Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pemasaran Jasa
- Menjaga stabiitas di beberapa area operasi tetapi sangat terbuka untuk mencari tahu peluang apasaja yang ada diluar sana; merupakan orientasi perusahaan untuk merencanakan sebuaha arah pertumbuhan yang merupakan orientasi strategi ?a. Prospectorb. Analyzersc. Reactord. Defenders
- Berikut tipe keadilan yang diharapkan pelanggan terhadap komplain yang mereka lontarkan kecuali ?a. Outcome Fairnessb. Procedural Fairnessc. Interactional Fairnessd. Internal fairness
- Cutomer Bonding adalah sebuah sistem baru yang berinisiatif untuk mempertahankan hubungan dengan setiap pelanggan atau calon pelanggan. Penyataan tersebut berupakan pendapat dari ?a. Richard Cross dan Jane Smithb. Aakerc. Brett Turnerd. Kotler
- Produk fisik yang disertai dengan satu atau beberapa jasa pelengkap untuk meningkatkan daya tarik produk bagi para konsumen, dari penjelasan diatas adalah klasifikasi dari kotler (2003) yang termasuk dalam kategori penawaran produk ?a. Produk fisik murnib. Produk fisik dengan jasa pendukungc. Hybridd. Jasa Murni
- Kiat pemasaran dimana perusahaan tidak hanya harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, tetapi ia harus juga bergabung dengan kumpulan kepentingan publik yang lebih besar. didalam bauran pemasaran pernyataan diatas termasuk kedalam aktifitas?a. Advertising (periklanan)b. Personal Sellingc. Sales Promotiond. Public Relation (PR)
- Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah perusahaan untuk memproduksi beberapa bagian jasa untuk dirinya sendiri maupun meminta pihak lain melakukannya kecuali ?a. Kapasitas keahlian, kapasitas sumber daya, kapasitas waktub. Kapasitas waktu, kapasitas produksi, kapasitas konsumsic. Kepercayaan (trust), Kapasitas waktu, pengawasand. Kapasitas waktu, keuntungan ekonomi(economic rewards), Kapasitas Sumber daya
- Jasa disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan pelanggan, merupakan tipe operasi jasa dalam sistem penyampaian jasa dalam bentuk operasi ?a. Proyekb. Batch (job shop)c. Lini (flow shop)d. Proses berkesinambungan (on going process)
- Mengurangi keragaman merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengubah bagan proses jasa, apa kah kerugian dari mengurangi keragaman tersebut?a. Lebih susah untuk dikontrol dan diatur, harga yang ditawarkan belum tentu diminati oleh pelangganb. Bila terlalu komplek dapat memusingkan pelanggan akan kualitas jasa yang ditawarkanc. Bila pesaing lain meluaskan jasa yang diberikan, maka dapat membuat produsen menghadapi persaingan yang berat dan beresikod. Tidak fleksibel dalam prosedur operasi, kurangnya pilihan pelanggan
- Strategi yang digunakan lebih pada spesialisasi, dimana setiap langkah yang diterapkan didapat dari sistim yang ada dan sumber daya yang difokuskan pada penawaran jasa yang lebih sempit. Pernyataan tersebut merupakan proses jasa yang menggunakan cara ?a. Mengurangi keragamanb. Meningkatkan keragamanc. Mengurangi kompleksitasd. Menigkatkan kompleksitas
- Harga didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan atas seluruh jasa yang disediakan untuk konsumen dan atas potensi keuntungan dimasa depan dalam jangka waktu tertentu adalah strategi dan taktik penentuan harga ?a. Flexible Pricingb. Relationship Pricingc. Discount Pricingd. Diversionary Pricing
- Komplain dari pelanggan yang mengharapkan hasil, atau kompensasi moneter, permintaan maaf, layanan bebas biaya dimasa yang akan dating disebut ?a. Outcome Fairnessb. Procedural Fairnessc. Interactional Fairnessd. Internal fairness
- Dimensi pengukuran kualitas yang berkaitan dengan timbulnya kemungkinan suatu produk mengalami keadaan tidak berfungsi (malfunction) pada suatu periode. Merupakan aspek ?a. Kinerja (Performance)b. Kesesuaian (Comformance)c. Kehandalan (Reliability)d. Keragaman Produk (Features)
- Kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya, merupakan dimensi servqual ?a. Tangiblesb. Reliabilityc. Responsivenessd. Assurance
- Berikut, adalah langkah-langkah untuk mengembangkan komunikasi yang efektif yang dikemukan oleh Kotler (2004) kecuali ?a. Menentukan hasil-hasil penjualanb. Menentukan Tujuan Komunikasic. Menentukan bauran promosid. Menentapkan jumlah anggaran Promosi
- Berikut merupakan beberapa peranan periklanan dalam pemasaran jasa, Kecuali ?a. Membangun Kesadaran (awareness) terhadap keberadaan jasa yang ditawarkanb. Menambah pesaing sehingga persaingan antar perusahaan semakin ketatc. Untuk membujuk calon Customer untuk membeli atau menggunakan jasa tersebutd. Untuk menambah pengetahuan konsumen tentang jasa yang ditawarkan
- Perusahaan sebaiknya memilih tempat dekat dengan konsumen sehingga mudah dijangkau, dengan kata lain harus strategis dan lokasi menjadi sangat penting, merupakan sesuatu yang mempengaruhi penentuanlokasi yang termasuk kedalam jenis interaksi ?a. Pemberi jasa mendatangi konsumenb. Pemberi jasa dan konsumen tidak bertemu secara langsungc. Konsumen mendatangi pemberi jasad. a, b dan c semuanya benar
- Praktek penentuan harga dimana konsumen membayar initial fee untuk hak mengkonsumsi layanan jasa tersebut dan membayar pula usage fee atau harga untuk setiap layanan jasa yang mereka konsumsi. Pernyataan berikut merupakan strategi dan penentuan harga penentuan harga dari ?a. Two-part tarrifb. Cost Plus Pricingc. Rate of return pricingd. Competitive Parity Pricing
- Harga ditentukan atas dasar nilai jasa yang dipersepsikan (perceived value) oleh segmen konsumen tertentua. Loss Leading Pricingb. Value Based Pricingc. Guaran tee Pricingd. Highprice maintenance Pricing
- Offset Pricing adalah ?a. Penentuan harga dengan adanya beberapa komponen harga yang “disembunyikan”. Harga yang tertera tidak sepenuhnyamerupakan harga akhir yang harus dibayar konsumenb. Pemberi jasa berani memberikan harga yang tinggi, karena kalau harga turun, maka reputasi akan turunc. Harga awal ditetapkan pada harga yang murah, terkadang malah merugikan dengan tujuan jangka pendek yaitu untuk mendapatkan posisi dipasar atau menigkatkan pangsa pasard. Harga ditentukan berdasarkan harga pemimpin pasar (market leader)
- Peak load Pricing adalah ?a. Penentuan harga dengan adanya beberapa komponen harga yang “disembunyikan”. Harga yang tertera tidak sepenuhnyamerupakan harga akhir yang harus dibayar konsumenb. Penentuan harga dimana pemberi layanan jasa menetapakan harga jasa lebih mahal pada waktu peak (masa ramai) karena biaya yang lebih tinggi ditanggung produsen ketika masa peak daripada off-peakc. Teknik menjual setiap unit dari sebuah produk jasa yang terpisah dan menentukan harga tertinggi yang mungkin untuk setiap layanan jasa yang ditawarkand. Menetapkan harga yang seragam pada layanan jasadiukur kedalam suatu satuan kuantitas tertentu dan harga yang lebih murah (atau lebih tinggi) pada setiap tambahan satuankuantitas dalam masa konsumsi yang sama
Jawaban:
- b. Analyzers
- d. Internal fairness
- a. Richard Cross dan Jane Smith
- b. Produk fisik dengan jasa pendukung
- d. Public Relation (PR)
- b. Kapasitas waktu, kapasitas produksi, kapasitas konsumsi
- b. Batch (job shop)
- d. Tidak fleksibel dalam prosedur operasi, kurangnya pilihan pelanggan
- c. Mengurangi kompleksitas
- b. Relationship Pricing
- a. Outcome Fairness
- c. Kehandalan (Reliability)
- b. Reliability
- a. Menentukan hasil-hasil penjualan
- b. Menambah pesaing sehingga persaingan antar perusahaan semakin ketat
- c. Konsumen mendatangi pemberi jas
- a. Two-part tarrif
- b. Value Based Pricing
- a. Penentuan harga dengan adanya beberapa komponen harga yang “disembunyikan”. Harga yang tertera tidak sepenuhnyamerupakan harga akhir yang harus dibayar konsumen
- b. Penentuan harga dimana pemberi layanan jasa menetapakan harga jasa lebih mahal pada waktu peak (masa ramai) karena biaya yang lebih tinggi ditanggung produsen ketika masa peak daripada off-peak
Post a Comment for "Soal Pemasaran Jasa Beserta Jawaban"