Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Strategi Pembelajaran
- Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang lalu dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif adalah ....
a. Menyiapkan materi baru
b. Menyediakan balikan
c. Melakukan review harian
d. Menyediakan koreksi - Salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah yang efektif adalah ....
a. Belajar secara aktif
b. Kerjasama antardisiplin
c. Peranan pengajar
d. Belajar mandiri - Dalam mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang tepat sebagai sumber belajar adalah ....
a. TMII
b. Karang Taruna
c. Museum
d. Kantor Gubernur - Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih mudah dan sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan bertanya dasar merupakan komponen …
a. Pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat
b. Pemberian tuntunan
c. Penyebaran
d. Pemberian acuan - Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
a. Pengubahan tuntutan kognitif dalam menjawab pertanyaan
b. Pengaturan urutan pertanyaan
c. Penggunaan pertanyaan pelacak
d. Peningkatan terjadinya interaksi - Strategi pembelajaran yang didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk strategi pembelajaran ….
a. Ekspositori
b. Deduktif
c. Heuristik
d. Induktif - Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah lingkungan keluarga, yaitu ….
a. Teman di rumah
b. Pembantu yang suka mengajarkan siswa
c. Perhatian orang tua terhadap belajar siswa
d. Paman yang kadang-kadang bisa mengajarkan siswa - Seorang anak dipandang memiliki kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ....
a. Mampu mempersepsi dunia ruang visual secara akurat
b. Mampu merespons suasana hati
c. Mampu memotivasi orang lain
d. Mampu mengimajinasikan impian dan gagasan diri sendiri - Pembelajaran konkret yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa lebih sesuai diberikan pada siswa kelas …
a. 5
b. 6
c. 3
d. 4 - Penerapan membelajarkan konsep dan generalisasi pada pembelajaran kelas tinggi dapat dilaksanakan secara …
a. Logis dan sistematik
b. Konkret dan interaktif
c. Produktif dan inisiatif
d. Formal dan informal - Pengalaman merupakan proses belajar yang paling baik ketika siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip belajar …
a. Kolaboratif
b. Kuantum
c. Kooperatif
d. Tematik - Strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi merupakan salah satu rumpun model pemerosesan informasi ....
a. Sinetik
b. Memonik
c. Berpikir induktif
d. Inkuiri ilmiah - Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
a. Menimbulkan motivasi siswa
b. Membuat kaitan
c. Melaksanakan tes awal
d. Memberi acuan - Dalam pembelajaran individual hendaknya guru harus memperhatikan prinsip ....
a. Sistematis
b. Kerjasama
c. Belajar tuntas
d. Perhatian - Yang harus dilakukan guru dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah …
a. Memberikan tugas dan latihan-latihan
b. Meninjau kembali penguasaan siswa
c. Memberikan motivasi
d. Memberikan bimbingan belajar - Pada karakteristik bahan pelajaran/materi pelajaran, substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh merupakan termasuk dalam aspek …
a. Konsep
b. Fakta
c. Nilai
d. Prinsip - Kemampuan dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan metode ....
a. Diskusi
b. Demonstrasi
c. Simulasi
d. Eksperimen - Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata bangku setengah lingkaran agar seluruh peserta diskusi dapat saling memandang, dan semua penjelasan Pak Ali sebelum diskusi dimulai dapat didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas tersebut sesuai dengan prinsip ....
a. Visibility
b. Accessibility
c. Flexibility
d. Comfortableness - Pak Ali ingin melihat keseriusan siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara mendiskusikan suatu topik kasus kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan diskusi tersebut membuat Riri semangat karena dilingkungannya banyak orang miskin, dan yang dia lihat ada balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang menerapkan prinsip belajar …
a. Perhatian
b. Motivasi
c. Aktivitas
d. Perbedaan individual - Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan memberikan penguatan terdiri dari, kecuali ….
a. Meningkatkan perhatian siswa
b. Memudahkan siswa belajar
c. Menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa
d. Mendorong munculnya perilaku yang negatif - Pak Ali memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswanya bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan tepat sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan non verbal dengan cara …
a. Mimik dan gerakan badan
b. Gerak mendekati
c. Sentuhan
d. Kegiatan yang menyenangkan - Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
a. Melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam
b. Meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
c. Memelihara iklim kelas yang kondusif
d. Menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar - Pak Ali mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam bentuk …
a. Variasi suara
b. Pemusatan perhatian
c. Kesenyapan
d. Mengadakan kontak pandang - Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
a. Melibatkan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berfikir yang lebih sistematis
b. Membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses pembelajaran
c. Mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar
d. Memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan guru - Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali memberikan rumus tentang menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang memberikan keterampilan merencanakan penjelasan dalam bentuk …
a. Menganalisis karakteristik penerima pesan
b. Merencanakan isi pesan
c. Pemberian tekanan
d. Penggunaan contoh dan ilustrasi
Jawaban:
- c. Melakukan review harian
- a. Belajar secara aktif
- a. TMII
- b. Pemberian tuntunan
- d. Peningkatan terjadinya interaksi
- c. Heuristik
- c. Perhatian orang tua terhadap belajar siswa
- d. Mampu mengimajinasikan impian dan gagasan diri sendiri
- c. 3
- a. Logis dan sistematik
- b. Kuantum
- b. Memonik
- d. Memberi acuan
- c. Belajar tuntas
- b. Meninjau kembali penguasaan siswa
- d. Prinsip
- c. Simulasi
- c. Flexibility
- a. Perhatian
- d. Mendorong munculnya perilaku yang negatif
- a. Mimik dan gerakan badan
- c. Memelihara iklim kelas yang kondusif
- c. Kesenyapan
- a. Melibatkan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berfikir yang lebih sistematis
- b. Merencanakan isi pesan
Post a Comment for "Soal Strategi Pembelajaran Beserta Jawaban"