Soal Evaluasi Perkembangan AUD Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Evaluasi Perkembangan AUD 
  1. Berikut yang merupakan contoh aspek keterampilan perseptual adalah sebagai berikut, kecuali....
    a. Mengenal warna dan dapat menghubungkannya dengan warna yang hampir sama
    b. Mengenal tulisan nama diri
    c. Menunjukan ketertarikan dengan permainan baru
    d. Melakukan permainan jungkat-jungkit
  2. Hal yang dapat dijadikan bukti perkembangan sosial emosional anak secara langsung adalah sebagai berikut, kecuali kemampuan ....
    a. Kemandirian
    b. Sosialisasi
    c. Membaca
    d. Memilih
  3. Berikut ini adalah contoh dari motorik halus yang harus dikembangkan pada anak ....
    a. Menggambar
    b. Menggunting
    c. Menulis
    d. Semua benar
  4. Berikut ini adalah contoh dari motorik kasar yang harus dikembangkan pada anak ....
    a. Melompat
    b. Menjahit
    c. Meronce
    d. Semua benar
  5. Kumpulan hasil kerja anak dari waktu ke waktu dan laporan singkat tentang aspek perkembangan serta pameran hasil karya terbaik anak disebut ....
    a. Rating scale
    b. Check list perkembangan
    c. Portofolio tampilan
    d. Rubric
  6. Catatan singkat tentang kejadian-kejadian spesifik yang memberikan informasi faktual tentang apa, kapan, dimana, pendorong terjadinya hal tersebut, reaksi anak dan penyelesaiannya adalah ....
    a. Catatan anekdot
    b. Narasi
    c. Daftar periksa pengamatan guru
    d. Catatan frekuensi dan waktu
  7. Sebuah daftar periksa pengamatan mengenai perilaku-perilaku spesifik untuk diamati 
    disebut ....
    a. Catatan anekdot
    b. Narasi
    c. Daftar periksa pengamatan guru
    d. Catatan frekuensi dan waktu
  8. Tahap asesmen yang melibatkan anak dalam tes yang telah distandarisasi dikenal dengan ....
    a. Global assesment
    b. Screening
    c. Ongoing qualitative assesment
    d. Individual assesment fot purpose of remediation
  9. Menurut teori perkembangan kognitif, keterampilan anak seperti membaca atau menghitung terutama terkait dengan ....
    a. Kegiatan mental internal yang kompleks
    b. Perubahan perilaku anak
    c. Proses kematangan anak
    d. Interaksi sosial dengan lingkungan
  10. Ketidakmampuan anak untuk mencari cara menyusun kembali potongan-potonga puzzle yang telah dobongkarnya terkait dengan karakteristik berpikir anak tahap pra-operasional yaitu ....
    a. Penalaran transduktif
    b. Irreversibilitas
    c. Berpikir unidimensi
    d. Pemahaman konservasi angka
  11. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang melibatkan keterampilan kognitif anak dalam membangun pemahamannya tentang konsep yaitu ....
    a. Memasang benda
    b. Mengelompokkan benda
    c. Melihat hubungan antar benda
    d. Semuanya benar
  12. Berikut ini adalah beberapa aspek asesmen terhadap anak usia dini yang tidak sesuai dengan perkembangan dan proses belajar anak, kecuali ....
    a. Melihat akuntabilitas sebagai tujuan utama
    b. Menekankan pada perilaku normatif, mengukur keterampilan berdasarkan usia dan tahapan
    c. Mempertimbangkan perencanaan instruksi sebagai tujuan utama
    d. Merupakan peristiwa terjadwal yang menekankan pada perilaku yang terjadi pada saat tertentu
  13. Bermain kosa kata dengan menggunakan gambar yang dilakukan anak usia dini, dalam proses pengembangan keterampilan sains adalah salah satu contoh aktivitas yang termasuk kategori proses ....
    a. Klasifikasi
    b. Identifikasi
    c. Deskripsi
    d. Observasi
  14. Metode observasi Rating Scale dalam proses asesmen snak usia dini, digunkan untuk tujuan ....
    a. Menentukan frekuansi terjadinya tipe perilaku tertentu
    b. Membandingkan bagaimana anak-anak memahami sebuah konsep yang spesifik
    c. Mengevaluasi seberapa jauh anak telah mencapai perkembangan tertentu
    d. Mendokumentasikan secara cepat dan akurat tentang sesuatu yang sulit untuk digambarkan atau dideskripsikan
  15. Dibawah ini, pernyataan yang tidak tepat mengenai prinsip-prinsip pelaksanaan asesmen untuk anak usia dini ....
    a. Menggunakan hasil observasi sebagai sumber uatama informasi tentang anak
    b. Menerapkan asesmen yang sesuai untuk semua anak
    c. Tidak memberi tahu keluarga anak tentang jenis asesmen yang digunakan
    d. Menjaga kerahasiaan data anak
  16. Berikut ini yang merupakan contoh aspek yang diamati dalam mengakses numeasi anak usia dini adalah ....
    a. Melakukan kontak visual ketika sedang mendengarkan atau berbicara pada seseorang
    b. Menyortir benda-benda yang ada di sekelilingnya
    c. Mengikuti perintah-perintah sederhana
    d. Menyampaikan pesan sederhana dengan akurat 
  17. Apa yang membedakan tulisan cakar ayam yang mengandung perkembangan menulis dan menggambar? Pada garis ....
    a. Lurus, garis horizontal, dan vertikal bergantng pada budaya anak
    b. Lurus, lengkung, dan mendatar bergantung pada keseimbangan anak
    c. Melingkar, titik, dan vertikal bergantung pada karakter anak
    d. Horizontal, vertikal, dan melingkar bergantung pada lingkungan
  18. Alasan mengapa anak suka mengulang-ulang perkataan yang baru dikenalnya adalah karena anak ....
    a. Senang mengikuti orang dewasa
    b. Adalah individu yang aktif
    c. Belum dapat berbicara dengan lancar
    d. Sedang meningkatkan kemampuan artikulasi dan berpikirnya
  19. Anak usia 3 tahun mengerti tulisan (kata/huruf/angka) dengan cara ....
    a. Mengeri kata-kata orang dewasa
    b. Mengeja satu persatu dibantu orang dewasa
    c. Menghubungkan suara dengan gambar dan benda
    d. Membaca diri sendiri
Jawaban:
  1. d. Melakukan permainan jungkat-jungkit
  2. c. Membaca
  3. d. Semua benar
  4. a. Melompat
  5. c. Portofolio tampilan
  6. a. Catatan anekdot
  7. c. Daftar periksa pengamatan guru
  8. b. Screening
  9. a. Kegiatan mental internal yang kompleks
  10. b. Irreversibilitas
  11. d. Semuanya benar
  12. c. Mempertimbangkan perencanaan instruksi sebagai tujuan utama
  13. b. Identifikasi
  14. c. Mengevaluasi seberapa jauh anak telah mencapai perkembangan tertentu
  15. c. Tidak memberi tahu keluarga anak tentang jenis asesmen yang digunakan
  16. b. Menyortir benda-benda yang ada di sekelilingnya
  17. a. Lurus, garis horizontal, dan vertikal bergantng pada budaya anak
  18. d. Sedang meningkatkan kemampuan artikulasi dan berpikirnya
  19. c. Menghubungkan suara dengan gambar dan benda

Post a Comment for "Soal Evaluasi Perkembangan AUD Beserta Jawaban"