Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini
- Didi yang sedang mencoba menyusun balok kayu, tiba-tiba didekati Anto dengan maksud ingin main bersama. Didi bukannya me nerima keinginan Anto, tapi dia marah dan mengusir Anto karena menurut Didi hanya dia yang berhak main balok kayu.Sikap Didi menunjukkan ciri anak yang ....a. Individualitasb. Individualc. Egoisd. Egocentris
- Pada minggu keempat masuk TK, Anita sudah mampu menulis angka satu sampai dengan lima. Kemampuan menulis angka tersebut merupakan hasil dari ....a. Kematanganb. Kegiatanc. Perkembangand. Pertumbuhan
- Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kemampuan anak berbicara dari kelompok anak yang sama usianya, sangat beragam. Keragaman tersebut membuktikan bahwa ....a. Perkembangan meliputi semua aspekb. Tiap individu berbedac. Berlangsung secara bertahapd. Mengikuti pola tertentu
- Perkembangan struktur kognitif pada masa akomodasi dapat diketahui dengan terjadinya ....a. Proses pembentukan pengetahuan yang barub. Cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengertic. Jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah/ranah ingatand. Jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
- Kondisi yang paling berpengaruh terhadap kesulitan anak dalam pengembangan fisikmotorik adalah ....a. Mata julingb. Cacat kaki dan tanganc. Badan terlalu gemukd. Tangan kidal
- Kegiatan bimbingan yang dilakukan pembimbing untuk membantu anak yang mengalami kesulitan membaca, adalah suatu bentuk pendekatan ....a. Situasionalb. Remedialc. Preventifd. Kuratif
- Berdasarkan prinsip bahwa semua anak memerlukan bimbingan, maka kegiatan pembimbingan yang paling tepat dilakukan oleh Bu Tatmi adalah ....a. Memberikan bimbingan kepada semua anak untuk menemukan bakat melukisb. Memberikan bimbingan kepada anak-anak yang belum dapat melukisc. Mengadakan lomba melukis bagi anak-anak yang berminatd. Memberi tugas kepada semua anak untuk membawa lukisan
- Kegiatan guru yang paling tepat untuk mengeksplorasi ide dari anak-anak tentang lingkungan hidup adalah ....a. Bercerita di depan kelas tentang banjirb. Menjelaskan sebab-sebab terjadinya banjirc. Menugaskan anak berdiskusi tentang banjird. Mengajak anak melihat video tentang banjir
- Kegiatan yang dapat memberikan arahan kepada anak-anak agar memiliki pribadi sosial yang baik adalah ....a. Memberikan permainan yang membutuhkan toleransib. Memberikan permainan individual untuk semua anakc. Mengajarkan anak agar selalu makan makanan sehatd. Melarang anak jajan di sembarang tempat
- Pertanyaan yang dapat mengarahkan fokus kegiatan dalam evaluasi program bimbingan dan konseling pada langkah penetapan sasaran adalah ....a. Mengapa diperlukan evaluasi pada program bimbingan dan konselingb. Apa dan siapa yang akan dievaluasi pada program bimbingan dan konselingc. Kapan sebaiknya evaluasi bimbingan dan konseling dilaksanakand. Siapa yang dapat melakukan evaluasi program bimbingan dan konseling
- Kegiatan guru yang dapat dikategorikan sebagai proses bimbingan pada saat pembelajaran berlangsung adalah ....a. Menghukum anak yang terlambat datang di kelasb. Memeriksa hasil pekerjaan rumah anak-anakc. Menjelaskan pentingnya hidup rukun sesama temand. Memeriksa kelengkapan belajar
- Materi yang paling tepat diberikan pada layanan pemberian informasi yang ditujukan kepada orang tua anak, adalah pemberian informasi mengenai ....a. Perkembangan kemampuan anak dalam membacab. Tata cara hidup sehat melalui menu sehari-haric. Tanaman pot sebagai penyejuk halaman rumahd. Nyamuk serangga penyebar maut
- Langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ....a. Menentukan tugas yang akan dinilaic. Menentukan skala yang akan digunakanc. Melakukan uji cobad. Mengidentifikasi kemampuan siswa
- Salah satu ciri program bimbingan yang baik adalah ....a. Tujuan program sangat idealb. Program bertaraf internasionalc. Tersedia fasilitas yang diperlukand. Program disusun oleh kepala sekolah
Jawaban:
- d. Egocentris
- c. Perkembangan
- b. Tiap individu berbeda
- c. Jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah/ranah ingatan
- b. Cacat kaki dan tangan
- d. Kuratif
- a. Memberikan bimbingan kepada semua anak untuk menemukan bakat melukis
- c. Menugaskan anak berdiskusi tentang banjir
- a. Memberikan permainan yang membutuhkan toleransi
- b. Apa dan siapa yang akan dievaluasi pada program bimbingan dan konseling
- c. Menjelaskan pentingnya hidup rukun sesama teman
- a. Perkembangan kemampuan anak dalam membaca
- d. Mengidentifikasi kemampuan siswa
- c. Tersedia fasilitas yang diperlukan
Post a Comment for "Soal Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini Beserta Jawaban"