Soal Ekonomi Perkotaan dan Transportasi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Ekonomi Perkotaan dan Transportasi
  1. Pembangunan ekonomi dengan meningkatkan pendapatan masyarakat dianggap dapat mengurangi tingkat kriminalitas, karena ...
    a. Insentif bagi pelanggar hukum akan meningkat
    b. Biaya untuk melanggar hukum akan meningkat
    c. Tingkat kepuasan dari taat hukum akan semakin kecil
    d. Tingkat kepuasan dari melanggar hukum semakin rendah
  2. Biaya yang harus ditanggung akibat melakukan tindakan yang anti sosial disebut ..
    a. Marginal cost
    b. Opportunity cost
    c. Anguish cost
    d. Prison cost
  3. Dalam pola penggunaan lahan menurut Sullivan, sektor manufaktur akan terkonsentrasi di…
    a. Pusat kota
    b. Sepanjang jalur utama transportasi
    c. Sekitar pusat kota
    d. Sekitar sektor jasa
  4. Salah satu faktor yang berkontribusi pada suburbanisasi adalah...
    a. Sentralisasi sektor manufaktur
    b. Adanya kawasan bisnis terpadu
    c. Teknologi angkutan yang masih primitif
    d. Masalah fiskal di daerah pusat kota
  5. Peraturan zoning yang memisahkan penggunaan tanah yang dipertentangkan disebut....
    a. Munisipalitis
    b. Nuisance zoning
    c. Fiscal zoning
    d. Design zoning
  6. Salah satu metode yang digunakan untuk menganalisa pertumbuhan ekonomi kota adalah ...
    a. Model Pertumbuhan Klasik
    b. Model Keseimbangan Umum
    c. Model Pasar Tenaga Kerja
    d. Model Von Thunen
  7. Ada dua alasan mengapa kurva permintaan tenaga kerja (demand labour curve) memiliki kemiringan negatif, yaitu ...
    a. Kenaikan upah dan migrasi
    b. Efek substitusi dan efek output
    c. Efek substitusi dan produktivitas
    d. Produktivitas dan migrasi
  8. Faktor yang mempengaruhi kurva penawaran tenaga kerja bergeser ke kiri adalah :
    a. Pajak usaha
    b. Pajak hunian
    c. Kebijakan tata guna lahan
    d. Produktivitas tenaga kerja
  9. Pengaruh pajak polusi terhadap kurva penawaran (supply) tenaga kerja adalah :
    a. Bergeser ke kanan
    b. Bergeser ke kiri
    c. Semakin curam
    d. Semakin landai
  10. Menurut Prof. Daniel Mc Fadden, faktor penolak yang dapat menyebabkan peralihan dari kendaraan pribadi ke angkutan umum yaitu ...
    a. Membuat berkendaraan pribadi sangat mahal
    b. Membuat angkutan umum aman, nyaman, andal dan terjangkau
    c. Menghilangkan pajak-pajak yang berhubungan dengan kendaraan pribadi
    d. Menaikkan tarif angkutan umum
  11. Pendorong utama pembangunan ekonomi nasional di Negara Sedang Berkembang (NSB) adalah...
    a. Urbanisasi
    b. Industrialisasi
    c. Transportasi
    d. Transmigrasi
  12. Berikut ini merupakan imbas dari pembangunan infrastruktur transportasi pada proporsi tata guna lahan di perkotaan :
    a. Area perdagangan dan bisnis semakin dikurangi
    b. Pembatasan wilayah industri
    c. Perluasan area hijau untuk ditanami pohon
    d. Tanah-tanah untuk pemukiman dikurangi
  13. Model yang menggunakan proposisi bahwa probabilitas sebuah perjalanan akan berakhir di satu zona tertentu, proporsional dengan level aktivitas tata guna lahan dari zona tersebut, dikalikan probabilitas suatu tujuan/akhir perjalanan dekat dengan zona awal perjalanan yang belum diseleksi, dinamakan .....
    a. Model Permintaan Perjalanan
    b. Model Gravity
    c. Model Oportunitas
    d. Model Trip Generation
  14. Inti dari Model Berdasarkan Data Jaringan ialah .....
    a. Mencari matriks perjalanan yang mendekati matriks ‘a priori’, tetapi konsisten dengan informasi yang ada di perhitungan perjalanan.
    b. Maksimisasi berdasarkan data jaringan, yang kemudian memilih matriks perjalanan yang memaksimalkan entropi, (S(Tij/tij)).
    c. Model yang didasarkan pada keterbatasan informasi mengenai perjalanan, sebagai dasar estimasi dari ketiga faktor di atas.
    d. Efek dari pemisahan spasial/zona dengan membuat peringkat akhir (atau awal) perjalanan
    dalam waktu/jarak dari awal/akhir perjalanan.
  15. Pajak menaikkan biaya jika seseorang mengemudi kendaraan pribadi dibandingkan dengan transportasi umum disebut ...
    a. Location choices
    b. Travel route
    c. Time of travel
    d. Modal Substitution
  16. Seandainya angkatan kerja kota (penduduk asli) memiliki kualifikasi sebagai tenaga kerja baru di kota lain, maka...
    a. Angkatan kerja kota tidak mampu bersaing dengan pendatang
    b. Penduduk asli akan mendapatkan sekitar seperempat dari peluang baru yang ada
    c. Semakin sedikit peluang pekerjaan untuk tenaga kerja pendatang
    d. Kemungkinan terjadinya migrasi angkatan kerja semakin kecil
  17. Menurut Rothenbergh, pola perjalanan yang mempunyai awal dan akhir di sub-urban dan tidak melalui Central Bussiness District, disebut
    a. Pola Perjalanan Radial (Radial Trips)
    b. Circumferential Trips
    c. Pola Perjalanan Menerus (through trips)
    d. CBD Travel
  18. Lembaga yang berperan penting dalam menentukan kebijakan sistem pergerakan adalah ...
    a. Bappenas
    b. Bina Marga
    c. Organda
    d. KNKT
  19. Keseimbangan pada sistem transportasi akan tercapai apabila...
    a. Perubahan pada suatu sistem tidak bersamaan dengan perubahan pada sistem yang lain
    b. Perubahan suatu sistem tidak mempengaruhi sistem yang lain
    c. Tidak terjadi perubahan pada sistem
    d. Perubahan pada suatu sistem diimbangi dengan perubahan pada sistem yang lain
  20. Permasalahan utama penyebab tidak efisiennya kinerja sistem pergerakan di kota-kota besar adalah...
    a. Semakin banyaknya jenis transportasi massal
    b. Masyarakat lebih memilih menggunakan angkutan umum
    c. Semakin meningkatnya jumlah angkutan umum
    d. Tingginya pengguna kendaraan pribadi
  21. Masyarakat pengguna moda transportasi cenderung memilih kendaraan pribadi daripada angkutan umum, karena...
    a. Adanya kebijakan pembatasan angkutan umum
    b. Adanya bentuk disinsentif bagi pengguna kendaraan pribadi
    c. Rendahnya user benefit bagi masyarakat pengguna angkutan umum
    d. Dengan menggunakan kendaraan pribadi dapat terbebas dari kemacetan
Jawaban:
  1. d. Tingkat kepuasan dari melanggar hukum semakin rendah
  2. c. Anguish cost
  3. b. Sepanjang jalur utama transportasi
  4. d. Masalah fiskal di daerah pusat kota
  5. b. Nuisance zoning
  6. c. Model Pasar Tenaga Kerja
  7. b. Efek substitusi dan efek output
  8. b. Pajak hunian
  9. a. Bergeser ke kanan
  10. a. Membuat berkendaraan pribadi sangat mahal
  11. b. Industrialisasi
  12. d. Tanah-tanah untuk pemukiman dikurangi
  13. c. Model Oportunitas
  14. a. Mencari matriks perjalanan yang mendekati matriks ‘a priori’, tetapi konsisten dengan informasi yang ada di perhitungan perjalanan.
  15. d. Modal Substitution
  16. b. Penduduk asli akan mendapatkan sekitar seperempat dari peluang baru yang ada
  17. b. Circumferential Trips
  18. c. Organda
  19. d. Perubahan pada suatu sistem diimbangi dengan perubahan pada sistem yang lain
  20. d. Tingginya pengguna kendaraan pribadi
  21. c. Rendahnya user benefit bagi masyarakat pengguna angkutan umum

Post a Comment for "Soal Ekonomi Perkotaan dan Transportasi Beserta Jawaban"