Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pengembangan SDM
- Tentukan mana yang bukan menjadi pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi belajar….a. Menggunakan hasil belajar untuk mencapai kinerja yang lebih baikb. Adaptif terhadap lingkungan internalc. Mengembangkan kemampuan untuk belajar secara individual dan kolektifd. Meningkatkan kapabilitas untuk berubah secara berkelanjutan
- Empat tipe pembelajaran yang dikembangkan dalam organisasi belajar dapat diaplikasikan kepada tiga tingkat peserta belajar, yaitu…a. Individu – organisasi – kelompokb. Kelompok – organisasi – individuc. Individu – kelompok – organisasid. Organisasi – individu – kelompok
- Peningkatan intelektual dan kapabilitas produksi yang diperoleh dari komitmen organisasi dan kesempatan untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan merupakan salah satu tingkatan belajar atau level of learning, yaitu…a. Individual learningb. Group or team learningc. Learning organizationd. Organizational learning
- Menurut Robinson dalam Marjuki (1992), manfaat pelatihan bagi organisasi meliputi…a. Alat untuk memperbaiki penampilan/kemampuan individu atau kelompok dengan harapan memperbaiki performance organisasib. Memperbaiki sikap terhadap pekerjaan, pimpinan atau karyawanc. Memperbaiki standar keselamatan kerjad. Jawaban A, B, dan C semua benar
- Anggota tim yang berperan menerjemahkan ide-ide ke dalam realitas sehingga berfungsi sebagai implementator, yaitu…a. Ideatorb. Inventorc. Technical gatekeeperd. Market gatekeeper
- Salah satu metode pelatihan karyawan operasional di mana cara pengajarannya adalah dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari trainee sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu disebut…a. Tanya-jawabb. Drillc. Diskusid. Pemberian tugas belajar
- Salah satu prinsip dalam membuat performance target yang efektif adalah setiap pemimpin harus berperan seperti seorang ‘coach’, di mana dia harus memimpin karyawannya untuk menghadapi kompetitor dalam waktu yang sudah ditentukan, yaitu disebut…a. Spesificb. Agreedc. Realisticd. Time-bound
- Kemampuan yang harus dimiliki seorang manajer dan eksekutif organisasi, antara lain…a. Pandai berfantasib. Berpikir secara lokal dan bertindak secara globalc. Tidak menerima suasana chaosd. Menggerakkan harapan dan keyakinan diri para staf
- Suatu aktivitas yang mendefinisikan bagaimana tugas, kewenangan, dan sistem diorganisasikan serta diintegrasikan dalam unit organisasi dan pekerjaan individu, disebut…a. Pengembangan organisasib. Desain jabatan/organisasic. Perencanaan SDMd. Pelatihan dan pengembangan
- Konsep yang memberikan gambaran mengenai riset SDM dan sistem informasi adalah…a. Menentukan kebutuhan, strategi dan filosofi SDM yang utama dalam organisasib. Menjamin kesehatan hubungan antar dan intra unit kerja, dan membantu kelompok dalam organisasi memulai dan mengelola perubahanc. Menjamin basis data dan informasi SDM dalam organisasid. Menjamin hubungan yang sehat antara karyawan dan manajemen dalam organisasi
- Salah satu persyaratan yang diperlukan untuk mendukung keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya, yaitu...a. Misib. Motivasic. Komunikasid. Kapabilitas
- Pendekatan yang tidak digunakan dalam membangun organisasi belajar yaitu pendekatan…a. Pendekatan sistemb. Pendekatan sistematikc. Pendekatan prosesd. Pengembangan organisasi
- Semua pekerjaan atau jabatan yang ditangani atau di pegang selama kehidupan kerja seseorang merupakan definisi karier menurut…a. Haneman et al. (1983)b. Handoko (2000)c. Simamora (2001)d. Soetjipto, dkk. (2002)
- Evaluasi yang berfokus pada pengoperasian pengembangan SDM dengan penekanan pada bagaimana dan mengapa pekerjaan tidak dapat berlangsung, yaitu evaluasi…a. Usahab. Prosesc. Efisiensid. Pelaksanaan
- Salah satu level evaluasi menurut Kirkpatrick, D. L. adalah level…a. Prosesb. Kontenc. Dampakd. Hasil
- Model benchmarking yang paling sederhana menurut Deming terdiri atas 4 tahap yaitu ...a. POACb. PDCAc. CIPPd. ARCH
- Elemen utama perencanaan karier yaitu perencanaan karier…a. Individualb. Organisasionalc. Internald. Jawaban A dan B, benar
- Akuntan dan bankir merupakan contoh dari jenis orientasi pribadi, yaitu orientasi…a. Konvensionalb. Investigatifc. Perusahaand. Realistik
- Sebuah proses yang dilakukan untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas serta memberi inspirasi kepada klien untuk memaksimalkan potensi personal dan profesionalnya merupakan esensi dari…a. Counselingb. Trainingc. Coachingd. Controlling
- Jenis konseling di mana peran konselor cenderung dominan atau berfokus pada kelancaran tugas dan fungsi organisasi, yaitu…a. Nondirecting conselingb. Directive conselingc. Cooperative counselingd. Noncooperative counseling
- Salah satu manfaat dari evaluasi pengembangan SDM dan pembelajaran yaitu…a. Mempersiapkan pegawai agar mampu mencapai standar kualitas kerjab. Menyegarkan ilmu dan keterampilan yang dimilikic. Menyiapkan pegawai menghadapi pekerjaan barud. Pimpinan lebih mampu memprediksi potensi karyawan
- Berikut ini adalah tindakan yang dilakukan para profesional SDM untuk mengatasi hambatan pada evaluasi pengembangan SDM, kecuali…a. Membuat target proporsi pelatihan dan anggaran SDM pada proses evaluasib. Melakukan metode Total Quality Management (TQM ) dalam pengembangan SDMc. Mendidik para eksekutif untuk evaluasi yang tepatd. Meminimalisir pengambilan risiko untuk mencapai tujuan evaluasi
Jawaban:
- b. Adaptif terhadap lingkungan internal
- c. Individu – kelompok – organisasi
- d. Organizational learning
- d. Jawaban A, B, dan C semua benar
- b. Inventor
- b. Drill
- d. Time-bound
- d. Menggerakkan harapan dan keyakinan diri para staf
- b. Desain jabatan/organisasi
- c. Menjamin basis data dan informasi SDM dalam organisasi
- a. Misi
- c. Pendekatan proses
- b. Handoko (2000)
- b. Proses
- c. Dampak
- b. PDCA
- d. Jawaban A dan B, benar
- a. Konvensional
- c. Coaching
- b. Directive conseling
- d. Pimpinan lebih mampu memprediksi potensi karyawan
- b. Melakukan metode Total Quality Management (TQM ) dalam pengembangan SDM
Post a Comment for "Soal Pengembangan SDM Beserta Jawaban"