Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Strategi Kegiatan Pengembangan di TK
- Isi atau meteri pembelajaran yang akan disampaikan pada anakdi TK biasanya berupa tema-tema. Isi atau materi ini harus sesuai dengan....a. Strategi pembelajaranb. Metode pembelajaranc. Media pembelajarand. Tujuan pembelajaran
- Dalam GBPKB-TK tercantum kemampuan-kemampuan yang harus dicapai anak yang meliputi pembentukan perilaku melalui pembiasaan dan kemampuan dasar. Kedua hal tersebut sering disebut....a. Isi programb. Komponen programc. Dasar kurikulumd. Silabus kurikulum
- Langkah pertama dalam menyusun Satuan Kegiatan Harian adalah....a. Menentukan materib. Menentukan kegiatanc. Memilih tujuan pembelajarand. Menganalisis SKM
- Belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang dapat diamati dan dapat diukur. Konsep belajar tersebut merupakan pandangan....a. High/scopeb. Behaviorismec. Konstruktivismed. Tabularasa
- Seorang anak dikatakan aktif karena dia menunjukkan beberapa perilaku berikut, kecuali....a. Mencari stimulasi yang dapat memberikan kesempatan padanya untuk belajar dan bergerakb. Menggunakan seluruh tubuhnya sebagai alat belajarc. Secara aktif mencari pengalamannya sendirid. Melakukan segalanya sendiri tanpa perlu bantuan orang lain.
- Pemilihan dan penggunaan strategi yang dilakukan guru sangat menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru merupakan....a. Motor pembelajaranb. Roda pendidikanc. Motivator pembelajarand. Navigator pendidikan
- Dalam memilih dan menentukan strategi pembelajaran guru harus memperhatikan tema, karena pembelajaran tema sangat relevan dangen karakteristik perkembangan anak yang bersifat....a. Sistematikb. Holistikc. Independend. Progresif
- Saat bermain, seringkali anak menggunakan benda-benda yang penggunaanya tidak sesuai dengan fungsi benda tersebut. Misalnya kursi digunakan sebagai mobil-mobilan. Hal itu menunjukkan salah satu karakteristik bermain, yaitu ....a. Voluntirb. Bermaknac. Simbolikd. Episodik
- Andi (4 tahun) senang sekali bermain di halaman rumahnya. Dia mengaduk-aduk tanah, mengamati tanaman dan mengumpulkan batu-batu berukuran kecil. Andi tampak asyik mengeksplor segala hal yang ada di sekitarnya tersebut. Tindakan Andi tersebut menggambarkan bahwa anak usia dini adalah anak yang ....a. Aktif membangun pengetahuannya sendiri.b. Memiliki keunikan masing-masingc. Memiliki rentang perhatian pendekd. Bebas dan suka menyendiri saat bermain
- Ani suka meniru apa yang dilakukan ibunya atau pembantunya. Ia berpura-pura sedang memasak, belanja atau membersihkan rumah. Hal tersebut menunjukkan bahwa anak belajar dari orang-orang di sekitarnya tanpa dipaksa yang berarti bahwa anak belajar secara....a. Mandirib. Simbolikc. Holistikd. Alamiah
- Seorang anak akan belajar dengan baik dan bermakna apabila....a. Mendapat bantuan dari orang yang lebih tuab. Memiliki teman sebayac. Unsur variasi individual anak diperhatikand. Komponen pembelajarannya lengkap.
- Meningkatkan keterlibatan indra anak dalam proses pembelajaran merupakan hal yang penting karena....a. Anak memperoleh pengalaman langsungb. Guru mendapat perhatian anakc. Anak dapat mengenal alat indranya dengan baikd. Guru memperoleh pengalaman langsung dari anak
- Di depan pintu kelas A ditempel gambar anak sedang melepas sepatunya. Penempelan gambar tersebut termasuk dalam strategi....a. Analisis tugasb. Mempersiapkan isyarat lingkunganc. Praktek terbimbingd. Meningkatkan keterlibatan indra
- Kegiatan pembelajaran di TK banyak yang dilakukan dengan cara memberi kesempatan pada anak untuk menyentuh langsung, berinteraksi dengan lingkungan dan mengamati kejadian di lingkungannyA. Hal tersebut termasuk dalam strategi pembelajaran....a. Praktek terbimbingb. Refleksi tingkah lakuc. Peningkatan keterlibatan indrad. Penghargaan efektif
- Saat bermain pasir, ibu guru meminta Andi memberikan contoh pada teman-temannya cara membuat terowongan pasir. Hal ini dilakukan karena Andi telah beberapa kali membuatnya tanpa roboh. Strategi yang diterapkan ibu guru adalah....a. Scaffoldingb. Terbimbingc. Modellingd. Tantangan
- “Ibu guru mau menyiram tanaman di halaman, adakah diantara kalian yang mau ikut?” Kalimat tersebut termasuk salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan guru TK, yaitu ...a. Scaffoldingb. Tantanganc. Undangan/ajakand. Penghargaan
- “Ayo, kalian harus melompat dengan dua kaki lalu berjalan mundur dan ambil balok yang ada di pojok sana” Ibu Reni member perintah pada anak-anak kelompok B. Strategi pembelajaran yang diterapkan Ibu Reni adalah ....a. Scaffoldingb. Do it signalc. Pertanyaand. Praktek terbimbing
- Kegiatan eksploratori pada anak usia TK akan membantu anak membangun pengetahuannya sendiri. Tylor menyatakan bahwa kegiatan eksploratori memungkinkan anak melakukan hal-hal berikut. kecuali....a. Mengembangkan penyelidikan langsung melalui kegiatan spontanb. Menemukan sesuatu yang terkait dengan diri dan lingkungannyac. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minatnyad. Melakukan kegiatan sesuai dengan keinginannya sendiri
- Pada kegiatan di area air, Ibu guru menyediakan botol dengan berbagai macam ukuran dan bentuk. Saat bermain Ibu guru bertanya pada Indra, “Menurut kamu botol mana yang paling banyak isinya? ”Botol mana yang paling besar?” “Botol hijau dengan botol merah, mana yang lebih besar?” Tindakan yang dilakukan Ibu guru merupakan penerapan salah satu strategi pembelajaran, yaitu....a. Penemuan terbimbingb. Pemecahan masalahc. Diskusid. Belajar kooperatif
- Anak-anak TK B sedang belajar menanam biji kacang hijau pada kapas dalam gelas. Pada wadah pertama diisi kapas basah dan biji mentah. Wadah kedua diisi kapas kering dan biji mentah. Wadah ketiga kapas basah dan biji matang (direbus dahulu). Anak-anak diminta mengamati dan menceritakan hasil pengamatannya setiap hari. Setiap anak juga diminta mencari tahu dan menjelaskan apa dan mengapa biji kacang bisa tumbuh atau tidak. Kegiatan tersebut termasuk dalam strategi ....a. Belajar kooperatifb. Pemecahan masalahc. Pengajaran langsungd. Diskusi
- Strategi pembelajaran kooperatif menekankan pada peningkatan aspek keterampilan sosial dalam mengerjakan tugas. Aspek keterampilan sosial meliputi hal berikut, kecuali....a. Mendengarkan orang lain sebagai pasangan/temanb. Memanggil pasangan dengan namanyac. Menawarkan bantuan pada orang laind. Mengatur orang-orang yang ada di sekitarnya.
- Untuk menjelaskan peristiwa meletusnya sebuah gunung pada anak TK, strategi yang paling tepat adalah melalui kegiatan....a. Demonstrasib. Diskusic. Do it signald. Penghargaan efektif
- Saat kegiatan mewarnai gambar, ibu Nena membebaskan anak didiknya untuk memilih warna dan alat yang akan digunakannyA. Tindakan Ibu Nena sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang berpusat pada anak, yaitu bahwa anak....a. Menemukan sebab akibat melalui pengalaman langsungb. Mentransformasi dan menggabungkan bahan-bahanc. Memilih bahan dan memutuskan sendiri apa yang akan dilakukannyad. Menggunakan otot kasarnya.
- Pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada anak terdapat 3 tahapan. Pada tahap perencanaan terdapat langkah-langkah:1. Anak mengemukakan gagasan pada guru.2. Memutuskan apa yang ingin dikerjakan.3. Guru mendorong anak mengembangkanrencananya.4. Guru mendengarkan, mencatat gagasan anak.5. Guru memfasilitasi kebutuhan anak.Urutan langakah-langkah yang paling tepat adalah...a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5b. 5 – 4 – 3 – 2 – 1c. 2 – 1 – 4 – 3 – 5d. 1 – 2 – 4 – 5 – 3
- “Bu guru, aku mau bermain di area balok, di sana nanti aku mau membangun gedung bertingkat yang tinggi sekali. Aku juga mau buat jembatan gantung supaya mobil tetap bisa jalan dan orang-orang tetap bisa menyeberang dan ngga takut ketabrak mobil” Denny menjelaskan apa yang ingin dilakukannya pada saat bermain di area nanti. Ilustrasi tersebut menggambarkan contoh pembelajaran yang berpusat pada anak pada tahap....a. Perencanaanb. Bekerjac. Evaluasid. Review
Jawaban:
- d. Tujuan pembelajaran
- a. Isi program
- d. Menganalisis SKM
- b. Behaviorisme
- d. Melakukan segalanya sendiri tanpa perlu bantuan orang lain.
- a. Motor pembelajaran
- b. Holistik
- c. Simbolik
- a. Aktif membangun pengetahuannya sendiri.
- d. Alamiah
- c. Unsur variasi individual anak diperhatikan
- a. Anak memperoleh pengalaman langsung
- b. Mempersiapkan isyarat lingkungan
- c. Peningkatan keterlibatan indra
- a. Scaffolding
- c. Undangan/ajakan
- b. Do it signal
- a. Mengembangkan penyelidikan langsung melalui kegiatan spontan
- a. Penemuan terbimbing
- b. Pemecahan masalah
- d. Mengatur orang-orang yang ada di sekitarnya.
- a. Demonstrasi
- c. Memilih bahan dan memutuskan sendiri apa yang akan dilakukannya
- c. 2 – 1 – 4 – 3 – 5
- a. Perencanaan
Post a Comment for "Soal Strategi Kegiatan Pengembangan di TK Beserta Jawaban"