Soal Pendidikan Anak di SD Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pendidikan Anak di SD 
  1. Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan, contohnya....
    a. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
    b. Pasal 25 yang meminta agar dilakukan peninjauan kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk tujuan pengasuhan, perlindungan atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnya
    c. Pasal 11 tentang Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranya
    d. Pasal 21 yang membahas tentang hak anak yang diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi
  2. Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
    a. 27
    b. 28
    c. 29
    d. 31
  3. Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
    a. Gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan belajar lainnya
    b. Tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikan
    c. Pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP
    d. Dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA
  4. Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak adalah....
    a. Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaran
    b. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
    c. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramuka
    d. Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah
  5. Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....
    a. Guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
    b. Penataan kembali strategi dan prosedur pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi materi maupun metode penyampaiannya 
    c. Pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa
    d. Guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
  6. Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
    a. Berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswa
    b. Memberi tugas belajar secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil belajar siswa
    c. Berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu
    d. Bekerja sama dengan anak dalam membuat rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak
  7. Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal berikut, yaitu orang yang....
    a. Tingkat intelegensinya tinggi pasti kreatif
    b. Tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif
    c. Kreatif harus memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
    d. Kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi
  8. Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui....
    a. Memberikan pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir konvergen
    b. Menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
    c. Meminta anak untuk memecahkan masalah kelompok di tempat duduk masing-masing
    d. Mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa
  9. Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....
    a. Kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain
    b. Dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungannya
    c. Aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses pemikiran dengan lingkungan
    d. Kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sebenarnya dengan cara menahan diri kita
  10. Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
    a. Mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
    b. Menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannya
    c. Mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai keseimbangan
    d. Membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain
  11. Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
    a. Memberi bantuan atau dukungan ketika anak mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnya
    b. Memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil
    c. Memberikan contoh konkret dan tantangan positif pada anak
    d. Memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat
  12. Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
    a. Buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
    b. Format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isian
    c. Buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang tua atau wali
    d. Buku pribadi dan map siswa
  13. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah....
    a. Menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SD
    b. Mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lain
    c. Pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan secara efektif
    d. Cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
  14. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi kerja sama dapat terlaksana melalui....
    a. Penginterpretasian data hasil tes, aktivitas pengembangan karir dan membantu menemukan kursus
    b. Menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
    c. Memberikan layanan konsultasi atau nasihat kepada siswa
    d. Merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus tempat diselenggarakan kelas unggulan
  15. Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
    a. Mengulangi presentasi
    b. Menjelaskan ulang kepada peserta
    c. Mencatat perbedaan kesan ini
    d. Mengevaluasi kegiatan presentasi
  16. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral anak berada pada tahap prakonvensional adalah anak....
    a. Yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baik
    b. Cenderung berperilaku dengan cara mengatur permintaan sosial
    c. Cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai situasi dan masyarakat
    d. Menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
  17. Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
    a. Melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosial
    b. Anak akan mengembangkan kata hatinya dalam membuat keputusan
    c. Anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku lain tidak diterima
    d. Melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
  18. Pengajaran tentang hal yang baik dan buruk serta alasan mengapa pola perilaku diterima sementara yang lain tidak diterima sehingga anak memiliki konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari disiplin yang dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....
    a. Penghargaan
    b. Hukuman
    c. Alat untuk membentuk moral
    d. Konsistensi
  19. Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....
    a. Setiap kali anak melakukan kesalahan
    b. Disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
    c. Fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi
    d. Dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
  20. Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak usia SD dengan cara....
    a. Memberikan hafalan doa harian kepada anak
    b. Menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing
    c. Memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan kepada anak
    d. Meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa 
  21. Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari pernyataan ini adalah untuk....
    a. Membuat anak mengerti mengenai perilaku yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnya
    b. Melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial
    c. Melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di lingkungan sekitarnya
    d. Membuat anak memiliki penyesuaian diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya
  22. Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD menurut Hurlock adalah....
    a. Acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
    b. Kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di tempat umum
    c. Anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih
    d. Menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi
  23. Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari lingkungan kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
    a. Anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknya
    b. Kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhan
    c. Kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu
    d. Kemampuan untuk memahami arti dari situasi social
  24. Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari segi orang tua dapat terlihat melalui....
    a. Mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan jenis kelaminnya
    b. Keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
    c. Penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih banyakdi bidang olah raga
    d. Perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan
  25. Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
    a. Obesitas
    b. Malnutrisi
    c. Kekurangan makanan
    d. Kekurangan waktu istirahat
Jawaban:
  1. a. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
  2. b. 28
  3. d. Dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA
  4. b. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
  5. a. Guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
  6. c. Berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu
  7. d. Kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi
  8. b. Menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
  9. a. Kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain
  10. a. Mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
  11. b. Memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil
  12. a. Buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
  13. d. Cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
  14. b. Menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
  15. c. Mencatat perbedaan kesan ini
  16. d. Menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
  17. d. Melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
  18. c. Alat untuk membentuk moral
  19. b. Disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
  20. d. Meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa 
  21. b. Melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial
  22. a. Acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
  23. c. Kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu
  24. d. Perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan
  25. a. Obesitas

Post a Comment for "Soal Pendidikan Anak di SD Beserta Jawaban"