Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan Lengkap Jawaban 
  1. Wujud kebudayaan yang merupakan sistem tingkah laku dan tindakan yang berpola dikemukakan oleh....
    a. Koentjaraningrat
    b. J.J. Honingmam
    c. Talcott
    d. Tilaar
  2. Yang dimaksud kerja sama dengan usaha dan industri dalam rangka demokrasi pendidikan menurut Tilaar adalah....
    a. Memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan fasilitas industri untuk praktik
    b. Mengembangkan pendidikan alternatif
    c. Mendayagunakan institusi sebagai wahana pembelajaran
    d. Menciptakan suasana untuk penunjang pendidikan
  3. Konsep pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang mengacu pada kebermaknaan dan kebermanfaatan bagi peserta didik adalah pembelajaran yang....
    a. Mempunyai manfaat yang dapat diterapkan pada kehidupan
    b. Menumbuhkan keterbukaan
    c. Membantu peserta didik memecahkan masalah
    d. Memenuhi kebutuhan peserta didik
  4. Pernyataan yang menyatakan bahwa peran keluarga adalah pewaris kebudayaan merupakan pendapat dari....
    a. Ki Hajar Dewantara
    b. D'Antonio
    c. Zimmerman
    d. Tylor
  5. Salah satu peranan pendidikan dalam kebudayaan yang mengadakan pembauran antaretnis adalah....
    a. Krisis
    b. Fokus
    c. Inovasi
    d. Asimilasi
  6. Proses kebudayaan yang dilakukan secara temporer, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan merupakan tata susunan pembudayaan secara....
    a. Informal
    b. Nonformal
    c. Horisontal
    d. Vertikal
  7. Prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang membahas kegiatan pembelajaran dan diupayakan memiliki nilai strategis bagi peserta didik sehingga memiliki kemudahan untuk dapat dijangkau oleh peserta didik adalah....
    a. Belajar terus menerus
    b. Determinasi diri
    c. Belajar terpadu
    d. Lokalisasi
  8. Arah baru pendidikan menuju demokrasi menurut pandangan Theodore Brubacher yang menjelaskan bahwa manusia dan masyarakat senantiasa berubah, baik perubahan yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan mengacu pada prinsip....
    a. Pembangunan prinsip kesetaraan
    b. Pemberdayaan bangsa
    c. Kondisi masyarakat yang pluralistik
    d. Perencanaan pendidikan
  9. Pembudayaan dan pemberdayaan sistem, iklim, dan proses dalam pendidikan nasional yang demokratis dan mengutamakan mutu dalam perspektif nasional dan global merupakan misi jangka....
    a. Pendek
    b. Periodik
    c. Menengah
    d. Panjang
  10. Pelanggaran terhadap suatu norma yang tidak membawa akibat yang berbeda dalam masyarakat adalah folkway. Pernyataan tesebut merupakan pendapat dari....
    a. Talcott
    b. Krober
    c. J.J. Honingmam
    d. W.G. Summer
  11. Menurut UU No. 2 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, satuan pendidikan yang dibentuk atas dasar pendekatan dan kebutuhan masyarakat yang berorientasi pada keagamaan Islam adalah....
    a. Pelatihan
    b. Kursus
    c. Kelompok belajar
    d. Majelis taklim
  12. Nugroho setelah putus sekolah perlu membekali diri dengan belajar kepada orang lain yang memiliki pengetahuan yang lebih, yaitu cara membudidayakan tanaman bunga, sehingga dengan kemampuan yang dimiliki dapat meningkatkan kesejahteraan. Contoh tersebut mencerminkan pendidikan....
    a. Keterampilan
    b. Kepemudaan
    c. Kesetaraan
    d. Kecakapan hidup
  13. Pendidikan merupakan suatu proses yang berkesinambungan. Yang artinya bahwa....
    a. Kurikulum yang ada sekarang merupakan kurikulum yang sudah ada sejak dulu
    b. Penyempurnaan program harus dilaksanakan secara pereodik
    c. Dalam menyampaikan materi pelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa
    d. Pembuatan kurikulum harus disesuaikan dengan tuntutan zaman
  14. Strategi introspektif merupakan strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran perdamaian di dalam kelas, dengan harapan siswa dapat....
    a. Menerima keberadaan teman- teman di kelasnya
    b. Memilih situasi yang ada di lingkungannya
    c. Menyesuaikan diri dengan teman-temannya
    d. Mengikuti pelajaran dengan baik
  15. Metode yang dapat dijadikan acuan dalam menyampaikan bahan pembelajaran di antaranya adalah....
    a. Pemberian tugas
    b. Tanya jawab
    c. Demonstrasi
    d. Karyawisata
  16. Yang dimaksud dengan belajar tentang hak- hak asasi manusia diantaranya adalah belajar untuk....
    a. Memperlakukan yang adil terhadap manusia
    b. Mengetahui kebutuhan- kebutuhan sesama manusia
    c. Menghargai keberadaan orang lain
    d. Mengetahui kewajiban kita sebagai warga masyarakat
  17. Yang dimaksud dengan kegiatan utama dalam pengelolaan pembelajaran multikultural, diantaranya adalah seperti di bawah ini, kecuali....
    a. Mempersiapkan siswa dalam kegiatan pembelajaran
    b. Agar siswa dapat mengetahui keterampilan yang akan dicapai
    c. Mempermudah menyiapkan mental anak
    d. Guru dapat menyiapkan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran
  18. Salah satu contoh yang sangat berpengaruh dalam proses belajar dengan pendekatan pedagogi adalah pengalaman ...
    a. Guru
    b. Orang tua
    c. Sekolah
    d. Anak
  19. Peserta didik merupakan sumberpengalaman sehingga teknik pemindahan informasi merupakan yang paling dominan dalam pendekatan pedagogi. Untuk pernyataan tersebut diperlukan...
    a. Motivasi belajar
    b. Kesiapan belajar
    c. Kebutuhan belajar
    d. Peran pengalaman
  20. Tahap- tahap keberhasilan proses pembelajaran orang dewasa adalah sebagai berikut, kecuali...
    a. Merumuskan tujuan belajar
    b. Menciptakan iklim belajar yang cocok
    c. Melaksanakan kegiatan belajar
    d. Mengutamakan kepentingan masing- masing
  21. Dalam pelajaran kesenian diperkenalkan macam- macam tarian daerah. Hal ini termasuk pembelajaran multikultural seperti yang dikemukakan oleh....
    a. Tilaar
    b. Taylor
    c. Ki Hajar Dewantara
    d. UNESCO
  22. Yang dimaksud dengan tugas guru haruslah menjadi model dalam menerapkan nilai- nilai sebagai inti kebudayaan, diantaranya meliputi....
    a. Tata tertib di sekolah harus disesuaikan dengan adat setempat
    b. Tindakan dan berperilaku baik selama di dalam maupun di luar kelas
    c. Kurikulum yang disesuaikan dengan kemampuan siswa
    d. Memperkenalkan macam- macam kebudayaan yang ada di setiap daerah
  23. Guru menyampaikan tujuan- tujuan belajar yang hendak dicapai siswa. Hal tersebut merupakan kegiatan ....
    a. Pendahuluan
    b. Utama
    c. Analisis
    d. Perkenalan
  24. Seorang dianggap memiliki kecakapan personal jika orang tersebut mampu....
    a. Menyesuaikan diri dengan lingkungan
    b. Menghargai kelebihan maupun kekurangan orang lain
    c. Membimbing diri sendiri sesuai dengan kemampuannya
    d. Menguasai kemampuan akademik yang memadai
  25. Menurut Sondra Stein, Kategori standar yang perlu dipersiapkan tentang kecakapan hidup bagi orang dewasa, di antaranya adalah....
    a. Selalu belajar untuk mendapatkan ilmu yang baru
    b. Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan
    c. Menjadi teladan bagi anak- anaknya
    d. Membimbing bagi yang lebih muda
Kunci Jawaban:
  1. a. Koentjaraningrat
  2. a. Memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan fasilitas industri untuk praktik
  3. a. Mempunyai manfaat yang dapat diterapkan pada kehidupan
  4. a. Ki Hajar Dewantara
  5. d. Asimilasi
  6. c. Horisontal
  7. a. Belajar terus menerus
  8. d. Perencanaan pendidikan
  9. d. Panjang
  10. d. W.G. Summer
  11. d. Majelis taklim
  12. d. Kecakapan hidup
  13. d. Pembuatan kurikulum harus disesuaikan dengan tuntutan zaman
  14. b. Memilih situasi yang ada di lingkungannya
  15. d. Karyawisata
  16. a. Memperlakukan yang adil terhadap manusia
  17. c. Mempermudah menyiapkan mental anak
  18. d. Anak
  19. d. Peran pengalaman
  20. d. Mengutamakan kepentingan masing- masing
  21. b. Taylor
  22. b. Tindakan dan berperilaku baik selama di dalam maupun di luar kelas
  23. b. Utama
  24. c. Membimbing diri sendiri sesuai dengan kemampuannya
  25. a. Selalu belajar untuk mendapatkan ilmu yang baru

Post a Comment for "Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan - Soal dan Jawaban"