Soal Teori Belajar Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Teori Belajar 
  1. Dalam perencanaan pembelajaran ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan. “ Belajar hanya terjadi hanya apabila anak aktif mengalami sendiri”. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran …
    a. Motivasi
    b. Keaktifan 
    c. Tantangan
    d. Pengulangan
  2. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan pandangan kaum strukturalis adalah…
    a. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
    b. Fokus perhatian pada fonologi, morfologi, sedikit, sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
    c. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan semantik.
    d. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sama sekali tidak memperhatikan sintaksis dan semantik.
  3. Pada dasarnya teori belajar behavioristik sangat menekankan pada ...
    a. Proses belajar
    b. Perkembangan siswa
    c. Hasil belajar
    d. Kepandaian siswa
  4. Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
    a. Clasical conditioning dari Pavlov.
    b. Connectionism dari Thorndike.
    c. Behaviorism dari Watson.
    d. Operant conditioning dari Skinner.
  5. Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah atau pujian kepada siswa yang berhasil menjawab atau menyelesaikan satu soal. Dalam hal ini guru menerapkan teori belajar ...
    a. Clasical conditioning.
    b. Connectionism.
    c. Behaviorism.
    d. Operant conditioning.
  6. Menurut Hull dalam teori systematic behavior, proses belajar merupakan upaya menumbuhkan kebiasaan melalui ...
    a. Pengalaman.
    b. Serangkaian percobaan.
    c. Kegiatan membaca.
    d. Serangkaian kegagalan.
  7. Proses lupa pada diri seseorang menurut Guthrie terjadi secara ...
    a. Tiba-tiba.
    b. Tidak terkendali.
    c. Bertahap.
    d. Terkendali.
  8. Pemberian pujian terhadap siswa yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan tepat, sebaiknya diberikan ...
    a. Pada waktu semua siswa telah menyelesaikan tugasnya.
    b. Segera setelah siswa menyelesaikan tugasnya.
    c. Kalau siswa yang lain sudah meninggalkan ruang kelas.
    d. Pada waktu siswa menunjukkan prestasi berikutnya.
  9. Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar ...
    a. Insight.
    b. Kognitif.
    c. Conditioning.
    d. Connectionism.
  10. Teori belajar kognitif mempunyai perbedaan yang mendasar dengan teori belajar conditioning S-R . Teori belajar kognitif menggunakan pendekatan masa kini, artinya ...
    a. Mempelajari perilaku manusia di masa lalu digunakan untuk memprediksi masa depan.
    b. Mempelajari perilaku manusia masa lalu untuk mengetahui perilaku manusia masa lampau.
    c. Mempelajari perilaku manusia masa kini untuk keadaan manusia saat ini.
    d. Mempelajari perilaku manusia masa kini untuk dibandingkan dengan perilaku manusia masa lalu.
  11. Dalam hal belajar, antara siswa satu dengan yang lain kemampuan berpikirnya tidak sama. Hal ini dikemukakan dalam teori belajar ...
    a. Kognitif.
    b. Conditioning.
    c. Connectionism.
    d. Behaviorism.
  12. Untuk menerapkan proses kognitif dalam pembelajaran, maka sebaiknya dipakai konsep ...
    a. KTSP.
    b. CBSA.
    c. KBK.
    d. Pembelajaran terpadu.
  13. Penerapan teori belajar Bruner dalam pembelajaran, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini, kecuali ...
    a. Membantu siswa agar dapat melihat adanya hubungan konsep yang satu dengan yang lain.
    b. Memberikan pertanyaan yang memungkinkan siswa untuk mencari jawabannya.
    c. Mendiskusikan tentang suatu masalah dengan siswa.
    d. Mendorong siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
  14. Dalam proses pembelajaran, informasi yang diterima oleh siswa kadang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan atau konsep yang dimilikinya. Cara belajar seperti itu disebut dengan ...
    a. Belajar bermakna.
    b. Belajar sendiri.
    c. Beblajar verbal.
    d. Belajar menghapal
  15. Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang menunjukkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif atau disebut dengan 'fase-fase belajar'?
    a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial kepada siswa.
    b. Pada waktu mengajar, Pak Wardi mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahas.
    c. Pak Anto mengutamakan kualitas, penetapan, dan kegunaan belajar dalam proses pembelajaran.
    d. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah laku yang berlainan dari siswanya setelah proses pembelajaran berakhir
  16. Dalam menerapkan teori belajar sosial, yang dapat dijadikan model untuk ditiru adalah sebagai berikut, kecuali ...
    a. Guru pengajar di kelas.
    b. Teman satu kelas.
    c. Pahlawan nasional.
    d. Alumni.
  17. Belajar dalam perspektif konstruktivisme lebih menekankan kepada ...
    a. Hasil.
    b. Pembelajaran.
    c. Nilai.
    d. Proses
  18. Dalam proses mengkonstruksi pengetahuannya, siswa mengembangkan gagasan atau konsep baru berdasarkan analisis dan pemikiran ulang terhadap pengetahuan yang diperoleh pada ...
    a. Masa lalu dan masa depan.
    b. Masa sekarang dan masa lalu.
    c. Masa siswa belajar.
    d. Saat siswa sedang melakukan kegiatan.
  19. Perspektif kognitivisme berpendapat bahwa perilaku siswa ditentukan oleh persepsi siswa itu sendiri yang dipengaruhi oleh ...
    a. Pengalaman.
    b. Berbagai penguatan.
    c. Cara belajarnya.
    d. Lingkungannya.
  20. Dari pernyataan di bawah ini, manakah yang menunjukkan kelebihan pendekatan konstruktivisme dalam proses pembelajaran dilihat dari peran guru?
    a. Bu Siska hanya menunjukkan cara bagaimana siswa dapat memperoleh data melalui internet.
    b. Pak Hadi harus memberikan ceramah di depan kelas sepanjang proses pembelajaran.
    c. Pada saat mengajar, Pak Budi harus menjelaskan materi secara terus menerus.
    d. Bu Amalia menganggap bahwa kemampuan siswanya adalah sama.
  21. Pada dasarnya strategi pembelajaran di sekolah dapat menggunakan teori behavioristik untuk mengajarkan siswa memproses informasi sebagai berikut, kecuali ...
    a. Membuat asosiasi.
    b. Membedakan.
    c. Membuat skema. 
    d. Mengingat
Jawaban:
  1. b. Keaktifan
  2. a. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
  3. b. Perkembangan siswa
  4. a. Clasical conditioning dari Pavlov.
  5. b. Connectionism.
  6. b. Serangkaian percobaan.
  7. c. Bertahap
  8. b. Segera setelah siswa menyelesaikan tugasnya.
  9. b. Kognitif.
  10. c. Mempelajari perilaku manusia masa kini untuk keadaan manusia saat ini
  11. a. Kognitif.
  12. b. CBSA.
  13. c. Mendiskusikan tentang suatu masalah dengan siswa
  14. d. Belajar menghapal
  15. a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial kepada siswa.
  16. d. Alumni.
  17. d. Proses.
  18. b. Masa sekarang dan masa lalu.
  19. a. Pengalaman. 
  20. a. Bu Siska hanya menunjukkan cara bagaimana siswa dapat memperoleh data melalui internet
  21. c. Membuat skema

Post a Comment for "Soal Teori Belajar Beserta Jawaban"