Soal Strategi Kegiatan Pengembangan di TK Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Strategi Kegiatan Pengembangan di TK
  1. Isi atau meteri pembelajaran yang akan disampaikan pada anakdi TK biasanya berupa tema-tema. Isi atau materi ini harus sesuai dengan....
    a. Strategi pembelajaran
    b. Metode pembelajaran
    c. Media pembelajaran
    d. Tujuan pembelajaran
  2. Dalam GBPKB-TK tercantum kemampuan-kemampuan yang harus dicapai anak yang  meliputi pembentukan perilaku melalui pembiasaan dan kemampuan dasar. Kedua hal  tersebut sering disebut....
    a. Isi program
    b. Komponen program
    c. Dasar kurikulum
    d. Silabus kurikulum
  3. Langkah pertama dalam menyusun Satuan Kegiatan Harian adalah....
    a. Menentukan materi
    b. Menentukan kegiatan
    c. Memilih tujuan pembelajaran
    d. Menganalisis SKM
  4. Belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang dapat diamati dan dapat diukur. Konsep belajar tersebut merupakan pandangan....
    a. High/scope
    b. Behaviorisme
    c. Konstruktivisme
    d. Tabularasa
  5. Seorang anak dikatakan aktif karena dia menunjukkan beberapa perilaku berikut, kecuali....
    a. Mencari stimulasi yang dapat memberikan kesempatan padanya untuk belajar dan bergerak
    b. Menggunakan seluruh tubuhnya sebagai alat belajar
    c. Secara aktif mencari pengalamannya sendiri
    d. Melakukan segalanya sendiri tanpa perlu bantuan orang lain.
  6. Pemilihan dan penggunaan strategi yang dilakukan guru sangat menentukan ketercapaian  tujuan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru merupakan....
    a. Motor pembelajaran
    b. Roda pendidikan
    c. Motivator pembelajaran
    d. Navigator pendidikan
  7. Dalam memilih dan menentukan strategi pembelajaran guru harus memperhatikan tema, karena pembelajaran tema sangat relevan dangen karakteristik perkembangan anak yang bersifat....
    a. Sistematik
    b. Holistik
    c. Independen
    d. Progresif
  8. Saat bermain, seringkali anak menggunakan benda-benda yang penggunaanya tidak sesuai dengan fungsi benda tersebut. Misalnya kursi digunakan sebagai mobil-mobilan. Hal itu  menunjukkan salah satu karakteristik bermain, yaitu ....
    a. Voluntir
    b. Bermakna
    c. Simbolik
    d. Episodik 
  9. Andi (4 tahun) senang sekali bermain di halaman rumahnya. Dia mengaduk-aduk tanah,  mengamati tanaman dan mengumpulkan batu-batu berukuran kecil. Andi tampak asyik  mengeksplor segala hal yang ada di sekitarnya tersebut. Tindakan Andi tersebut  menggambarkan bahwa anak usia dini adalah anak yang ....
    a. Aktif membangun pengetahuannya sendiri.
    b. Memiliki keunikan masing-masing
    c. Memiliki rentang perhatian pendek
    d. Bebas dan suka menyendiri saat bermain
  10. Ani suka meniru apa yang dilakukan ibunya atau pembantunya. Ia berpura-pura sedang  memasak, belanja atau membersihkan rumah. Hal tersebut menunjukkan bahwa anak belajar  dari orang-orang di sekitarnya tanpa dipaksa yang berarti bahwa anak belajar secara....
    a. Mandiri
    b. Simbolik
    c. Holistik
    d. Alamiah
  11. Seorang anak akan belajar dengan baik dan bermakna apabila....
    a. Mendapat bantuan dari orang yang lebih tua
    b. Memiliki teman sebaya
    c. Unsur variasi individual anak diperhatikan
    d. Komponen pembelajarannya lengkap.
  12. Meningkatkan keterlibatan indra anak dalam proses pembelajaran merupakan hal yang penting karena....
    a. Anak memperoleh pengalaman langsung
    b. Guru mendapat perhatian anak
    c. Anak dapat mengenal alat indranya dengan baik
    d. Guru memperoleh pengalaman langsung dari anak
  13. Di depan pintu kelas A ditempel gambar anak sedang melepas sepatunya. Penempelan gambar tersebut termasuk dalam strategi....
    a. Analisis tugas
    b. Mempersiapkan isyarat lingkungan
    c. Praktek terbimbing
    d. Meningkatkan keterlibatan indra
  14. Kegiatan pembelajaran di TK banyak yang dilakukan dengan cara memberi kesempatan pada anak untuk menyentuh langsung, berinteraksi dengan lingkungan dan mengamati kejadian di lingkungannyA. Hal tersebut termasuk dalam strategi pembelajaran....
    a. Praktek terbimbing
    b. Refleksi tingkah laku
    c. Peningkatan keterlibatan indra
    d. Penghargaan efektif
  15. Saat bermain pasir, ibu guru meminta Andi memberikan contoh pada teman-temannya cara membuat terowongan pasir. Hal ini dilakukan karena Andi telah beberapa kali membuatnya tanpa roboh. Strategi yang diterapkan ibu guru adalah....
    a. Scaffolding
    b. Terbimbing
    c. Modelling
    d. Tantangan
  16. “Ibu guru mau menyiram tanaman di halaman, adakah diantara kalian yang mau ikut?” Kalimat tersebut termasuk salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan guru TK, yaitu ...
    a. Scaffolding
    b. Tantangan
    c. Undangan/ajakan
    d. Penghargaan
  17. “Ayo, kalian harus melompat dengan dua kaki lalu berjalan mundur dan ambil balok yang ada di pojok sana” Ibu Reni member perintah pada anak-anak kelompok B. Strategi pembelajaran yang diterapkan Ibu Reni adalah ....
    a. Scaffolding
    b. Do it signal
    c. Pertanyaan
    d. Praktek terbimbing
  18. Kegiatan eksploratori pada anak usia TK akan membantu anak membangun pengetahuannya sendiri. Tylor menyatakan bahwa kegiatan eksploratori memungkinkan anak melakukan hal-hal berikut. kecuali....
    a. Mengembangkan penyelidikan langsung melalui kegiatan spontan
    b. Menemukan sesuatu yang terkait dengan diri dan lingkungannya
    c. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minatnya
    d. Melakukan kegiatan sesuai dengan keinginannya sendiri
  19. Pada kegiatan di area air, Ibu guru menyediakan botol dengan berbagai macam ukuran dan bentuk. Saat bermain Ibu guru bertanya pada Indra, “Menurut kamu botol mana yang paling banyak isinya? ”Botol mana yang paling besar?” “Botol hijau dengan botol merah, mana yang lebih besar?” Tindakan yang dilakukan Ibu guru merupakan penerapan salah satu strategi pembelajaran, yaitu....
    a. Penemuan terbimbing
    b. Pemecahan masalah
    c. Diskusi
    d. Belajar kooperatif
  20. Anak-anak TK B sedang belajar menanam biji kacang hijau pada kapas dalam gelas. Pada wadah pertama diisi kapas basah dan biji mentah. Wadah kedua diisi kapas kering dan biji mentah. Wadah ketiga kapas basah dan biji matang (direbus dahulu). Anak-anak diminta mengamati dan menceritakan hasil pengamatannya setiap hari. Setiap anak juga diminta mencari tahu dan menjelaskan apa dan mengapa biji kacang bisa tumbuh atau tidak. Kegiatan tersebut termasuk dalam strategi ....
    a. Belajar kooperatif
    b. Pemecahan masalah
    c. Pengajaran langsung
    d. Diskusi 
  21. Strategi pembelajaran kooperatif menekankan pada peningkatan aspek keterampilan sosial dalam mengerjakan tugas. Aspek keterampilan sosial meliputi hal berikut, kecuali....
    a. Mendengarkan orang lain sebagai pasangan/teman
    b. Memanggil pasangan dengan namanya
    c. Menawarkan bantuan pada orang lain
    d. Mengatur orang-orang yang ada di sekitarnya.
  22. Untuk menjelaskan peristiwa meletusnya sebuah gunung pada anak TK, strategi yang paling tepat adalah melalui kegiatan....
    a. Demonstrasi
    b. Diskusi
    c. Do it signal
    d. Penghargaan efektif
  23. Saat kegiatan mewarnai gambar, ibu Nena membebaskan anak didiknya untuk memilih warna dan alat yang akan digunakannyA. Tindakan Ibu Nena sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang berpusat pada anak, yaitu bahwa anak....
    a. Menemukan sebab akibat melalui pengalaman langsung
    b. Mentransformasi dan menggabungkan bahan-bahan
    c. Memilih bahan dan memutuskan sendiri apa yang akan dilakukannya
    d. Menggunakan otot kasarnya.
  24. Pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada anak terdapat 3 tahapan. Pada tahap perencanaan terdapat langkah-langkah: 
    1. Anak mengemukakan gagasan pada guru. 
    2. Memutuskan apa yang ingin dikerjakan. 
    3. Guru mendorong anak mengembangkan
    rencananya. 
    4. Guru mendengarkan, mencatat gagasan anak. 
    5. Guru memfasilitasi kebutuhan anak. 
    Urutan langakah-langkah yang paling tepat adalah...
    a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
    b. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
    c. 2 – 1 – 4 – 3 – 5
    d. 1 – 2 – 4 – 5 – 3 
  25. “Bu guru, aku mau bermain di area balok, di sana nanti aku mau membangun gedung  bertingkat yang tinggi sekali. Aku juga mau buat jembatan gantung supaya mobil tetap bisa  jalan dan orang-orang tetap bisa menyeberang dan ngga takut ketabrak mobil” Denny  menjelaskan apa yang ingin dilakukannya pada saat bermain di area nanti. Ilustrasi tersebut  menggambarkan contoh pembelajaran yang berpusat pada anak pada tahap....
    a. Perencanaan
    b. Bekerja
    c. Evaluasi
    d. Review
Jawaban:
  1. d. Tujuan pembelajaran
  2. a. Isi program
  3. d. Menganalisis SKM
  4. b. Behaviorisme 
  5. d. Melakukan segalanya sendiri tanpa perlu bantuan orang lain.
  6. a. Motor pembelajaran
  7. b. Holistik
  8. c. Simbolik
  9. a. Aktif membangun pengetahuannya sendiri.
  10. d. Alamiah
  11. c. Unsur variasi individual anak diperhatikan
  12. a. Anak memperoleh pengalaman langsung
  13. b. Mempersiapkan isyarat lingkungan
  14. c. Peningkatan keterlibatan indra
  15. a. Scaffolding
  16. c. Undangan/ajakan
  17. b. Do it signal
  18. a. Mengembangkan penyelidikan langsung melalui kegiatan spontan
  19. a. Penemuan terbimbing
  20. b. Pemecahan masalah
  21. d. Mengatur orang-orang yang ada di sekitarnya.
  22. a. Demonstrasi
  23. c. Memilih bahan dan memutuskan sendiri apa yang akan dilakukannya
  24. c. 2 – 1 – 4 – 3 – 5
  25. a. Perencanaan

Post a Comment for "Soal Strategi Kegiatan Pengembangan di TK Beserta Jawaban"