Soal Pengembangan SDM Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pengembangan SDM 
  1. Tentukan mana yang bukan menjadi pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi belajar….
    a. Menggunakan hasil belajar untuk mencapai kinerja yang lebih baik
    b. Adaptif terhadap lingkungan internal
    c. Mengembangkan kemampuan untuk belajar secara individual dan kolektif
    d. Meningkatkan kapabilitas untuk berubah secara berkelanjutan
  2. Empat tipe pembelajaran yang dikembangkan dalam organisasi belajar dapat diaplikasikan kepada tiga tingkat peserta belajar, yaitu…
    a. Individu – organisasi – kelompok
    b. Kelompok – organisasi – individu
    c. Individu – kelompok – organisasi
    d. Organisasi – individu – kelompok
  3. Peningkatan intelektual dan kapabilitas produksi yang diperoleh dari komitmen organisasi dan kesempatan untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan merupakan salah satu tingkatan belajar atau level of learning, yaitu…
    a. Individual learning
    b. Group or team learning
    c. Learning organization
    d. Organizational learning
  4. Menurut Robinson dalam Marjuki (1992), manfaat pelatihan bagi organisasi meliputi…
    a. Alat untuk memperbaiki penampilan/kemampuan individu atau kelompok dengan harapan memperbaiki performance organisasi
    b. Memperbaiki sikap terhadap pekerjaan, pimpinan atau karyawan
    c. Memperbaiki standar keselamatan kerja
    d. Jawaban A, B, dan C semua benar
  5. Anggota tim yang berperan menerjemahkan ide-ide ke dalam realitas sehingga berfungsi sebagai implementator, yaitu…
    a. Ideator
    b. Inventor
    c. Technical gatekeeper
    d. Market gatekeeper
  6. Salah satu metode pelatihan karyawan operasional di mana cara pengajarannya adalah dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari trainee sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu disebut…
    a. Tanya-jawab
    b. Drill
    c. Diskusi
    d. Pemberian tugas belajar
  7. Salah satu prinsip dalam membuat performance target yang efektif adalah setiap pemimpin harus berperan seperti seorang ‘coach’, di mana dia harus memimpin karyawannya untuk menghadapi kompetitor dalam waktu yang sudah ditentukan, yaitu disebut…
    a. Spesific
    b. Agreed
    c. Realistic
    d. Time-bound
  8. Kemampuan yang harus dimiliki seorang manajer dan eksekutif organisasi, antara lain…
    a. Pandai berfantasi
    b. Berpikir secara lokal dan bertindak secara global
    c. Tidak menerima suasana chaos
    d. Menggerakkan harapan dan keyakinan diri para staf
  9. Suatu aktivitas yang mendefinisikan bagaimana tugas, kewenangan, dan sistem diorganisasikan serta diintegrasikan dalam unit organisasi dan pekerjaan individu, disebut…
    a. Pengembangan organisasi
    b. Desain jabatan/organisasi
    c. Perencanaan SDM
    d. Pelatihan dan pengembangan
  10. Konsep yang memberikan gambaran mengenai riset SDM dan sistem informasi adalah…
    a. Menentukan kebutuhan, strategi dan filosofi SDM yang utama dalam organisasi
    b. Menjamin kesehatan hubungan antar dan intra unit kerja, dan membantu kelompok dalam organisasi memulai dan mengelola perubahan
    c. Menjamin basis data dan informasi SDM dalam organisasi
    d. Menjamin hubungan yang sehat antara karyawan dan manajemen dalam organisasi
  11. Salah satu persyaratan yang diperlukan untuk mendukung keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya, yaitu...
    a. Misi
    b. Motivasi
    c. Komunikasi
    d. Kapabilitas
  12. Pendekatan yang tidak digunakan dalam membangun organisasi belajar yaitu pendekatan…
    a. Pendekatan sistem
    b. Pendekatan sistematik
    c. Pendekatan proses
    d. Pengembangan organisasi
  13. Semua pekerjaan atau jabatan yang ditangani atau di pegang selama kehidupan kerja seseorang merupakan definisi karier menurut…
    a. Haneman et al. (1983)
    b. Handoko (2000)
    c. Simamora (2001)
    d. Soetjipto, dkk. (2002)
  14. Evaluasi yang berfokus pada pengoperasian pengembangan SDM dengan penekanan pada bagaimana dan mengapa pekerjaan tidak dapat berlangsung, yaitu evaluasi…
    a. Usaha
    b. Proses
    c. Efisiensi
    d. Pelaksanaan
  15. Salah satu level evaluasi menurut Kirkpatrick, D. L. adalah level…
    a. Proses
    b. Konten
    c. Dampak
    d. Hasil
  16. Model benchmarking yang paling sederhana menurut Deming terdiri atas 4 tahap yaitu ...
    a. POAC
    b. PDCA
    c. CIPP
    d. ARCH
  17. Elemen utama perencanaan karier yaitu perencanaan karier…
    a. Individual
    b. Organisasional
    c. Internal
    d. Jawaban A dan B, benar
  18. Akuntan dan bankir merupakan contoh dari jenis orientasi pribadi, yaitu orientasi…
    a. Konvensional
    b. Investigatif
    c. Perusahaan
    d. Realistik
  19. Sebuah proses yang dilakukan untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas serta memberi inspirasi kepada klien untuk memaksimalkan potensi personal dan profesionalnya merupakan esensi dari…
    a. Counseling
    b. Training
    c. Coaching
    d. Controlling
  20. Jenis konseling di mana peran konselor cenderung dominan atau berfokus pada kelancaran tugas dan fungsi organisasi, yaitu…
    a. Nondirecting conseling
    b. Directive conseling
    c. Cooperative counseling
    d. Noncooperative counseling
  21. Salah satu manfaat dari evaluasi pengembangan SDM dan pembelajaran yaitu…
    a. Mempersiapkan pegawai agar mampu mencapai standar kualitas kerja
    b. Menyegarkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki
    c. Menyiapkan pegawai menghadapi pekerjaan baru
    d. Pimpinan lebih mampu memprediksi potensi karyawan
  22. Berikut ini adalah tindakan yang dilakukan para profesional SDM untuk mengatasi hambatan pada evaluasi pengembangan SDM, kecuali…
    a. Membuat target proporsi pelatihan dan anggaran SDM pada proses evaluasi
    b. Melakukan metode Total Quality Management (TQM ) dalam pengembangan SDM
    c. Mendidik para eksekutif untuk evaluasi yang tepat
    d. Meminimalisir pengambilan risiko untuk mencapai tujuan evaluasi
Jawaban:
  1. b. Adaptif terhadap lingkungan internal
  2. c. Individu – kelompok – organisasi
  3. d. Organizational learning
  4. d. Jawaban A, B, dan C semua benar
  5. b. Inventor
  6. b. Drill
  7. d. Time-bound
  8. d. Menggerakkan harapan dan keyakinan diri para staf
  9. b. Desain jabatan/organisasi
  10. c. Menjamin basis data dan informasi SDM dalam organisasi
  11. a. Misi
  12. c. Pendekatan proses
  13. b. Handoko (2000)
  14. b. Proses
  15. c. Dampak
  16. b. PDCA
  17. d. Jawaban A dan B, benar
  18. a. Konvensional
  19. c. Coaching
  20. b. Directive conseling
  21. d. Pimpinan lebih mampu memprediksi potensi karyawan
  22. b. Melakukan metode Total Quality Management (TQM ) dalam pengembangan SDM

Post a Comment for "Soal Pengembangan SDM Beserta Jawaban"