Soal Komunikasi Persuasif Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Komunikasi Persuasif 
  1. Saluran dalam komunikasi persuasif adalah...
    a. Sarana perjalanan pesan antara persuader dan persuadee
    b. Penghubung antara sumber dan penerima di luar struktur komunikasi
    c. Bukan komponen komunikan
    d. Rangkaian mekanisme antara unit-unit yang saling berpartisipasi di luar proses komunikasi
  2. Tahap kejadian yang paling ideal dalam peristiwa komunikasi persuasif adalah...
    a. Definition physical interdependence
    b. Interaction  
    c. Action-reaction interdependence
    d. Interdependence of expectation
  3. Interaksi merupakan aspek yang sangat vital untuk terjadinya komunikasi persuasif yang efektif. Interaksi yang terjadi di antara anggota-anggota dalam suatu kelompok ditentukan oleh...
    a. Hubungan kelompok primer penyimpanan
    b. Tekanan konformitas dari kelompok
    c. Pola komunikasi yang terjadi
    d. Pengaruh kelompok lain
  4. Media yang memberikan kesempatan kepada persuaderuntuk mengembangkan topik, isu, dan argumentasinya secara penuh, bilamana hal itu perlu adalah ....
    a. Film
    b. Televisi
    c. Kaset dan CD
    d. Majalah
  5. Pengaruh yang menimbulkan penguatan pada khalayak akan pandangan dunia yang sama, peranan yang sama, dan nilai-nilai yang sama pula adalah efek dari terpaan televisi
    sebagai...     
    a. The efects of syntetic experience
    b. Proses selektivitas yang didasarkan pada opini
    c. Cultivation
    d. Jarum suntik hipodermik
  6. Pengaruh komunikasi persuasi terhadap penerima melalui pendekatan tradisional berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa...
    a. Persuadee yang memiliki harga diri rendah akan mudah terbujuk daripada persuadee yang harga dirinya tinggi
    b. Ada suatu usaha pemahaman tentang apa yang dipikirkan persuadee sewaktu mereka dihadapkan pada stimulus persuasif
    c. Ada suatu usaha pemahaman tentang bagaimana proses berpikir persuadee yang berkaitan dengan penentuan perubahan sikap yang akan benar-benar terjadi
    d. Persuadee mengonsenterasikan dirinya pada peran dan argumentasi yang diterimanya sehingga Ia menerima persuasi melalui jalur netral
  7. Persuabilitas dapat diartikan sebagai kerentanan audiens yang berasosiasi dengan faktor-faktor...    
    a. Dogmatis dan harga diri
    b. Jenis kelamin dan usia
    c. Intelegensi dan tingkat pendidikan
    d. Jenis kelamin dan autoritarianisme
  8. Teknik persuasi yang dikemukakan oleh Charles Larson adalah...
    a. The swap technique
    b. Don’t ask if, ask which
    c. Reassurance
    d. Transfer
  9. Pedagang minyak wangi, dalam teknik penjualannya seringkali mengoleskan parfumnya ke bagian tubuh sasarannya atau di selembar kertas atau karton. Teknik yang dilakukan oleh pedagang adalah teknik…
    a. Ask more, so they settle for less
    b. Planting
    c. Getting partial commitment
    d. Humor
  10. Peran humor yang bersifat “mencela diri” antara lain adalah untuk...
    a. Meningkatkan citra pembicara
    b. Memperoleh respon “yes” dari persuadee
    c. Menghindari perdebatan dengan persuadee
    d. Memberi informasi dengan cara barter
  11. Penggunaan humor merupakan teknik yang popular dalam komunikasi persuasive. Berdasarkan pendekatan Teori Belajar humor dapat…
    a. Membingungkan
    b. Membuat reinforcement
    c. Meningkatkan efektivitas persuasi
    d. Membangkitkan kesukaan terhadap persuade
  12. Komunikasi antara dua pihak tidak selalu berjalan dengan lancar. Hambatan dalam komunikasi antara lain dapat terjadi karena hal-hal berikut ini kecuali...
    a. Kesenjangan generasi
    b. Kesenjangan kredibilitas
    c. Kegagalan komunikasi
    d. Tidak ada persuadee
  13. “Ok kita bertemu hari Rabu, tanggal 28 Januari 2009 untuk membahas penelitian kita yang
    tertunda.” Teknik persuasi ini adalahteknik...
    a. The swap technique
    b. Reassurance
    c. Transfer
    d. Don’t ask if, ask which
  14. Agar komunikasi persuasif dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, maka strategi yang digunakan perlu dirumuskan terlebih dahulu, yang menurut Scoot M. Cutlip dan Allen H. Center (1978) adalah…
    a. Rekonsiderasi
    b. Pengumpulan dan analisis data
    c. Prinsip familiaritas
    d. Prinsip evaluasi
  15. Proses penilaian terhadap suatu kegiatan komunikasi persuasif adalah metode analisis masalah dalam komunikasi persuasif yang termasuk metode...
    a. Analisis yang berpusat pada pesan
    b. Evaluasi kritis
    c. Analisis sebab akibat
    d. Analisis yang berorientasi teori
  16. Analisis penelitian tentang komunikasi persuasif dapat dilakukan dengan berbagai teknik antara lain analisis...
    a. Evaluasi kritis
    b. Sebab akibat
    c. Kuantitatif
    d. Ilmiah
  17. Salah satu tujuan komunikasi persuasif dalam periklanan adalah melakukan pengidentifikasian dan pemeriksaan terhadap ….
    a. Merek dagang yang diiklankan
    b. Kemasan iklan
    c. Slogan iklan
    d. Dukungan suatu iklan
  18. Masalah-masalah komunikasi persuasif periklanan dapat berasal dari hal sebagai berikut, kecuali...
    a. Strategi komunikasi persuasif
    b. Sumber iklan
    c. Saluran
    d. Lingkungan sosial dan budaya
Jawaban:
  1. a. Sarana perjalanan pesan antara persuader dan persuadee
  2. b. Interaction  
  3. c. Pola komunikasi yang terjadi
  4. d. Majalah
  5. c. Cultivation
  6. a. Persuadee yang memiliki harga diri rendah akan mudah terbujuk daripada persuadee yang harga dirinya tinggi
  7. b. Jenis kelamin dan usia
  8. b. Don’t ask if, ask which
  9. c. Getting partial commitment
  10. a. Meningkatkan citra pembicara
  11. c. Meningkatkan efektivitas persuasi
  12. d. Tidak ada persuadee
  13. b. Don’t ask if, ask which
  14. c. Prinsip familiaritas
  15. b. Evaluasi kritis
  16. c. Kuantitatif
  17. d. Dukungan suatu iklan
  18. a. Strategi komunikasi persuasif

Post a Comment for "Soal Komunikasi Persuasif Beserta Jawaban"