Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Evaluasi Perkembangan AUD
- Berikut yang merupakan contoh aspek keterampilan perseptual adalah sebagai berikut, kecuali....a. Mengenal warna dan dapat menghubungkannya dengan warna yang hampir samab. Mengenal tulisan nama diric. Menunjukan ketertarikan dengan permainan barud. Melakukan permainan jungkat-jungkit
- Hal yang dapat dijadikan bukti perkembangan sosial emosional anak secara langsung adalah sebagai berikut, kecuali kemampuan ....a. Kemandirianb. Sosialisasic. Membacad. Memilih
- Berikut ini adalah contoh dari motorik halus yang harus dikembangkan pada anak ....a. Menggambarb. Mengguntingc. Menulisd. Semua benar
- Berikut ini adalah contoh dari motorik kasar yang harus dikembangkan pada anak ....a. Melompatb. Menjahitc. Meronced. Semua benar
- Kumpulan hasil kerja anak dari waktu ke waktu dan laporan singkat tentang aspek perkembangan serta pameran hasil karya terbaik anak disebut ....a. Rating scaleb. Check list perkembanganc. Portofolio tampiland. Rubric
- Catatan singkat tentang kejadian-kejadian spesifik yang memberikan informasi faktual tentang apa, kapan, dimana, pendorong terjadinya hal tersebut, reaksi anak dan penyelesaiannya adalah ....a. Catatan anekdotb. Narasic. Daftar periksa pengamatan gurud. Catatan frekuensi dan waktu
- Sebuah daftar periksa pengamatan mengenai perilaku-perilaku spesifik untuk diamatidisebut ....a. Catatan anekdotb. Narasic. Daftar periksa pengamatan gurud. Catatan frekuensi dan waktu
- Tahap asesmen yang melibatkan anak dalam tes yang telah distandarisasi dikenal dengan ....a. Global assesmentb. Screeningc. Ongoing qualitative assesmentd. Individual assesment fot purpose of remediation
- Menurut teori perkembangan kognitif, keterampilan anak seperti membaca atau menghitung terutama terkait dengan ....a. Kegiatan mental internal yang kompleksb. Perubahan perilaku anakc. Proses kematangan anakd. Interaksi sosial dengan lingkungan
- Ketidakmampuan anak untuk mencari cara menyusun kembali potongan-potonga puzzle yang telah dobongkarnya terkait dengan karakteristik berpikir anak tahap pra-operasional yaitu ....a. Penalaran transduktifb. Irreversibilitasc. Berpikir unidimensid. Pemahaman konservasi angka
- Berikut ini adalah contoh kegiatan yang melibatkan keterampilan kognitif anak dalam membangun pemahamannya tentang konsep yaitu ....a. Memasang bendab. Mengelompokkan bendac. Melihat hubungan antar bendad. Semuanya benar
- Berikut ini adalah beberapa aspek asesmen terhadap anak usia dini yang tidak sesuai dengan perkembangan dan proses belajar anak, kecuali ....a. Melihat akuntabilitas sebagai tujuan utamab. Menekankan pada perilaku normatif, mengukur keterampilan berdasarkan usia dan tahapanc. Mempertimbangkan perencanaan instruksi sebagai tujuan utamad. Merupakan peristiwa terjadwal yang menekankan pada perilaku yang terjadi pada saat tertentu
- Bermain kosa kata dengan menggunakan gambar yang dilakukan anak usia dini, dalam proses pengembangan keterampilan sains adalah salah satu contoh aktivitas yang termasuk kategori proses ....a. Klasifikasib. Identifikasic. Deskripsid. Observasi
- Metode observasi Rating Scale dalam proses asesmen snak usia dini, digunkan untuk tujuan ....a. Menentukan frekuansi terjadinya tipe perilaku tertentub. Membandingkan bagaimana anak-anak memahami sebuah konsep yang spesifikc. Mengevaluasi seberapa jauh anak telah mencapai perkembangan tertentud. Mendokumentasikan secara cepat dan akurat tentang sesuatu yang sulit untuk digambarkan atau dideskripsikan
- Dibawah ini, pernyataan yang tidak tepat mengenai prinsip-prinsip pelaksanaan asesmen untuk anak usia dini ....a. Menggunakan hasil observasi sebagai sumber uatama informasi tentang anakb. Menerapkan asesmen yang sesuai untuk semua anakc. Tidak memberi tahu keluarga anak tentang jenis asesmen yang digunakand. Menjaga kerahasiaan data anak
- Berikut ini yang merupakan contoh aspek yang diamati dalam mengakses numeasi anak usia dini adalah ....a. Melakukan kontak visual ketika sedang mendengarkan atau berbicara pada seseorangb. Menyortir benda-benda yang ada di sekelilingnyac. Mengikuti perintah-perintah sederhanad. Menyampaikan pesan sederhana dengan akurat
- Apa yang membedakan tulisan cakar ayam yang mengandung perkembangan menulis dan menggambar? Pada garis ....a. Lurus, garis horizontal, dan vertikal bergantng pada budaya anakb. Lurus, lengkung, dan mendatar bergantung pada keseimbangan anakc. Melingkar, titik, dan vertikal bergantung pada karakter anakd. Horizontal, vertikal, dan melingkar bergantung pada lingkungan
- Alasan mengapa anak suka mengulang-ulang perkataan yang baru dikenalnya adalah karena anak ....a. Senang mengikuti orang dewasab. Adalah individu yang aktifc. Belum dapat berbicara dengan lancard. Sedang meningkatkan kemampuan artikulasi dan berpikirnya
- Anak usia 3 tahun mengerti tulisan (kata/huruf/angka) dengan cara ....a. Mengeri kata-kata orang dewasab. Mengeja satu persatu dibantu orang dewasac. Menghubungkan suara dengan gambar dan bendad. Membaca diri sendiri
Jawaban:
- d. Melakukan permainan jungkat-jungkit
- c. Membaca
- d. Semua benar
- a. Melompat
- c. Portofolio tampilan
- a. Catatan anekdot
- c. Daftar periksa pengamatan guru
- b. Screening
- a. Kegiatan mental internal yang kompleks
- b. Irreversibilitas
- d. Semuanya benar
- c. Mempertimbangkan perencanaan instruksi sebagai tujuan utama
- b. Identifikasi
- c. Mengevaluasi seberapa jauh anak telah mencapai perkembangan tertentu
- c. Tidak memberi tahu keluarga anak tentang jenis asesmen yang digunakan
- b. Menyortir benda-benda yang ada di sekelilingnya
- a. Lurus, garis horizontal, dan vertikal bergantng pada budaya anak
- d. Sedang meningkatkan kemampuan artikulasi dan berpikirnya
- c. Menghubungkan suara dengan gambar dan benda
Post a Comment for "Soal Evaluasi Perkembangan AUD Beserta Jawaban"