Ideologi Adalah? Pengertian Ideologi Berdasarkan Para Ahli, Fungsi, Dan Contohnya

Pengertian Ideologi – Dalam kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dibutuhkan sebuah ideologi yang sanggup menjadi pegangan bagi setiap warga negara dalam bertindak. Banyaknya tindakan penyalahgunaan ideologi ketika ini menciptakan para generasi muda harus berguru lagi wacana ideologi terutama dalam berbangsa dan bernegara. Nah, berikut ini yaitu pengertian ideologi serta fungsi atau pentingnya ideologi dalam kehidupan.


Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli


Mari mulai memahami sebuah ideologi dengan memahami arti atau pengertian ideologi itu sendiri. Secara bahasa ideologi sanggup bermakna sebagai sebuah inspirasi ataupun gagasan. Secara umum, pengertian ideologi adalah kumpulan ide, gagasan, pandangan atau impian yang bersifat sistematis  dalam bentuk konsep yang sanggup dijadikan sebagai asas, penunjuk arah, tujuan dari kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dan bernegara.


 Dalam kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dibutuhkan sebuah ideologi yang sanggup menja Ideologi Adalah? Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli, Fungsi, dan Contohnya


Beberapa jago juga mengemukakan pendapatnya wacana makna dari ideologi. Ilmuwan sosial Indonesia menyerupai Satrapratedja mengartikan ideologi yaitu seperangkat pemikiran atau gagasan yang mempunyai orientasi tindakan dengan sistem dan organisasi yang teratur. Pengertian ideologi berdasarkan para jago lainnya tiba dari Padmo Wijayono yang mendefinisikan ideologi sebagai sebuah kesatuan yang utuh dan bundar dari ide-ide yang bersifat dasar.


Sebagai sebuah gagasan, ideologi yaitu suatu inspirasi yang harus sanggup dipertanggung jawabkan. Hal tersebut alasannya ideologi sanggup menjadi dasar atau landasan cara pandang bagi beberapa orang. Oleh alasannya itu, sebuah ideologi harus mempunyai fungsi. Beberapa fungsi ideologi itu yaitu sebagai berikut.


Fungsi Ideologi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara



  1. Orientasi Dasar


Fungsi pertama yaitu sebagai orientasi dasar, yaitu ideologi berfungsi untuk memperlihatkan tujuan dan menawarkan makna dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini sejalan dengan arti ideologi itu sendiri yang bermakna sebagai ide, gagasan atau landasan cara pandang.



  1. Struktur Kognitif


Fungsi kedua ideologi yaitu sebagai struktur kognitif, yaitu pengetahuan yang menjadi landasan terhadap setiap kejadian di sekitarnya. Dengan adanya struktur kognitif ini, akan menjadi pacuan bagi masyarakat untuk menyikapi setiap permasalahan yang dihadapi dan bagaimana menghadapi duduk masalah tersebut.



  1. Kekuatan yang Bisa Membantu Mencapai Tujuan


Fungsi selanjutnya ideologi yaitu untuk menawarkan dorongan dan menyemangati seseorang atau satu kelompok masyarakat semoga sanggup mencapai tujuan yang dicita-citakan. Demikian juga dalam hal berbangsa dan bernegara, tapa adanya pandangan yang dijadikan sebagai aliran untuk kehidupan berbangsa dan bernegara, maka tidak akan mungkin impian yang diinginkan oleh bangsa tersebut sanggup terwujud.


Ideologi Terbuka dan Tertutup


Jika membahas wacana ideologi, tidak akan sanggup lepas dari jenis ideologi itu sendiri yang terdiri dari ideologi tertutup dan terbuka. Bangsa Indonesia sendiri menganut ideologi yang bersifat terbuka, dimana pengertian ideologi yang bersifat terbuka ini yaitu ideologi yang tidak bersifat mutlak.


Ideologi terbuka juga sanggup diartikan sebagai impian yang menjadi landasan itu digali dari dalam dan dari kekayaan moral, rohani serta budaya masyarakat itu sendiri. Ideologi ini cenderung sanggup mengikuti perkembangan jaman dan mengikuti dinamika yang terjadi. Berbeda dengan ideologi tertutup yang cenderung bersifat mutlak dan tidak dinamis.


Baca juga : Konstitusi Adalah


Nah, itulah tadi klarifikasi lengkap wacana pengertian ideologi dan fungsinya dalam memilih kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan mengetahui pengertian dari ideologi, fungsinya serta perbedaan antara pengertian ideologi terbuka dan tertutup ini Anda sanggup memahami wacana ideologi lebih baik dan tidak menyalah artikan ideologi yang seharusnya dianut.


Banyaknya pihak yang ingin mengubah tujuan didirikannya negara ini dengan mengubah ideologi masyarakatnya hanya sanggup diperangi kalau Anda juga memahami wacana ideologi itu sendiri.


Hasil Pencarian:

pengertian ideologi

Post a Comment for "Ideologi Adalah? Pengertian Ideologi Berdasarkan Para Ahli, Fungsi, Dan Contohnya"