Soal Perencanaan Program Komunikasi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Perencanaan Program Komunikasi 
  1. Berdasarkan bentuknya, kampanye program komunikasi dapat meliputi beberapa masalah berikut: 
    1. Public relations
    2. Marketing
    3. Advertising 
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  2. Menurut pendapat Mc Quail ada beberapa orientasi kerja para komunikator atau jurnalis, orientasi komunikator yang mengukur kesuksesan berita adalah dengan rating, disebur dengan orientasi 
    a. Masyarakat 
    b. Keahlian 
    c. Pragmatis 
    d. Organisasi 
  3. Ada banyak media yang dapat dipilih oleh komuniktaor dalam menyampaikan pesan, media transit displays mempunyai beberapa kelebihan berikut: 
    1. Jangkauannya luas di kawasan perkotaan
    2. Ruang untuk pesan terbatas
    3. Fleksibel dan sensitif
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  4. Menurut Ruben dan Stewart dari segi kepribadian agar pesan yang disampaikan dapatditerima oleh khalayak, maka seseorang komunikator sebaiknya mempunyai kesamaan dalam hal jender, pendidikan, umur, agama dan latar belakang social yang disebut dengan faktor 
    a. Similarity 
    b. Otoritas 
    c. Proximity 
    d. Attractiveness 
  5. Bentuk komunikasi/media kampanye yang dipergunakan dalam menyampaikan kampanye tentang penyelamatan lingkungan yang menggunakan media radio, maka komunikatornya adalah 
    a. Tokoh terkenal 
    b. Narrator 
    c. Aktivis 
    d. Pejabat 
  6. Dilihat dari kemampuan “menemui” khalayak sasaran, yang disebut dengan media terarah adalah meliputi media berikut ini: 
    1. Surat,
    2. Fax, 
    3. Media cetak
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  7. Fungsi ke dalam suatu program komunikasi agar dikenal programnya oleh khalayak luas adalah 
    a. Memberi nama, label dan seperangkat cirri khas yang melekat pada program 
    b. Melaporkan programnya pada khalayak luas 
    c. Mengekspresikan fakta yang dilihat di masyarakat umum 
    d. Mempengaruhi pikiran dan perilaku masyarakat umum 
  8. Berdasarkan pengorganisasiannya “Ferguson” menyarankan beberapa langkah dalam menyusun pesan yang bersifat persuasif seperti urutan informasi dan secara psikologis pesan mesti diturut dan tahapan pertamanya adalah khalayak merasakan hal beriut 
    a. Merasa perlu atas program tersebut 
    b. Memberikan perhatian akan program yang ditawarkan 
    c. Mendapat solusi yang memuaskan 
    d. Memilki gambaran yang jelas tentang program komunikasi 
  9. Untuk memilih media yang tepat bagi program komunikasi, seorang komunikator harus memperhatikan beberapa hal penting berikut: 
    1. Kelebihan dan kekurangan masing-masing media
    2. Pendekatan komunikasi yang dipakai
    3. Format isi kampanye/program komunikasi
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  10. Suatu strategi yang dilakukan dalam menyusun pesan dengan mendayagunakan lambang lambang bahasa untuk menciptakan makna tertentu dan untuk mewujudkan kepentingan tertentu disebut dengan 
    a. Strategi visualisasi 
    b. Strategi wacana. 
    c. Strategi kombinasi 
    d. Strategi tekstual 
  11. Salah satu faktor visualisasi pesan adalah citra yang rumit, karena pencitraan yang rumit sangat efektif untuk penyampaian pesan yang bersifat informasional alasannya adalah 
    a. Menstimuli khalayak untuk berlama-lama mengikuti tahapan pencitraan tersebut 
    b. Memotivasi khalayak untuk memperoleh informasi secara umum 
    c. Membuat khalayak mengikuti rangkaian citra tersebut untuk mendapatkan informasi yang lengkap 
    d. Menyimpulkan secara cepat inti pesan yang disampaikan 
  12. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan media agar perhatian akan program komunikasi yang dikampanyekan oleh komunikator tetap terjaga di benak khalayak yaitu: 
    1. Frekuensi penyampaian pesan
    2. Memilih satu media yang tepat 
    3. Media mix
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  13. Setiap kampanye komunikasi tentunya mempunyai tujuan tertentu. Jika sebuah kampanye mempunyai tujuan untuk memberitahu khalayak, akan lebih efektif jika menggunakan media berikut 
    a. Televisi, radio dan koran 
    b. Personal selling 
    c. Penjualan langsung 
    d. Media luar ruang 
  14. Salah satu hipotesis “Hormik” yang tepat untuk khalayak sasaran yang sedang berada dalam situasi transisi dari tradisional ke modern disebut 
    a. Substitution Hypothesis 
    b. Reinforcement Hypothesis 
    c. Additive Hypothesis 
    d. Agent--Effect-Only Hypothesis 
  15. Sedemikian pentingnya nama suatu program atau merek, maka ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam memilih nama atau merek yaitu: 
    1. Nama yang menggambarkan keuntungan program
    2. Merek yang membangun hubungan
    3. Menggunakan nama merek yang umum 
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  16. Berdasarkan fungsinya pengertian khalayak menurut Windahl adalah sebagai kelompok konsumen aktual dan potensial yang telah diketahui status sosial ekonomimya dan disebut dengan 
    a. Khalayak sebagai klien 
    b. Khalayak sebagai pasar 
    c. Khalayak sebagai partner dialog 
    d. Khalayak sebagai pengirim pesan 
  17. Berdasarkan formatnya, maka untuk mengidentifikasi khalayak sasaran program komunikasi yang disebut kelompok kepuasan adalah mempunyai tanda-tanda keberadaan berikut 
    a. Mempunyai status social ekonomi yang tinggi 
    b. Memperhatikan warna yang dimilki si tokoh 
    c. Mempunyai kesamaan sikap berdasarkan satu atau lebih nilai sosial 
    d. Mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup tinggi 
  18. Suatu pesan yang mengandung unsur visual cenderung lebih persuasive. Visual disini dapat berupa hal berikut: 
    1. Gambar
    2. Warna
    3. Karakteristik huruf
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  19. Berdasarkan hasil kampanye, khalayak dapat disebut inovator jika ia mempunyai karakteristik berikut 
    a. Orang yang aktif menerima ide baru 
    b. Orang yang mempertimbangkan secara memadai terhadap ide baru 
    c. Orang yang menerima ide baru setelah rata-rata orang menerimanya 
    d. Orang yang terakhir menerima ide baru 
  20. Berdasarkan sumber data sekunder dari Litbang Media, dengan jenis data geografis, demografis dan psikografis, maka jenis khalayak yang teridentifikasi untuk kelompok ini adalah 
    a. Khalayak sebagai pasar dan khalayak sebagai problem solver 
    b. Khalayak sebagai public dan khalayak sebagai kelompok 
    c. Khalayak sebagai medium dan khalayak sebagai penerima pesan 
    d. Khalayak sesuai dengan bidang publikasi 
  21. Menurut “Ferguson” berdasarkan isinya perumusan pesan sebuah program komunikasi hendaknya mempertimbangkan hal-hal berikut agar pesannya lebih efektif: 
    1. Materi pendukung yang berupa data statistik
    2. Argumen dua sisi
    3. Kesimpulan eksplisit
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  22. Bentuk kampanye dengan menggunakan pendekatan transmisionis akan menghasilkan efek berikut 
    a. Kognisi 
    b. Afeksi 
    c. Konasi 
    d. Psikomotorik 
  23. Bentuk operasional dari tujuan umum suatu program komunikasi disebut juga 
    a. Terminal objectives 
    b. Intermediate objective 
    c. Global objectives 
    d. Final objectives 
  24. Isi perencanaan komunikasi strategis adalah mencakup garis besar program yang berisi tentang beberapa hal berikut: 
    1. Latar belakang 
    2. Tujuan 
    3. Kebijakan 
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  25. Temuan perencanaan yang berisi tentang hasil pengumpulan data yang berkenaan dengan pengetahuan, perasaan dan perilaku khalayak tentang produk yang pernah ada disebut analisis 
    a. Situasi 
    b. Sosial ekonomi 
    c. Khalayak 
    d. Lingkungan komunikasi 
Jawaban:
  1. d. 1, 2 dan 3
  2. c. Pragmatis 
  3. b. 1 dan 3
  4. a. Similarity 
  5. b. Narrator 
  6. a. 1 dan 2
  7. a. Memberi nama, label dan seperangkat cirri khas yang melekat pada program
  8. a. Merasa perlu atas program tersebut 
  9. d. 1, 2 dan 3
  10. b. Strategi wacana. 
  11. c. Membuat khalayak mengikuti rangkaian citra tersebut untuk mendapatkan informasi yang lengkap 
  12. b. 1 dan 3
  13. a. Televisi, radio dan koran 
  14. b. Reinforcement Hypothesis 
  15. a. 1 dan 2
  16. b. Khalayak sebagai pasar 
  17. d. Mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup tinggi 
  18. d. 1, 2 dan 3
  19. a. Orang yang aktif menerima ide baru 
  20. c. Khalayak sebagai medium dan khalayak sebagai penerima pesan 
  21. c. 2 dan 3
  22. a. Kognisi 
  23. b. Intermediate objective 
  24. d. 1, 2 dan 3
  25. c. Khalayak 

Post a Comment for "Soal Perencanaan Program Komunikasi Beserta Jawaban"