Soal Evaluasi Perkembangan Anak TK Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Evaluasi Perkembangan Anak TK
  1. Keterampilan untuk melakukan gerakan secara wajar disebut ....
    a. Manipulation
    b. Naturalization
    c. Imitation
    d. Articulation
  2. Instrumen yang dikembangkan untuk mengevaluasi asesmen otentik dan asesmen tampilan adalah ....
    a. Rating scale
    b. Chek list perkembangan
    c. Portofolio tampilan
    d. Rubric
  3. Catatan harian atau kesan-kesan tentang baik perorangan maupun kelompok yang dicatat pada akhir kegiatan merupakan teknik ....
    a. Catatan anekdot
    b. Narasi
    c. Daftar periksa pengamatan guru
    d. Catatan frekuensi dan waktu
  4. Teknik ini membantu untuk mengetahui berapa kali sebuah perilaku muncul ....
    a. Catatan anekdot
    b. Narasi
    c. Daftar periksa pengamatan guru
    d. Catatan frekuensi dan waktu
  5. Sebuah daftar periksa pengamatan mengenai perilaku-perilaku spesifik untuk diamati disebut ....
    a. Catatan anekdot 
    b. Narasi
    c. Daftar periksa pengamatan guru
    d. Catatan frekuensi dan waktu
  6. Seorang anak berusia 2 tahun mencoba untuk meraih balok merah yang terletak di belakang botol plastik. Anak tersebut menyingkirkan botol untuk mendapatkan balok yang diinginkan. Aksi yang dilakukan anak disebut ....
    a. Asimilasi
    b. Akomodasi
    c. Organisasi
    d. Kesan mental
  7. Menurut teori perkembangan kognitif, keterampilan anak seperti membaca atau menghitung terutama terkait dengan ....
    a. Kegiatan mental internal yang kompleks
    b. Perubahan perilaku anak
    c. Proses kematangan
    d. Interaksi sosial dengan lingkungan
  8. Berikut ini adalah karakteristik berpikir pra operasional pada anak pra sekolah, kecuali ....
    a. Egosentrisme
    b. Berpikir unidimensi
    c. Penalaran transduktif
    d. Pemahaman konservasi angka
  9. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang melibatkan keterampilan kognitif anak dalam membangun pemahamannya tentang konsep yaitu ....
    a. Memasangkan benda
    b. Mengelompokan benda
    c. Melihat hubungan antar benda
    d. Semuanya benar
  10. Berikut ini adalah beberapa aspek asesmen terhadap anak usia dini yang tidak sesuai dengan perkembangan dan proses belajar anak, kecuali .... 
    a. Melihat akuntabilitas sebagai tujuan utama
    b. Menentukan pada perilaku normatif, mengukur keterampilan berdasarkan usia dan tahapan
    c. Mempertimbangkan perencanaan instruksi sebagai tujuan utama
    d. Merupakan peristiwa terjadwal yang menekankan pada perilaku yang terjadi pada saat tertentu
  11. Pertanyaan yang dapat dijadikan acuan dalam mengakses perilaku kognitif anak usia 5-6 tahun adalah ....
    a. Apakah anak memperagakan kemampuan bercakap-cakap?
    b. Apakah anak memiliki perbendaharaan kata sekitar 1.000 kata?
    c. Dapatkah ana menunjukan dan menyebutkan bagian-bagian tubuh?
    d. Apakah anak menggunakan kata-kata dalam menyampaikan keinginannya?
  12. Bermain kosa kata dengan menggunakan gambar yang dilakukan anak usia dini, dalam proses pengembangan keterampilan sains adalah salah satu contoh aktivitas yang termasuk kategori proses ....
    a. Klasifikasi
    b. Identifikasi
    c. Deskripsi
    d. Observasi
  13. Dibawah ini, pernyataan yang tidak tapat mengenai prinsip-prinsip pelaksanaan asesmen untuk anak usia dini ....
    a. Menggunakan hasil observasi sebagai sumber utama informasi tentang anak
    b. Menerapkan asesmen yang sesuai duntuk semua anak
    c. Tidak memberi tahu keluarga anak tentang jenis asesmen yang digunakan
    d. Menjaga kerahasiaan data anak
  14. Bagaimana bayi memperoleh bahasa?
    a. Memlalui perkenalan dengan kedua orang tua
    b. Melalui interaksi dengan lingkungan
    c. Melalui interaksi sosial dengan orang lain, melalui kesempatan mendengarkan dan menguji  cobakan suara dan kata
    d. Melalui hubungan dengan keluarga dan coba ralat dengan benda-benda di sekitarnya
  15. Mengapa kecakapan bahasa pertama menentukan kecakapan pada bahasa kedua (dalam  perbedaan bahasa)?
    a. Karena bahasa pertama merupakan bahasa ibu atau rumah yang sering digunakan seharihari
    b. Karena bahasa pertama digunakan untuk berpikir, memecahkan masalah dan mendiskusikan ide
    c. Karena bahasa kedua adalah bahasa yang berbeda dengan bahasa ibu atau rumah
    d. Karena kedua bahasa mempunyai ciri-ciri yang sama dalam memperoleh bahasa
  16. Mengapa buku-buku bayi sebaiknya berukuran besar dan jelas serta merupakan objek sederhana, disukai, mudah dikenal? Hal tersebut karena?
    a. Penglihatan bayi belum sempurna dan belum mengenal hal yang komleks
    b. Bayi masih dan belum dapat membaca
    c. Penglihatan tidak mampu menjangkau sesuatu yang jauh
    d. Bayi masih berpikir holistis dan fungsi pancaindra belum sempurna
  17. Berikut ini adalah buku-buku yang disukai oleh anak-anak usia 3-5 tahun, kecuali bukubuku ....
    a. Bergambar tanpa teks
    b. Cerita bersambung
    c. Cerita pendek
    d. Alfabet
  18. Salah satu cara orang dewasa mengerti bahasa isyarat anak adalah dengan ....
    a. Memahami tangisannya
    b. Mengecek kebutuhan anak
    c. Menguji coba dengan benda
    d. Mengalihkan perhatian
  19. Alasan mengapa anak suka mengulang-ulang perkataan yang baru dikenalkannya adalah karena anak ....
    a. Senang mengikuti orang dewasa
    b. Adalah individu yang aktif
    c. Belum dapat berbicara dengan lancar 
    d. Sedang meningkatkan kemampuan artikulasi dan berpikirnya
  20. Anak usia 3 tahun mengerti tulisan (kata/huruf/angka) dengan cara ....
    a. Mengerti kata-kata orang dewasa
    b. Mengeja satu persatu dibantu orang dewasa
    c. Menghubungkan suara dengan gambar dan benda
    d. Membaca sendiri
  21. Salah satu kelemahan tekhnik interview adalah ....
    a. Memakan waktu dan tenaga yang banyak
    b. Bebas mengungkapkan apa saja yang diinginkan anak
    c. Tidak memerlukan kertas dan alat tulis yang lengkap
    d. Hanya berhadapan satu lawab satu
  22. Unsur-unsur yang terkait dalam perkembangan emosi ...
    a. Temperamen, karakteristik, dan kepribadian
    b. Kelekatan, konsep diri, dan percaya diri
    c. Kelekatan, temperamen, konsep diri, dan harga diri
    d. Temperamen, watak, dan sifat diri
  23. Ekspresi emosi dapat ditunjukan melalui ....
    a. Bahasa tubuh, postus tubuh, gaya komunikasi
    b. Tertawa, sedih, merenung
    c. Mengangguk, tersenyum, meraba
    d. Duduk, berdiri, berlari
  24. Salah satu pandangan mengenai perkembangan sosial adalah ....
    a. Pengetahuan sosial konvensional dan konvensional hedonism
    b. Perkembangan prososial dan psikososial
    c. Perkembangan psikososial dan psikososial
    d. Pengetahuan sosial konvensional dan perkembangan prososial
  25. Maksud dari tahap premoral?
    a. Pikiran anak hanya dapat mengetahui hal-hal yang konkret
    b. Perasaan anak belum mengerti konsep diri dan harga diri
    c. Pengertian anak dibatasi pada aturan dan alasan anak melakukan sesuatu
    d. Perkembangan pengertian baru mencapai tahap praperasional
Jawaban:
  1. b. Naturalization
  2. d. Rubric
  3. b. Narasi
  4. d. Catatan frekuensi dan waktu
  5. c. Daftar periksa pengamatan guru
  6. b. Akomodasi
  7. a. Kegiatan mental internal yang kompleks
  8. d. Pemahaman konservasi angka
  9. d. Semuanya benar
  10. c. Mempertimbangkan perencanaan instruksi sebagai tujuan utama
  11. b. Apakah anak memiliki perbendaharaan kata sekitar 1.000 kata?
  12. b. Identifikasi
  13. c. Tidak memberi tahu keluarga anak tentang jenis asesmen yang digunakan
  14. c. Melalui interaksi sosial dengan orang lain, melalui kesempatan mendengarkan dan menguji  cobakan suara dan kata
  15. b. Karena bahasa pertama digunakan untuk berpikir, memecahkan masalah dan mendiskusikan ide
  16. d. Bayi masih berpikir holistis dan fungsi pancaindra belum sempurna
  17. b. Cerita bersambung
  18. b. Mengecek kebutuhan anak
  19. d. Sedang meningkatkan kemampuan artikulasi dan berpikirnya
  20. c. Menghubungkan suara dengan gambar dan benda
  21. a. Memakan waktu dan tenaga yang banyak
  22. c. Kelekatan, temperamen, konsep diri, dan harga diri
  23. a. Bahasa tubuh, postus tubuh, gaya komunikasi
  24. d. Pengetahuan sosial konvensional dan perkembangan prososial
  25. c. Pengertian anak dibatasi pada aturan dan alasan anak melakukan sesuatu

Post a Comment for "Soal Evaluasi Perkembangan Anak TK Beserta Jawaban"