Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Perencanaan Program Komunikasi
- Berdasarkan bentuknya, kampanye program komunikasi dapat meliputi beberapa masalah berikut:1. Public relations2. Marketing3. Advertisinga. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Menurut pendapat Mc Quail ada beberapa orientasi kerja para komunikator atau jurnalis, orientasi komunikator yang mengukur kesuksesan berita adalah dengan rating, disebur dengan orientasia. Masyarakatb. Keahlianc. Pragmatisd. Organisasi
- Ada banyak media yang dapat dipilih oleh komuniktaor dalam menyampaikan pesan, media transit displays mempunyai beberapa kelebihan berikut:1. Jangkauannya luas di kawasan perkotaan2. Ruang untuk pesan terbatas3. Fleksibel dan sensitifa. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Menurut Ruben dan Stewart dari segi kepribadian agar pesan yang disampaikan dapatditerima oleh khalayak, maka seseorang komunikator sebaiknya mempunyai kesamaan dalam hal jender, pendidikan, umur, agama dan latar belakang social yang disebut dengan faktora. Similarityb. Otoritasc. Proximityd. Attractiveness
- Bentuk komunikasi/media kampanye yang dipergunakan dalam menyampaikan kampanye tentang penyelamatan lingkungan yang menggunakan media radio, maka komunikatornya adalaha. Tokoh terkenalb. Narratorc. Aktivisd. Pejabat
- Dilihat dari kemampuan “menemui” khalayak sasaran, yang disebut dengan media terarah adalah meliputi media berikut ini:1. Surat,2. Fax,3. Media cetaka. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Fungsi ke dalam suatu program komunikasi agar dikenal programnya oleh khalayak luas adalaha. Memberi nama, label dan seperangkat cirri khas yang melekat pada programb. Melaporkan programnya pada khalayak luasc. Mengekspresikan fakta yang dilihat di masyarakat umumd. Mempengaruhi pikiran dan perilaku masyarakat umum
- Berdasarkan pengorganisasiannya “Ferguson” menyarankan beberapa langkah dalam menyusun pesan yang bersifat persuasif seperti urutan informasi dan secara psikologis pesan mesti diturut dan tahapan pertamanya adalah khalayak merasakan hal beriuta. Merasa perlu atas program tersebutb. Memberikan perhatian akan program yang ditawarkanc. Mendapat solusi yang memuaskand. Memilki gambaran yang jelas tentang program komunikasi
- Untuk memilih media yang tepat bagi program komunikasi, seorang komunikator harus memperhatikan beberapa hal penting berikut:1. Kelebihan dan kekurangan masing-masing media2. Pendekatan komunikasi yang dipakai3. Format isi kampanye/program komunikasia. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Suatu strategi yang dilakukan dalam menyusun pesan dengan mendayagunakan lambang lambang bahasa untuk menciptakan makna tertentu dan untuk mewujudkan kepentingan tertentu disebut dengana. Strategi visualisasib. Strategi wacana.c. Strategi kombinasid. Strategi tekstual
- Salah satu faktor visualisasi pesan adalah citra yang rumit, karena pencitraan yang rumit sangat efektif untuk penyampaian pesan yang bersifat informasional alasannya adalaha. Menstimuli khalayak untuk berlama-lama mengikuti tahapan pencitraan tersebutb. Memotivasi khalayak untuk memperoleh informasi secara umumc. Membuat khalayak mengikuti rangkaian citra tersebut untuk mendapatkan informasi yang lengkapd. Menyimpulkan secara cepat inti pesan yang disampaikan
- Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan media agar perhatian akan program komunikasi yang dikampanyekan oleh komunikator tetap terjaga di benak khalayak yaitu:1. Frekuensi penyampaian pesan2. Memilih satu media yang tepat3. Media mixa. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Setiap kampanye komunikasi tentunya mempunyai tujuan tertentu. Jika sebuah kampanye mempunyai tujuan untuk memberitahu khalayak, akan lebih efektif jika menggunakan media berikuta. Televisi, radio dan koranb. Personal sellingc. Penjualan langsungd. Media luar ruang
- Salah satu hipotesis “Hormik” yang tepat untuk khalayak sasaran yang sedang berada dalam situasi transisi dari tradisional ke modern disebuta. Substitution Hypothesisb. Reinforcement Hypothesisc. Additive Hypothesisd. Agent--Effect-Only Hypothesis
- Sedemikian pentingnya nama suatu program atau merek, maka ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam memilih nama atau merek yaitu:1. Nama yang menggambarkan keuntungan program2. Merek yang membangun hubungan3. Menggunakan nama merek yang umuma. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Berdasarkan fungsinya pengertian khalayak menurut Windahl adalah sebagai kelompok konsumen aktual dan potensial yang telah diketahui status sosial ekonomimya dan disebut dengana. Khalayak sebagai klienb. Khalayak sebagai pasarc. Khalayak sebagai partner dialogd. Khalayak sebagai pengirim pesan
- Berdasarkan formatnya, maka untuk mengidentifikasi khalayak sasaran program komunikasi yang disebut kelompok kepuasan adalah mempunyai tanda-tanda keberadaan berikuta. Mempunyai status social ekonomi yang tinggib. Memperhatikan warna yang dimilki si tokohc. Mempunyai kesamaan sikap berdasarkan satu atau lebih nilai sosiald. Mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup tinggi
- Suatu pesan yang mengandung unsur visual cenderung lebih persuasive. Visual disini dapat berupa hal berikut:1. Gambar2. Warna3. Karakteristik hurufa. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Berdasarkan hasil kampanye, khalayak dapat disebut inovator jika ia mempunyai karakteristik berikuta. Orang yang aktif menerima ide barub. Orang yang mempertimbangkan secara memadai terhadap ide baruc. Orang yang menerima ide baru setelah rata-rata orang menerimanyad. Orang yang terakhir menerima ide baru
- Berdasarkan sumber data sekunder dari Litbang Media, dengan jenis data geografis, demografis dan psikografis, maka jenis khalayak yang teridentifikasi untuk kelompok ini adalaha. Khalayak sebagai pasar dan khalayak sebagai problem solverb. Khalayak sebagai public dan khalayak sebagai kelompokc. Khalayak sebagai medium dan khalayak sebagai penerima pesand. Khalayak sesuai dengan bidang publikasi
- Menurut “Ferguson” berdasarkan isinya perumusan pesan sebuah program komunikasi hendaknya mempertimbangkan hal-hal berikut agar pesannya lebih efektif:1. Materi pendukung yang berupa data statistik2. Argumen dua sisi3. Kesimpulan eksplisita. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Bentuk kampanye dengan menggunakan pendekatan transmisionis akan menghasilkan efek berikuta. Kognisib. Afeksic. Konasid. Psikomotorik
- Bentuk operasional dari tujuan umum suatu program komunikasi disebut jugaa. Terminal objectivesb. Intermediate objectivec. Global objectivesd. Final objectives
- Isi perencanaan komunikasi strategis adalah mencakup garis besar program yang berisi tentang beberapa hal berikut:1. Latar belakang2. Tujuan3. Kebijakana. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Temuan perencanaan yang berisi tentang hasil pengumpulan data yang berkenaan dengan pengetahuan, perasaan dan perilaku khalayak tentang produk yang pernah ada disebut analisisa. Situasib. Sosial ekonomic. Khalayakd. Lingkungan komunikasi
Jawaban:
- d. 1, 2 dan 3
- c. Pragmatis
- b. 1 dan 3
- a. Similarity
- b. Narrator
- a. 1 dan 2
- a. Memberi nama, label dan seperangkat cirri khas yang melekat pada program
- a. Merasa perlu atas program tersebut
- d. 1, 2 dan 3
- b. Strategi wacana.
- c. Membuat khalayak mengikuti rangkaian citra tersebut untuk mendapatkan informasi yang lengkap
- b. 1 dan 3
- a. Televisi, radio dan koran
- b. Reinforcement Hypothesis
- a. 1 dan 2
- b. Khalayak sebagai pasar
- d. Mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup tinggi
- d. 1, 2 dan 3
- a. Orang yang aktif menerima ide baru
- c. Khalayak sebagai medium dan khalayak sebagai penerima pesan
- c. 2 dan 3
- a. Kognisi
- b. Intermediate objective
- d. 1, 2 dan 3
- c. Khalayak
Post a Comment for "Soal Perencanaan Program Komunikasi Beserta Jawaban"