Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD
- Tujuan diadakannya pendidikan demokrasi dan HAM adalah untuk mengembangkan....
a. Hubungan saling percaya dan toleran
b. Individu menjadi warga negara yang cerdas dan baik
c. Kehidupan yang kooperatif
d. Solidaritas sosial dan kemasyarakatan - Tantangan bagi pendidikan demokrasi dan HAM di Indonesia adalah....
a. Memberikan perhatian yang cermat dan usaha yang sungguh-sungguh pada hakikat dan karakteristik aneka ragam demokrasi
b. Mengembangkan kurikulum atau paket pendidikan yang sengaja dirancang untuk memfasilitasi siswa agar mampu mengeksplorasi
c. Mengembangkan akhlak kewarganegaraan yang mampu memberikan kontribusi terhadap berkembangnya budaya kewarganegaraan yang menjadi inti dari masyarakat madani
d. Tersedianya sumber belajar yang memungkinkan siswa mampu mengeksplorasi sejarah demokrasi di negaranya - Pembelajaran demokrasi dan HAM dapat menggunakan model PKKBI sebagai model pembelajaran. Salah satu fokus perhatian dari model ini adalah pengembangan civic dispossitions, yang berarti....
a. Pengetahuan kewarganegaraan
b. Kebajikan kewarganegaraan
c. Kepercayaan diri kewarganegaraan
d. Komitmen - Strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM adalah....
a. Mengidentifikasi permasalahan kebijakan publik dalam masyarakat
b. Mengidentifikasi sumber informasi
c. Membangun kelompok guru pionir
d. Mengkaji informasi yang dikumpulkan kemudian memilih masalah - Hakikat pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM adalah....
a. Pendidikan demokrasi dan HAM bertujuan untuk mengembangkan individu menjadi warga negara yang cerdas dan baik
b. Pembelajaran berwawasan demokrasi dan HAM dapat dipelajari dalam waktu singkat
c. Pengalaman sejarah serta budaya kewarganegaraan merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan demokrasi suatu negara
d. Pendidikan demokrasi dan HAM akan terjadi dengan sendirinya - Paradigma baru dalam pendidikan demokrasi dan HAM adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional. Oleh karena itu, paradigma baru ini menuntut hal-hal seperti....
a. Mengembangkan kelas sebagai democratic laboratory
b. Menjadikan sekolah/kampus sebagai open global classroom
c. Mengembangkan kelas sebagai open global classroom
d. Menjadikan masyarakat luas sebagai micro cosmos of democracy - Inti dari pendidikan demokrasi dan HAM adalah....
a. Mendidik warga negara yang sejati yang bersedia menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk negara dan masyarakat
b. Pendidikan harus mampu membimbing murid-murid menjadi warga negara yang bertanggung jawab
c. Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya
d. Kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan - 1. Terdiri dari dua tingkatan kelas yang berbeda
2. Dua mata pelajaran yang sama atau berbeda
3. Satu ruang kelas
Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) model 221 memiliki ciri sebagai berikut....
a. 2 dan 3
b. 1 dan 3
c. 1 dan 2
d. 1, 2 dan 3 - Salah satu contoh pesan sebagai sumber belajar yang dirancang adalah....
a. Program
b. Nara sumber
c. Komputer
d. Bahan pelajaran - Tujuan adanya Pusat Sumber Belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
a. Memotivasi pemakaian cara-cara baru dalam belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan program
b. Meringankan tugas guru sebagai satu-satunya pusat informasi
c. Menyiapkan berbagai alternatif bentuk interaksi yang menunjang pembelajaran tradisional
d. Menyebarkan informasi yang dapat membantu memajukan penggunaan berbagai sumber belajar - Kegiatan Pusat Sumber Belajar ditinjau dari aspek produksi adalah....
a. Penyiapan hasil karya original
b. Perencanaan kurikulum
c. Program belajar individual
d. Supervisi personalia - Ibu Reni mengajarkan mata pelajaran Matematika di kelas 5 dan mata pelajaran IPA di kelas 6 pada ruangan kelas yang berbeda pada waktu bersamaan. Mula-mula Ibu Reni menjelaskan tentang konsep luas dan keliling, kemudian menyuruh siswa mengerjakan tugas. Sementara siswa kelas 5 mengerjakan tugas, Ibu Reni berpindah ke kelas 6 untuk menjelaskan tentang sistem tata surya. Sementara siswa kelas 6 mengerjakan tugas, Ibu Reni kembali ke kelas 5. Ibu Reni berpindah-pindah dari kelas 5 dan 6 untuk mengecek hasil kerja siswa. Kegiatan ini berlangsung terus sampai jam pelajaran berakhir . Ilustrasi diatas adalah...
a. Contoh penerapan PKR di sekolah yang ideal
b. Contoh penerapan PKS di sekolah yang ideal
c. Contoh penerapan PKT di sekolah yang ideal
d. Contoh penerapan PKP di sekolah yang ideal - Contoh pemanfaatan seni dalam pembelajaran IPA adalah....
a. Kegiatan bermain peran tentang peristiwa metamorfosa ulat menjadi kupu-kupu
b. Tanya jawab tentang syair lagu "Kupu-kupu"
c. Menyanyikan lagu "Kupu-kupu"
d. Mencari kupu-kupu di pekarangan sekolah - Lukisan atau foto tentang peperangan merupakan contoh pemanfaatan seni dalam pembelajaran....
a. Bahasa
b. Sejarah
c. Matematika
d. Kesenian - Untuk memanfaatkan seni dalam pembelajaran matematika, guru dapat menggunakan lukisan....
a. Piramid
b. Pedagang
c. Polisi lalu lintas
d. Bunga Rafflesia - Salah satu jenis sumber belajar adalah metode. Yang dimaksud dengan metode sebagai sumber belajar adalah....
a. Informasi, ide, fakta, konsep, teori, data yang disampaikan oleh komponen lain
b. Orang yang menyimpan dan menyalurkan informasi
c. Prosedur yang dirancang untuk menyampaikan pesan yang melibatkan penggunaan bahan pelajaran, peralatan, situasi, dan orang
d. Situasi di sekitar dimana pesan disalurkan - Contoh permainan yang dapat mengembangkan kebugaran jasmani adalah....
a. Bermain peran
b. Gobak sodor
c. Tebak-tebakan
d. Puzzle J - Cara yang dapat digunakan oleh guru untuk menilai portofolio yang dibuat oleh siswa adalah dengan menggunakan....
a. Lembar penilaian
b. Lembar observasi
c. Tes tertulis
d. Kompetisi - Pembelajaran terpadu merupakan sesuatu yang menghubungkan berbagai bidang studi dengan cara memotong garis batas mata pelajaran yang ada dan memperkuat suatu unit konsep-konsep. Pernyataan ini dikemukakan oleh....
a. Idi
b. Vars
c. Wisconsin Department of Public Instruction
d. Nasution - Contoh permainan yang dapat mengembangkan kebugaran jasmani anak melalui aktivitas di luar kelas adalah permainan....
a. Puzzle
b. Lego
c. Bola kasti
d. Menyusun balok - Kecerdasan kinestetik sangat diperlukan oleh anak dalam mendukung kegiatan di sekolah mereka. Hal ini disebabkan oleh....
a. Anak masih dalam tahap perkembangan yang membutuhkan kecerdasan
b. Anak memerlukan kesiapan fisik melalui kegiatan bermain dan olah raga untuk dapat menyelesaikan beban tugasnya
c. Tugas yang diberikan oleh guru memerlukan kecerdasan anak
d. Beban yang diberikan oleh guru sangat berat, sehingga anak harus pintar membagi waktu untuk menyelesaikannya - Salah satu jenis kecerdasan pada anak adalah kecerdasan antardiri - interpersonal. Dengan kecerdasan ini, anak memiliki kemampuan untuk....
a. Menggunakan bagian anggota tubuh untuk memecahkan masalah dan berkomunikasi
b. Menyadari bila terjadi perubahan dalam lingkungan
c. Bekerja dalam kelompok dan sering berperan sebagai pemimpin
d. Membentuk mental model, melakukan atraksi, dan mengoperasikan model tersebut - Salah satu contoh pemanfaatan seni dalam pembelajaran bahasa adalah....
a. Membuat patung
b. Berkunjung ke perpustakaan
c. Berdialog dengan tokoh bahasa
d. Membuat puisi - Salah satu model pembelajaran terpadu yang disusun oleh JAcobs adalah model kurikulum yang berorientasi pada satuan mata pelajaran yang terpisah-pisah. Maksudnya adalah....
a. Tema dikembangkan berdasarkan beberapa topik pada beberapa mata pelajaran
b. Dua mata pelajaran secara bersama-sama diajarkan dengan menggunakan konsep atau keterampilan yang tumpang tindih
c. Model pembelajaran masih berorientasi pada suatu mata pelajaran tertentu saja
d. Beberapa topik dari suatu mata pelajaran diorganisasikan kembali dan diurutkan agar bertepatan dengan pada saat guru mata pelajaran lain membahas topik yang serupa - Pengertian Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) adalah penggabungan kelompok siswa yang terdiri dari....
a. Tingkatan kelas yang sama, mata pelajaran sama, dan diajarkan secara bergantian
b. Tingkatan kelas yang sama, mata pelajaran berbeda, dan diajarkan secara bersamaan
c. Tingkatan kelas yang berbeda, mata pelajaran sama, dan diajarkan secara bergantian
d. Tingkatan kelas yang berbeda, mata pelajaran berbeda, dan diajarkan secara bersamaan
Jawaban:
- b. Individu menjadi warga negara yang cerdas dan baik
- c. Mengembangkan akhlak kewarganegaraan yang mampu memberikan kontribusi terhadap berkembangnya budaya kewarganegaraan yang menjadi inti dari masyarakat madani
- b. Kebajikan kewarganegaraan
- c. Membangun kelompok guru pionir
- a. Pendidikan demokrasi dan HAM bertujuan untuk mengembangkan individu menjadi warga negara yang cerdas dan baik
- a. Mengembangkan kelas sebagai democratic laboratory
- d. Kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan
- d. 1, 2 dan 3
- d. Bahan pelajaran
- b. Meringankan tugas guru sebagai satu-satunya pusat informasi
- a. Penyiapan hasil karya original
- a. Contoh penerapan PKR di sekolah yang ideal
- a. Kegiatan bermain peran tentang peristiwa metamorfosa ulat menjadi kupu-kupu
- b. Sejarah
- a. Piramid
- c. Prosedur yang dirancang untuk menyampaikan pesan yang melibatkan penggunaan bahan pelajaran, peralatan, situasi, dan orang
- b. Gobak sodor
- a. Lembar penilaian
- c. Wisconsin Department of Public Instruction
- c. Bola kasti
- b. Anak memerlukan kesiapan fisik melalui kegiatan bermain dan olah raga untuk dapat menyelesaikan beban tugasnya
- b. Menyadari bila terjadi perubahan dalam lingkungan
- d. Membuat puisi
- c. Model pembelajaran masih berorientasi pada suatu mata pelajaran tertentu saja
- d. Tingkatan kelas yang berbeda, mata pelajaran berbeda, dan diajarkan secara bersamaan
Post a Comment for "Soal Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD Beserta Jawaban"