Contoh Biografi Dan Autobiografi Beserta Strukturnya

Contoh Biografi – Dalam bahan pelajaran Bahasa Indonesia, ada banyak sekali macam teks yang harus dipelajari beserta kegunaannya. Diantara bermacam-macam jenis teks tersebut, salah satu yang sering dipakai ialah teks biografi. Anda niscaya juga sering membaca pola biografi dari tokoh-tokoh populer dan berpengaruh, baik dalam bentuk buku maupun dalam bentuk lainnya. Jenis goresan pena yang dipakai untuk menulis biografi ini ialah teks biografi. Apa sih sesungguhnya teks ini dan apa bedanya dengan autobiografi?


Ada goresan pena berbentuk biografi dan ada juga yang berbentuk autobiografi. Contoh  biografi sudah sering dijumpai, menyerupai contohnya Biografi Bung Tomo dan masih banyak pola lainnya. Sedangkan untuk auotobiografi, mungkin masih belum begitu familiar. Sebenarnya apa sih perbedaan diantara keduanya? Perbedaan antara biografi dan autobiografi sanggup dilihat dari pengertiannya terlebih dahulu.


Perbedaan Biografi dan Autobiografi, Struktur dan Karakternya


 Dalam bahan pelajaran Bahasa Indonesia Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya


Pengertian biografi ialah sebuah bentuk goresan pena yang berisi wacana kisah dan perjalanan seseorang, mulai dari info umum menyerupai tanggal lahir sampai kisah-kisah menarik dan penting yang terjadi selama masa hidupnya, yang ditulis oleh orang lain.


Kebanyakan contoh biografi yang ada membahas wacana tokoh-tokoh jagoan dan tokoh-tokoh yang mempunyai tugas penting bagi bangsa Indonesia. Sedangkan autobiografi juga mempunyai isi yang hampir sama, namun bedanya goresan pena ini ditulis oleh tokoh atau subjek yang diceritakan dalam goresan pena itu sendiri.


Berdasarkan pengertian di atas, sudah terang perbedaan diantara kedua teks tersebut. Pada dasarnya, autobiografi juga masuk dalam salah satu jenis teks biografi. Contoh untuk teks biografi biasanya ialah wacana tokoh-tokoh penting dan berpengaruh. Sedangkan pola autbiografi lebih umum, sebab siapapun sanggup membuatnya. Anda bahkan juga sanggup menciptakan autobiografi Anda sendiri.


Nah, itu tadi ialah perbedaan antara kedua jenis goresan pena di atas beserta pola biografi yang sering dijumpai, baik pola untuk goresan pena berbentuk biografi maupun pola autobiografi. Dalam penyusunan sebuah biografi pun, penulis harus memenuhi struktur yang sudah ditentukan dalam mekanisme penulisan biografi yang baik dan benar. Bagaimanakah struktur teks biografi itu? Berikut penjelasannya.


Struktur Teks Biografi



  1. Orientasi


Setelah mengetahui pengertian teks biografi, sekarang saatnya memahami struktur penyusun teks biografi. Dalam sebuah biografi penggalan paling awal yang ditulis berjulukan orientasi. Pada penggalan ini ialah penggalan dimana penulis menjelaskan dan mengenalkan tokoh yang ditulis. Latar belakang tokoh secara lengkap akan ditulis pada penggalan ini.



  1. Masalah (Peristiwa)


Bagian yang tak kalah penting dalam menulis Biografi ialah penggalan masalah. Pada penggalan ini akan dijelaskan segala prestasi, pencapaian, kejadian-kejadian penting bagi tokoh dan kisah lainnya. Berbeda dengan pola autobiografi yang ditulis lebih ekpresif sebab merupakan pengalaman pribadi, pada penggalan ini penulis biografi harus menuliskannya lebih informatif dan harus diambil dari bermacam-macam sumber terpercaya, baik dari sumber terpercaya maupun wawancara.



  1. Reorientasi


Bagian terakhir ialah penggalan yang menuliskan pandangan, pendapat atau opini dari penulis terhadap tokoh yang ditulisnya. Dari sini juga sanggup disimpulkan bahwa abjad biografi ialah memakai sudut pandang orang ketiga sedangkan autobiografi memakai sudut pandang orang pertama. Bagian ini juga sesungguhnya sanggup dicantumkan atau tidak. Beberapa pola biografi mencantumkan pandangannya wacana tokoh yang ditulis. Tak sedikit pula yang tidak mencantumkannya semoga goresan pena sanggup bersifat lebih objektif.


Setelah mengetahui perbedaan antara biografi dan autobiografi serta struktur teks biografi, sekarang Anda sudah sanggup membedakan keduanya kan? Autobiografi yang juga merupakan salah satu jenis teks serta contoh teks biografi bersifat lebih subjektif sebab ditulis oleh tokoh itu sendiri. Contoh autobiografi yang populer contohnya autobiografi Nelson Mandela yang ditulis sendiri.


Hasil Pencarian:

biografli dan autobiografi,contoh autobiografi,contoh biografi newton beserta strukturnya,contoh teks biografi beserta strukturnya

Post a Comment for "Contoh Biografi Dan Autobiografi Beserta Strukturnya"