Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Evaluasi Perkembangan Anak TK
- Keterampilan untuk melakukan gerakan secara wajar disebut ....a. Manipulationb. Naturalizationc. Imitationd. Articulation
- Instrumen yang dikembangkan untuk mengevaluasi asesmen otentik dan asesmen tampilan adalah ....a. Rating scaleb. Chek list perkembanganc. Portofolio tampiland. Rubric
- Catatan harian atau kesan-kesan tentang baik perorangan maupun kelompok yang dicatat pada akhir kegiatan merupakan teknik ....a. Catatan anekdotb. Narasic. Daftar periksa pengamatan gurud. Catatan frekuensi dan waktu
- Teknik ini membantu untuk mengetahui berapa kali sebuah perilaku muncul ....a. Catatan anekdotb. Narasic. Daftar periksa pengamatan gurud. Catatan frekuensi dan waktu
- Sebuah daftar periksa pengamatan mengenai perilaku-perilaku spesifik untuk diamati disebut ....a. Catatan anekdotb. Narasic. Daftar periksa pengamatan gurud. Catatan frekuensi dan waktu
- Seorang anak berusia 2 tahun mencoba untuk meraih balok merah yang terletak di belakang botol plastik. Anak tersebut menyingkirkan botol untuk mendapatkan balok yang diinginkan. Aksi yang dilakukan anak disebut ....a. Asimilasib. Akomodasic. Organisasid. Kesan mental
- Menurut teori perkembangan kognitif, keterampilan anak seperti membaca atau menghitung terutama terkait dengan ....a. Kegiatan mental internal yang kompleksb. Perubahan perilaku anakc. Proses kematangand. Interaksi sosial dengan lingkungan
- Berikut ini adalah karakteristik berpikir pra operasional pada anak pra sekolah, kecuali ....a. Egosentrismeb. Berpikir unidimensic. Penalaran transduktifd. Pemahaman konservasi angka
- Berikut ini adalah contoh kegiatan yang melibatkan keterampilan kognitif anak dalam membangun pemahamannya tentang konsep yaitu ....a. Memasangkan bendab. Mengelompokan bendac. Melihat hubungan antar bendad. Semuanya benar
- Berikut ini adalah beberapa aspek asesmen terhadap anak usia dini yang tidak sesuai dengan perkembangan dan proses belajar anak, kecuali ....a. Melihat akuntabilitas sebagai tujuan utamab. Menentukan pada perilaku normatif, mengukur keterampilan berdasarkan usia dan tahapanc. Mempertimbangkan perencanaan instruksi sebagai tujuan utamad. Merupakan peristiwa terjadwal yang menekankan pada perilaku yang terjadi pada saat tertentu
- Pertanyaan yang dapat dijadikan acuan dalam mengakses perilaku kognitif anak usia 5-6 tahun adalah ....a. Apakah anak memperagakan kemampuan bercakap-cakap?b. Apakah anak memiliki perbendaharaan kata sekitar 1.000 kata?c. Dapatkah ana menunjukan dan menyebutkan bagian-bagian tubuh?d. Apakah anak menggunakan kata-kata dalam menyampaikan keinginannya?
- Bermain kosa kata dengan menggunakan gambar yang dilakukan anak usia dini, dalam proses pengembangan keterampilan sains adalah salah satu contoh aktivitas yang termasuk kategori proses ....a. Klasifikasib. Identifikasic. Deskripsid. Observasi
- Dibawah ini, pernyataan yang tidak tapat mengenai prinsip-prinsip pelaksanaan asesmen untuk anak usia dini ....a. Menggunakan hasil observasi sebagai sumber utama informasi tentang anakb. Menerapkan asesmen yang sesuai duntuk semua anakc. Tidak memberi tahu keluarga anak tentang jenis asesmen yang digunakand. Menjaga kerahasiaan data anak
- Bagaimana bayi memperoleh bahasa?a. Memlalui perkenalan dengan kedua orang tuab. Melalui interaksi dengan lingkunganc. Melalui interaksi sosial dengan orang lain, melalui kesempatan mendengarkan dan menguji cobakan suara dan katad. Melalui hubungan dengan keluarga dan coba ralat dengan benda-benda di sekitarnya
- Mengapa kecakapan bahasa pertama menentukan kecakapan pada bahasa kedua (dalam perbedaan bahasa)?a. Karena bahasa pertama merupakan bahasa ibu atau rumah yang sering digunakan sehariharib. Karena bahasa pertama digunakan untuk berpikir, memecahkan masalah dan mendiskusikan idec. Karena bahasa kedua adalah bahasa yang berbeda dengan bahasa ibu atau rumahd. Karena kedua bahasa mempunyai ciri-ciri yang sama dalam memperoleh bahasa
- Mengapa buku-buku bayi sebaiknya berukuran besar dan jelas serta merupakan objek sederhana, disukai, mudah dikenal? Hal tersebut karena?a. Penglihatan bayi belum sempurna dan belum mengenal hal yang komleksb. Bayi masih dan belum dapat membacac. Penglihatan tidak mampu menjangkau sesuatu yang jauhd. Bayi masih berpikir holistis dan fungsi pancaindra belum sempurna
- Berikut ini adalah buku-buku yang disukai oleh anak-anak usia 3-5 tahun, kecuali bukubuku ....a. Bergambar tanpa teksb. Cerita bersambungc. Cerita pendekd. Alfabet
- Salah satu cara orang dewasa mengerti bahasa isyarat anak adalah dengan ....a. Memahami tangisannyab. Mengecek kebutuhan anakc. Menguji coba dengan bendad. Mengalihkan perhatian
- Alasan mengapa anak suka mengulang-ulang perkataan yang baru dikenalkannya adalah karena anak ....a. Senang mengikuti orang dewasab. Adalah individu yang aktifc. Belum dapat berbicara dengan lancard. Sedang meningkatkan kemampuan artikulasi dan berpikirnya
- Anak usia 3 tahun mengerti tulisan (kata/huruf/angka) dengan cara ....a. Mengerti kata-kata orang dewasab. Mengeja satu persatu dibantu orang dewasac. Menghubungkan suara dengan gambar dan bendad. Membaca sendiri
- Salah satu kelemahan tekhnik interview adalah ....a. Memakan waktu dan tenaga yang banyakb. Bebas mengungkapkan apa saja yang diinginkan anakc. Tidak memerlukan kertas dan alat tulis yang lengkapd. Hanya berhadapan satu lawab satu
- Unsur-unsur yang terkait dalam perkembangan emosi ...a. Temperamen, karakteristik, dan kepribadianb. Kelekatan, konsep diri, dan percaya diric. Kelekatan, temperamen, konsep diri, dan harga dirid. Temperamen, watak, dan sifat diri
- Ekspresi emosi dapat ditunjukan melalui ....a. Bahasa tubuh, postus tubuh, gaya komunikasib. Tertawa, sedih, merenungc. Mengangguk, tersenyum, merabad. Duduk, berdiri, berlari
- Salah satu pandangan mengenai perkembangan sosial adalah ....a. Pengetahuan sosial konvensional dan konvensional hedonismb. Perkembangan prososial dan psikososialc. Perkembangan psikososial dan psikososiald. Pengetahuan sosial konvensional dan perkembangan prososial
- Maksud dari tahap premoral?a. Pikiran anak hanya dapat mengetahui hal-hal yang konkretb. Perasaan anak belum mengerti konsep diri dan harga diric. Pengertian anak dibatasi pada aturan dan alasan anak melakukan sesuatud. Perkembangan pengertian baru mencapai tahap praperasional
Jawaban:
- b. Naturalization
- d. Rubric
- b. Narasi
- d. Catatan frekuensi dan waktu
- c. Daftar periksa pengamatan guru
- b. Akomodasi
- a. Kegiatan mental internal yang kompleks
- d. Pemahaman konservasi angka
- d. Semuanya benar
- c. Mempertimbangkan perencanaan instruksi sebagai tujuan utama
- b. Apakah anak memiliki perbendaharaan kata sekitar 1.000 kata?
- b. Identifikasi
- c. Tidak memberi tahu keluarga anak tentang jenis asesmen yang digunakan
- c. Melalui interaksi sosial dengan orang lain, melalui kesempatan mendengarkan dan menguji cobakan suara dan kata
- b. Karena bahasa pertama digunakan untuk berpikir, memecahkan masalah dan mendiskusikan ide
- d. Bayi masih berpikir holistis dan fungsi pancaindra belum sempurna
- b. Cerita bersambung
- b. Mengecek kebutuhan anak
- d. Sedang meningkatkan kemampuan artikulasi dan berpikirnya
- c. Menghubungkan suara dengan gambar dan benda
- a. Memakan waktu dan tenaga yang banyak
- c. Kelekatan, temperamen, konsep diri, dan harga diri
- a. Bahasa tubuh, postus tubuh, gaya komunikasi
- d. Pengetahuan sosial konvensional dan perkembangan prososial
- c. Pengertian anak dibatasi pada aturan dan alasan anak melakukan sesuatu
Post a Comment for "Soal Evaluasi Perkembangan Anak TK Beserta Jawaban"