Soal Komunikasi Massa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Komunikasi Massa 
  1. Ketika akan membuat naskah yang akan disajikannya dalam media televisi, para pekerja media harus mempertimbangkan karakteristik media televisi yang bersifat audio visual, untuk itu harus diperhatikan salah satu karakteristik dari proses penyiapan naskahnya, yaitu … 
    a. Mempertimbangkan faktor pemirsa 
    b. Mempertimbangkan faktor waktu 
    c. Berpikir dalam gambar 
    d. Mempertimbangkan biaya produksi 
  2. Beberapa artikel yang ada dalam surat kabar yang memperlihatkan adanya fungsi hiburan, di antaranya adalah ... 
    1. Rubrik cerita bergambar 
    2. Tajuk rencana 
    3. Feature
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  3. Film pertama yang diputar di Indonesia adalah ... 
    a. Terang Bulan 
    b. Si Conat 
    c. Lely Van Java 
    d. Lutung Kasarung 
  4. Fungsi yang dominan yang diinginkan khalayak ketika menonton film adalah. . . 
    a. Persuasi 
    b. Edukasi 
    c. Hiburan 
    d. Informasi 
  5. Berikut adalah judul film yang termasuk ke dalam jenis film cerita … 
    a. Serangan Umum 1 Maret 
    b. Dora The Explorer 
    c. Donald Duck 
    d. Siaran berita 
  6. Secara harfiah, pengertian internet diartikan sebagai … 
    a. Jaringan komputer yang canggih 
    b. Rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian. 
    c. Sistem komputer yang bersifat umum. 
    d. Sistem jaringan komputer yang menghubungkan beberapa perusahaan 
  7. Dalam proses komunikasi, penginderaan manusia yang berfungsi sebagai Òlter (penyaring) dipengaruhi oleh beberapa kondisi, yaitu . . . 
    1. Latar belakang budaya 
    2. Jenis saluran yang dipakai 
    3. Tatatan psikologi
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  8. Internet sering disebut juga dengan media massa yang bersifat. . . 
    a. Kompleks 
    b. Canggih 
    c. Modern 
    d. Kontemporer 
  9. Jika kehadiran perusahaan surat kabar di propinsi A, misalnya, telah membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar perusahaan tersebut, maka perusahan tersebut telah menimbulkan efek … 
    a. Sosial 
    b. Ekonomi 
    c. Menumbuhkan perasaan tertentu 
    d. Hilangnya perasaan tidak enak 
  10. Jika sesudah membaca artikel tentang penyakit flu burung di sebuah surat kabar , seseorang bertambah pengetahuannya dan dapat memberikan informasi tentang penyakit tersebut kepada orang lain, maka pesan yang disajikan oleh surat kabar tersebut telah mengakibatkan efek pada orang tersebut berupa … 
    a. Afektif 
    b. Prososial kognitif 
    c. Kognitif 
    d. Behavioral 
  11. Jika kita menonton sebuah sinetron drama di televisi dan di pikiran kita telah tertanam bahwa pihak yang melakukan kejahatan pada akhirnya akan selalu dikalahkan oleh pihak yang baik maka faktor yang memengaruhi intensitas emosional kita disebut … 
    a. Suasana emosional 
    b. Predisposisi individual 
    c. Identifikasi khalayak 
    d. Skema kognitif 
  12. Pihak-pihak yang termasuk komunikator dari komunikasi massa pada media cetak adalah. . 
    1. Pengisi rubrik 
    2. Redaktur 
    3. Presenter
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  13. Negara tempat berkembangnya teori otoriter adalah ... 
    a. Inggris 
    b. Amerika 
    c. Uni Soviet 
    d. Jerman 
  14. Pihak yang dapat menggunakan media menurut teori otoriter adalah. . . 
    a. Siapa saja yang mendapat ijin dari kerajaan atau pemerintah 
    b. Siapa saja yang mempunyai sarana ekonomi 
    c. Setiap orang yang merasa mempunyai sesuatu untuk disampaikan 
    d. Para anggota partai yang setia dan ortodoks 
  15. Pada teori social responsibility, pengawasan terhadap praktek media dilakukan oleh … 
    a. Pemerintah 
    b. Pendapat masyarakat 
    c. Pihak Swasta 
    d. Anggota masyarakat 
  16. Pihak yang berhak memiliki media menurut teori Soviet Totalitarian adalah … 
    a. Swasta 
    b. Masyarakat umum 
    c. Pemerintah 
    d. Individu yang ditunjuk 
  17. Beberapa alasan mengapa model komunikasi perlu dipahami dalam mempelajari proses komunikasi massa, yaitu dapat. . . 
    1. Membuka spektrum yang lebih luas 
    2. Meneliti hal-hal yang berkaitan dengan komponen-komponen komunikasi 
    3. Melihat gambaran yang jelas tentang suatu bagian atau sebuah realita yang ada
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  18. Segi idiil yang mengatur kebebasan pers Indonesia adalah … 
    a. Pancasila 
    b. Undang-undang Dasar 1945 
    c. Garis-garis Besar Haluan Negara 
    d. Undang-undang Pokok Pers No. 21 tahun 1982 
  19. Pers setelah era Reformasi diatur dalam peraturan pemerintah berupa … 
    a. Undang-undang Pokok Pers No. 11 Tahun 1982 Pasal 3 
    b. Undang-undang RI No. 40 Tahun 1999 
    c. Undang-undang Nomor 11 Tahun 1966 
    d. Undang-undang Nomor 4 Tahun 1967 
  20. Usaha-usaha difusi inovasi pertama kali dilakukan di Amerika Serikat pada tahun antara … 
    a. 1900-1910 
    b. 1910-1920 
    c. 1920-1930 
    d. 1930-1940 
  21. Prinsip dasar dari teori agenda setting adalah .. . 
    a. Media massa dapat berfungsi sebagai lembaga yang mengontrol kebijakan pemerintah 
    b. Media massa memperhatikan pada beberapa isu tertentu yang dianggap penting dan mengabaikan isu-isu lainnya sehingga akan memengaruhi opini publik. 
    c. Media massa dapat dipakai sebagai sarana untuk proses belajar masyarakat 
    d. Tidak ada hubungan antara penilaian yang diberikan media pada suatu isu-isu tertentu dengan perhatian khalayak terhadap isu-isu tersebut. 
  22. Beberapa ciri dari komunikasi massa yang dikemukakan oleh Freidson adalah. . . 
    1. Komunikasi massa dialamatkan kepada sejumlah populasi dari berbagai kelompok 
    2. Adanya alat-alat khusus untuk menyampaikan komunikasi 
    3. Adanya unsur keserempakan penerimaan pesan oleh komunikan
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
Jawaban:
  1. c. Berpikir dalam gambar 
  2. b. 1 dan 3
  3. c. Lely Van Java 
  4. c. Hiburan
  5. a. Serangan Umum 1 Maret
  6. c. Sistem komputer yang bersifat umum.
  7. c. 2 dan 3
  8. d. Kontemporer 
  9. b. Ekonomi 
  10. c. Kognitif 
  11. d. Skema kognitif 
  12. a. 1 dan 2
  13. a. Inggris
  14. a. Siapa saja yang mendapat ijin dari kerajaan atau pemerintah 
  15. b. Pendapat masyarakat 
  16. c. Pemerintah 
  17. d. 1, 2 dan 3
  18. b. Undang-undang Dasar 1945 
  19. b. Undang-undang RI No. 40 Tahun 1999 
  20. c. 1920-1930 
  21. b. Media massa memperhatikan pada beberapa isu tertentu yang dianggap penting dan mengabaikan isu-isu lainnya sehingga akan memengaruhi opini publik. 
  22. d. 1, 2 dan 3

Post a Comment for "Soal Komunikasi Massa Beserta Jawaban"