Pengertian Internet Dan Intranet + Imbas Nyata Negatifnya

Pengertian Internet dan Intranet – Di zaman yang serba modern menyerupai kini ini, internet sudah berubah menjadi menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Ya, bisa dilihat bahwa hampir setiap orang bekerjasama dengan jaringan internet setiap saat. Lantas, apa bekerjsama yang dimaksud dengan internet? Dan apa perbedaannya dengan intranet? Mengingat kedua istilah ini seringkali disebut-sebut di kalangan masyarakat.


Meskipun mempunyai nama yang hampir sama, pengertian internet dan juga intranet sangatlah berbeda. Bukan hanya pada arti, namun juga imbas positif dan negatif yang ditimbulkan oleh internet dan internet tentu saja berbeda pula. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini yaitu klarifikasi wacana pengertian internet dan intranet yang dikemukakan oleh teori para pakar/ ahli.


Pengertian Internet Menurut Para Ahli



  1. Walaupun sering dimanfaatkan, nyatanya masih banyak orang yang tidak mengerti arti bekerjsama dari internet. Ada banyak sekali pengertian internet berdasarkan para jago yang bisa Anda ketahui. Salah satu tokoh yang menjelaskan wacana internet yaitu Allan (2005). Ia beropini bahwa internet yaitu sekumpulan jaringan komputer. Dimana masing-masing komputer saling terhubung secara fisik serta mempunyai kemampuan untuk menguraikan dan membaca banyak sekali macam protokol komunikasi tertentu (IP) atau Internet Protocol dan (TCP) atau Transmission Control Protocol. Menurut Alan, protokol merupakan suatu spesifikasi sederhana terkait dengan bagaimana antar komputer saling bertukar informasi.

  2. Pengertian jaringan internet juga dijelaskan oleh Oetomo (2002). Ia memberi klarifikasi bahwa internet merupakan akronim atau singkatan dari international network. Artinya yaitu suatu jaringan komputer yang cukup besar. Jaringan komputer ini terdiri dari jaringan-jaringan berukuran kecil yang saling terhubung. Ia juga menyebutkan bahwa jaringan komputer yang besar ini bisa mencakup jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Tokoh lain yang menjelaskan definisi wacana internet yaitu Onno W. Purbo (2005). Dalam hal ini, ia beropini bahwa internet yaitu suatu media khusus yang digunakan untuk mengefisiensikan dan memudahkan sebuah proses komunikasi. Media ini kemudian dihubungkan dengan banyak sekali jenis aplikasi menyerupai email, VoIP, web dan lainnya.


 Di zaman yang serba modern menyerupai kini ini Pengertian Internet dan Intranet + Dampak Positif Negatifnya


Pengertian Intranet Menurut Para Ahli



  1. Setelah mengerti apa Pengertian internet, lantas apa yang dimaksud dengan intranet? Menurut Marakas dan O’Brien (2011), intranet merupakan sebuah jaringan yang ada di dalam sebuah organisasi. Jaringan ini memanfaatkan teknologi internet mulai dari IP Protokol jaringan, web browser, HTML, server dan lainnya terkait dengan penyediaan lingkungan internet di dalam perusahaan supaya bisa saling berkomunikasi, membuatkan gosip dan derma lain untuk proses bisnis. Menurut Lee, King, Liang dan Turban (2010), intranet merupakan jaringan pemerintah atau perusahaan yang menggunakan tools dalam internet, mencakup internet protocol (IP) dan web browser. jaringan Internet berfungsi sebagai media kerja sama dan komunikasi.

  2. Sebagian dari Anda mungkin sering mendengar istilah Internet of Things bukan? pengertian internet of things sendiri bekerjsama yaitu benda yang sanggup digunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan internet. Benda ini tidak hanya selalu ponsel atau PC. Sebab kini ini, sudah banyak perabotan yang bisa terhubung via internet menyerupai smart TV, kulkas dan lainnya. Kini Anda sudah memahami pengertian internet dan intranet bukan? Kemunculan teknologi tentu dibarengi dengan imbas positif dan negatifnya. Dibawah ini yaitu imbas positif dan negatif internet serta intranet.


Dampak negatif penggunaan intranet:



  • Adanya overload ketika mengirim data secara bersamaan

  • Keamanan data kurang aman

  • Pengguna harus melaksanakan training atau training terlebih dahulu.


Dampak positif penggunaan intranet:



  • Meningkatkan kerjasama

  • Meningkatkan produktifitas kerja

  • Efisiensi biaya

  • Mendapatkan gosip lebih mudah

  • Memudahkan komunikasi


Dampak negatif internet yaitu :



  • Cybercrime

  • Berita hoax merajalela

  • Hacking

  • Pornografi


Dampak positif internet:



  • Kemudahan mencari informasi

  • Mendapat ide

  • Mencari uang

  • Berkomunikasi

  • Memudahkan insan menuntaskan pekerjaannya


Demikianlah ulasan lengkap dari kami mengenai pengertian internet adalah yang bisa kami paparkan. Semoga dengan ulasan mengenai pengertian internet dan intranet diatas menciptakan kita bisa semakin cerdas dalam menyaring semua gosip yang ada didalam internet, mengingat dunia maya (internet) mempunyai banyak sekali macam imbas positif dan juga negatif yang harus kita fahami baik baik.


Post a Comment for "Pengertian Internet Dan Intranet + Imbas Nyata Negatifnya"