Pembelajaran Kelas Rangkap - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pembelajaran Kelas Rangkap Lengkap Jawaban
  1. Alasan yang mendasar diselenggarakannya pembelajaran kelas rangkap dari segi geografis adalah....
    a. Jumlah guru berlebih
    b. Jumlah penduduk yang padat.
    c. Pemukiman yang berpindah- pindah.
    d. Kehadiran guru yan kontinyu.
  2. Pemanfaatan ruang yang terbatas dengan beberapa guru. Hal ini merupakan PKR dari segi....
    a. Pedagogis.
    b. Kuantiti.
    c. Ekonomi.
    d. Keamanan.
  3. Pembelajaran kelas rangkap adalah bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam …
    a. Satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda
    b. Satu ruang kelas dengan kemampuan yang sama
    c. Satu kelas dalam satu ruangan
    d. Tiga kelas dalam dua ruangan
  4. Salah satu prinsip khusus pembelajaran kelas rangkap yang menuntut muridnya mempunyai kemampuan berpikir dan mandiri adalah....
    a. Keserempakan kegiatan pembelajaran.
    b. Kadar tinggi waktu keaktifan akademik
    c. Kontak psikologis guru dan murid.
    d. Pemanfaatan sumber secara efisien.
  5. Bu Lasri yang sedang mengajar kelas 3 dan kelas 4, menyuruh Nita murid kelas 4 yang mempunyai kemampuan lebih tinggi dibanding temam- temannya untuk membantu teman lainnya mengerjakan tugas. Tindakan yang dilakukan Santi tersebut mencerminkan salah satu prinsip PKR yaitu....
    a. Kontak psikologis.
    b. Keserempakan kegiatan belajar.
    c. Waktu keaktifan akademik.
    d. Pemanfaatan sumber secara efisien.
  6. Bu Dina mengajar murid kelas 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan dua kelompok murid yang berbeda kemampuannya dalam satu ruangan. Satu kelompok murid sudah dapat membaca sedangkan kelompok yang lain belum bisa membaca dengan lancar. Dari ilustrasi di atas yang perlu diperhatikan guru sesuai dengan prinsip PKR yang ideal adalah....
    a. Guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.
    b. Mengisi waktu kosong.
    c. Guru mendorong dan meningkatkan keikutsertaan seluruh siswa dalam belajar.
    d. Terbatasnya dana yang dikeluarkan.
  7. Ciri- ciri model PKR 221 adalah....
    a. Dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan.
    b. Dua kelas, dua mata pelajaran, satu kelompok.
    c. Dua kelompok, dua mata pelajaran, satu kelas.
    d. Dua kelas, dua kemampuan, satu mata pelajaran.
  8. Komponen membuka pelajaran untuk menarik perhatian siswa dengan menggunakan model PKR 321 adalah sebagai berikut, kecuali....
    a. Memberikan aba- aba perhatian dan ucapan salam pembuka.
    b. Memperlihatkan benda / gambar yang berhubungan dengan materi pelajaran.
    c. Membunyikan peluit.
    d. Memberikan PR
  9. Berikut merupakan contoh PKR 321, di mana kelas 4 dan kelas 5 akan mempelajari IPS dengan topik kekayaan alam. Setelah selesai pelajaran, kelas 4 diharapkan dapat mengidentifikasi sumber daya alam, dan kelas 5 dapat memberi contoh pemanfaata sumber daya alam, sedangkan kelas 6 akan mempelajari PPKN. Dengan harapan selesai belajar siswa kelas 6 dapat memecahkan kasus pencemaran lingkungan dari sudut hukum. Dari pernyataan di atas kegiatan tersebut mengacu pada cara guru....
    a. Menarik perhatian siswa.
    b. Mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
    c. Menimbulkan motivasi.
    d. Mengaitkan konseptual.
  10. Berikut merupakan contoh perilaku guru dalam mengelola kelas PKR adalah sebagai berikut, kecuali
    a. Mengadakan pendekatan secara pribadi.
    b. Menata kegiatan belajar mengajar.
    c. Mengarahkan dan memberi kemudahan belajar.
    d. Pemberi kemudahan belajar sesuai kebutuhan siswa.
  11. Pengaturan ruang PKR perlu memperhatikan hal- hal sebagai berikut....
    a. Kemudahan bergerak anak.
    b. Pengaturan sinar.
    c. Tidak diperlukan sudut aktifitas.
    d. Posisi meja guru.
  12. Salah satu identifikasi denah ruang kelas yang sesuai dengan model PKR adalah....
    a. Semua sumber belajar ada di dalam satu ruangan.
    b. Membatasi gerak siswa.
    c. Fokus pada satu kelas
    d. Sulit melakukan benerapa bentuk kegiatan yang bervariasi.
  13. Memanfaatkan sesama guru dari satu sekolah sebagai sumber belajar dalam PKR dapat dilakukan dengan cara....
    a. Merangkap beberapa kelas.
    b. Membagi kelas menjadi dua bagian.
    c. Mengundang sebagai nara sumber.
    d. Menjanjikan honor lebih.
Kunci Jawaban:
  1. c. Pemukiman yang berpindah- pindah.
  2. c. Ekonomi.
  3. a. Satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda
  4. b. Kadar tinggi waktu keaktifan akademik
  5. d. Pemanfaatan sumber secara efisien.
  6. c. Guru mendorong dan meningkatkan keikutsertaan seluruh siswa dalam belajar.
  7. a. Dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan.
  8. d. Memberikan PR
  9. b. Mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
  10. d. Pemberi kemudahan belajar sesuai kebutuhan siswa.
  11. c. Tidak diperlukan sudut aktifitas.
  12. a. Semua sumber belajar ada di dalam satu ruangan.
  13. c. Mengundang sebagai nara sumber.

Post a Comment for "Pembelajaran Kelas Rangkap - Soal dan Jawaban"