Soal Seni Keterampilan Anak Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Seni Keterampilan Anak 
  1. Alat ini dirancang khusus untuk proses cetak sablon khususnya ketika harus meratakan cat. Fungsi alat ini hampir sama dengan rol. Alat yang dimaksud adalah ....
    a. Rol
    b. Rakel
    c. Kuas
    d. Palet
  2. Berikut adalah tahapan yang dilakukan ketika menyablon .....
    a. Direntangkan pada bingkai - bingkai kasa ditempatkan di atas bahan yang ingin dicetak -bertinta di atas screen - tinta diratakan dengan rakel - tinta akan meresap screen sesuai dengan pola. 
    b. Acuan pada screen direntangkan pada bingkai - beri tinta di atas screen - tinta diratakan dengan rakel - bingkai kasa ditempatkan di atas bahan yang ingin dicetak - tinta akan meresap screen sesuai dengan pola.
    c. Acuan pada direntangkan pada bingkai - tinta diratakan dengan rakel - bingkai kasa ditempatkan di atas bahan yang ingin dicetak - beri tinta di atas screen - tinta akan meresap screen sesuai dengan pola.
    d. Acuan pada direntangkan pada bingkai - bingkai kasa ditempatkan di atas bahan yang ingin dicetak - beri tinta di atas screen - tinta akan meresap screen sesuai dengan pola - tinta diratakan dengan rakel.
  3. Yang dimaksud dengan sablon sederhana yang dapat dilakukan oleh anak usia dini adalah sablon yang prosesnya adalah sebagai berikut ....
    a. Permukaan kaca digambari dengan cat sebelum cat kering tempelkan kertas di atasnya, tekan-tekan beberapa saat lalu angkat pelan-pelan kertas tersebut.
    b. Buat gambar pada kertas dengan cat sebelum kering tempelkan pada kaca, lalu tekantekan setelah itu angkat kertasnya.
    c. Beri gambar yang sama dengan cat baik pada permukaan kaca maupun kertas setelah agak kering tempelkan keduanya tekan-tekan lalu angkat kertasnya.
    d. Semua salah
  4. Sebuah karya rupa yang memiliki komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan, baik itu kain, kertas, ataupun kayu yang didesain/dirancang dan ditempelkan pada permukaan gambar, adalah karya rupa yang disebut ....
    a. Mozaik
    b. Montase
    c. Kolase
    d. Menempel
  5. Melalui aktivitas berseni rupa, guru dapat mengenalkan dan melatih anak-anak usia dini membandingkan nilai dan rasa antara satu objek dengan objek yang lainnya. Pengenalan ini dapat dilakukan melalui kegiatan ….
    a. Menuang warna
    b. Memilih warna
    c. Menyusun warna
    d. Mewarnai
  6. Berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan untuk kegiatan M3 dan Melipat untuk anak usia dini, kecuali ....
    a. Kertas
    b. Teres
    c. Lem
    d. Penggaris
  7. Jenis pinsil yang dapat digunakan dalam kegiatan M3 dan Melipat adalah pinsil …..
    a. B
    b. H.
    c. HB
    d. EB
  8. Ada hal yang perlu diperhatikan oleh guru jketika meminta anak mewarnai dalam kegiatan M3 dan Melipat, yakni bahwa tidajk selalu anak akan memberi warna yang sesuai dengan benda yang sesuangguhnya....
    a. Sosial
    b. Emosi
    c. Kreativitas
    d. Imajinasi
  9. Ada beberapa aspek yang dapat dikembangkan dalam kegiatan mewarnai gambar, selain anak terlatih dalam kemampuan motoriknya, anak juga terlatih ....
    a. Keterampilannya
    b. Kerapihannya
    c. Kesabarannya
    d. Keterampilan, kerapian, kesabarannya
  10. Untuk membuat bahan membentuk guru dapat membuatnya dari abu yang dicampur dengan.....
    a. Air
    b. Minyak
    c. Lem kertas
    d. Lem besi
  11. Ada perbedaan dalam antara pembuatan kolase pada orang dewasa dan anak usia dini. Hal-hal yang membedakannya adalah berikut ini....
    a. Material 
    b. Prinsip kolase
    c. Teknik pengerjaannya
    d. Ide visual
  12. Aspek utama yang membedakan jenis materi pada karya rupa mozaik antara karya orang dewasa dengan karya anak usia dini, adalah ....
    a. Nilai estetis
    b. Nilai kreatif.
    c. Nilai praktis
    d. Nilai ekspresif
  13. Di atas meja tersedia beberapa materi yang akan digunakan untuk membuat sebuah karya rupa. Di sana diantaranya terdapat: beberapa butir kulit telur yang masih utuh, beberapa macam manik-manik yang berwarna-warni, ranting pohon, rumbai-rumbai yang dibuat dari tali rafia, lem fox. Dengan memperhatikan jenis materi-materi tersebut, seseorang akan membuat suatu karya rupa. Karya tersebut adalah …
    a. Seorang anak usia dini membuat montase
    b. Seorang dewasa membuat montase
    c. Seorang anak usia dini membuat mozaik
    d. Seorang dewasa membuat mozaik
  14. Penulisan lambang bilangan pada kalimat di atas salah. Kesalahan penulisan tersebut dapat diperbaiki sebagai berikut kecuali ... .
    a. Las
    b. Ikat
    c. Tempel
    d. Ansembling
  15. Untuk menghasilkan karya rupa mozaik yang memiliki corak warna yang dekoratif dan artistik alami, maka sebaiknya perupa melakukan hal ini....
    a. Memberi warna setelah kepingan mozaik tersusun dalam kerangkanya
    b. Memberi warna sebelum kepingan mozaik tersusun dalam kerangkanya
    c. Menyusun terlebih dahulu kepingan mozaik berwarna alami
    d. Ketiga cara di atas tidak menghasilkan corak warna yang diinginkan.
  16. Berikut ini adalah contoh jenis karya rupa montase, kecuali....
    a. Papan catur
    b. Maket taman kota
    c. Topeng pesta hallowen
    d. Setting panggung
  17. Kolase, Mozaik dan Montase kebanyakan diabadikan seseorang untuk kepentingan seni itu sendiri, artinya dia dapat bersikap ….
    a. Bebas berekspresi tentang ide-idenya
    b. Tidak terikat pada aturan-aturan lain
    c. Tidak terikat pada kepentingan lain.
    d. Bebas berekspresi, tidak terikat pada kepentingan lain.
  18. Proses yang menghadirkan atau memanifestasikan sebuah gagasan seni menjadi sebuah bentuk karya, adalah tahap....
    a. Rasa
    b. Karsa
    c. Cipta
    d. Karya
  19. Agar anak-anak didik tetap tertarik berolah seni, maka guru pandai-pandai mengikuti trend yang sedang berlangsung, yang dapat diperoleh dari ….
    a. Layar televisi
    b. Majalah remaja
    c. Tabloid
    d. Gosip
  20. Salah satu ciri menganyam tradisional adalah yang menggunakan bahan-bahan berikut ini, 
    kecuali ....
    a. Jamur
    b. Jerami
    c. Rotan
    d. Benang
  21. Bahan ini biasanya digunakan untuk jenis anyaman silindris dengan berbagai teknik yang diantaranya untuk anyaman membelit dengan pakan tunggal dan ganda misalnya keranjang. Bahan yang dimaksud adalah ….
    a. Bambu tali
    b. Rotan Hinis
    c. Rotan Pitrit
    d. Mendong
  22. Alat ini dibuat dari bahan kayu atau bambu yang dipergunakan untuk membantu membagi iratan sebagai lungsi agar susupan pakan mudah dimasukkan. Namanya .... ….
    a. Penyuak
    b. Pisau
    c. Cutter
    d. Uncek
  23. Dalam menyiapkan bahan jenis ini, guru tak perlu membelinya. Untuk keperluan 
    menganyam untuk ahak usia dini, guru harus menyobeknya terlebih dahulu cukup dengan 
    kuku jari anda yaitu dengan cara dibelah-belah dengan ukuran sesuai yang dikehendaki baik 
    lungsi maupun pakannya. Cara penyiapan yang seperti ini dilakuakn pada bahan anyam yang 
    terbuat dari ….
    a. Kertas
    b. Karet
    c. Daun pisang
    d. Mendong
  24. Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan bila menganyam dengan model datar motif lurus ….
    a. Angkat lungsi untuk nomor ganjil, agar memudahkan untuk memasukkan pakan - Lungsi yang diangkat kembalikan seperti semula sehingga menutup pakan - Ujung lungsi bagian pangkal ditindih dengan kayu supaya lungsi tidak bergerak - Susupkan pakan di antara lungsi yang bernomor ganjil dan nomor genap.
    b. Ujung lungsi bagian pangkal ditindih dengan kayu supaya lungsi tidak bergerak - Angkat lungsi untuk nomor ganjil, agar memudahkan untuk memasukkan pakan - Susupkan pakan di antara lungsi yang bernomor ganjil dan nomor genap - Lungsi yang diangkat kembalikan seperti semula sehingga menutup pakan.
    c. Susupkan pakan di antara lungsi yang bernomor ganjil dan nomor genap - Ujung lungsi bagian pangkal ditindih dengan kayu supaya lungsi tidak bergerak - Angkat lungsi untuk nomor ganjil, agar memudahkan untuk memasukkan pakan - Lungsi yang diangkat kembalikan seperti semula sehingga menutup pakan.
    d. Ujung lungsi bagian pangkal ditindih dengan kayu supaya lungsi tidak bergerak - Angkat lungsi untuk nomor ganjil, agar memudahkan untuk memasukkan pakan - Lungsi yang diangkat kembalikan seperti semula sehingga menutup pakan - Susupkan pakan di antara lungsi yang bernomor ganjil dan nomor genap
Jawaban:
  1. b. Rakel
  2. a. Direntangkan pada bingkai - bingkai kasa ditempatkan di atas bahan yang ingin dicetak -bertinta di atas screen - tinta diratakan dengan rakel - tinta akan meresap screen sesuai dengan pola. 
  3. a. Permukaan kaca digambari dengan cat sebelum cat kering tempelkan kertas di atasnya, tekan-tekan beberapa saat lalu angkat pelan-pelan kertas tersebut.
  4. c. Kolase
  5. c. Menyusun warna
  6. d. Penggaris
  7. a. B
  8. a. Sosial
  9. d. Keterampilan, kerapian, kesabarannya
  10. c. Lem kertas
  11. b. Prinsip kolase
  12. c. Nilai praktis
  13. b. Seorang dewasa membuat montase
  14. d. Ansembling
  15. c. Menyusun terlebih dahulu kepingan mozaik berwarna alami
  16. a. Papan catur
  17. d. Bebas berekspresi, tidak terikat pada kepentingan lain.
  18. c. Cipta
  19. a. Layar televisi
  20. d. Benang
  21. c. Rotan Pitrit
  22. a. Penyuak
  23. c. Daun pisang
  24. b. Ujung lungsi bagian pangkal ditindih dengan kayu supaya lungsi tidak bergerak - Angkat lungsi untuk nomor ganjil, agar memudahkan untuk memasukkan pakan - Susupkan pakan di antara lungsi yang bernomor ganjil dan nomor genap - Lungsi yang diangkat kembalikan seperti semula sehingga menutup pakan.

Post a Comment for "Soal Seni Keterampilan Anak Beserta Jawaban"