Soal Perilaku Konsumen Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Perilaku Konsumen
  1. Kelompok orang yang pindah ke luar kota tetapi masih pulang pergi ke tempat pekerjaan di kota dengan gaji yang tinggi.Dalam membagi pasar kaya kelompok orang tersebut sebagai ...
    a. Suburban transplants
    b. Equity-rich suburban expatriates
    c. City folks with country homes
    d. Welthy landowners
  2. Cara dimana kehidupan sosial dibentuk dalam dalam sistem budaya disebut..
    a. Ekologi
    b. Struktur sosial
    c. Ideolog
    d. Struktur budaya
  3. Walaupun tiap budaya berbeda tapi ada empat dimensi yang muncul untuk menjelaskan perbedaannya, salah satunya adalah...
    a. Uncertainty avoidance
    b. Invented
    c. Budaya dipelajari
    d. Budaya diyakini
  4. Agar dapat memiliki pengaruh yang kuat dalam sebuah masyarakat maka budaya harus diimplementasikan dan disebarluaskan oleh banyak orang dalam masyarakat tersebut.
    a. Diyakini
    b. Dipelajari
    c. Ditemukan
    d. Dilestarikan
  5. Roti merupakan makanan pokok bagi warga negara negara barat seperti Amerika, Inggris, namun roti tidak menjadi makanan pokok di negara AsiA. Hal tersebut merupakan contoh dari...
    a. Budaya diyakini
    b. Budaya itu serupa tapi tidak sama
    c. Budaya dipelajari
    d. Budaya itu ditemukan
  6. Di India kaum wanita masih kurang perannya dalam keluarga jika memiliki anak perempuan dan masih diangganggap sebagai beban karena aturan-aturan adat yang berlaku terhadap perempuan, misalnya mas kawin yang harus dibayar pihak perempuan untuk dapat menikah. Hal ini merupakan contoh dari...
    a. Individualism
    b. Uncertainty avoidance
    c. Power distance
    d. Masculinity/femininity
  7. Konsumen adalah manusia yang pada dasarnya tunduk pada kepentingan nya sendiri (self-service interests) dan terhadap usaha promosi para pemasar. Jika konsumen dipersepsikan sebagai pembeli yang cenderung menuruti kata hati dan tidak rasional, maka konsumen tersebut masuk dalam kategori….
    a. Perspektif Ekonomi
    b. Perspektif Kognitif
    c. Perspektif Pasif
    d. Perspektif Emosi
  8. Gold Star adalah contoh merek yang dianggap konsumen tidak memiliki keunggulan tertentu. Menurut daftar merek hal tersebut termasuk dalam kelompok….
    a. Rangkaian merek yang tidak layak
    b. Rangkaian merek yang tidak aktif
    c. Rangkaian merek yang diminati
    d. Rangkaian merek yang tidak laku
  9. Pada saat konsumen menyadari adanya kebutuhan yang mungkin dapat terpuaskan dengan membeli atau mengkonsumsi suatu produk merupakan ….
    a. Pencarian informasi sebelum pembelian
    b. Pengenalan Masalah
    c. Evaluasi alternative
    d. Keputusan pembelian
  10. Keputusan pembelian yang dilakukan konsumen terkait dengan tiga jenis pembelian, berikut yang bukan termasuk ketiga jenis pembelian tersebut adalah…
    a. Pembelian ujicoba
    b. Pembelian kembali/berulang
    c. Pembelian berdasarkan komitmen jangka panjang
    d. Pembelian berdasarkan komitmen jangka pendek
  11. Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan melakukan komunikasi dengan menggunakan iklan cetak/non cetak yang dirancang secara kreatif. Namun secara tidak sadar pengiklan kadang terjebak dalam pelanggaran norma dan etika beriklan. Contoh dari iklan tersebut adalah...
    a. Dengan menggunakan wanita 53xy atau lelaki kekar
    b. Keluarga yang harmonis
    c. Pemandangan alam
    d. Acara piknik
  12. Salah satu dari model perilaku konsumen adalah....
    a. Model mikro ekonomi
    b. Model makro ekonomi
    c. Model tradisional
    d. Model kontemporer
  13. Sikap dapat digunakan sebagai alat untuk melindungi ego atau citra diri seseorang dari ancaman. Jadi ekspresi yang ditunjukan oleh seseorang terkadang merupakan kebalikan dari persepsinya terhadap sikap yang seharusnya dimilikinyA. Hal ini termasuk dalam fungsi sikap....
    a. Fungsi penyesuaian
    b. Fungsi ego-defensif
    c. Fungsi ekspresi nilai
    d. Fungsi pengetahuan
  14. Konsumerisme dipandang sebagai seperangkat kegiatan pemerintah, bisnis, organisasi independen, dan konsumen yang peduli, dengan maksud melindungi hak-hak konsumen. Pengertian ini disampaikan oleh.....
    a. Loudon dan Bitta
    b. Mowen dan Minor
    c. Stuart dan F.J. Schlink
    d. Amstrong dan Kotler
  15. Motivasi yang digunakan untuk memahami atau menyimpulkan penyebab dari berbagai peristiwa adalah termasuk salah satu pengaruh utama motivasi yang didefinisikan oleh…
    a. McClelland
    b. McGuire
    c. Maslow
    d. Ernest Ditcher
  16. Bapak Hamid tiba tiba mengatakan bahwa ia ingin memiliki rumah karena selama ini hanya mengontrak terus, hal ini dalam peran motivasi merupakan contoh dari….
    a. Kebutuhan fisiologis
    b. Kebutuhan rasa aman
    c. Kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan
    d. Kebutuhan ego
  17. Studi mengenai perilaku konsumen telah dilakukan oleh para ahli, salah satunya adalah Solomon yang mendefinisikan perilaku konsumen sebagai....
    a. Perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka
    b. Proses pengambilan keputusan dan aktivitas fisik dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan dan membuang barang atau jasa
    c. Studi mengenai pembelian dan pertukaran yang terkait dengan memperoleh mengonsumsi dan membuang barang,jasa,pengalaman dan ide-ide
    d. Studi terhadap proses yang dilalui oleh individu atau kelompok ketika memilih, membeli, menggunakan atau membuang suatu produk, jasa ,ide atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka
  18. Status sosial, gaya hidup dan kepribadian adalah merupakan pengelompokan konsumen berdasarkan…
    a. Pskografi
    b. Geografi
    c. Demografi
    d. Perilaku
  19. Merancang produk yang akan ditawarkan, menetapkan harga, dan bagaimana mengkomunikasikan produk serta menentukan cara untuk menyampaikan produk kepada konsumen apakah melalui perantara atau langsung.Hal ini disebut .....
    a. Rancangan bauran pemasaran
    b. Segmentasi pasar
    c. Penetuan target pasar
    d. Analisis lingkungan pasar
  20. Seorang konsumen yang membeli barang/jasa untuk digunakan sendiri merupakan konsumen....
    a. Organisasi
    b. Individu
    c. Kelompok
    d. Bisnis
  21. Salah satu proses dalam penyusunan strategi pemasaran adalah…
    a. Analisis situasi
    b. Pengaturan pemasaran
    c. Merancang penawaran
    d. Mengembangkan pasar
Jawaban:
  1. a. Suburban transplants
  2. b. Struktur sosial
  3. a. Uncertainty avoidance
  4. a. Diyakini
  5. b. Budaya itu serupa tapi tidak sama
  6. d. Masculinity/femininity
  7. c. Perspektif Pasif
  8. b. Rangkaian merek yang tidak aktif
  9. a. Pencarian informasi sebelum pembelian
  10. d. Pembelian berdasarkan komitmen jangka pendek
  11. a. Dengan menggunakan wanita 53xy atau lelaki kekar
  12. c. Model tradisional
  13. b. Fungsi ego-defensif
  14. b. Mowen dan Minor
  15. b. McGuire
  16. c. Kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan
  17. d. Studi terhadap proses yang dilalui oleh individu atau kelompok ketika memilih, membeli, menggunakan atau membuang suatu produk, jasa ,ide atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka
  18. a. Pskografi
  19. a. Rancangan bauran pemasaran
  20. b. Individu
  21. a. Analisis situasi

Post a Comment for "Soal Perilaku Konsumen Beserta Jawaban"