Soal Manajemen Pendidikan TK Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Manajemen Pendidikan TK Beserta Jawaban
  1. Salah satu landasan konseptual (teoretik) penyelenggaraan pendidikan TK adalah model pembelajaran Montessori yang berisikan tentang … .
    a. Semua bentuk pendidikan pada dasarnya pendidikan diri sendiri dan fungsi panca indra harus mendapatkan kesempatan yang besar
    b. Pembelajaran harus memungkinkan anak dapat bebas bergerak bebas sesuai dengan keinginan anak
    c. Proses pendidikan anak lebih ditekankan kepada learning by doing (belajar sambil bekerja)
    d. Lebih menekankan kepada pengajaran proyek dimana anak mengolah sendiri dan menguasai bahan pelajaran yang dilakukan guru
  2. Salah satu persyaratan pendirian lembaga pendidikan TK adalah adanya kurikulum. Faktor yang termasuk kedalam aspek kurikulum tersebut adalah ... .
    a. Sarana dan prasarana
    b. Peserta didik
    c. Tenaga pendidik dan kependidikan
    d. Penilaian berbasis kelas
  3. Salah satu panduan dalam KBK adalah ... .
    a. Kegiatan pembelajaran
    b. Penggunaan berbagai macam metode pembelajaran
    c. Panduan pengembangan penyusunan satuan kegiatan harian
    d. Panduan pelaksanaan belajar tuntas
  4. Jika Anda akan mendirikan lembaga pendidikan TK, Bagaimanakah mekanisme pelaksanaannya? ... .
    a. Melengkapi syarat-syarat kemudian dikirim langsung ke Departemen Pendidikan Pusat
    b. Cukup melalui konsultasi dengan Dinas Pendidikan setempat
    c. Melengkapi semua persyaratan, kemudian dikirim kepada Kepala Dinas Pendidikan Nasional kota/kabupaten
    d. Meminta izin kepada kepala dinas pendidikan kabupaten/kota, kemudian mengoperasikan lembaga pendidikan TK, sementara persyaratan akan menyusul kemudian
  5. Persyaratan untuk memperoleh izin mendirikan TK adalah ... .
    a. Semua lembaga/yayasan pendidikan boleh mengajukan usulan pendirian TK
    b. Yayasan yang berbadan hukum mengajukan surat resmi dan melampirkan proposal kepada kepala dinas pendidikan kabupaten/kota
    c. Izin pendirian boleh dilakukan oleh siapa saja
    d. Usulan pendirian harus dilakukan oleh sebuah yayasan 
  6. Fungsi struktur lembaga penyelenggara TK, khususnya kepala TK ataupun guru adalah … .
    a. Berperan aktif dalam gabungan organisasi penyelenggara (GOP) TK
    b. Sebagai wakil lembaga untuk berperan aktif dalam ikatan guru TK (IGTK)
    c. Aktif membelajarkan anak di kelas
    d. Mengikuti kegiatan rapat yang dilaksanakan sekali setiap bulan di kantor Dinas Pendidikan
  7. Jelaskan struktur organisasi lembaga pendidikan TK ... .
    a. Kepala TK, guru, wali murid, dan penjaga sekolah
    b. Ketua yayasan, kepala TK, guru, dan pengawas
    c. Kepala Dinas pendidikan, ketua yayasan, kepala TK, dan guru
    d. Dewan pembina/pendiri, pengawas, pengurus yayasan, kepala TK, dan dewan guru
  8. Agar TK/sekolah yang baru didirikan dapat dikenal oleh banyak orang, diperlukan adanya promosi, yang berfungsi sebagai ... .
    a. Sarana untuk menyampaikan pertanggungjawaban publik tentang proses dan hasil pendidikan
    b. Sarana untuk memperkenalkan diri
    c. Agar pada tahun ajaran baru banyak mendapatkan anak didik
    d. Promosi melalui audio visual akan lebih efektif bila dibandingkan dengan promosi melalui 
    audio atau visual saja
  9. Mengapa seseorang perlu mengetahui tujuan penyelenggaraan TK dalam rangka melaksanakan pemasaran lembaga pendidikan TK? … .
    a. Untuk mengetahui kualitas TK yang akan dipasarkan
    b. Untuk mengetahui keuangan lembaga TK yang dipasarkan agar dapat menyelesaikan pembayaran jasa pemasaran dengan sebaik-baiknya
    c. Agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen
    d. Untuk memastikan bahwa TK yang akan dipasarkan telah berbadan hukum
  10. Jelaskan hal-hal yang mempengaruhi penentuan target market? ... .
    a. Semua guru pengajarnya berpendidikan sarjana
    b. Sarana dan prasarana pendidikan yang tersedia di TK tersebut
    c. TK tersebut berada di bawah yayasan milik pejabat tinggi negara
    d. Berada dilingkungan elit kota
  11. Alasan mengapa riset pemasaran perlu dilakukan adalah ... .
    a. Melatih para guru TK untuk melakukan penelitian sederhana
    b. Melalui riset diharapkan lembaga/sekolah dapat berlangsung secara berkesinambungan
    c. Untuk menelusuri kebaikan dan kelemahan program pendidikan TK
    d. Agar produk/lulusan memiliki kualitas yang baik
  12. Jelaskan apa yang menjadi target dari konsep pemasaran lembaga pendidikan TK? … .
    a. Kepuasan konsumen
    b. Kualitas kepala sekolah dan para guru
    c. Kesejahteraan kepala sekolah dan para guru 
    d. Penerapan aturan sekolah secara konsekuen baik terhadap anak maupun para guru
  13. Salah satu konsep dalam strategi produk adalah menekankan ketidakpastian, hal ini berarti bahwa TK ... .
    a. Harus memberikan manfaat bagi orang tua, anak-anak, dan lingkungan sekitar TK
    b. Dapat memahami masalah yang dihadapi oleh para anak
    c. Bersifat fleksibel
    d. Hanya menanamkan fondasi dasar kepribadian agar anak menjadi sosok manusia yang 
  14. Dalam menentukan strategi harga harus menggunakan patokan harga yang benar karena ... .
    a. Kualitas sekolah tetap dapat dipertahankan
    b. Lembaga pendidikan harus tetap mendapat keuntungan/laba
    c. Jumlah anak terus bertambah
    d. Disiplin guru terus berkelanjutan
  15. Cara promosi yang terbaik yang dapat digunakan lembaga pendidikan TK adalah ... .
    a. Mengutamakan promosi melalui media massa
    b. Disampaikan dari mulut kemulut
    c. Membuka hubungan dengan masyarakat dengan menjadi sponsorship pada setiap kegiatan anak
    d. Dengan tetap menjaga kualitas pendidikan
  16. Persyaratan yang harus dipenuhi dalam menentukan lokasi lembaga pendidikan TK adalah ... .
    a. Lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh anak-anak
    b. Harus terletak di dekat pasar sehingga memudahkan mencari dan menghubunginya
    c. Gedung TK harus terletak ditepi jalan raya yang dilewati kendaraan umum
    d. Lokasinya harus yang sepi dan tenang, untuk itu lebih baik jika gedung TK berdekatan 
    dengan makam umum
  17. Dalam pengembangan kurikulum TK mengacu kepada pendapat yang menyatakan bahwa perkembangan anak merupakan perpaduan antara hereditas dan pengaruh lingkungan. 
    Pendekatan model yang dimaksud adalah ... .
    a. Pendekatan model pematangan
    b. Pembelajaran kelas rangkap
    c. Model aliran tingkah laku lingkungan
    d. Model interaksi
  18. Salah satu hal yang harus diperhitungkan dalam penggunaan model pematangan adalah 
    memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk memilih aktivitas yang diinginkan sesuai 
    dengan tema yang telah disusun melalui permainan. Pernyataan tersebut merupakan bagian 
    dari aspek ... .
    a. Administrasi
    b. Pendidikan
    c. Evaluasi program
    d. Pembelajaran
  19. Salah satu komponen dalam penggunaan model aliran tingkah laku lingkungan menjelaskan bahwa model pembelajaran disajikan dalam bentuk program tersendiri sesuai dengan sasaran dan melayani satu bentuk kegiatan ekspresi tertentu. Komponen yang dimaksud adalah … .
    a. Administrasi
    b. Pendidikan
    c. Evaluasi program
    d. Pembelajaran
  20. Lingkungan ruangan pada komponen ini dirancang untuk memberikan keuntungan pada anak-anak dalam mencapai berbagai aktivitas. Hal ini perlu diperhitungkan dalam penggunaan model interaksi dari komponen … .
    a. Administrasi
    b. Pendidikan
    c. Evaluasi program
    d. pembelajaran
  21. Dari penjelasan ini, guru dapat mengidentifikasi batasan pengembangan kurikulum yang dapat dilakukan pada tingkat sekolah, sehingga pemahaman dan pelaksaaan kurikulum oleh para guru tidak kaku (luwes) dan dinamis. Pernyataan tersebut merupakan perwujudan dari … .
    a. landasan hukum lembaga pendidikan TK
    b. Garis-garis besar program kegiatan pendidikan TK
    c. Isi program pengejaran
    d. Rambu pengembangan kurikulum TK
  22. Isi dari Garis Besar Program Kegiatan dalam Panduan penyelenggaraan Kurikulum 1994 adalah … .
    a. Cara membaca huruf dan angka
    b. Program pengembangan bahasa, daya pikir, keterampilan jasmani, dan perilaku anak
    c. Membaca, menulis, dan berhitung (calistung)
    d. Berbagai mata pelajaran seperti matematika, bahasa, IPS, dan IPA
  23. Salah satu isi dari pedoman kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 1994 adalah inti. Sifat anak dalam memusatkan perhatian melalui kegiatan inti ini adalahk kegiatan yang ... .
    a. Berhubungan dengan tema dan sub tema
    b. Mengaktifkan perhatian kemampuan dan sosial emosional anak
    c. Hendak dicapai yang berkaitan dengan kegiatan makan
    d. Bersifat menenangkan anak yang diberikan secara klasikal
  24. Mencatat kejadian-kejadian penting yang terjadi pada hari itu yang dilakukan oleh guru selama di sekolah, adalah kegiatan yang termasuk kedalam pedoman … .
    a. Landasan, program dan pengembangan kegiatan belajar
    b. Garis-garis besar program kegiatan pendidikan
    c. Kegiatan belajar mengajar (KBM)
    d. Evaluasi
  25. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk kegiatan pembinaan staf, salah satunya adalah melalui pemberian umpan balik dari kepala sekolah tentang observasi dan diskusi kepada seorang staf yang sesuai dalam bidang profesinyA. Pembinaan staf seperti ini merupakan bentuk dari ... .
    a. Pengamatan mengajar (teaching observation)
    b. Diskusi
    c. Pengamatan perkembangan anak
    d. Konferensi individual
Jawaban:
  1. a. Semua bentuk pendidikan pada dasarnya pendidikan diri sendiri dan fungsi panca indra harus mendapatkan kesempatan yang besar
  2. d. Penilaian berbasis kelas
  3. a. Kegiatan pembelajaran
  4. c. Melengkapi semua persyaratan, kemudian dikirim kepada Kepala Dinas Pendidikan Nasional kota/kabupaten
  5. b. Yayasan yang berbadan hukum mengajukan surat resmi dan melampirkan proposal kepada kepala dinas pendidikan kabupaten/kota
  6. b. Sebagai wakil lembaga untuk berperan aktif dalam ikatan guru TK (IGTK)
  7. d. Dewan pembina/pendiri, pengawas, pengurus yayasan, kepala TK, dan dewan guru
  8. a. Sarana untuk menyampaikan pertanggungjawaban publik tentang proses dan hasil pendidikan
  9. c. Agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen
  10. b. Sarana dan prasarana pendidikan yang tersedia di TK tersebut
  11. c. Untuk menelusuri kebaikan dan kelemahan program pendidikan TK
  12. a. Kepuasan konsumen
  13. d. Hanya menanamkan fondasi dasar kepribadian agar anak menjadi sosok manusia yang 
  14. b. Lembaga pendidikan harus tetap mendapat keuntungan/laba
  15. c. Membuka hubungan dengan masyarakat dengan menjadi sponsorship pada setiap kegiatan anak
  16. a. Lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh anak-anak
  17. d. Model interaksi
  18. b. Pendidikan
  19. a. Administrasi
  20. a. Administrasi
  21. d. Rambu pengembangan kurikulum TK
  22. b. Program pengembangan bahasa, daya pikir, keterampilan jasmani, dan perilaku anak
  23. b. Mengaktifkan perhatian kemampuan dan sosial emosional anak
  24. d. Evaluasi
  25. d. Konferensi individual

Post a Comment for "Soal Manajemen Pendidikan TK Beserta Jawaban"