Soal Pengembangan Kecerdasan Majemuk Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pengembangan Kecerdasan Majemuk
  1. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk proyek bertanam, kecuali ....
    a. Siapkan beberapa kotak media tanam ukuran sedang hingga besar yang satu sisinya berupa kaca
    b. Berikan kesempatan pada anak untuk memberikan makan pada ikan-ikan
    c. Masukkan tanah gembur sebagai media tanam kira0kira 10 cm, beri air secukupnya
    d. Ajak anak-anak mengamati dengan seksama setiap perubahan yang terjadi pada biji dan tunas dari hari ke hari
  2. Pada kegiatan awal untuk membuat suasana riang Ibu Yuni mengajak anak-anak bermain dengan membunyikan nada kelompok mawar membunyikan do-re-mi dan kelompok melati membunyikan mi-re-do secara bergantian guru meminta anak membunyikannya dan semakin lama semakin cepat sehingga anak-anak salah membunyikan nada mereka masing-masing kegiatan yang dilakukan ibu Yuni dilakukan untuk mengembangkan menyimak dalam ....
    a. Pembicaraan cerita
    b. Simak-ulang-ucap
    c. Simak kerjakan
    d. Melatih kosakata
  3. Kecerdasan matematis-logis memiliki indikator yaitu mampu berpikir dengan konsep yang jelas, abstrak, tanpa kata dan gambar yang didasarkan pada ....
    a. Kesenangan terhadap kepastian, pemolaan, kejelasan dan ketelitian
    b. Kemampuan menangkap celah kesalahan penalaran pada pembicaraan dan ketidaksinkronan dalam bertindak seseorang
    c. Ketertarikan dengan pola dalam geometri dan mudah menemukan pola yang tersembunyi dari suatu peristiwa
    d. Penalaran dan bukti yang benar, disusun secara sistematis dan mampu menemukan hubungan antar fenomena
  4. Ibu Nadya membagi anak-anak menjadi dua kelompok kemudian secara bergantian tiap kelompok anak diminta mencari gambar yang sama sesuai dengan gambar yang diperlihatkan oleh guru adalah ....
    a. Penemuan hubungan logis
    b. Mencocokkan pola kontras
    c. Memasangkan pola konstruksi
    d. Penguatan pengertian bilangan
  5. Mengapa kita harus mandi ? tanya ibu guru ....
    Karna badan kita kotor! Jawab anak-anak ..
    Bagaimana jadinya kalau badan kita kotor?
    Kita akan merasakan gatal-gatal!
    Kegiatan diatas dilakukan guru untuk merangsang kemampuan matematika-logis anak dalam ....
    a. Mencocokkan gamabr berpasangan
    b. Brainstorming sebab-akibat
    c. Imajinasi jika-maka
    d. Kecakapan konstruksi
  6. “ satu itu satu, satu Tuhan saya”
    “ dua itu dua, dua mata saya”
    “ tiga itu tiga , tiga roda becak”
    “ empat itu empat, empat kaki meja”
    Lagu yang dikenalkan ibu Novi dalam pembelajaran dimaksudkan untuk penguatan pengertian bilangan dengan cara ....
    a. Permainan angka
    b. Bercerita dengan media angka
    c. Permainan hitung
    d. Menyanyi angka
  7. Ibu Lisa meminta anak-anak untuk mengelompokkan benda berdasarkan pasangan nya seperti: Kegiatan yang diberikan Ibu Lisa kepada anak-anak dilakukan untuk melatih kemampuan ....
    a. Konstruksi
    b. Hipotesis-Eksperimental
    c. Klasifikasi dan serial
    d. Memecahkan masalah
  8. Pada anak-anak usia 2-6 Tahun, kecerdasan visual-spasial terdeteksi melalui indikator dibawah ini, kecuali anak ....
    a. Banyak bercerita tentang mimpinya dan dapat menunjukkan detik mimpinya dari pada teman sebayanya
    b. Memiliki kepekaan terhadap warna, cepat mengenali warna dan mampu memadukan warna dengan lebih baik daripada anak-anak
    c. Senang mewarnai berbagai gamabr yang ada dibuku, menebalkan garisnya dan menirunya
    d. Senang melamun, membayangkan sesuatu dan mengembangkan imajinasi mereka
  9. Ibu Siska mengajak anak-anak untuk berkunjung ke kebun Binatang setelah berjalan-jalan dan anak-anak kembali kesekolah, ibu Siska memeinta anak-anak untuk menggambarkan denah tentang perjalanan mereka di kebun binatang sesuai dengan apa yang anak-anak lihat, kegiatan tersebut bertujuan untuk merangsang kemampuan anak untuk .... 
    a. Membaca informasi dalam garfik
    b. Mendeskripsikan tata letak benda dalam bentuk gambar
    c. Memadukan warna
    d. Kecermatan pengamatan terhadap objek
  10. Untuk menganalkan warna kepada nak ibu Sila membuat kartu-kartu warna dan mengajak anak untuk melompat sambil bernyanyi, anak akan melompat ke kartu warna yang diletakkan dilantai sesuai dengan warna kartu yang diperlihatkan untuk guru. permainan kartu yang dilakukan ibu Sila untuk merangsang kemampuan anak dalam ....
    a. Kepekaan anak terhadap warna dan gradasinya
    b. Menuangkan pengamatan dalam bentuk gambar
    c. Kepekaan anak terhadap warna dan merangsang kemampuan memadukannya
    d. Mengenali perbedaan atau gradasi dari suatu objek visual
  11. Untuk melatih kemampuan menggambar objek pada anak-anak pendidik dapat mengajak mereka kehalaman dan mintalah anak-anak memperhatikan keadaan sekelilingnya, kemudian mintalah anak-anak untuk menggambar apa saja yang dilihatnya tujuan dari kegiatan tersebut adalah ....
    a. Merangsang kemampuan mengkontruksi gambar
    b. Merangsang kecermatan pengamatan terhadap objek dan kemampuan menuangkan pengamatan
    c. Merangsang kemampuan anak mengenali perbedaan atau gradasi dari suatu objek visual
    d. Merangsang kepekaan anak terhadap komposisi visual dan kecintaan anak terhadap foto dan gambar
  12. Ibu Lela memperlihatkan gamabr kemudian meeminta anak-anak untuk memperhatikan gambar tersebut. gambar tersebut memeiliki objek yangsama hanya saja berbeda dalam ciri tertentu. menurut contoh diatas ibu lela meminta anak untuk ....
    a. Mengurutkan gambar
    b. Belajar memotret
    c. Menggambar objek
    d. Melengkapi gambar
  13. Pada saat 17 Agustus ibu Novi mengajak anak-anak untuk menghias kelas dengan meronce kertas merah-putih serta menajdi rantai yang panjang dan memasangnya dijendela kelas mereka. kegiatan yang dilakukan guru adalah .... 
    a. Bermain geometri
    b. Proyek dekorasi
    c. Membuat konstruksi
    d. Meniru konstruksi
  14. Pendidik dapat mengajak anak untuk melihat objek-objek yang terlihat kecil, sebelumnya pendidik dapat meminta setiap anak untuk mengacap ibu jari tangan mereka sehingga terlihat sisik jari masing-masing anak, dan memperlihatkan bahasa setiap anak memiliki alur sidik jari yang berbeda dengan menggunakan kaca pembesar, kegiatan tersebut berguna untuk ....
    a. Merangsang kemampuan anak mengamati objek kecil yang sulit dilihat oleh mata
    b. Mengembangkan kemampuan menamati dan mendokumentasikan pengamatannya dalam otak mereka
    c. Memfokuskan pandangan anak pada satu objek dan merangsang kemampuan mengamati elemen ciri dari objek
    d. Merangsang kepekaan persepsi visual anak melalui objek langsung
  15. Kegiatan menonton DVD adalah hal yang paling menyenagkan bagi anak, dengan begitu pendidik dapat memanfaatkannya untuk melatih kemampuan anak melihat dan terpejam tentang apa yang dilihatnya dari ceritatersebut, setelah kegiatan tenyakanlah pada anak segala sesuatu yang ada di film tersebut, setelah itu pendidik dapat memutar kembali untuk memastikan bahwa jawaban mereka benar, kegiatan tersebut dilakukan pendidik dengan 
    maksud untuk ....
    a. Mengembangkan kemampuan mengamati dan mendokumentasikan pengamatannya dalam otak mereka
    b. Mengembangkan kemampuan berimajinasi anak dengan rangsang benda tertentu
    c. Mengembangkan kemampuan imajinasi anak melalui rangsang prolog cerita
    d. Mengembangkan imajinasi anak dan kemampuan mengidentifikasi objek secara komprehensif
  16. Kemampuan untuk mempersepsi dan memahami , mencipta dan menyajikan bentuk-bentuk musikal merupakan ....
    a. Komponen kecerdasan musikal
    b. Sistem Neurologis kecerdasan musikal
    c. Definisi kecerdasan musikal
    d. Indikator kecerdasan musikal
  17. Ibu Vika memutarkan lagu didalam kelas dan meminta anak untuk bergerak sesuai irama musik yang memiliki tempo irama yang tepat hingga yang memiliki tempo irama yang lambat. ibu Vika membiarkan anak berekspresi, serta mengamati mana anak yang dapat aktif dan pasif dalam mengikuti irama musik kegiatan tersebut dapat berguna untuk ....
    a. Mengasah kepekaan anak terhadap berbagai bunyi dan suara musik
    b. Mengasah kepekaan anak terhadap nada dan merangsang kemampuan menangkap keseluruhan nada lagu
    c. Merangsang kepekaan anak terhadap nada dan irama sebuah lagu
    d. Merangsang kepekaan anak terhadap musik dan kemampuan anak menikmati musik
  18. Guru dapat membawa peralatan musik seperti gitar, drum, tamborin, serta suling kedalam kelas, kemudian memeperkenalkan nama-nama alat musik tersebut serta bunyinya, kemudian biarkan anak mencoba membunyikan alat-alat musik tadi setelah itu mintalah mereka duduk ditempatnya masing-masing sambil menutup mata, setelah itu mintalah nak-anak menebak nama alat musik yang dimainkan oleh ibu guru, nama kegiatan yang dilakukan oleh adalah ....
    a. Tebak suara
    b. Tebak alat musik
    c. Suara yang pas
    d. Volume yang pas
  19. Ketika makan bersama ibu Indah menyanyikan lagur “ kepuncak Gunung” dengan mengubah syairnya, “ Ayo kawan makan bersama senag hati gembira, cuci tangan sebelum maka , agar sehatlah badan..., jangan lupa ucapkan doa agar menjadi berkah” kegiatan mengubah syair yang dilakukan ibu Indah bertujuan untuk ....
    a. Merangsang kemampuan dan kesenangan menyanyi serta merangsang kecakapan terhadap lagu
    b. Merangsang kemampuan bermusik anak dan merangsang kepekaan mereka terhadap nada
    c. Mengasah kemampuan musikal anak melalui kegiatan membuat lirik lagu
    d. Merangsang kemampuan mngubah lagu pada anak dan merangsnag kepekaan anak terhadap nada dan lirik
  20. Ketika pertengahan semester TK Ananda membuat konser musik, aetiap kelas diwajibkan memberikan penampilan. Kelas B memberikan penmpilan orkestra dan menggunakan barang bekas yang terdiri dari galon aqua, botol yang berisi beras, kacang hijau, kelereng. Air dan tutup panci, kegiatan yang dilakukan guru adalah untuk ....
    a. Mengekspresikan bentuk musikal
    b. Mengubah bentuk musikal
    c. Membedakan bentuk musikal
    d. Mempersepsi bentuk musikal
  21. Sistem neurologis kecerdasan kinestetik berpusat pada ....
    a. Serebelum
    b. Lobus temporalis
    c. Hemisfis
    d. Lobus frontalis
  22. Untuk melatih keseimbangan tubuh anak guru dapat menyiapkan tali rapiah dan diletakkan dilantai kemudia mintalah anak untuk mengikuti tali tersebut dengan perlahanlahan sambil membawa kelereng sampai keujung tali, kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih ....
    a. Keseimbangan tangan dan mata
    b. Koordinasi kaki dan mata 
    c. Kekuatan kaki
    d. Menyeimbangkan tubuh dan beban 
  23. Pendidik menyiapkan kertas yang sudah digambarkan dengan garis terputus-putus, bantalan, serta jarum, kemudian pendidik meminta anak –anak menusuk-nusuk gambar tersebut dengan jarum hingga terlepas dari tertentunya tanpa harus menggunakan gunting, kegiatan yang diberikan pendidik kepada anak-anak dinamakan ....
    a. Kolase kertas
    b. Mencocok gambar
    c. Meronce
    d. Menata
  24. Ibu Vita bercerita tentang katak yang nakal, setelah bercerita ibu Vita mengajarkan anakanak bagaimana kodok berjalan dengan melompat sambil bernyanyi ‘melompat kodok’, setelah itu ibu Vita mengadakan perlombaan berjalan kodok. Kegiatan yang dilakukan ibu Vita bertujuan untuk ....
    a. Kelenturan tubuh
    b. Kecepatan dan ketangkasan
    c. Kekuatan fisik
    d. Kepekaan sentuhan
  25. Untuk melatih kepekaan sentuhan anak terhadap suatu benda, misalnya dengan menyentuh buah apel dan buah salak, sabut kelapa dan rambut jagung dimana anak dapat merasakan perbedaan yang jelas dari benda tersebut. Agar anak-anak dapat langsung memahami perbedaan tersebut anak harus ....
    a. Melihat langsung
    b. Menyentuh langsung
    c. Mendengar langsung
    d. Mengetahuinya langsung
Jawaban:
  1. b. Berikan kesempatan pada anak untuk memberikan makan pada ikan-ikan
  2. a. Pembicaraan cerita
  3. d. Penalaran dan bukti yang benar, disusun secara sistematis dan mampu menemukan hubungan antar fenomena
  4. b. Mencocokkan pola kontras
  5. b. Brainstorming sebab-akibat
  6. d. Menyanyi angka
  7. c. Klasifikasi dan serial
  8. d. Senang melamun, membayangkan sesuatu dan mengembangkan imajinasi mereka
  9. b. Mendeskripsikan tata letak benda dalam bentuk gambar
  10. a. Kepekaan anak terhadap warna dan gradasinya
  11. b. Merangsang kecermatan pengamatan terhadap objek dan kemampuan menuangkan pengamatan
  12. a. Mengurutkan gambar
  13. b. Proyek dekorasi
  14. a. Merangsang kemampuan anak mengamati objek kecil yang sulit dilihat oleh mata
  15. a. Mengembangkan kemampuan mengamati dan mendokumentasikan pengamatannya dalam otak mereka
  16. c. Definisi kecerdasan musikal
  17. d. Merangsang kepekaan anak terhadap musik dan kemampuan anak menikmati musik
  18. b. Tebak alat musik
  19. c. Mengasah kemampuan musikal anak melalui kegiatan membuat lirik lagu
  20. a. Mengekspresikan bentuk musikal
  21. a. Serebelum
  22. d. Menyeimbangkan tubuh dan beban 
  23. b. Mencocok gambar
  24. c. Kekuatan fisik
  25. b. Menyentuh langsung

Post a Comment for "Soal Pengembangan Kecerdasan Majemuk Beserta Jawaban"