Soal Pemasaran Jasa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pemasaran Jasa 
  1. Menjaga stabiitas di beberapa area operasi tetapi sangat terbuka untuk mencari tahu peluang apasaja yang ada diluar sana; merupakan orientasi perusahaan untuk merencanakan sebuaha arah pertumbuhan yang merupakan orientasi strategi ?
    a. Prospector
    b. Analyzers
    c. Reactor
    d. Defenders
  2. Berikut tipe keadilan yang diharapkan pelanggan terhadap komplain yang mereka lontarkan kecuali ?
    a. Outcome Fairness
    b. Procedural Fairness
    c. Interactional Fairness
    d. Internal fairness
  3. Cutomer Bonding adalah sebuah sistem baru yang berinisiatif untuk mempertahankan hubungan dengan setiap pelanggan atau calon pelanggan. Penyataan tersebut berupakan pendapat dari ?
    a. Richard Cross dan Jane Smith
    b. Aaker
    c. Brett Turner
    d. Kotler
  4. Produk fisik yang disertai dengan satu atau beberapa jasa pelengkap untuk meningkatkan daya tarik produk bagi para konsumen, dari penjelasan diatas adalah klasifikasi dari kotler (2003) yang termasuk dalam kategori penawaran produk ?
    a. Produk fisik murni
    b. Produk fisik dengan jasa pendukung
    c. Hybrid
    d. Jasa Murni
  5. Kiat pemasaran dimana perusahaan tidak hanya harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, tetapi ia harus juga bergabung dengan kumpulan kepentingan publik yang lebih besar. didalam bauran pemasaran pernyataan diatas termasuk kedalam aktifitas?
    a. Advertising (periklanan)
    b. Personal Selling
    c. Sales Promotion
    d. Public Relation (PR)
  6. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah perusahaan untuk memproduksi beberapa bagian jasa untuk dirinya sendiri maupun meminta pihak lain melakukannya kecuali ?
    a. Kapasitas keahlian, kapasitas sumber daya, kapasitas waktu
    b. Kapasitas waktu, kapasitas produksi, kapasitas konsumsi
    c. Kepercayaan (trust), Kapasitas waktu, pengawasan
    d. Kapasitas waktu, keuntungan ekonomi(economic rewards), Kapasitas Sumber daya
  7. Jasa disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan pelanggan, merupakan tipe operasi jasa dalam sistem penyampaian jasa dalam bentuk operasi ?
    a. Proyek
    b. Batch (job shop)
    c. Lini (flow shop)
    d. Proses berkesinambungan (on going process)
  8. Mengurangi keragaman merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengubah bagan proses jasa, apa kah kerugian dari mengurangi keragaman tersebut?
    a. Lebih susah untuk dikontrol dan diatur, harga yang ditawarkan belum tentu diminati oleh pelanggan
    b. Bila terlalu komplek dapat memusingkan pelanggan akan kualitas jasa yang ditawarkan
    c. Bila pesaing lain meluaskan jasa yang diberikan, maka dapat membuat produsen menghadapi persaingan yang berat dan beresiko
    d. Tidak fleksibel dalam prosedur operasi, kurangnya pilihan pelanggan
  9. Strategi yang digunakan lebih pada spesialisasi, dimana setiap langkah yang diterapkan didapat dari sistim yang ada dan sumber daya yang difokuskan pada penawaran jasa yang lebih sempit. Pernyataan tersebut merupakan proses jasa yang menggunakan cara ?
    a. Mengurangi keragaman
    b. Meningkatkan keragaman
    c. Mengurangi kompleksitas
    d. Menigkatkan kompleksitas
  10. Harga didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan atas seluruh jasa yang disediakan untuk konsumen dan atas potensi keuntungan dimasa depan dalam jangka waktu tertentu adalah strategi dan taktik penentuan harga ?
    a. Flexible Pricing
    b. Relationship Pricing
    c. Discount Pricing
    d. Diversionary Pricing
  11. Komplain dari pelanggan yang mengharapkan hasil, atau kompensasi moneter, permintaan maaf, layanan bebas biaya dimasa yang akan dating disebut ?
    a. Outcome Fairness
    b. Procedural Fairness
    c. Interactional Fairness
    d. Internal fairness
  12. Dimensi pengukuran kualitas yang berkaitan dengan timbulnya kemungkinan suatu produk mengalami keadaan tidak berfungsi (malfunction) pada suatu periode. Merupakan aspek ?
    a. Kinerja (Performance)
    b. Kesesuaian (Comformance)
    c. Kehandalan (Reliability)
    d. Keragaman Produk (Features)
  13. Kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya, merupakan dimensi servqual ?
    a. Tangibles
    b. Reliability
    c. Responsiveness
    d. Assurance
  14. Berikut, adalah langkah-langkah untuk mengembangkan komunikasi yang efektif yang dikemukan oleh Kotler (2004) kecuali ?
    a. Menentukan hasil-hasil penjualan
    b. Menentukan Tujuan Komunikasi
    c. Menentukan bauran promosi
    d. Menentapkan jumlah anggaran Promosi
  15. Berikut merupakan beberapa peranan periklanan dalam pemasaran jasa, Kecuali ?
    a. Membangun Kesadaran (awareness) terhadap keberadaan jasa yang ditawarkan
    b. Menambah pesaing sehingga persaingan antar perusahaan semakin ketat
    c. Untuk membujuk calon Customer untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut
    d. Untuk menambah pengetahuan konsumen tentang jasa yang ditawarkan
  16. Perusahaan sebaiknya memilih tempat dekat dengan konsumen sehingga mudah dijangkau, dengan kata lain harus strategis dan lokasi menjadi sangat penting, merupakan sesuatu yang mempengaruhi penentuanlokasi yang termasuk kedalam jenis interaksi ?
    a. Pemberi jasa mendatangi konsumen
    b. Pemberi jasa dan konsumen tidak bertemu secara langsung
    c. Konsumen mendatangi pemberi jasa
    d. a, b dan c semuanya benar
  17. Praktek penentuan harga dimana konsumen membayar initial fee untuk hak mengkonsumsi layanan jasa tersebut dan membayar pula usage fee atau harga untuk setiap layanan jasa yang mereka konsumsi. Pernyataan berikut merupakan strategi dan penentuan harga penentuan harga dari ?
    a. Two-part tarrif
    b. Cost Plus Pricing
    c. Rate of return pricing
    d. Competitive Parity Pricing
  18. Harga ditentukan atas dasar nilai jasa yang dipersepsikan (perceived value) oleh segmen konsumen tertentu
    a. Loss Leading Pricing
    b. Value Based Pricing
    c. Guaran tee Pricing
    d. Highprice maintenance Pricing
  19. Offset Pricing adalah ?
    a. Penentuan harga dengan adanya beberapa komponen harga yang “disembunyikan”. Harga yang tertera tidak sepenuhnyamerupakan harga akhir yang harus dibayar konsumen
    b. Pemberi jasa berani memberikan harga yang tinggi, karena kalau harga turun, maka reputasi akan turun
    c. Harga awal ditetapkan pada harga yang murah, terkadang malah merugikan dengan tujuan jangka pendek yaitu untuk mendapatkan posisi dipasar atau menigkatkan pangsa pasar
    d. Harga ditentukan berdasarkan harga pemimpin pasar (market leader)
  20. Peak load Pricing adalah ?
    a. Penentuan harga dengan adanya beberapa komponen harga yang “disembunyikan”. Harga yang tertera tidak sepenuhnyamerupakan harga akhir yang harus dibayar konsumen
    b. Penentuan harga dimana pemberi layanan jasa menetapakan harga jasa lebih mahal pada waktu peak (masa ramai) karena biaya yang lebih tinggi ditanggung produsen ketika masa peak daripada off-peak
    c. Teknik menjual setiap unit dari sebuah produk jasa yang terpisah dan menentukan harga tertinggi yang mungkin untuk setiap layanan jasa yang ditawarkan
    d. Menetapkan harga yang seragam pada layanan jasadiukur kedalam suatu satuan kuantitas tertentu dan harga yang lebih murah (atau lebih tinggi) pada setiap tambahan satuankuantitas dalam masa konsumsi yang sama
Jawaban:
  1. b. Analyzers
  2. d. Internal fairness
  3. a. Richard Cross dan Jane Smith
  4. b. Produk fisik dengan jasa pendukung
  5. d. Public Relation (PR)
  6. b. Kapasitas waktu, kapasitas produksi, kapasitas konsumsi
  7. b. Batch (job shop)
  8. d. Tidak fleksibel dalam prosedur operasi, kurangnya pilihan pelanggan
  9. c. Mengurangi kompleksitas
  10. b. Relationship Pricing
  11. a. Outcome Fairness
  12. c. Kehandalan (Reliability)
  13. b. Reliability
  14. a. Menentukan hasil-hasil penjualan
  15. b. Menambah pesaing sehingga persaingan antar perusahaan semakin ketat
  16. c. Konsumen mendatangi pemberi jas
  17. a. Two-part tarrif
  18. b. Value Based Pricing
  19. a. Penentuan harga dengan adanya beberapa komponen harga yang “disembunyikan”. Harga yang tertera tidak sepenuhnyamerupakan harga akhir yang harus dibayar konsumen
  20. b. Penentuan harga dimana pemberi layanan jasa menetapakan harga jasa lebih mahal pada waktu peak (masa ramai) karena biaya yang lebih tinggi ditanggung produsen ketika masa peak daripada off-peak

Post a Comment for "Soal Pemasaran Jasa Beserta Jawaban"