Soal Metode Pengembangan Seni Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Metode Pengembangan Seni
  1. Contoh tari rakyat yang berfungsi untuk upacara adalah ....
    a. Randai (Sumatera)
    b. Ketuk Tilu (Sunda)
    c. Tari Tiban (Kediri)
    d. Tari Maengket (Maluku)
  2. Jenis tari yang bertema tentang lingkungan, sosial, peradaban, kebebasan, penderitaan, kondisi ideal, serta penampilan tari yang tidak mengikuti pola konvensional lengkap dan hasil eksplorasi berbagai media seni adalah ....
    a. Kontemporer
    b. Modern
    c. Klasik
    d. Kreasi baru
  3. Cara memberikan instruksi kepada anak yang paling efektif untuk mendorong motivasi intrinsik siswa adalah ....
    a. Tidak diarahkan
    b. Tidak diawasi, tetapi diarahkan
    c. Diawasi dan diarahkan
    d. Diarahkan dan dibiarkan saja 
  4. Upaya yang paling efektif untuk menciptakan suasana kelas yang dapat mendorong kreativitas anak adalah ....
    a. Dipajang dengan hasil kreativitas anak
    b. Disiapkan benda-benda untuk bermain
    c. Anak diperbolehan mengganti benda-benda di kelas
    d. Disiapkan sarana dan prasarana untuk berkegiatan di dalam atau di luar kelas
  5. Dinamika dalam tari sangat penting karena menimbulkan kesan ....
    a. Monoton
    b. Teratur
    c. Berubah-ubah
    d. Dinamis
  6. Sikap percaya diri, berani tampil di depan orang banyak, dan berani mengekspresikan diri dapat dibangun melalui kegiatan ....
    a. Penciptaan tari
    b. Pembelajaran tari
    c. Pementasan tari
    d. Latihan tari
  7. Setelah mengungkapkan pengalaman pahit dan penderitaan dalam dirinya melalui seni lukis, pasien narkoba akan memperoleh keseimbangan emosi dan kelegaan. Kegiatan rupa disini dilakukan untuk memenuhi fungsi ....
    a. Kontemplasi
    b. Psikologis
    c. Edukasi
    d. Religius
  8. Berikut ini adalah karya seni rupa yang berwujud tiga dimensi, kecuali ....
    a. Guci kramik
    b. Etsa
    c. Patung pualam
    d. Monumen 
  9. Lama waktu menari kurang lebih lima menit bertujuan untuk ....
    a. Menunjukan kemampuannya berkonsentrasi dan perhatian lama
    b. Memperhatikan pengendalian otot dan menggunakan seluruh tubuhnya
    c. Mengembangkan kebutuhan sosialnya
    d. Menunjukan kemampuan melakukan kegiatan kompleks
  10. Kemampuan perseptual seorang anak dikembangkan oleh kemampuan .... dan kemampuan intelektualnya.
    a. Indriawi 
    b. Kreativitas
    c. Estesis
    d. Fisik
  11. Untuk mengembangkan kemampuan kreatif dalam diri seorang anak, perlu banyak dilakukan aktivitas yang menstimulan kepekaan rasa, indrawi, dan .... anak sehingga ia dapat lebih spontan, berani, dan bebas berkreasi.
    a. Imajinasi
    b. Intelektual
    c. Estetis
    d. Fisikal
  12. Secara lebih khusus, di rumah sakit kesehatan jiwa, kegiatan seni dimanfaatkan sebagai sarana .... untuk membantu menyembuhkan luka-luka batin atau traumatis yang dialami para paseinnya, selain pengobatan medis.
    a. Ekspresi
    b. Relaksasi
    c. Terapi
    d. Bermain
  13. Kegiatan berkreasi media tiga dimensi melatih kepekaan rabaan, kepekaan ruang, daya persepsi, dan kemampuan kepekaan rabaan anak. Berkreasi dengan ..... lebih efektif dalam mengkaitkan kepekaan rabaan anak.
    a. Tanah liat
    b. Mainan balok kayu
    c. Bahan-bahan daur ulang
    d. Mainan lego
  14. Berikut ini adalah fungsi musik dalam kehidupan manusia, kecuali ....
    a. Bagian dari ritual agama
    b. Ilustrasi film layar lebar
    c. Aktivitas olahraga
    d. Penciptaan karya
  15. Yang dimaksudkan dengan durasi sebagai elemen bunyi adalah ....
    a. Jarak antara dua nada
    b. Perbedaan nilai not
    c. Dua aksen yang berbeda
    d. Kecepatan bernyanyi yang berbeda
  16. Elemen musik yang berkaitan dengan gerak dan waktu adalah ....
    a. Melodi
    b. Harmoni
    c. Ritme
    d. Dinamik
  17. Tanda mula pada notasi balok biasanya ditulis pada ....
    a. Sebelum tanda kunci
    b. Setelah garis birama
    c. Setelah tanda kunci
    d. Setelah tanda birama
  18. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan anak bernyanyi, di antara lain yaitu ....
    a. Kesempatan anak mengekspresikan diri dalam pola-pola suara
    b. Tingkat perhatian guru pada kegiatan bernyanyi anak didikya
    c. Tingkat apresiasi anak pada karyakarya musik
    d. Kesempatan anak memainkan instrumen musik sederhana
  19. Mengajarkan teknik bernyanyi pada anak dilakukan dengan ....
    a. Cara yang menyenangkan
    b. Menjelaskan secara ilmiah
    c. Mengulang-ulang dalam satu saat terus-menerus
    d. Mendengarkan saja
  20. Kesan bunyi yang berdering dengan durasi yang panjang dapat diproduksi oleh ....
    a. Kastanyet
    b. Gong 
    c. Triangle
    d. Tamborin
  21. Alat musik pendukung yang tepat agar diperoleh nada yang tepat bagi siswa adalah ....
    a. Suling
    b. Biola
    c. Gitar
    d. Pianika
  22. Anak tidak selalu mau melakukan tugas yang kita berikan. Ketika ingin mengetahui kemampuan anak dalam keajekan (stabil) hitungan, kita dapat mengetahui dari ....
    a. Nyanyian anak
    b. Gerak tubuh
    c. Pada saat berjalan diiringi musik
    d. Jawaban A, B, dan C benar
  23. Untuk kepekaan dinamis, anak mengikuti kuat dan lembut musik dengan gerak luas dan sempit. Cara ini merupakan metode ....
    a. Suzuki//imitasi
    b. Dalcroze
    c. Kodali
    d. Orff
  24. Anda akan melakukan proses kreasi karya musik. Urutan yang Anda pilih sebaiknya ....
    a. Mengamati, merasakan, memikirkan, dan membuat
    b. Merasakan, mengamati, memikirkan, dan membuat
    c. Membuat, memikirkan, mengamati, dan merasakan
    d. A dan C benar
Jawaban:
  1. c. Tari Tiban (Kediri)
  2. b. Modern
  3. b. Tidak diawasi, tetapi diarahkan
  4. d. Disiapkan sarana dan prasarana untuk berkegiatan di dalam atau di luar kelas
  5. d. Dinamis
  6. c. Pementasan tari
  7. b. Psikologis
  8. b. Etsa
  9. a. Menunjukan kemampuannya berkonsentrasi dan perhatian lama
  10. a. Indriawi 
  11. a. Imajinasi
  12. c. Terapi
  13. a. Tanah liat
  14. d. Penciptaan karya
  15. a. Jarak antara dua nada
  16. c. Ritme
  17. c. Setelah tanda kunci
  18. a. Kesempatan anak mengekspresikan diri dalam pola-pola suara
  19. c. Mengulang-ulang dalam satu saat terus-menerus
  20. c. Triangle
  21. d. Pianika
  22. d. Jawaban A, B, dan C benar
  23. b. Dalcroze
  24. a. Mengamati, merasakan, memikirkan, dan membuat

Post a Comment for "Soal Metode Pengembangan Seni Beserta Jawaban"