Sejarah Perkembangan Internet Di Indonesia Dan Dunia

Sejarah Internet – Anda termasuk orang yang sering menggunakan internet? Jika ya, penasarankah Anda dengan sejarah perkembangan internet di Indonesia dan lingkup dunia sampai sanggup booming dan banyak digunakan oleh masyarakat ketika ini? Mulanya, internet merupakan jaringan komputer yang sengaja di bentuk pada tahun 1969 oleh pihak Departemen Pertahanan Amerika dalam proyek forum ARPA.


Proyek tersebut menyebarkan jaringan ARPANET yaitu kependekan dari Advanced Research Project Agency Network untuk keperluan militer. Sistem jaringan ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengatasi serangan nuklir. Pada masa itu, jaringan internet juga dimanfaatkan untuk menghindari adanya gosip terpusat selama peperangan. Sebab gosip terpusat sanggup hancur dalam sekali serangan. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini yakni sejarah singkat internet yang sanggup Anda pelajari.


Materi Sejarah Perkembangan Internet di Dunia dan Indonesia Hingga Saat Ini


Sejarah perkembangan internet mulai pada tahun 1960-an. Dimana Robert W. Taylor dan Levi C. Finch yang sedang meneliti jaringan global melaksanakan aneka macam aktivitas penelitian untuk melihat adanya prosedur koneksi antar setiap jaringan yang secara fisik berbeda. Dalam penelitian ini, terciptalah teknik pemotongan (packet switching) file besar biar lebih kecil dan sanggup dikirim melalui jaringan komputer. Pada tahun 1969, diketahui bahwa Robert Taylor mendapat kenaikan jabatan menjadi kepala kantor di DARPA atau tubuh riset di angkatan darat AS. Mulai semenjak itulah muncul proyek ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network.


 Anda termasuk orang yang sering menggunakan internet Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia


Sejarah internet berlanjut ketika proyek ARPANET semakin sukses dan bertambah luas. ARPANET yang sudah kewalahan terkait pengaturannya kemudian dibagi dua menjadi ARPANET dan MILNET. Tak hanya digunakan untuk militer, kini ARPANET sanggup digunakan untuk keperluan non-militer. Sedangkan khusus untuk keperluan militer, pihak pemerintah AS menggunakan proyek MILNET. Kedua jaringan ini dikenal dengan nama DARPA Internet. Pada tahun 1972, proyek ARPANET semakin berkembang alasannya yakni mendapat penyempurnaan aktivitas e-mail dari Roy Tomlinson. Icon @ atau “at” kini semakin terkenal dan mengirim email pun semakin mudah. Berdasarkan sejarah internet di dunia, jaringan ARPANET mulai digunakan di luar AS pada tahun 1973.


Pada tahun 1979, Steve Bellovin, Jim Ellis dan Tom Truscott, menciptakan newsgroup berjulukan USENET. France Telecom juga menciptakan gebrakan gres dengan merilis telepon televisi pada tahun 1981. Dengan adanya teknologi ini, maka masyarakat sanggup berkomunikasi menggunakan video link. Jaringan internet semaki lancar sehabis dibentuknya TCP atau transmisson control protocol dan IP atau Internet Protokol. Alamat yang ada di jaringan komputer kemudian semakin berkembang pada tahun 1984 dengan dihadirkannya DNS atau Domain Name System. Sejarah perkembangan internet semakin pesat semenjak terbentuk World Wide Web atau WWW. Sejak kemunculannya tersebutlah sejarah perkembangan internet semakin terkenal dan berkembang pesat sampai ketika ini.


Sejarah perkembangan internet di indonesia dimulai pada tahun 1990-an. Dimana jaringan internet di tanah air terkenal dengan istilah paguyuban network alasannya yakni penggunanya masih berasaskan kekeluargaan, gotong royong, dan kerjasama. Berbeda dengan sekarang, ketika jaringan internet lebih condong berbau komersial serta individualisme. Sejak tahun 1988, Indonesia menggunakan Compuserve (AS) dan CIX (Inggris) untuk mengakses internet. Internet Protocol dari Indonesia pertama kali didaftarkan pada tahun 1988 oleh Universitas Indonesia.


Sejarah internet di indonesia banyak diperkenalkan oleh mahasiswa ITB. Karena pada tahun 1989, banyak mahasiswa dan media cetak yang membahas perihal internet di Indonesia. IndoNet beroperasi pada tahun 1994 dan dipimpin oleh Sanjaya. Sekedar informasi, IndoNet yakni ISP komersial di Indonesia yang pertama. Demikianlah gosip mengenai sejarah internet di dunia dan Indonesia, dan untuk menambah wawasan keilmuan anda, jangan lupa baca juga gosip dari kami mengenai Pengertian Internet lengkap beserta imbas faktual dan negatifnya. Semoga bermanfaat.


Hasil Pencarian:

sejarah perkembangan internet

Post a Comment for "Sejarah Perkembangan Internet Di Indonesia Dan Dunia"