Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pengembangan Kecerdasan Majemuk
- Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk proyek bertanam, kecuali ....a. Siapkan beberapa kotak media tanam ukuran sedang hingga besar yang satu sisinya berupa kacab. Berikan kesempatan pada anak untuk memberikan makan pada ikan-ikanc. Masukkan tanah gembur sebagai media tanam kira0kira 10 cm, beri air secukupnyad. Ajak anak-anak mengamati dengan seksama setiap perubahan yang terjadi pada biji dan tunas dari hari ke hari
- Pada kegiatan awal untuk membuat suasana riang Ibu Yuni mengajak anak-anak bermain dengan membunyikan nada kelompok mawar membunyikan do-re-mi dan kelompok melati membunyikan mi-re-do secara bergantian guru meminta anak membunyikannya dan semakin lama semakin cepat sehingga anak-anak salah membunyikan nada mereka masing-masing kegiatan yang dilakukan ibu Yuni dilakukan untuk mengembangkan menyimak dalam ....a. Pembicaraan ceritab. Simak-ulang-ucapc. Simak kerjakand. Melatih kosakata
- Kecerdasan matematis-logis memiliki indikator yaitu mampu berpikir dengan konsep yang jelas, abstrak, tanpa kata dan gambar yang didasarkan pada ....a. Kesenangan terhadap kepastian, pemolaan, kejelasan dan ketelitianb. Kemampuan menangkap celah kesalahan penalaran pada pembicaraan dan ketidaksinkronan dalam bertindak seseorangc. Ketertarikan dengan pola dalam geometri dan mudah menemukan pola yang tersembunyi dari suatu peristiwad. Penalaran dan bukti yang benar, disusun secara sistematis dan mampu menemukan hubungan antar fenomena
- Ibu Nadya membagi anak-anak menjadi dua kelompok kemudian secara bergantian tiap kelompok anak diminta mencari gambar yang sama sesuai dengan gambar yang diperlihatkan oleh guru adalah ....a. Penemuan hubungan logisb. Mencocokkan pola kontrasc. Memasangkan pola konstruksid. Penguatan pengertian bilangan
- Mengapa kita harus mandi ? tanya ibu guru ....Karna badan kita kotor! Jawab anak-anak ..Bagaimana jadinya kalau badan kita kotor?Kita akan merasakan gatal-gatal!Kegiatan diatas dilakukan guru untuk merangsang kemampuan matematika-logis anak dalam ....a. Mencocokkan gamabr berpasanganb. Brainstorming sebab-akibatc. Imajinasi jika-makad. Kecakapan konstruksi
- “ satu itu satu, satu Tuhan saya”“ dua itu dua, dua mata saya”“ tiga itu tiga , tiga roda becak”“ empat itu empat, empat kaki meja”Lagu yang dikenalkan ibu Novi dalam pembelajaran dimaksudkan untuk penguatan pengertian bilangan dengan cara ....a. Permainan angkab. Bercerita dengan media angkac. Permainan hitungd. Menyanyi angka
- Ibu Lisa meminta anak-anak untuk mengelompokkan benda berdasarkan pasangan nya seperti: Kegiatan yang diberikan Ibu Lisa kepada anak-anak dilakukan untuk melatih kemampuan ....a. Konstruksib. Hipotesis-Eksperimentalc. Klasifikasi dan seriald. Memecahkan masalah
- Pada anak-anak usia 2-6 Tahun, kecerdasan visual-spasial terdeteksi melalui indikator dibawah ini, kecuali anak ....a. Banyak bercerita tentang mimpinya dan dapat menunjukkan detik mimpinya dari pada teman sebayanyab. Memiliki kepekaan terhadap warna, cepat mengenali warna dan mampu memadukan warna dengan lebih baik daripada anak-anakc. Senang mewarnai berbagai gamabr yang ada dibuku, menebalkan garisnya dan menirunyad. Senang melamun, membayangkan sesuatu dan mengembangkan imajinasi mereka
- Ibu Siska mengajak anak-anak untuk berkunjung ke kebun Binatang setelah berjalan-jalan dan anak-anak kembali kesekolah, ibu Siska memeinta anak-anak untuk menggambarkan denah tentang perjalanan mereka di kebun binatang sesuai dengan apa yang anak-anak lihat, kegiatan tersebut bertujuan untuk merangsang kemampuan anak untuk ....a. Membaca informasi dalam garfikb. Mendeskripsikan tata letak benda dalam bentuk gambarc. Memadukan warnad. Kecermatan pengamatan terhadap objek
- Untuk menganalkan warna kepada nak ibu Sila membuat kartu-kartu warna dan mengajak anak untuk melompat sambil bernyanyi, anak akan melompat ke kartu warna yang diletakkan dilantai sesuai dengan warna kartu yang diperlihatkan untuk guru. permainan kartu yang dilakukan ibu Sila untuk merangsang kemampuan anak dalam ....a. Kepekaan anak terhadap warna dan gradasinyab. Menuangkan pengamatan dalam bentuk gambarc. Kepekaan anak terhadap warna dan merangsang kemampuan memadukannyad. Mengenali perbedaan atau gradasi dari suatu objek visual
- Untuk melatih kemampuan menggambar objek pada anak-anak pendidik dapat mengajak mereka kehalaman dan mintalah anak-anak memperhatikan keadaan sekelilingnya, kemudian mintalah anak-anak untuk menggambar apa saja yang dilihatnya tujuan dari kegiatan tersebut adalah ....a. Merangsang kemampuan mengkontruksi gambarb. Merangsang kecermatan pengamatan terhadap objek dan kemampuan menuangkan pengamatanc. Merangsang kemampuan anak mengenali perbedaan atau gradasi dari suatu objek visuald. Merangsang kepekaan anak terhadap komposisi visual dan kecintaan anak terhadap foto dan gambar
- Ibu Lela memperlihatkan gamabr kemudian meeminta anak-anak untuk memperhatikan gambar tersebut. gambar tersebut memeiliki objek yangsama hanya saja berbeda dalam ciri tertentu. menurut contoh diatas ibu lela meminta anak untuk ....a. Mengurutkan gambarb. Belajar memotretc. Menggambar objekd. Melengkapi gambar
- Pada saat 17 Agustus ibu Novi mengajak anak-anak untuk menghias kelas dengan meronce kertas merah-putih serta menajdi rantai yang panjang dan memasangnya dijendela kelas mereka. kegiatan yang dilakukan guru adalah ....a. Bermain geometrib. Proyek dekorasic. Membuat konstruksid. Meniru konstruksi
- Pendidik dapat mengajak anak untuk melihat objek-objek yang terlihat kecil, sebelumnya pendidik dapat meminta setiap anak untuk mengacap ibu jari tangan mereka sehingga terlihat sisik jari masing-masing anak, dan memperlihatkan bahasa setiap anak memiliki alur sidik jari yang berbeda dengan menggunakan kaca pembesar, kegiatan tersebut berguna untuk ....a. Merangsang kemampuan anak mengamati objek kecil yang sulit dilihat oleh matab. Mengembangkan kemampuan menamati dan mendokumentasikan pengamatannya dalam otak merekac. Memfokuskan pandangan anak pada satu objek dan merangsang kemampuan mengamati elemen ciri dari objekd. Merangsang kepekaan persepsi visual anak melalui objek langsung
- Kegiatan menonton DVD adalah hal yang paling menyenagkan bagi anak, dengan begitu pendidik dapat memanfaatkannya untuk melatih kemampuan anak melihat dan terpejam tentang apa yang dilihatnya dari ceritatersebut, setelah kegiatan tenyakanlah pada anak segala sesuatu yang ada di film tersebut, setelah itu pendidik dapat memutar kembali untuk memastikan bahwa jawaban mereka benar, kegiatan tersebut dilakukan pendidik denganmaksud untuk ....a. Mengembangkan kemampuan mengamati dan mendokumentasikan pengamatannya dalam otak merekab. Mengembangkan kemampuan berimajinasi anak dengan rangsang benda tertentuc. Mengembangkan kemampuan imajinasi anak melalui rangsang prolog ceritad. Mengembangkan imajinasi anak dan kemampuan mengidentifikasi objek secara komprehensif
- Kemampuan untuk mempersepsi dan memahami , mencipta dan menyajikan bentuk-bentuk musikal merupakan ....a. Komponen kecerdasan musikalb. Sistem Neurologis kecerdasan musikalc. Definisi kecerdasan musikald. Indikator kecerdasan musikal
- Ibu Vika memutarkan lagu didalam kelas dan meminta anak untuk bergerak sesuai irama musik yang memiliki tempo irama yang tepat hingga yang memiliki tempo irama yang lambat. ibu Vika membiarkan anak berekspresi, serta mengamati mana anak yang dapat aktif dan pasif dalam mengikuti irama musik kegiatan tersebut dapat berguna untuk ....a. Mengasah kepekaan anak terhadap berbagai bunyi dan suara musikb. Mengasah kepekaan anak terhadap nada dan merangsang kemampuan menangkap keseluruhan nada laguc. Merangsang kepekaan anak terhadap nada dan irama sebuah lagud. Merangsang kepekaan anak terhadap musik dan kemampuan anak menikmati musik
- Guru dapat membawa peralatan musik seperti gitar, drum, tamborin, serta suling kedalam kelas, kemudian memeperkenalkan nama-nama alat musik tersebut serta bunyinya, kemudian biarkan anak mencoba membunyikan alat-alat musik tadi setelah itu mintalah mereka duduk ditempatnya masing-masing sambil menutup mata, setelah itu mintalah nak-anak menebak nama alat musik yang dimainkan oleh ibu guru, nama kegiatan yang dilakukan oleh adalah ....a. Tebak suarab. Tebak alat musikc. Suara yang pasd. Volume yang pas
- Ketika makan bersama ibu Indah menyanyikan lagur “ kepuncak Gunung” dengan mengubah syairnya, “ Ayo kawan makan bersama senag hati gembira, cuci tangan sebelum maka , agar sehatlah badan..., jangan lupa ucapkan doa agar menjadi berkah” kegiatan mengubah syair yang dilakukan ibu Indah bertujuan untuk ....a. Merangsang kemampuan dan kesenangan menyanyi serta merangsang kecakapan terhadap lagub. Merangsang kemampuan bermusik anak dan merangsang kepekaan mereka terhadap nadac. Mengasah kemampuan musikal anak melalui kegiatan membuat lirik lagud. Merangsang kemampuan mngubah lagu pada anak dan merangsnag kepekaan anak terhadap nada dan lirik
- Ketika pertengahan semester TK Ananda membuat konser musik, aetiap kelas diwajibkan memberikan penampilan. Kelas B memberikan penmpilan orkestra dan menggunakan barang bekas yang terdiri dari galon aqua, botol yang berisi beras, kacang hijau, kelereng. Air dan tutup panci, kegiatan yang dilakukan guru adalah untuk ....a. Mengekspresikan bentuk musikalb. Mengubah bentuk musikalc. Membedakan bentuk musikald. Mempersepsi bentuk musikal
- Sistem neurologis kecerdasan kinestetik berpusat pada ....a. Serebelumb. Lobus temporalisc. Hemisfisd. Lobus frontalis
- Untuk melatih keseimbangan tubuh anak guru dapat menyiapkan tali rapiah dan diletakkan dilantai kemudia mintalah anak untuk mengikuti tali tersebut dengan perlahanlahan sambil membawa kelereng sampai keujung tali, kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih ....a. Keseimbangan tangan dan matab. Koordinasi kaki dan matac. Kekuatan kakid. Menyeimbangkan tubuh dan beban
- Pendidik menyiapkan kertas yang sudah digambarkan dengan garis terputus-putus, bantalan, serta jarum, kemudian pendidik meminta anak –anak menusuk-nusuk gambar tersebut dengan jarum hingga terlepas dari tertentunya tanpa harus menggunakan gunting, kegiatan yang diberikan pendidik kepada anak-anak dinamakan ....a. Kolase kertasb. Mencocok gambarc. Meronced. Menata
- Ibu Vita bercerita tentang katak yang nakal, setelah bercerita ibu Vita mengajarkan anakanak bagaimana kodok berjalan dengan melompat sambil bernyanyi ‘melompat kodok’, setelah itu ibu Vita mengadakan perlombaan berjalan kodok. Kegiatan yang dilakukan ibu Vita bertujuan untuk ....a. Kelenturan tubuhb. Kecepatan dan ketangkasanc. Kekuatan fisikd. Kepekaan sentuhan
- Untuk melatih kepekaan sentuhan anak terhadap suatu benda, misalnya dengan menyentuh buah apel dan buah salak, sabut kelapa dan rambut jagung dimana anak dapat merasakan perbedaan yang jelas dari benda tersebut. Agar anak-anak dapat langsung memahami perbedaan tersebut anak harus ....a. Melihat langsungb. Menyentuh langsungc. Mendengar langsungd. Mengetahuinya langsung
Jawaban:
- b. Berikan kesempatan pada anak untuk memberikan makan pada ikan-ikan
- a. Pembicaraan cerita
- d. Penalaran dan bukti yang benar, disusun secara sistematis dan mampu menemukan hubungan antar fenomena
- b. Mencocokkan pola kontras
- b. Brainstorming sebab-akibat
- d. Menyanyi angka
- c. Klasifikasi dan serial
- d. Senang melamun, membayangkan sesuatu dan mengembangkan imajinasi mereka
- b. Mendeskripsikan tata letak benda dalam bentuk gambar
- a. Kepekaan anak terhadap warna dan gradasinya
- b. Merangsang kecermatan pengamatan terhadap objek dan kemampuan menuangkan pengamatan
- a. Mengurutkan gambar
- b. Proyek dekorasi
- a. Merangsang kemampuan anak mengamati objek kecil yang sulit dilihat oleh mata
- a. Mengembangkan kemampuan mengamati dan mendokumentasikan pengamatannya dalam otak mereka
- c. Definisi kecerdasan musikal
- d. Merangsang kepekaan anak terhadap musik dan kemampuan anak menikmati musik
- b. Tebak alat musik
- c. Mengasah kemampuan musikal anak melalui kegiatan membuat lirik lagu
- a. Mengekspresikan bentuk musikal
- a. Serebelum
- d. Menyeimbangkan tubuh dan beban
- b. Mencocok gambar
- c. Kekuatan fisik
- b. Menyentuh langsung
Post a Comment for "Soal Pengembangan Kecerdasan Majemuk Beserta Jawaban"