Soal Manajemen Kualitas Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Manajemen Kualitas 
  1. Dalam pandangan tradisional, penerapan atau implikasi JIT dan TQM digunakan secara terpisah mempunyai tingkat efektivitas…
    a. Rendah
    b. Sedang
    c. Tetap
    d. Paling tinggi
  2. Peran tim proyek dalam mewujudkan manajemen kualitas adalah…
    a. Menyelesaikan masalah dalam departemen yang bersangkutan
    b. Merencanakan kualitas dari suatu proses yang bersifat lintas fungsi
    c. Mengendalikan pekerjaan untuk mencapai tujuan
    d. Menyelesaikan masalah yang sifatnya lintas fungsi
  3. Menurut Oakland, ciri dari karakteristik pimpinan TQM yang handal adalah…
    a. Mempunyai target
    b. Komitmen terhadap pelatihan karyawan
    c. Keadilan dalam membagi wewenang dan tanggung jawab
    d. Beradaptasi terhadap perubahan
  4. Elemen Total Quality Leadership (TQL) yang merupakan dukungan bagi individu atau kelompok dengan menggunakan konsep perbaikan kualitas secara terus menerus dan berkesinambungan adalah…
    a. Continuous improvement
    b. Kepemimpinan
    c. Membangun tanggung jawab
    d. Komitmen terhadap pelatihan
  5. Komponen dari quality assurance yang merupakan upaya memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk dan jasa yang dibutuhkan adalah kualitas…
    a. Produk
    b. Profesional
    c. Pelanggan
    d. Proses
  6. Penjaminan kualitas dapat dicapai melalui pengembangan…
    a. Sistem kualitas
    b. Supervisi
    c. Inspeksi
    d. Pengendalian
  7. Perbedaan antara standarisasi dan diferensiasi adalah…
    a. Penjaminan kualitas bagi semua orang, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian orang
    b. Penjaminan kualitas bagi sebagian orang, sedangkan diferensiasi untuk semua orang
    c. Penjaminan kualitas bagi semua produk, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian produk
    d. Penjaminan kualitas bagi sebagian produk, sedangkan diferensiasi untuk semua produk
  8. Persamaan antara MBNQA dan EQA dalam hal…
    a. Kinerja keuangan
    b. Penilaian tertinggi pada kepuasan pelanggan
    c. Penghargaan bagi kesempurnaan produk atau jasa
    d. Analisis data
  9. Standar sistem manajemen lingkungan disebut…
    a. ISO 14000
    b. ISO 14001
    c. ISO 14002
    d. ISO 14003
  10. Standar manajemen kualitas dan penjaminan kualitas yang merupakan pemandu untuk pemilihan dan penggunaan standar adalah...
    a. ISO 9000
    b. ISO 9001
    c. ISO 9002
    d. ISO 9003
  11. Mempertahankan kepuasan pelanggan dan menanggapi keluhan dengan tindakan korektif merupakan manfaat registrasi ISO dari aspek...
    a. Pelanggan
    b. Memenuhi pesanan pelanggan
    c. Calon pembeli
    d. Manajemen
  12. Dalam sistem produksi, untuk dapat membantu pull production system maka digunakan…
    a. Setup times
    b. Andon
    c. Kanban card
    d. Jidoka
  13. Istilah Seiton dalam Just In Time (JIT) berarti…
    a. Disiplin di tempat kerja dengan melakukan pemisahan berbagai alat ditempatnya masing-masing
    b. Disiplin ditempat kerja dengan melakukan penyimpanan fungsional dan membuang waktu untuk mencari barang
    c. Disiplin ditempat kerja dengan melakukan pembersihan sebagai pemeriksaan dan tingkat kebersihan
    d. Pembentukan kebiasaaan dan tempat kerja yang berdisiplin
  14. Fungsi pemimpin dalam meyakinkan anggota organisasi untuk menjalankan tugasnya sebaik mungkin merupakan fungsi...
    a. Struktural
    b. Penegak kepatuhan
    c. Pemberian penghargaan
    d. Fungsi pengembangan
  15. Contoh fokus pada pelanggan dalam mewujudkan kepemimpinan kualitas adalah…
    a. Pendefinisian visi dan misi
    b. Pendefinisian pelanggan 
    c. Menggunakan pandangan jangka panjang
    d. Komunikasi vertikal dan horisontal
  16. Berusaha memotivasi pengikut melalui pemberian imbalan merupakan salah satu ciri dari kepemimpinan…
    a. Transformasional
    b. Formal
    c. Transaksional
    d. Informal
  17. Perilaku kepemimpinan transformasional yang dapat memotivasi antusiasme diantara para pengikutnya terhadap tugas-tugas kelompok merupakan perilaku…
    a. Kharismatik
    b. Konsiderasi individual
    c. Stimulus intelektual
    d. Inspirasi dan memotivasi
  18. Menurut K.D Berlo, perbedaan antara kelompok kerja dan tim kerja dalam hal sinergi yaitu…
    a. Kelompok kerja positif, sedangkan tim kerja negatif
    b. Kelompok kerja netral, sedangkan tim kerja positif
    c. Kelompok kerja negatif, sedangkan tim kerja positif
    d. Kelompok kerja positif, sedangkan timkerja netral
  19. Konsep JIT dapat diterapkan pada produk yang bersifat intangibel yaitu…
    a. Persediaan obat
    b. Kayu olahan
    c. Pertambangan
    d. Hasil hutan
  20. Suatu organisasi yang menganut filosofi bahwa segala sesuatu harus baik sejak dari awal proses produksi hingga akhir termasuk penyerahan jasa disebut…
    a. Zero defect
    b. Inspection
    c. Pull system
    d. Push system
  21. Ahli manajemen kualitas yang memperkenalkan tiga proses kualitas yaitu quality planning, quality control dan quality improvement adalah...
    a. Feigenbaum
    b. Frederick Taylor
    c. Juran
    d. Garvin
  22. Dalam suatu organisasi untuk mencapai cost of quality optimum atau minimum dapat digunakan metode ...
    a. Standar kinerja
    b. Standar efektivitas kualitas
    c. Quality by objective
    d. Sistem pencapaian kualitas
Jawaban:
  1. a. Rendah
  2. d. Menyelesaikan masalah yang sifatnya lintas fungsi
  3. a. Mempunyai target
  4. b. Kepemimpinan
  5. c. Pelanggan
  6. a. Sistem kualitas
  7. a. Penjaminan kualitas bagi semua orang, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian orang
  8. b. Penilaian tertinggi pada kepuasan pelanggan
  9. a. ISO 14000
  10. a. ISO 9000
  11. d. Manajemen
  12. c. Kanban card
  13. b. Disiplin ditempat kerja dengan melakukan penyimpanan fungsional dan membuang waktu untuk mencari barang
  14. b. Penegak kepatuhan
  15. b. Pendefinisian pelanggan 
  16. c. Transaksional
  17. d. Inspirasi dan memotivasi
  18. b. Kelompok kerja netral, sedangkan tim kerja positif
  19. b. Kayu olahan
  20. a. Zero defect
  21. c. Juran
  22. c. Quality by objective

Post a Comment for "Soal Manajemen Kualitas Beserta Jawaban"