40 Instrumen Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Aspek Kepribadian Dan Sosial Lengkap
Dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan perlu dilakukan berbagai upaya pembinaan dan optimalisasi peran komponen-komponen utama dalam dunia pendidikan diataranya Kepala Sekolah, guru , peserta didik , sarana prasarana , lingkungan. Keberhasilan penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah merupakan cerminan dari pelaksanaan pembinaan atas kinerja kepala sekolah yang dilakukan secara terus menerus. Maka sangat perlu untuk dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) sebagai manager dan kunci utama kemajuan suatu lembaga pendidikan sesuai diatur dalam peraturan mendiknas nomor 13 tahun 2007 .
Kepala sekolah merupakan komponen yang sangat urgensial dan strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan , statemen ini tidak berlebihan kiranya , karena kepala sekolah merupakan kunci utama yang mendapatkan tanggung jawab dalam pengelaolaan sekolah secara menyeluruh demi terciptanya Mutu Pendidikan dan majunya satu lembaga pendidikan.
Masa jabatan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah , diharapkan dapat memacu dan memotivasi kerja kepala sekolah , sehingga kinerja kepala sekolah menjadi optimal.
KEPRIBADIAN DAN SOSIAL
Kriteria
1. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah
Indikator
1. Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
Bukti Fisik
1.1. Jadwal sholat berjama’ah Download jadwal sholat berjamaah
1.2. Program kegiatan hari besar islam/keagamaan
1.3. Laporan pelaksanaan kegiatan
1.4. Photo kegiatan/ Video
2. Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah.
Bukti Fisik
2.1 Tatib sekolah Download Tata tertib Sekolah , Tata Tertib Murid
2.2 Agenda kegiatan Kepala Sekolah Download Jurnal harian Kepala Sekolah
2.3 Daftar hadir
2.4 Laporan kerja
3. Empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah.
Bukti Fisik
3.1 Catatan kegiatan social (kunjungan ke warga sekolah) Download Buku Kegiatan Sosial Kemasyarakatan
4. Kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun.
Bukti Fisik
4.1 Adanya slogan 5 S
5. Pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya
Bukti Fisik
5.1 Adanya dukungan dari warga sekolah
Kriteria
2. Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
Indikator
1. Mampu menerapkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
1.1 Laporan kegiatan rutin
2. Mampu menerapkan ketulusan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
2.1 Daftar hadir Kepala sekolah
3. Mampu menerapkan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
3.1 Program kerja kepala sekolah
3.2 Laporan hasil kegiatan
3.3 Dokumen prestasi
4. Mampu menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
4.1 Buku catatan kasus dan solusinya Download buku catatan kasus dan solusinya
Kuesioner
Kriteria
3. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.
Indikator
1. Terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain.
1.1 Kotak saran
1.2 Media elektronik
1.3 Notula rapat
2. melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan program sekolah
2.1 Undangan rapat penyusunan Program Sekolah
2.2 Daftar hadir dan Notulen rapat
2.3 Adanya rencana program sekolah jangka pendek , jangka menengah dan jangka panjang
3. terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.
3.1 Adanya dokumen sosialisasi keuangan ke warga sekolah
3.2 Adanya program sekolah yang terpampang di media informasi
4. terbuka dalam membangun sistem informasi manajemen sekolah
4.1 Adanya jaringan internet/email/website Download SK Tim Pengelola Sistem Informasi Managemen (SIM)
Kuesioner
Kriteria
4. Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.
Indikator
1. Mampu mengendalikan emosi:
a) sabar,
b) tenang,
c) bijaksana
d) berjiwa besar
Bukti Fisik
1.1 Notulen rapat yang menunjukan adanya kamunikasi dengan warga sekolah
2. Mampu menghadapi masalah
2.1 Notulen rapat yang menunjukan kesiapan menghadapi masalah
3. Mampu memecahkan masalah.
3.1 Notulen rapat yang menunjukan memecahkan masalah
4. Mampu mengelola tantangan baru
4.1 Notulen rapat yang menunjukan siap menghadapi tantangan baru
Kuesioner
Kriteria
5. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
Bukti Fisik
1. Berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam dan lainnya).
1.1 Program kegiatan social
1.2 Dokumen laporan kegiatan social kemasyarakatan
2. Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti kebersihan lingkungan).
2.1 Program kegiatan sosial
2.2 Dokumen laporan kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah
3. Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan lainnya).
3.1 Surat keterangan sebagai pengurus RT/RW/DKM dll.
4. Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup.
4.1 Adanya apotek hidup/green house
Kuesioner
Kriteria
6. Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain.
Indikator
1. Mampu bersifat simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain.
Bukti Fisik
1.1 Memiliki aturan sekolah tentang tenggang rasa terhadap orang lain
1.2 Adanya dokumen kegiatan yang berkaitan dengan simpati
2. Mampu bersifat empati/sambung rasa terhadap orang lain.
2.1 Memiliki aturan sekolah tentang empati terhadap orang lain
2.2 Adanya dokumen kegiatan yang berkaitan dengan empati
3. Peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
3.1 Memiliki aturan sekolah tentang kepedulian terhadap orang lain
3.2 Laporan kegiatan tentang kepedulian terhadap orang lain
4. Mampu bersifat objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah.
4.1 Adanya berita acara penyelesaian konflik
4.2 Laporan penanganan konflik internal sekolah
Kuesioner
Kriteria
7. Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah.
Bukti Fisik
1. Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.
1.1 Memiliki program kerja sama dengan Lembaga lain Download Program Kerja Sama Dengan Lembaga/Instansi lain
2. Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah, swasta,Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), dan masyarakat
2.1 Adanya MOU dengan lembaga lain
3. Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat.
3.1 Memiliki dokumen kegiatan
4. Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.
4.1 Memiliki dokumen dukungan dari komite sekolah
Kuesioner Sumber https://www.anekapendidikan.com/
Dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan perlu dilakukan berbagai upaya pembinaan dan optimalisasi peran komponen-komponen utama dalam dunia pendidikan diataranya Kepala Sekolah, guru , peserta didik , sarana prasarana , lingkungan. Keberhasilan penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah merupakan cerminan dari pelaksanaan pembinaan atas kinerja kepala sekolah yang dilakukan secara terus menerus. Maka sangat perlu untuk dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) sebagai manager dan kunci utama kemajuan suatu lembaga pendidikan sesuai diatur dalam peraturan mendiknas nomor 13 tahun 2007 .
Kepala sekolah merupakan komponen yang sangat urgensial dan strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan , statemen ini tidak berlebihan kiranya , karena kepala sekolah merupakan kunci utama yang mendapatkan tanggung jawab dalam pengelaolaan sekolah secara menyeluruh demi terciptanya Mutu Pendidikan dan majunya satu lembaga pendidikan.
Masa jabatan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah , diharapkan dapat memacu dan memotivasi kerja kepala sekolah , sehingga kinerja kepala sekolah menjadi optimal.
KEPRIBADIAN DAN SOSIAL
Kriteria
1. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah
Indikator
1. Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
Bukti Fisik
1.1. Jadwal sholat berjama’ah Download jadwal sholat berjamaah
1.2. Program kegiatan hari besar islam/keagamaan
1.3. Laporan pelaksanaan kegiatan
1.4. Photo kegiatan/ Video
2. Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah.
Bukti Fisik
2.1 Tatib sekolah Download Tata tertib Sekolah , Tata Tertib Murid
2.2 Agenda kegiatan Kepala Sekolah Download Jurnal harian Kepala Sekolah
2.3 Daftar hadir
2.4 Laporan kerja
3. Empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah.
Bukti Fisik
3.1 Catatan kegiatan social (kunjungan ke warga sekolah) Download Buku Kegiatan Sosial Kemasyarakatan
4. Kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun.
Bukti Fisik
4.1 Adanya slogan 5 S
5. Pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya
Bukti Fisik
5.1 Adanya dukungan dari warga sekolah
Kriteria
2. Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
Indikator
1. Mampu menerapkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
1.1 Laporan kegiatan rutin
2. Mampu menerapkan ketulusan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
2.1 Daftar hadir Kepala sekolah
3. Mampu menerapkan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
3.1 Program kerja kepala sekolah
3.2 Laporan hasil kegiatan
3.3 Dokumen prestasi
4. Mampu menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
4.1 Buku catatan kasus dan solusinya Download buku catatan kasus dan solusinya
Kuesioner
Kriteria
3. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.
Indikator
1. Terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain.
1.1 Kotak saran
1.2 Media elektronik
1.3 Notula rapat
2. melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan program sekolah
2.1 Undangan rapat penyusunan Program Sekolah
2.2 Daftar hadir dan Notulen rapat
2.3 Adanya rencana program sekolah jangka pendek , jangka menengah dan jangka panjang
3. terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.
3.1 Adanya dokumen sosialisasi keuangan ke warga sekolah
3.2 Adanya program sekolah yang terpampang di media informasi
4. terbuka dalam membangun sistem informasi manajemen sekolah
4.1 Adanya jaringan internet/email/website Download SK Tim Pengelola Sistem Informasi Managemen (SIM)
Kuesioner
Kriteria
4. Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.
Indikator
1. Mampu mengendalikan emosi:
a) sabar,
b) tenang,
c) bijaksana
d) berjiwa besar
Bukti Fisik
1.1 Notulen rapat yang menunjukan adanya kamunikasi dengan warga sekolah
2. Mampu menghadapi masalah
2.1 Notulen rapat yang menunjukan kesiapan menghadapi masalah
3. Mampu memecahkan masalah.
3.1 Notulen rapat yang menunjukan memecahkan masalah
4. Mampu mengelola tantangan baru
4.1 Notulen rapat yang menunjukan siap menghadapi tantangan baru
Kuesioner
Kriteria
5. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
Bukti Fisik
1. Berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam dan lainnya).
1.1 Program kegiatan social
1.2 Dokumen laporan kegiatan social kemasyarakatan
2. Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti kebersihan lingkungan).
2.1 Program kegiatan sosial
2.2 Dokumen laporan kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah
3. Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan lainnya).
3.1 Surat keterangan sebagai pengurus RT/RW/DKM dll.
4. Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup.
4.1 Adanya apotek hidup/green house
Kuesioner
Kriteria
6. Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain.
Indikator
1. Mampu bersifat simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain.
Bukti Fisik
1.1 Memiliki aturan sekolah tentang tenggang rasa terhadap orang lain
1.2 Adanya dokumen kegiatan yang berkaitan dengan simpati
2. Mampu bersifat empati/sambung rasa terhadap orang lain.
2.1 Memiliki aturan sekolah tentang empati terhadap orang lain
2.2 Adanya dokumen kegiatan yang berkaitan dengan empati
3. Peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
3.1 Memiliki aturan sekolah tentang kepedulian terhadap orang lain
3.2 Laporan kegiatan tentang kepedulian terhadap orang lain
4. Mampu bersifat objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah.
4.1 Adanya berita acara penyelesaian konflik
4.2 Laporan penanganan konflik internal sekolah
Kuesioner
Kriteria
7. Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah.
Bukti Fisik
1. Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.
1.1 Memiliki program kerja sama dengan Lembaga lain Download Program Kerja Sama Dengan Lembaga/Instansi lain
2. Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah, swasta,Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), dan masyarakat
2.1 Adanya MOU dengan lembaga lain
3. Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat.
3.1 Memiliki dokumen kegiatan
4. Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.
4.1 Memiliki dokumen dukungan dari komite sekolah
Kuesioner Sumber https://www.anekapendidikan.com/
Post a Comment for "40 Instrumen Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Aspek Kepribadian Dan Sosial Lengkap"