Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pendidikan Anak di SD
- Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan, contohnya....a. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salahb. Pasal 25 yang meminta agar dilakukan peninjauan kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk tujuan pengasuhan, perlindungan atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnyac. Pasal 11 tentang Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranyad. Pasal 21 yang membahas tentang hak anak yang diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi
- Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....a. 27b. 28c. 29d. 31
- Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....a. Gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan belajar lainnyab. Tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikanc. Pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMPd. Dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA
- Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak adalah....a. Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaranb. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikanc. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramukad. Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah
- Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....a. Guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswab. Penataan kembali strategi dan prosedur pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi materi maupun metode penyampaiannyac. Pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswad. Guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
- Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....a. Berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswab. Memberi tugas belajar secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil belajar siswac. Berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktud. Bekerja sama dengan anak dalam membuat rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak
- Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal berikut, yaitu orang yang....a. Tingkat intelegensinya tinggi pasti kreatifb. Tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatifc. Kreatif harus memiliki tingkat intelegensi yang tinggid. Kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi
- Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui....a. Memberikan pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir konvergenb. Menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergenc. Meminta anak untuk memecahkan masalah kelompok di tempat duduk masing-masingd. Mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa
- Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....a. Kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lainb. Dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungannyac. Aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses pemikiran dengan lingkungand. Kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sebenarnya dengan cara menahan diri kita
- Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....a. Mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-citab. Menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannyac. Mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai keseimbangand. Membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain
- Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....a. Memberi bantuan atau dukungan ketika anak mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnyab. Memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasilc. Memberikan contoh konkret dan tantangan positif pada anakd. Memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat
- Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....a. Buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karirb. Format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isianc. Buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang tua atau walid. Buku pribadi dan map siswa
- Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah....a. Menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SDb. Mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lainc. Pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan secara efektifd. Cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
- Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi kerja sama dapat terlaksana melalui....a. Penginterpretasian data hasil tes, aktivitas pengembangan karir dan membantu menemukan kursusb. Menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolahc. Memberikan layanan konsultasi atau nasihat kepada siswad. Merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus tempat diselenggarakan kelas unggulan
- Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....a. Mengulangi presentasib. Menjelaskan ulang kepada pesertac. Mencatat perbedaan kesan inid. Mengevaluasi kegiatan presentasi
- Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral anak berada pada tahap prakonvensional adalah anak....a. Yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baikb. Cenderung berperilaku dengan cara mengatur permintaan sosialc. Cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai situasi dan masyarakatd. Menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
- Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....a. Melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosialb. Anak akan mengembangkan kata hatinya dalam membuat keputusanc. Anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku lain tidak diterimad. Melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
- Pengajaran tentang hal yang baik dan buruk serta alasan mengapa pola perilaku diterima sementara yang lain tidak diterima sehingga anak memiliki konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari disiplin yang dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....a. Penghargaanb. Hukumanc. Alat untuk membentuk morald. Konsistensi
- Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....a. Setiap kali anak melakukan kesalahanb. Disertai alasan mengapa orang tua melakukan ituc. Fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagid. Dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
- Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak usia SD dengan cara....a. Memberikan hafalan doa harian kepada anakb. Menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masingc. Memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan kepada anakd. Meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa
- Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari pernyataan ini adalah untuk....a. Membuat anak mengerti mengenai perilaku yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnyab. Melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosialc. Melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di lingkungan sekitarnyad. Membuat anak memiliki penyesuaian diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya
- Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD menurut Hurlock adalah....a. Acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasib. Kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di tempat umumc. Anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebihd. Menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi
- Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari lingkungan kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....a. Anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknyab. Kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhanc. Kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentud. Kemampuan untuk memahami arti dari situasi social
- Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari segi orang tua dapat terlihat melalui....a. Mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan jenis kelaminnyab. Keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran senic. Penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih banyakdi bidang olah ragad. Perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan
- Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....a. Obesitasb. Malnutrisic. Kekurangan makanand. Kekurangan waktu istirahat
Jawaban:
- a. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
- b. 28
- d. Dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA
- b. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
- a. Guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
- c. Berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu
- d. Kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi
- b. Menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
- a. Kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain
- a. Mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
- b. Memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil
- a. Buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
- d. Cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
- b. Menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
- c. Mencatat perbedaan kesan ini
- d. Menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
- d. Melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
- c. Alat untuk membentuk moral
- b. Disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
- d. Meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa
- b. Melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial
- a. Acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
- c. Kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu
- d. Perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan
- a. Obesitas
Post a Comment for "Soal Pendidikan Anak di SD Beserta Jawaban"