Soal Media dan Sumber Belajar TK Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Media dan Sumber Belajar TK 
  1. Sumber belajar yang sangat memungkinkan anak untuk mendapatkan pengetahuan secara langsung mengenai pengalaman seseorang adalah ....
    a. Buku
    b. Majalah
    c. Manusia sumber
    d. Peralatan
  2. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dipergunakan untuk kepentingan pelajaran, yaitu segala apa yang ada di sekolah pada masa lalu, sekarang, dan pada masa yang akan datang. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
    a. Torkleson 
    b. Nana Sudjana
    c. Anna Suhaenah
    d. Anggani Sudono
  3. Pada awal perkembangannya, pengertian sumber belajar itu diartikan secara sempit, yaitu ....
    a. Alat pengajaran yang dapat didengar (auditif)
    b. Alat pengajaran yang dilihat (visual)
    c. Buku
    d. Metode
  4. Berikut ini contoh sumber-sumber belajar yang dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru, kecuali ....
    a. Buku bacaan
    b. Majalah untuk anak
    c. Nara sumber
    d. Cerita rakyat
  5. Buku cerita dan majalah anak sangat menarik untuk dibaca oleh anak-anak. Sumber belajar tersebut merupakan jenis sumber belajar ....
    a. Bahan
    b. Alat
    c. Teknik
    d. Pesan
  6. Alat permainan merupakan jenis sumber belajar yang khusus terdapat dalam pendidikan di lembaga PAUD. Diantara alat permainan berikut ini yang merupakan alat permainan di luar ruangan adalah ....
    a. Pezzle
    b. Boneka tangan
    c. Papan titian
    d. Papan rusak
  7. Salah satu nilai yang dimiliki media pembelajaran, yaitu ....
    a. Membuat abstrak konsep-konsep yang nyata
    b. Membangkitkan motivasi belajar anak
    c. Menumbuhkan individualisme anak dalam belajar
    d. Mengontrol kecepatan mengajar guru
  8. Media pembelajaran dapat membantu terjadinya perluasan area of experience guru dan anak, maksudnya ialah ....
    a. Guru memiliki daerah pengalaman lebih luas dari anak
    b. Daerah pengalaman guru dan anak mendekati kesamaan
    c. Pengalaman anak menjadi lebih baik dbandingkan gurunya
    d. Anak menjadi lebih banyak memperoleh pengalaman belajar
  9. Media grafis pada dasarnya memiliki karakteristik ....
    a. Sama dengan media fotografik
    b. Agar rumit dan kurang menarik perhatian
    c. Harganya cukup murah dan mudah disimpan
    d. Selalu memerlukan alat proyeksi untuk menampilkannya
  10. Penggunaan sebagai jenis media dalam satu kali pertemuan belajar-mengajar ....
    a. Sangat baik, agar pembelajaran bervariasi dan menarik
    b. Tidak baik, sebab akan mengaburkan tujuan pembelajaran
    c. Baik, karena guru akan terbantu tugasnya dalam mengajar
    d. Kurang baik, sebab membutuhkan biaya yang sangat mahal
  11. Media 3 dimensi yang menggambarkan keadaan sebenarnya adalah .... 
    a. Cemuna
    b. Papan tikar
    c. Flip chart
    d. Diorama
  12. Bahan tiruan dalam pembuatan lahar ketiga "gunung meletus" adalah ....
    a. Air dan cuka
    b. Soda dan cuka
    c. Lumpur dan air
    d. Semen dan pasir
  13. APE dapat meningkatkan lebih dari satu aspek perkembangan, ini adalah ciri APE yang ....
    a. Multiguna
    b. Kreatif
    c. Konstruktif
    d. Aman
  14. Pesan yang disajikan untuk anak usia dini dala flip chart biasanya berupa pesan-pesan berikut ini, kecuali ....
    a. Gambar
    b. Huruf
    c. Angka
    d. Diagram
  15. Berikut ini prinsip-prinsip penggunaan media pembelajaran untuk anak TK, kecuali ....
    a. Media adalah bagian integral dalam pembelajaran
    b. Penggunaan media hendaknya bervarisi
    c. Tidak ada satu media tunggal dapat mencapai semua tujuan
    d. Media dapar menggantikan kedudukan guru
  16. Kegiatan pengayaan, yang bertujuan mengarahkan pemahaman yang lebih luas dilakukan dalam tahap ....
    a. Persiapan
    b. Pelaksanaan
    c. Evaluasi
    d. Tindak lanjut
  17. Menghindari kejadian-kejadian yang dapat mengganggu perhatian dan ketenangan dilakukan dalam tahap ....
    a. Persiapan 
    b. Pelaksanaan
    c. Evaluasi
    d. Tindak lanjut
  18. APE dapat mendorong anak usia dini menghasilkan sesuatu berdasarkan imajinasinya, adalah ciri bahwa APE ....
    a. Multiguna
    b. Fleksibel
    c. Konstruktif
    d. Aman
  19. APE yang dirancang untuk melatih daya nalar anak usia dini adalah APE yang ditunjukan untuk mengembangkan aspek ....
    a. Bahasa
    b. Kognitif
    c. Motorik
    d. Moral
  20. Pemanfaatan alat permainan edukatif pada dasarnya dalam rangka ....
    a. Mempermudah tugas guru dalam kegiatan sehari-hari
    b. Menciptakan pembelajaran yang bermakna
    c. Menunjukan bahwa lembaga PAUD itu penting
    d. Mendukung pemerintah dalam memonitor PAUD
  21. Alat permainan apakah yang paling mendukung pengalaman belajar berkualitas untuk apa...
    a. Guru memanfaatkan papan tulis
    b. Guru menyiapkan miniatur kebun binatang untuk diobservasi 
    c. Guru mendemontrasikan cara menulis huruf
    d. Anak-anak diminta mengerjakan tugas pada lembaran kertas
  22. Penggunaan alat permainan yang manakah yang memungkinkan anak mengobservasi, menguji dan memanipulasi suatu objek ....
    a. Membuat roket dari kertas
    b. Bermain ular tangga
    c. Memainkan boneka jari
    d. Mengurutkan kartu bilangan
  23. Kantong keterampilan tangan dikembangkan berdasarkan konsep montessori untuk melatih kemandirian dan meningkatkan perkembangan aspek ....
    a. Bahasa
    b. Kognitif
    c. Moral
    d. Motorik
  24. Teka-teki menggunakan keping-keping gambar binantang dengan cara menggambil keping, kemudian dicoba kembali dibentuk dinamakan puzzle ...
    a. Buah
    b. Bunga
    c. Binatang
    d. Besar
  25. Kategori jenis APE untuk anak TK yang ditempatkan di dalam ruangan adalah ....
    a. Tangga pelangi
    b. Papan luncur
    c. Bak pasir
    d. Balok bangunan
Jawaban:
  1. c. Manusia sumber
  2. a. Torkleson 
  3. c. Buku
  4. d. Cerita rakyat
  5. a. Bahan
  6. c. Papan titian
  7. b. Membangkitkan motivasi belajar anak
  8. b. Daerah pengalaman guru dan anak mendekati kesamaan
  9. b. Agar rumit dan kurang menarik perhatian
  10. c. Baik, karena guru akan terbantu tugasnya dalam mengajar
  11. d. Diorama
  12. b. Soda dan cuka
  13. c. Konstruktif
  14. d. Diagram
  15. d. Media dapar menggantikan kedudukan guru
  16. d. Tindak lanjut
  17. b. Pelaksanaan
  18. c. Konstruktif
  19. b. Kognitif
  20. b. Menciptakan pembelajaran yang bermakna
  21. b. Guru menyiapkan miniatur kebun binatang untuk diobservasi 
  22. a. Membuat roket dari kertas
  23. d. Motorik
  24. c. Binatang
  25. d. Balok bangunan

Post a Comment for "Soal Media dan Sumber Belajar TK Beserta Jawaban"