Soal Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 
  1. Pendidikan yang memberikan kesempatan bagi siswa tunarungu untuk belajar bersamasama dengan siswa mendengar di sekolah biasa/regular, disebut pendidikan dengan sistem.......
    a. Segregasi
    b. Kelas jauh/kelas kunjung
    c. Integrasi
    d. Pendidikan inklusif 
  2. Klasifikasi penyandang tunagrahita yang menitikberatkan pada kebutuhannya, seperti:
    (1) Bantuan itu dibutuhkan secara berkala atau tidak selalu membutuhkan bantuan,
    (2) Sering membutuhkan bantuan,
    (3) Yang membutuhkan bantuan dalam jangka lama dan bantuanya serius; dan
    (4) Kebutuhan bantuan sepanjang waktu. Klasifikasi tersebut dikelompokkan …..
    a. Oleh AAMR 1992
    b. Sesuai dengan PP 72 Tahun 1991
    c. Berdasarkan kelainan jasmani yang disebut tipe klinis
    d. Oleh American Asociation on Mental Deficiency 
  3. Tunagrahita pada diri seseorang bisa disebabkan oleh adanya penyakit Rubbela (campak Jerman) pada janin. Selain itu adanya infeksi penyakit Syphilis. Faktor penyebab seperti ini diakibatkan oleh ....
    a. Genetik dan kromosom
    b. Pada pra Kelahiran
    c. Pada saat Kelahiran
    d. Selama masa perkembangan anak-anak 
  4. Seseorang mengalami kesulitan dalam pembentukan bunyi-bunyi, suku kata, maupun kata-kata, sehingga ucapannya sulit dipahami. Penderita seperti ini tergolong dalam gangguan
    a. Artikulasi
    b. Suara
    c. Kelancaran
    d. Kehilangan pendengaran
  5. Salah satu dampak tunarungu bagi anak adalah munculnya sifat membeo, yaitu anak meniru suara-suara yang dibuat orang lain, dan suara-suara yang ditiru tersebut masih belum mempunyai arti. Fase yang dimaksud adalah …
    a. Fase reflexive vocalization
    b. Fase babling/vocal play
    c. Fase lalling
    d. Fase echolalic 
  6. Berikut ini merupakan hal yang penting untuk diketahui berkaitan dengan saat terjadinya ketunarunguan pada seseorang, yaitu .........
    a. Mengoptimalkan fungsi sisa pendengarannya
    b. Mempertimbangkan alat bantu dengar yang sesuai dengan anak
    c. Pemerolehan bahasa anak
    d. Memberikan bimbingan dalam menggunakan bahasa tubuh 
  7. Berikut merupakan strategi yang paling efektif diterapkan pada kelompok murid yang memiliki kemampuan heterogen, adalah …..
    a. Pengajaran yang diindividualisasikan
    b. Modifikasi tingkah laku
    c. Kooperatif
    d. Belajar kelompok 
  8. Anak tunadaksa yang dapat mengikuti pelajaran sama dengan anak normal, adalah …..
    a. Yang mengalami kelainan pada sistem otot dan rangka
    b. Yang mengalami kelainan persepsi
    c. Anak cerebral palsy yang kelainannya berat
    d. Anak yang mengalami gangguan pada simbolisasi 
  9. Umumnya masyarakat mengganggap anak berkelainan jenis ini tidak memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu dan dianggap sebagai beban masyarakat serta lingkungannya. Maksud dari pernyataan di atas adalah anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam ….
    a. Keleluasaan gerak dan memposisikan diri
    b. Komunikasi
    c. Keterampilan memelihara diri
    d. Psikososial
  10. Salah, satu isi dari KTSP dalam bentuk pendidikan segregasi (terpisah) untuk kurikulum anak tunarungu, adalah pengembangan kemampuan dasar, pengembangan bahasa, daya pikir, daya cipta, keterampilan dan pendidikan jasmani, merupakan materi dari kurikulum tingkat ……
    a. TKLB (Taman Kanak-kanak Luar Biasa)
    b. SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa)
    c. SLTPLB (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Luar Biasa)
    d. SMLB (Sekolah Menengah Luar Biasa)
  11. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam upaya pencegahan terjadinya tunagrahita pada seorang anak, salah satunya adalah ….
    a. Selama kehamilan, si ibu harus rajin beribadah kepada Tuhan YME
    b. Tidak ada rasa dendam kepada orang lain
    c. Setelah anak lahir, si ibu dilarang melakukan hubungan sex bebas
    d. Sanitasi lingkungan 
  12. Dari segi akademik, anak penyandang tunagrahita lebih menyukai terhadap mata pelajaran …
    a. Matematika
    b. Kesenian dan olah raga
    c. Agama
    d. IPA
  13. Tujuan pendidikan anak tunagrahita dikemukakan oleh Suhaeri HN (1980) terbagi atas tiga bagian, yaitu tujuan pendidikan anak tunagrahita ringan tujuan pendidikan anak tunagrahita sedang , dan tujuan pendidikan anak tunagrahita berat. Salah satu tujuan pendidikan anak tunagrahita seperti berikut ini adalah agar anak tunagrahita dapat ….
    a. Bergaul di masyarakat
    b. Mengurus diri secara sederhana
    c. Mengerjakan sesuatu secara rutin dan sederhana
    d. Melakukan kesibukan yang bermanfaat 
  14. Kesulitan belajar pada gangguan jenis ini dialami anak terutama dalam pemahaman atau dalam penggunaan bahasa, lisan atau tulisan, dimana (gangguannya) dimanifestasikan dalam ketidak sempurnaan dalam mendengarkan, memikirkan, mengucapkan,membacakan, menuliskan, mengeja atau perhitungan matematis. Kesulitan belajar yang dimaksud adalah …
    a. Perceptual disabilities dan brain injury
    b. Specific learning disabilitiy
    c. Learning problem
    d. Brain damage 
  15. Ayah dari Agus adalah seorang guru besar pada salah satu universitas ternama di Bandung, sementara ibunya seorang dokter ahli penyakit dalam pada rumah sakit swasta ternama di kota yang sama. Sejak kecil Agus tinggal bersama neneknya. Di sekolahnya Agus bukanlah anak yang cerdas, bahkan di kelas 3, dia pernah tidak naik kelas. Jika dibandingkan dengan kedua orangtuanya, Agus sangat jauh berbeda terutama dalam hal kecerdasannya. Kesulitan belajar yang dialami oleh Agus diakibatkan oleh faktor …
    a. Keturunan/genetik
    b. Teratogenik
    c. Pola asuh
    d. Medis 
  16. Dampak dari anak berkesulitan belajar jenis ini adalah anak menjadi kurang percaya diri , merasa cemas, dan takut melakukan kesalahan yang akan menjadi bahan cemoohan temantemannya, sehingga ia menjadi ragu-ragu dalam berinteraksi dengan lingkungannya atau mengasingkan diri. Berkesulitan belajar yang dimaksud adalah …
    a. Mengalami gangguan dalam masalah mengingat dan berpikir
    b. Gangguan dalam perhatian dan hiperaktif
    c. Masalah persepsi dan koordinasi
    d. Pemisahan pandangan laki-laki dengan perempuan 
  17. Sekilas dilihat dari wajahnya, Neneng nampak begitu cantik, ia duduk di kelas 4 SD namun hampir semua nilai mata pelajaran yang diperolehnya di bawah rata-rata, padahal orangtuanya sudah memberinya les dengan memanggil guru khusus untuknya, namun tidak ada perubahan sehingga di sekolah ia seringkali menjadi olok-olok temannya. Di samping itu Neneng lambat sekali dalam menerima pelajaran yang diberikan gurunya maupun guru lesnya. Setelah dilakukan tes IQ, ternyata IQ Neneng di bawah rata-rata, maka Neneng dikelompokkan ke dalam ……
    a. Tunagrahita ringan
    b. Tunanetra ringan
    c. Tunarungu ringan
    d. Tunadaksa 
  18. Dalam pembelajaran tematik, Ibud seringkali tidak dapat menemukan hubungan antara satu materi pada satu pelajaran dengan materi dari pelajaran lain, sehingga apabila dia diminta gurunya menyebutkan materi pelajaran yang sedang dipelajari, Ibud tidak dapat menjelaskannya. Bantuan atau layanan khusus yang pantas diberikan kepada Ibud adalah …
    a. Menjelaskan keterkaitan antara mata pelajaran satu dengan lainnya
    b. Memberikan contoh-contoh dari semua materi pelajaran
    c. Memperkenalkan tematik dan kaitannya dengan beberapa bidang studi yang sesuai
    d. Secara berkala selalu memberikan tugas untuk mencari kaitan/tema dari seluruh bidang studi yang dipelajari 
  19. Hasil asesmen yang dilakukan tim tidak akan berarti jika tidak ditindaklanjuti dengan …
    a. Penanganan kasus ABK
    b. Secara berkala memberikan tugas
    c. Pengembangan program
    d. Memberikan layanan yang sesuai 
  20. Sebelum pelaksanaan program berbagai hal perlu dipersiapkan, antara lain ….
    a. Sarana dan prasarana sekolah
    b. Soal-soal tes untuk evaluasi
    c. Jadwal pelaksanaan yang sesuai dengan rencana yang ada pada PPI
    d. Buku-buku pelajaran (buku paket) 
  21. Tes ini terdiri dari 50 item dan setiap kartu berisi 10 item meliputi konsonan dan vokal. Tes yang dimaksud adalah …
    a. Pengenalan huruf
    b. Menganalisa kata
    c. Pengenalan kata
    d. Pemahaman kata 
  22. Ada beberapa teknik yang digunakan dalam mengidentifikasi ABK, seperti teknik observasi, wawancara, dan tes sederhana. Bagi guru ada cara lain yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi ABK asal guru tersebut memiliki kemampuan …
    a. Menguasai materi pelajaran dengan baik
    b. Telah lulus sertifikasi mengajar
    c. Mempunyai wawasan yang memadai tentang ABK, kepekaan dan perhatian akan perilaku anak
    d. Menguasai berbagai teknik dan metode mengajar 
  23. Anak tunalaras adalah anak yang secara kondisi dan terus menerus menunjukkan penyimpangan tingkah laku tingkat berat yang mempengaruhi proses belajar. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh …
    a. Kauffman (1977)
    b. Nelson (1981)
    c. Sechmid dan Mercer (1981)
    d. Public Law 94-242 
  24. Akibat dari penggunaan metode dan teknik mengajar yang kurang mengaktifkan anak tunalaras…
    a. Menjadikan anak merasa bosan dan tidak betah berada di sekolah
    b. Membuat anak merasa tidak puas terhadap sekolah
    c. Membuat anak bosan dan merasa lelah
    d. Murid sering membolos berkeliaran di luar sekolah pada jam-jam belajar, kadang-kadang digunakan untuk merokok, tawuran, dan lain-lain.
  25. Model ini menghendaki dalam memperbaiki problem perilaku agar mengupayakan interaksi yang baik antara anak dengan lingkungannya. Model yang dimaksud adalah …
    a. Biogenetic
    b. Behavioral (tingkah laku)
    c. Psikodinamika
    d. Ekologis
Jawaban:
  1. d. Pendidikan inklusif 
  2. a. Oleh AAMR 1992 
  3. b. Pada pra Kelahiran
  4. a. Artikulasi 
  5. d. Fase echolalic
  6. c. Pemerolehan bahasa anak
  7. c. Kooperatif
  8. a. Yang mengalami kelainan pada sistem otot dan rangka 
  9. d. Psikososial
  10. a. TKLB (Taman Kanak-kanak Luar Biasa) 
  11. d. Sanitasi lingkungan 
  12. b. Kesenian dan olah raga
  13. c. Mengerjakan sesuatu secara rutin dan sederhana 
  14. b. Specific learning disabilitiy 
  15. c. Pola asuh 
  16. d. Pemisahan pandangan laki-laki dengan perempuan 
  17. a. Tunagrahita ringan 
  18. c. Memperkenalkan tematik dan kaitannya dengan beberapa bidang studi yang sesuai 
  19. c. Pengembangan program 
  20. c. Jadwal pelaksanaan yang sesuai dengan rencana yang ada pada PPI 
  21. b. Menganalisa kata 
  22. c. Mempunyai wawasan yang memadai tentang ABK, kepekaan dan perhatian akan perilaku anak 
  23. c. Sechmid dan Mercer (1981) 
  24. c. Membuat anak bosan dan merasa lelah 
  25. d. Ekologis

Post a Comment for "Soal Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Beserta Jawaban"