Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Evaluasi Pembelajaran
- Suatu alat evaluasi hendaknya memenuhi kriteria validitas artinya bahwa alat evaluasi tersebut harus ... .
a. Dapat mengukur apa yang seharusnya diukur
b. Memberikan hasil yang dapat dipercaya
c. Dapat membedakan kemampuan siswa
d. Mudah untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya - Evaluasi yang diarahkan untuk mengetahui input baik sumber daya maupun strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan merupakan...
a. Evaluasi Sumatif
b. Evaluasi Konteks
c. Evaluasi Input
d. Evaluasi Selektif - Evaluasi yang di tujukan untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kalancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan, dan sejenisnya merupakan...
a. Evaluasi Sumatif
b. Evaluasi Konteks
c. Evaluasi Input
d. Evaluasi Proses - Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan merupakan...
a. Evaluasi Hasil
b. Evaluasi Konteks
c. Evaluasi Input
d. Evaluasi Proses - Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut, yakni evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat merupakan...
a. Evaluasi Hasil
b. Evaluasi Outcom
c. Evaluasi Input
d. Evaluasi Proses - Evaluasi yang mencakup terhadap tujuan pembelajaran, isi program pembelajaran, strategi belajar mengajar, aspek-aspek program pembelajaran yang lain merupakan..
a. Evaluasi Program Pembelajaran
b. Evaluasi Proses Pembelajaran
c. Evaluasi Hasil Pembelajaran
d. Evaluasi Selektif Pembelajaran - Evaluasi yang mencakup kesesuaian antara pembelajaran dengan garis-garis besar program pembelajaran yang ditetapkan, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran merupakan...
a. Evaluasi Program Pembelajaran
b. Evaluasi Proses Pembelajaran
c. Evaluasi Hasil Pembelajaran
d. Evaluasi Selektif Pembelajaran - Evaluasi belajar mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik..
a. Evaluasi Program Pembelajaran
b. Evaluasi Proses Pembelajaran
c. Evaluasi Hasil Pembelajaran
d. Evaluasi Selektif Pembelajaran - Sebagai laporan kepada orang tua siswa yang telah mempercayakan kepada sekolah untuk membelajarkan putra/putri mereka dan sebagai pertanggungjawaban (akuntabilitas) penyelenggaraan pendidikan masyarakat yang telah mendorong dan membantu pelaksanaan pendidikan sekolah merupakan...
a. Fungsi Evaluasi Sumatif
b. Fungsi Evaluasi Formatif
c. Fungsi Evaluasi Diagnostik
d. Fungsi Evaluasi Selektif - Sangat bermanfaat sebagai umpan balik tentang proses pembelajaran yang telah dilakukan,sehingga melalui informasi dari pelaksanaan evaluasi ini guru akan selalu memperbaiki proses pembelajaran merupakan....
a. Fungsi Evaluasi Sumatif
b. Fungsi Evaluasi Formatif
c. Fungsi Evaluasi Diagnostik
d. Fungsi Evaluasi Selektif - Alat atau teknik penilaian yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam pencapaian suatu kompetensi tertentu oleh guru merupakan ...
a. Tes
b. Non Tes
c. Wawancara
d. Observasi - Alat evaluasi yang biasa untuk menilai aspek tingkah laku termasuk sikap, minat, dan motivasi merupakan ...
a. Tes
b. Non Tes
c. Latihan
d. PR - Teknik penilaian dengan cara mengamati tingkah laku pada suatu situasi tertentu merupakan ...
a. Observasi
b. Wawancara
c. Penilaian produk
d. Penilaian portopolio - Teknik penilaian komunikasi antara yang bertanya dan yang ditanyakan merupakan...
a. Observasi
b. Wawancara
c. Penilaian produk
d. Penilaian portopolio - Bentuk penilaian yang digunakan untuk melihat kemampuan siswa dalam menghasilkan suatu karya tertentu merupakan...
a. Observasi
b. Wawancara
c. Penilaian produk
d. Penilaian portopolio - Penilaian terhadap karya-karya siswa selama proses pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan terorganisir yang dikumpulkan selama periode tertentu dan digunakan untuk memantau perkembangan siswa baik mengenai pengetahuan, keterampilan, maupun sikap siswa terhadap mata pelajaran yang bersangkutan merupakan....
a. Observasi
b. Wawancara
c. Penilaian produk
d. Penilaian portopolio - Perhatikan butir soal berikut!
Letusan gunung Kelud yang cukup besar terjadi pada ....
a. Tahun 1850 c. Tahun 2001
b. Tahun 1951 d. Tahun 2005
Butir soal tersebut tidak baik karena...
a. Ada pengulangan kata tahun
b. Mengukur ingatan
c. Pokok soal merupakan kalimat yang belum selesai
d. Pertanyaan terlalu singkat - Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar siswa disebabkan adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis ....
a. Lebih banyak ditulis dalam bentuk objektif
b. Tidak ditulis oleh guru yang mengajar
c. Hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif
d. Lebih bersifat bottom-up - Konsep baru akan terbentuk berdasarkan rekonstruksi dari konsep, pengetahuan, dan pengalaman yang telah dimiliki. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
a. R Spiro
b. Brunner
c. Wittrock
d. Rogers - Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ....
a. Biaya asesmen alternatif lebih murah
b. Waktu yang diperlukan lebih singkat
c. Mampu mengukur proses dan hasil belajar
d. Lebih mudah dalam pelaksanaannya - Salah satu kelebihan asesmen alternatif dalam penilaian , karena dapat menyajikan penilaian yang lebih lengkap, yang berarti ....
a. Mampu menyajikan nilai pretest dan post-tes
b. Mampu menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotor
c. Dapat digunakan untuk berbagai jenis tes
d. Disertai dengan kunci jawaban yang objektif - Langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ....
a. Menentukan tugas yang akan dinilai
b Menentukan skala yang akan digunakan
c. Melakukan uji coba
d. Mengindentifikasi kemampuan siswa - Sebelum digunakan dalam penilaian hasil dan perkembangan kemajuan siswa dalam belajar, harus dilakukan revisi rubrik berdasarkan ….
a. Saran guru lain
b. Hasil uji coba.
c. Saran kepala sekolah
d. Pertimbangan guru - Jika dibandingkan dengan analitic rubric, deskripsi pada holistic rubric lebih bersifat ....
a. Umum
b. Khusus
c. Pendek
d. Panjang - Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
a. Kumpulan hasil karya siswa.
b. Rekaman hasil karya siswa
c. Rangkaian hasil karya siswa
d. Kumpulan nilai siswa - Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....
a. Kriteria tertentu
b. Kebijakan guru
c. Keinginan siswa
d. Kebijakan sekolah - Langkah awal yang harus dilakukan gguru pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan asesmen portofolio
a. Melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswa
b. Menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkan
c. Mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswa
d. Memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa - Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah....
a. Mengatakan bahwa para siswa harus bekerja keras
b. Menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan baik
c. Meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.
d. Meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian - Jika terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang disebabkan oleh berbagai hal dan pertimbangan, maka masalah tersebut harus dibicarakan pada pertemuan berkala antara ...
a. Guru dengan kepala sekolah
b. Guru dengan siswa.c. Siswa dengan kepala sekolah
d. Siswa dengan siswa lain - Pada tingkat receiving, gejala yang dapat diamati dari siswa yang sedang menerima pelajaran sejarah di kelas adalah ....
a. Mengajukan pertanyaan
b. Menjawab pertanyaan
c. Memperhatikan uraian guru dengan baik
d. Mengerjakan soal-soal yang diberikan - Tujuan yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka menemukan konsep diri siswa adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui ....
a. Kekurangan yang ada pada diri siswa
b. Kelebihan yang ada pada diri siswa
c. Kekurangan dan kelebihan siswa
d. Cita-cita para siswa - Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi /emosi anak adalah ….
a. Pengamatan langsung
b. Wawancara
c. Angket
d. Kuesioner - Seorang guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam kegiatan pengukuran ini adalah ….
a. Mengetahui jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah
b. Mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskul
c. Menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah
d. Menjaring calon peserta kegiatan pramuka disekolah - Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….
a. Tes uraian bebas
b. Tes uraian terbatas
c. Yang sederhana
d. Yang sangat kompleks - Untuk menghindari terjadinya hallo effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian, cara yang paling tepat dilakukan adalah ....
a. Nama dan nomor peserta tes diganti dengan kode lain
b. Pemeriksaan dilakukan oleh 2 orang pemeriksa
c. Lakukan penyamaan persepsi antara pemeriksa I dan II
d. Berpegang pada pedoman penskoran - Dari 30 butir soal tes objektif, Nila mampu mengerjakan 24 butir soal dengan benar. Jika penilaian menggunakan standar 100 dan tidak menggunakan formula tebakan, maka nilai Nila adalah ....
a. 24.00
b. 60,00
c. 70,00
d. 80,00 - Jika jumlah skor yang diperoleh Ali 35, sedangkan jumlah skor maksimal dari tes dalam bentuk uraian adalah 45, maka persentase penguasaan Ali adalah ....
a. 10,77
b. 77,77
c. 80,77
d. 90,77 - Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....
a. Melengkapi pilihan
b. Hubungan antar hal
c. Membaca diagram.
d. Melengkapi berganda - Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....
a. Mudah melakukan koreksi
b. Cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
c. Sulit dalam penyusunan butir soal
d. Tidak dapat digunakan untuk menggali ide
Jawaban:
- a. Dapat mengukur apa yang seharusnya diukur
- c. Evaluasi Input
- d. Evaluasi Proses
- a. Evaluasi Hasil
- b. Evaluasi Outcom
- a. Evaluasi Program Pembelajaran
- b. Evaluasi Proses Pembelajaran
- c. Evaluasi Hasil Pembelajaran
- a. Fungsi Evaluasi Sumatif
- b. Fungsi Evaluasi Formatif
- a. Tes
- b. Non Tes
- a. Observasi
- b. Wawancara
- c. Penilaian produk
- d. Penilaian portopolio
- a. Ada pengulangan kata tahun
- c. Hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif
- b. Brunner
- c. Mampu mengukur proses dan hasil belajar
- b. Mampu menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotor
- d. Mengindentifikasi kemampuan siswa
- b. Hasil uji coba.
- a. Umum
- a. Kumpulan hasil karya siswa.
- a. Kriteria tertentu
- b. Menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkan
- c. Meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.
- b. Guru dengan siswa.
- c. Memperhatikan uraian guru dengan baik
- c. Kekurangan dan kelebihan siswa
- a. Pengamatan langsung
- c. Menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah
- b. Tes uraian terbatas
- a. Nama dan nomor peserta tes diganti dengan kode lain
- d. 80,00
- b. 77,77
- c. Membaca diagram.
- a. Mudah melakukan koreksi
Post a Comment for "Soal Evaluasi Pembelajaran Beserta Jawaban"