Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Manajemen Rantai Pasokan
- Metode penentuan jumlah optimal yang menekankan pada pemesanan yang paling ekonomis disebut...a. EOQb. EPQc. reorder pointd. safety stock
- Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencapai strategi yang tepat terkait dengan kemampuan rantai pasok dalam memenuhi kepuasan pelanggan, kecuali....a. Pencapaian strategi yang tepatb. Memahami kemampuan rantai pasokc. Memenuhi tingkat pelayanan yang tinggid. Memahami pelanggan dan ketidakpastian dari rantai pasok
- Kaitan antara aktivitas-aktivitas utama dan pendukung dalam perusahaan untuk mencapai strategi kompetitif perusahaan merupakan esensi dari...a. Supply chainb. Value chainc. Demand uncertaintyd. Implied demand uncertainty
- Tujuan utama dari efficient supply chain dalam strategi rantai pasok yaitu...a. Respon cepat terhadap permintaanb. Meminimalkan persediaan supaya biaya rendahc. Menurunkan harga produkd. Memasok permintaan pada biaya terendah
- Hal-hal berikut dapat mengurangi dampak bullwhip effect dalam rantai pasok, kecuali...a. Mengurangi variabilitasb. Strategi partnershipc. Pengurangan lead timed. Membangun produk yang inovatif
- Kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan konsumen dalam waktu yang secepat mungkin merupakan esensi dari...a. Kustomisasib. Fleksibilitas volumec. Kompetisi berbasis waktud. Lead time
- Perencanaan stratejik, permintaan dan penawaran merupakan proses makro dalam rantai pasok yaitu...a. Crelationship management (CRM)b. Supplier relationship management (SRM)c. Internal supply chain management (ISCM)d. Transaction management foundation (TMF)
- Data berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan No. 24 dan 25. Diketahui permintaan rata-rata jarum suntik per tahun PT. Alfath adalah 3.000 unit, biaya pemesanan adalah sebesar Rp. 300.000,00 per pemesanan, dan biaya penyimpanan per unit per tahun adalah sebesar Rp. 10.000,00. Pembelian optimal untuk tiap kali pemesanan adalah...a. 300 unitb. 325 unitc. 424 unitd. 450 unit
- Jumlah pemesanan dalam setahun adalah...a. 4 kali pemesanan per tahunb. 5 kali pemesanan per tahunc. 6 kali pemesanan per tahund. 7 kali pemesanan per tahun
- Salah satu proses makro dalam rantai pasok Customer Relationship Mangement (CRM) adalah...a. Penjualanb. Pelayananc. Pembeliand. Desain kolaborasi
- Salah satu kemungkinan prioritas persaingan dalam hal kualitas yaitu....a. Desain dengan performa yang tinggib. Kustomisasic. Ketepatan pengirimand. Kecepatan layanan
- Berikut ini adalah tujuan dari manajemen logistik pipeline, kecuali...a. Waktu respon yang lebih cepatb. Biaya yang lebih rendahc. Peningkatan variabilitas produkd. Kualitas yang lebih tinggi
- Komponen utama dari Order Cycle Time (OCT), 3 diantaranya adalah...a. Peramalan permintaan, perakitan pesanan, dan transportasib. Transportasi, penerimaan pesanan, dan pengirimanc. Peramalan permintaan, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanand. Penempatan pemesanan konsumen, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
- Pengukuran terhadap tingkat ketersediaan produk yang berupa matriks dari jumlah kepuasan permintaan pelanggan terhadap ketersediaan produk disebut...a. Replenishment lot sizeb. Responsive supply chainc. Cycle service leveld. Supply chain
- Sekumpulan tindakan rantai pasok untuk mengurangi replenishment lead-time disebut...a. Penundaanb. Tailored sourcingc. Memperbaiki peramaland. Tanggapan cepat
- Cara-cara berikut merupakan pengaturan untuk tingkat optimal ketersediaan produk, kecuali...a. Mengatur tingkat ketersediaan produkb. Memperhitungkan rentangan untuk biaya kehabisan barangc. Memastikan tingkat ketersediaan barangd. Memperbaiki peramalan permintaan produk
- Mengelola pengaturan produk yang digunakan dan meminimalisasi pengembalian di masa yang akan datang merupakan salah satu kunci utama proses bisnis rantai pasok yaitu...a. Demand managementb. Customer service managementc. Returns managementd. Customer relationship management
- Kelemahan dalam melihat gambaran besar dan bertindak hanya pada satu bagian dalam perusahaan merupakan salah satu hambatan dalam integrasi rantai pasok yaitu...a. Lack of trustb. Silo mentalityc. Lack of knowledged. Lack of supply chain visibility
- Strategi pembeli untuk meningkatkan pesanan ketika terjadi kelebihan permintaan disebut...a. Rationingb. Bullwhip effectc. Order batchingd. Shortage gaming
- Hubungan berdasarkan kepercayaan antara dua tingkatan dalam rantai pasok merupakan esensi dari...a. Power-based relationshipb. Trust-based relationshipc. Deterrence-based viewd. Process-based view
- Proses makro yang fokus pada interaksi aliran atas antara perusahaan dan pemasok disebut...a. Customer relationship mangement (CRM)b. Supplier relationship management (SRM)c. Internal supply chain management (ISCM)d. Transaction management foundation (TMF)
Jawaban:
- a. EOQ
- c. Memenuhi tingkat pelayanan yang tinggi
- b. Value chain
- d. Memasok permintaan pada biaya terendah
- d. Membangun produk yang inovatif
- c. Kompetisi berbasis waktu
- c. Internal supply chain management (ISCM)
- c. 424 unit
- d. 7 kali pemesanan per tahun
- a. Penjualan
- a. Desain dengan performa yang tinggi
- c. Peningkatan variabilitas produk
- d. Penempatan pemesanan konsumen, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
- c. Cycle service level
- d. Tanggapan cepat
- d. Memperbaiki peramalan permintaan produk
- c. Returns management
- b. Silo mentality
- d. Shortage gaming
- b. Trust-based relationship
- b. Supplier relationship management (SRM)
Post a Comment for "Soal Manajemen Rantai Pasokan Beserta Jawaban"