3) Kegiatan ekstrakurikuler
4) Kegiatan ketatausahaan
5) Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha
Wakil Kepala Sekolah
Tugas Pokok Wakil Kepala Sekolah
1. Wakil Kepala Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam segala kegiatan di sekolah
2. Menyusun rencana, pembuatan program kegiatan dan program pelaksanaan
3. Pengorganisasian
4. Ketenagakerjaan
5. Pengkoordinasian
6. Pengawasan
7. Pengidentifikasi dan pengumpulan data
Tugas Pokok Seksi Kurikulum
Guru yang bertugas dalam bidang Kurikulum bertanggung jawab atas semua kegiatan belajar mengajar. Seperti:
a. Menyusun program pengajaran
b. Menyusun pembagian tugas
c. Menyusun pelajaran
d. Menyusun jadwal evaluasi belajar
e. Menyusun pelaksanaan US / UN
f. Menerapkan criteria persyaratan naik kelas/ tidak naik kelas
g. Menerapkan jadwal penerimaan buku laporan pendidikan ( Rapor ) dan penerimaan ijazah.
h. Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan satuan pelajaran
i. Menyediakan buku kemajuan kelas
j. Menyusun laporan pelaksanaan pelajaran
k. Pembuatan karya tulis
l. Pengelolaan Laboratorium
m. Koordinasi Wali Kelas
n. Menyusun kegiatan ekstrakulikuler
o. Menyusun instrumen untuk kegiatan belajar mengajar
Tugas Pokok Seksi Kesiswaan
Guru yang bertugas dalam bidang Kesiswaan membidangi semua urusan kesiswaan, bertanggung jawab atas semua kegiatan belajar mengajar, antara lain :
a. Menyusun program pembinaan kesiswaan / OSIS
b. Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa / OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tertib sekolah
c. Membina dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan dan kekeluargaan ( 6 K )
d. Memberikan pengarahan dalam pemilihan pengurus OSIS
e. Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
f. Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil
g. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima beasiswa
h. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
i. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
j. Mengatur mutasi siswa
k. Penerimaan Peserta Didik ( PPD )
l. Masa Orientasi Siswa ( MOS )
m. Studi banding
n. Mengurusi Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
o. Mengadakan koordinasi dengan Bimbingan Konseling ( BK )
p. Pembagian Kelas
q. Penginventarisasian absensi dan pelanggaran – pelanggaran.
r. Pembina sekaligus pelaksana kegiatan 5-K.
Tugas Pokok Seksi Saran dan Prasarana
Bidang Sarana membidangi sarana dan prasarana, juga bertanggung jawab atas semua kegiatan belajar mengajar yang antara lain sebagai berikut:
Inventarisasi barang, terdiri atas :
a. Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana
b. Mengadministrasikan pendayagunaan sarana prasarana
- Mencatat semua alat / barang yang masuk.
- Mencatat alat laboratorium yang telah masuk.
- Mencatat alat peraga olahraga.
- Pengadaan sarana dan prasarana olahraga.
- Penyusunan aturan anggaran sekolah.
c. Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran
d. Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkala
e. Inventarisasi barang
f. Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran :
1) Pengkoordinasian penilaian kelas ( 7 K )
2) Pengkoordinasian kebersihan dan keindahan sekolah
g. Pengadaan barang, buku, bahan dan lat pelajaran dan perpustakaan
h. Urusan Administrasi perlengkapan/ penertiban inventaris barang :
1) Kantor
2) Olahraga dan kesehatan
3) Ketrampilan IPA, Bahasa dan Komputer
4) Alat-lat pelajaran lain
Tugas Pokok Seksi Hubungan Masyarakat (Humas)
Bagian Humas membidangi hubungan masyarakat, juga bertanggung jawab atas semua kegiatan belajar mengajar antara lain sebagai berikut :
a. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua/ wali siswa
b. Membina hubungan antara sekolah dengan POMG / BP3
c. Menyusun laporan pelaksanaan hubungan dengan masuyarakat secara berkala
d. Membina hubungan dengan komite sekolah
e. Mengikuti kegiatan hari Besar nasional / Keagamaan
f. Mengikuti lomba-lomba
g. Membantu pelaksanaan tugas BP3
Tugas Pokok Guru Kelas Dan Guru Mata Pelajaran
a. Membuat program pengajaran/ rencana kegiatan belajar mengajar persemester tahunan
b. Membuat RPP ( persiapan mengajar )
c. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar
d. Melaksanakan kegiatan penilaian belajar semester / tahunan
e. Mengisi daftar nilai siswa
f. Melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar
g. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengajaran
h. Melaksanakan kegiatan membimbing dalam kegiatan proses belajar mengajar
i. Membuat alat pelajaran / alat program
j. Membuat alat pelajaran / alat peraga
k. Menciptakan karya seni
l. Menikuti kegiatan pengembangan kurikulum
m. Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
n. Mengadakan pengembangan setiap bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabya
o. Membuat Lembar Kerja Siswa ( LKS )
p. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa
q. Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum
r. Menumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya.
Tugas Pokok Wali Kelas
a. Pengelolaan kelas
b. Penyelenggaraan administrasi kelas yang meliputi :
1) Denah tempat duduk siswa
2) Papan absensi siswa
3) Daftar piket kelas
4) Nuku absensi siswa
5) Buku kegiatan belajar mengajar
6) Tata tertib kelas
c. Penyusunan / pembuatan statistic bulanan siswa
d. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa ( legger )
e. Pembuatan catatan khusus tentang siswa
f. Pencatatan mutasi siswa
g. Pengisian buku laporan siswa
h. Pembagian buku laporan pendidikan ( rapor )
i. Memahami dan melaksanakan 12 langkah wali kelas
Dua belas ( 12 ) kunci sukses wali kelas :
1) Mengetahui tugas pokoknya yaitu :
a) Mewakili orang tua dan Kepala Sekolah dalam lingkungan kelasnya
b) Membina kepribadian dan budi pekerti
c) Membantu perkembangan kecerdasan
d) Membantu pengembangan ketrampilan
2) Mengetahui jumlah anak didik
3) Mengetahui nama-nama anak didik
4) Mengetahui identitas anak didik, antara lain dengan cara memanggil seorang demi seorang anak didiknya untuk menyelesaikan
5) Mengetahui kehadiran setiap hari dikelas
6) Mengetahui masalah-masalah anak didik ( pelajaran, ekonomi, sosial dll )
7) Mengetahui penilaian : kelakuan dan kerajinan
8) Mengambil tindakan – tindakan untuk mengatasi masalah
9) Memperhatikan buku rapor, kenaikan kelas dan tamatan/ kelulusan
10) Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan
11) Membina suasana kekeluargaan
12) Melaporkan kepada Kepala Sekolah
Tugas Pokok Seksi Bimbingan dan Konseling
a. Penyusunan program dan pelaksanaan Bimbingan Konseling
b. Koordinasi dengan Wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar
c. Memberikan layanan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
d. Memberikan saran dan pertimbangan karir kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai.
e. Mengadakan penilaian pelaksanaan Bimbingan Konseling
f. Menyusun statistic hasil penilaian Bimbingan Konseling
g. Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar praktik atau pelaksanaan Bimbingan Konseling
h. Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut Bimbingan Konseling
i. Menyusun laporan pelaksanaan Bimbingan Konseling
Tugas Pokok Tenaga Pustakawan
a. Perencanaan pengadaan buku/ bahan perpustakaan
b. Membuat jadwal kunjungan
b. Pengurusan pelayanan perpustakaan
c. Perencanaan pengembangan perpustakaan
d. pemeliharaan dan perbaikan buku perpustakaan
e. Inventarisasi dan mengadministrasi buku-buku/ bahan / alat perpustakaan
f. Menyimpan buku-buku perpustakaan
g. Menyusun tata tertib perpustakaan
h. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala
i. Melakukan pelayanan bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat
j. Penyimpanan buku perpustakaan / media elektronika
Tugas Pokok Tenaga Laboratorium
a. Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
b. Menyusun jadwal kunjungan
b. Penyusunan tata tertib dan jadwal penggunaan laboratorium
c. Penyusunan program tugas-tugas laboran/ petugas laboratorium
d. Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
e. Pemeliharaan dan perbaikan alat-alat laboratorium
f. Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat laboratorium
g. Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium secara berkala
h. Bertanggung jawab atas kelancaran kegiatan laboratorium IPA
i. Mengusulkan kepada kepala sekolah tentang pengadaan alat/bahan laboratorium
j. Bertanggung jawab tentang kebersihan, penyimpanan, perawatan, dan
k. Mengkoordinasikan guru mata pelajaran (fisika, kimia, biologi)
Tugas Pokok Tenaga Tata Usaha Dan Administrasi
a. Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
b. Pengelolaan Keuangan sekolah
c. Pengurusan administrasi pegawai, guru dan siswa
d. Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
e. Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah
f. Penyusunan dan penyajian data/ statistic sekolah
g. Mengkoordinasikan dan melaksanakan 9K
h. Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala
3. Mampu membuat pendelegasian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.
3.1. SK Kepala sekolah tentang penugasan guru dan TU
4. Mampu mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah.
4.1.Hasil evaluasi kinerja dari setiap SK Penugasan
Kriteria
20 Melaksanakan pengembangan sekolah/madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah.
1. Mampu menyususn Program Rencana Kerja Sekolah (RKS/RPS) yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah.
1.1. Dokumen hasil pelaksanaan kegiatan dari penugasan kepala sekolah
2. Mampu melaksanaan program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .
2.1. Dokumen hasil pelaksanaan RKS
3. Mampu mengevaluasi program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .
3.1. Dokumen hasil Monev RKS Download Contoh Program Monev
4. Mampu melaksanakan program tindak lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS).
4.1. Program Tindak Lanjut RKS
Kriteria
21` Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standar nasional pendidikan.
1. Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajeria (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang sarana prasarana, pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan serta pembiayaan).
1.1. Dokumen hasil peningkatan prestasi Akademik dan Non Akademik
Bulti fisiknya Buku kegiatan pembimbingan lomba akademik dan Non Akademik
2. Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang standar isi, SKL, standar proses, standar penilaian).
2.1 Dokumen hasil prestasi Guru,Siswa
Bukti Fisik Dokumen Piagam Siswa dan Guru
3. Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial.
3.1 Program sekolah yang menunjukan pengembangan inovasi bidang manajerial
4. Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik.
4.1 Program sekolah yang menunjukan pengembangan inovasi bidang akademik
4.2 Adanya hasil karya inovatif (media pembelajaran, alat peraga)
Kriteria
22 Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat.
1. Mampu melakukan monitoring pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram (contoh: ada program monitoring yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab).
1.1. Program monitoring,evaluasi,pelaporan
Download Contoh Program Monev
2. Mampu melakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram (contoh: ada program evaluasi yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab).
2.1. Dokumen pelaksanaan evaluasi
3. Mampu membuat pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah.
3.1. Dokumen pelaporan pelaksanaan
4. Mampu membuat sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan dengan prosedur yang tepat (contoh: menggunakan Paket Administrasi Sekolah )
4.1. Dokumen sistem monitoring,evaluasi dan pelaporan
Kriteria
23 Merencanakan dan menindaklanjuti hasiil monitoring, evaluasi, dan pelaporan.
1. Mampu membuat program tindak lanjut monitoring,evaluasi dan pelaporan (contoh: program tindak lanjut sesuai dengan hasil monitoring, evaluasi, pelaporan).
1.1. Rencana tindak lanjut
2. Mampu melaksanakan program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.
2.1. Dokumen pelaksanaan program tindak lanjut
3. Mampu mengevaluasi pelaksanaan program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.
3.1. Dokumen evaluasi pelaksanaan tindak lanjut
4. Mampu membuat sistem pelaksanaan program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan (contoh: siklus penerapan paket administrasi sekolah).
4.1. Dokumen sistem program tindak lanjut monev
Kriteria
24 Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah/madrasah.
1. Mampu membuat program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah (contoh: program mendatangkan narasumber dalam membimbing workshop pembuatan PTS maupun PTK untuk kepala sekolah dan guru, mempunyai program berkelanjutan PTS/PTK melalui MGMP sekolah).
1.1. Program kerja PTS dan PTK
2. Mampu melaksanakan penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
2.1. Dokumen hasil PTS /PTK
3. Mampu membuat evaluasi program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
3.1. Dokumen evaluasi PTS/PTK
4. Mampu membuat program tindak lanjut penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.
4.1. Program tindak lanjut PTS/PTK
MANAJEMEN SUMBER DAYA
25 Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal
1. Mampu membuat program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal (contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya, ciri-ciri programnya menjawab 5W+1H).
1.1 Program tahunan tentang pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal).
2.1 Sk pembagian tugas tenaga pendidik dan kependidikan.
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
3.1 Dokumen hasil supervise terhadap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
4. Mampu membuat program tindak lanjut pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
4.1 Program tindak lanjut dari hasil supervise tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
• Kuesioner
Kriteria
26. Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal demi kepentingan pembelajaran.
1. Mampu membuat program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran (contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya, ciri-ciri programnya menjawab 5W+1H).
1.1 Program sarana dan prasarana yang berwawasan lingkungan menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
Download contoh Program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah
2. Mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
2.1 Dokumen hasil Pelaksanakan program sarana dan prasarana berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
3.1 Evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
4. Mampu membuat program tindak lanjut pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
4.1 Program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
• Kuesioner
Kriteria
27. Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabilitas.
1. Mampu membuat program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel (contoh: program mengacu pada RKAS, ada skala prioritas, ada media untuk publikasi, ada mekanisme yang jelas dalam penggunaan).
1.1 program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
Bukti fisik Buku panduan pengelolaan BOS terbaru
2. Mampu melaksanakan program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
2.1 Dokumen hasil pelaksanaan program pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
3. Mampu membuat pelaporan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
3.1 Dokumen pelaporan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
4. Mampu membuat evaluasi pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
4.1 Dokumen hasil evaluasi pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel.
• Kuesioner
Kriteria
28. Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan
1. Mampu membuat program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan (contoh program: ada latar belakang, tujuan, ada jadwal, ada lokasi, ada penanggung jawab, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).
1.1 Program sekolah yang berwawasan lingkungan menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
Download Contoh pogram penciptaan lingkungan yang kondusif
2. Mampu melaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
2.1 Dokumen hasil Pelaksanakan program sekolah yang berwawasan lingkungan menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
3.1 Hasil Evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
4. Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
4.1 Program rencana tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.
• Kuesioner
Kriteria
29. Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah
1. Mampu membuat program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah (contoh program: ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada penataan tempat untuk pengarsipan, ada pembagian tugas, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).
1.1 Program kerja sekolah tentang ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
Download Contoh Program Tata Usaha
2. Mampu melaksanakan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
2. 1 Dokumen hasil pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
3.1 Evaluasi hasil pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
4. Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
4.1 program rencana tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
• Kuesionar
Kriteria
30. Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
1. Mampu membuat program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan (contoh program : ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian tugas, ada pembiayaan).
1.1 Program sekolah tentang sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
2. Mampu melaksanakan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
2.1 Dokumen hasil Pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
Bukti fisik Undangan rapat, daftar hadir dan Notulen rapat sekolah
3. Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
3.1 Evaluasi hasil pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
4. Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
4.1 program rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
• Kuesioner
Kriteria
31. Mengelola layanan-layanan khusus sekolah/madrasah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah.
1. Mampu membuat program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah (contoh program: ada latar belakang, tujuan, jenis layanan misal koperasi sekolah, kantin kejujuaran, kotak saran, ada prosedur operasional, ada penanggung jawab, ada pembiayaan).
1.1 Program sekolah tentang layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
Download contoh Program UKS
2. Mampu melaksanakan program layanan layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
2.1 Dokumen hasil Pelaksanaan program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
3. Mampu membuat evaluasi program layanan layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
3.1 Evaluasi hasil program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah
4. Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah. 4.1 Program rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.
Kriteria
32. Memanfaatkaan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
1. Mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah (contoh: ada inovasi alat peraga pembelajaran, multimedia pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dalam manajemen sekolah).
1.1 Observasi visualisasi pemanfaatan teknologi secara efektif dalam pembelajaran dan manajemen sekolah.
2. Mampu memfasilitasi guru memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran (contoh: pemanfaatan barang bekas menjadi alat peraga pembelajaran, memfasilitasi penggunaan OHP, LCD dan multimedia).
2.1 Dokumen pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran. Bukti fisik Hasil Download Dari Internet, Power point, CD Pembelajaran dll
3. Mampu memfasilitasi tenaga administrasi sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah (contoh: pemanfaatan komputer dan internet dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah).
3.1 Pemanfaatan teknologi oleh Tenaga administrasi sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif.
4. Mampu memfasilitasi guru dan tenaga administrasi sekolah dalam kreatifitas, inovasi sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan.
4.1 Dokumen penggunaan teknologi oleh PTK..
Bukti fisik Hasil Download Dari Internet, Power point, CD Pembelajaran dll
• Kuesioner Sumber https://www.anekapendidikan.com/
Post a Comment for "40 Instrumen Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Aspek Pengembangan Dan Managemen Sumber Daya"