Materi Pembelahan Sel Mitosis Dan Meiosis Disertai Gambar

Pembelahan Mitosis dan Meiosis – Tubuh insan tersusun dari berjuta sel yang terus mengalami perkembangan. Sel yang berkembang biak dengan membelah diri, mempunyai dua macam cara pembelahan, yaitu mitosis dan meiosis. Apa sesungguhnya perbedaan antara pembelahan mitosis dan meiosis tersebut? Untuk mempermudah anda dalam mempelajari tahapan dan perbedaan pada pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis, berikut ini ialah penjelasannya.


Pengertian Pembelahan Mitosis dan Meiosis


Sel mempunyai dua cara reproduksi, yaitu pembelahan sel mitosis dan meiosis. Kedua cara reproduksi ini terjadi pada jenis sel yang berbeda di dalam tubuh. Untuk memahami ihwal reproduksi sel ini, hal pertama yang harus diketahui ialah pengertian dari kedua cara reproduksi ini. Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis yang pertama bisa dilihat dari pengertiannya.


 Tubuh insan tersusun dari berjuta sel yang terus mengalami perkembangan Materi Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis Disertai Gambar
Gambar Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Pembelahan mitosis ialah pembelahan sel yang menghasilkan dua buah sel anakan yang secara genetis serupa. Artinya, susunan genetik kedua sel tersebut sama dengan susunan sel induknya. Sedangkan pembelahan meiosis ialah pembelahan yang bisa menghasilkan 4 sel anakan dari sel diploid sebagai induknya. Hasilnya, setiap sel anakan hanya mempunyai separuh kromosom dari sel induknya.


Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis


Selain pengertian yang sudah disebutkan di atas, yang juga sudah meliputi jumlah anakan yang dihasilkan, antara pembelahan mitosis dan meiosis juga mempunyai perbedaan lain. Perbedaan itu antara lain sebagai berikut.




  1. Tujuan Pembelahan




Hal pertama yang membedakan pembelahan sel mitosis dan meiosis ialah tujuan pembelahannya. Pembelahan mitosis bertujuan untuk pertumbuhan suatu individu atau makhluk hidup. Sedangkan pembelahan meiosis dilakukan untuk mempertahankan keberadaan diploid yang ada di dalam badan suatu organisme.




  1. Organisme yang Mengalami




Perbedaan antara pembelahan mitosis dan meiosis selanjutnya ialah kawasan dimana pembelahan itu terjadi dan pada organisme apa saja pembelahan itu terjadi. Pembelahan sel mitosis terjadi di sel romantik dan di kawasan yang mempunyai jaringan meristem. Karena itu, pembelahan ini biasanya terjadi pada semua organisme tanpa terkecuali. Berbeda dengan pembelahan meiosis yang hanya terjadi pada manusia, hewan, flora dan jamur.




  1. Sifat Sel Anakan




Hal selanjutnya yang membedakan antara pembelahan mitosis dan meiosis ialah sifat sel anakan yang dihasilkan. Baik pembelahan sel mitosis maupun pembelahan meosis mempunyai perbedaan pada jumlah sel yang dihasilkan. Selain jumlah sel anaknya, perbedaan juga bisa dilihat dari sifat sel anaknya. Pada pembelahan sel meiosis, sel anak yang dihasilkan mempunyai sifat haploid (n). Hal berbeda berlaku pada pembelahan mitosis yang menghasilkan sel anak bersifat diploid (2n).




  1. Tahap Pembelahan




Perbedaan selanjutnya ada pada tahap yang harus dilalui. Tahapan pembelahan mitosis cenderung lebih singkat dibandingkan dengan tahap pembelahan meiosis. Tahap-tahap pembelahannya juga cukup berbeda, dimana pada pembelahan mitosis, terjadi fase prometaphase yang tidak terjadi di pembelahan meiosis. Sedangkan pada pembelahan meiosis, setiap fase terjadi sebanyak dua kali.


Proses perkembangan pada makhluk hidup tidak semata-mata terjadi menyerupai yang umumnya dilihat. Sebelum mengalami proses pertumbuhan yang umum diketahui, pertumbuhan lebih dahulu terjadi pada bab terkecil pada suatu individu atau organisme, yaitu sel. Pada sel, proses pertumbuhannya berlangsung melalui tahapan yang disebut dengan pembelahan.


Baca juga : Sistem peredaran darah


Sistem pembelahan pada sel juga terjadi melalui dua cara, yaitu pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis. Kedua pembelahan ini mempunyai karakteristik dan perbedaan yang membedakan kedua cara pembelahan tersebut. Beberapa poin di atas ialah perbedaan yang membedakan antara pembelahan meiosis dan mitosis. Untuk mengetahui ihwal perbedaan antara keduanya, Anda bisa menyimak gambar pembelahan mitosis maupun meiosis yang akan menawarkan keterangan lebih lengkap.


Hasil Pencarian:

materi lengkap ihwal mitosis dan meiosis,meiosis dan mitosis,Mitosis dan Meiosis,mitosis dan meiosis utbk,pembelahan mitosis dan meiosis

Post a Comment for "Materi Pembelahan Sel Mitosis Dan Meiosis Disertai Gambar"