Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pembelajaran Terpadu di SD
- Suatu pertanyaan yang diajukan guru dan tidak dapat dijawab oleh siswa atau jawaban tidak sesuai dengan keinginan guru, maka guru tidak boleh tinggal diam. Komponen yang harus dikuasai guru untuk mengatasi masalah ini adalah ....
a. Pemberian tuntunan
b. Pengungkapan pertanyaan yang jelas dan singkat
c. Pemberian waktu berpikir
d. Pemusatan - Manfaat dari keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran terpadu adalah ....
a. Memelihara iklim kelas yang kondusif
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan rasa ingin tahu tentang sesuatu yang baru dalam suatu tema yang dipelajari
c. Memberikan kemudahan kepada siswa untuk mempelajari isi tema yang dipelajari dan dianggap memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi
d. Menumbuhkan percaya diri siswa akan kemampuan yang dimilikinya dan keberanian mengungkapkan pendapat sendiri - Dalam memberi penguatan bentuk verbal, hal yang sebaiknya dilakukan guru adalah memberi ....
a. Kegiatan yang menyenangkan
b. Simbol atau tanda
c. Pengakuan
d. Peringatan - Salah satu bentuk kegiatan akhir pembelajaran adalah ....
a. Memberikan pekerjaan rumah
b. Memberikan bimbingan
c. Melaksanakan penilaian
d. Mengemukakan topik yang akan datang - Manfaat keterampilan membuka pelajaran dalam pembelajaran terpadu adalah ....
a. Memberikan gambaran yang jelas tentang aktivitas belajar yang akan dilakukan dan batasbatas tugas yang harus dikerjakan siswa
b. Menyiapkan bahan-bahan untuk proses pembelajaran
c. Memantapkan pemahaman siswa tentang materi yang lalu
d. Menetapkan kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk mengembangkan kompetensi yang telah dikuasai siswa - Untuk membangkitkan motivasi siswa dalam keterampilan membuka pelajaran, yang harus dilakukan guru adalah ....
a. Menimbulkan rasa ingin tahu
b. Mengajukan pertanyaan
c. Memberikan tugas yang harus dipecahkan bersama
d. Memberikan penguatan kepada siswa - Salah satu komponen menutup pelajaran adalah melakukan penilaian. Mengingat waktu yang diperlukan dalam penilaian terbatas maka cara yang terbaik adalah ....
a. Meminta siswa melakukan pengamatan di kebun/pekarangan sekolah
b. Meminta siswa untuk menyatakan pendapat tentang bahan dan kegiatan belajar dari tema yang telah dibahas
c. Memberi soal untuk didiskusikan selama proses pembelajaran
d. Memberikan soal-soal tertulis yang dikerjakan secara cepat - Dalam melakukan penilaian bahan ajar dan pengalaman belajar yang ditetapkan harus sesuai dengan karakteristik dan perkembangan siswa. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
a. Kesinambungan
b. Kebermaknaan
c. Keutuhan
d. Keterbukaan - Pak Ali sedang membuat peta kompetensi dari beberapa mata pelajaran antara lain; Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Kerajinan Tangan dan Kesenian. Aspek-aspek yang dapat dipadukan yaitu, Bahasa Indonesia (berbicara), Matematika (bilangan cacah sampai dengan tiga angka), IPA (makhluk hidup dan proses kehidupan), dan Kerajinan Tangan dan Kesenian (warna dan garis). Contoh tersebut menunjukkan bahwa Pak Ali sedang menetapkan ....
a. Mata pelajaran
b. Kompetensi dasar
c. Tema
d. Keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatu - Garis besar, ringkasan, ikhtisar, pokok-pokok isi/materi pembelajaran yang digunakan sebagai penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan uraian materi yang perlu dipelajari siswa disebut ....
a. Kurikulum
b. Satuan pembelajaran
c. Silabus
d. Rencana pembelajaran - Menulis nama-nama mata pelajaran yang akan dipadukan, menentukan judul tema yang akan dibahas, kemudian menentukan semester, dan kelas merupakan komponen ....
a. Kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan
b. Alat, media, dan sumber bahan yang digunakan
c. Identifikasi belajar mengajar yang akan dilaksanakan
d. Cara penilaian yang akan ditempuh - Salah satu komponen dalam satuan pembelajaran terpadu adalah ....
a. Alokasi waktu yang diperlukan
b. Alternatif strategi pembelajaran yang digunakan
c. Materi pokok yang mengacu pada suatu tema
d. Identitas mata pelajaran - Ibu Ani sedang mengajar siswa kelas I dengan menyanyikan lagu “Pelangi” setelah itu menanyakan kepada siswanya ada berapa macam warna pada pelangi. Contoh tersebut menggambarkan bahwa Bu Ani ingin mengetahui komponen mana yang akan dicapai yaitu ....
a. Kompetensi dasar
b. Strategi
c. Materi pokok
d. Mata pelajaran - Agar penguatan dapat berfungsi secara efektif dan dapat memperlancar pencapaian kompetensi dasar siswa maka prinsip yang harus diperhatikan adalah ....
a. Sikap hangat dan antusias
b. Diberikan setelah pelajaran selesai
c. Dapat dilakukan dengan cara perubahan posisi guru
d. Variasi dengan kesenyapan - Pola interaksi yang menuntut aktivitas siswa yang lebih tinggi, dimana interaksi tidak hanya antara guru dan siswa tetapi juga antara siswa dengan siswa lain merupakan pola interaksi pembelajaran ....
a. Satu arah
b. Dua arah
c. Tiga arah
d. Banyak arah - Ibu Ani ingin menerangkan tentang peristiwa alam pada kelas III dengan memadukan mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan Kerajinan Tangan dan Kesenian. Pada satuan pembelajaran yang dibuat oleh bu Ani untuk materi mata pelajaran Kesenian adalah ....
a. Pelangi
b. Puncak Gunung
c. Si Kancil
d. Balonku - Berikut merupakan komponen-komponen dalam silabus, kecuali ....
a. Kompetensi dasar
b. Indikator
c. Evaluasi
d. Alokasi waktu - Contoh kompetensi dasar yang ingin dicapai adalah “Siswa dapat menceritakan peristiwa alam”. Dari segi strategi pembelajaran pada satuan pembelajaran, kita dapat melihat keterpaduan pembelajaran antara mata pelajaran IPA dengan Bahasa Indonesia. Kelengkapan yang perlu disusun untuk kebutuhan penilaian adalah, kecuali lembar ....
a. Soal
b. Pengamatan
c. Analisis kemampuan
d. Teks lagu - Program yang dilakukan secara berkesinambungan untuk menentukan keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan dalam pembelajaran terpadu diidentifikasi sebagai suatu ....
a. Evaluasi
b. Penilaian
c. Observasi
d. Pengukuran - Tujuan penilaian dalam pembelajaran terpadu adalah untuk ....
a. Menilai pembelajaran di kelas
b. Menentukan skor yang diperoleh siswa
c. Menentukan siswa yang berprestasi
d. Menilai hasil ujian siswa
Jawaban:
- a. Pemberian tuntunan
- b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan rasa ingin tahu tentang sesuatu yang baru dalam suatu tema yang dipelajari
- c. Pengakuan
- c. Melaksanakan penilaian
- a. Memberikan gambaran yang jelas tentang aktivitas belajar yang akan dilakukan dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa
- a. Menimbulkan rasa ingin tahu
- b. Meminta siswa untuk menyatakan pendapat tentang bahan dan kegiatan belajar dari tema yang telah dibahas
- b. Kebermaknaan
- a. Mata pelajaran
- c. Silabus
- c. Identifikasi belajar mengajar yang akan dilaksanakan
- d. Identitas mata pelajaran
- a. Kompetensi dasar
- a. Sikap hangat dan antusias
- d. Banyak arah
- a. Pelangi
- c. Evaluasi
- d. Teks lagu
- b. Penilaian
- a. Menilai pembelajaran di kelas
Post a Comment for "Soal Pembelajaran Terpadu di SD Beserta Jawaban"